About | Ibu di Balik Gawai

Konten [Tampil]

nurrahmah widyawati
Pict. Nurrahmah Widyawati
 

Hi! Selamat datang di Blog Ibu di Balik Gawai - Karya Kata, Cerita, Kabar Terkini. Salam kenal ya ☺

Namaku Nurrahmah Widyawati, biasa dipanggil Widya atau Ibu RaiNasha.

Aku pernah belajar di Universitas Sebelas Maret (Solo) dan kemudian bekerja dalam bidang yang sama di Health, Safety and Environment. Sejak tahun 2016 aku memutuskan untuk fokus sebagai pendidik anak-anakku di rumah, yaitu Nasha dan Raina.

Aku memiliki ketertarikan seputar dunia kepenulisan, social media, blogging, parenting, home education, self-development, digital illustration, doodle, dan another creative things.

Anyway, blog ini hadir sejak Januari 2012, namun baru mulai fokus menulis kembali di akhir 2020. Cukup lama ya hibernasinya? Hehe.

A. Tentang Ibu di Balik Gawai

Sebuah lifestyle personal blog dari Nurrahmah Widyawati, yang berisi tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, sehari-hari.

“Ibu di Balik Gawai - Karya Kata, Cerita, Kabar Terkini” adalah judul yang aku pilih untuk blog ini. Seorang Ibu yang berkarya dari balik gawainya, yang ingin membuktikan bahwa produktif bisa dari mana saja. Ingin membagikan karya dan kata kehidupannya kepada banyak orang, berharap bisa diambil hikmahnya, diaplikasikan ilmunya, serta bermanfaat informasinya.

Ibu di Balik Gawai sendiri aku ambil dari salah satu buku antologiku dengan naskah yang berjudul “Wanita Berdaster di Balik Gawai”. Di naskah tersebut aku menceritakan bahwa gawai tidak hanya berdampak negatif untuk penggunanya, namun justru bisa berdampak positif jika bijak dan tepat penggunaannya.


B. “In this hectic-mother's-life; I write, I draw, I share”

Ini adalah tagline yang aku gunakan untuk mempertegas Karya Kata Ibu di Balik Gawai. Dalam kehidupan seorang Ibu yang sibuk dengan agenda domestik serta publik, aku ingin tetap menulis dan menggambar untuk merekam setiap perjalanan. Aku bagikan tulisan beserta ilustrasi tersebut untuk mereka yang membutuhkan informasinya di luar sana.

Aku juga ingin merangkul banyak Ibu dan perempuan agar mereka percaya bahwa “You are not alone in this crowded life!” lewat tulisan yang diposting dalam blog ini.

C. Tentang Logo Blog

ibu di balik gawai
Ilustrasi by : Nurrahmah Widyawati

Warna hangat dari fall tone (tone warna musim gugur) menyiratkan bahwa di balik kelembutan seorang Ibu, dia juga memiliki power untuk meng-influence (menjadi inspirasi) banyak orang tentang kebaikan lewat tulisan dalam blognya.

Karakter perempuan dengan pipi tembem yang menggunakan kacamata menggambarkan si pemilik blog yang suka melihat segala hal dari banyak perspektif. Senyumnya yang teduh juga melukiskan kesederhanaan. Sederhana namun berdampak baik untuk sekitarnya.

D. Arti di Balik Header Blog

ibu di balik gawai
Header yang dibuat dari ilustrasi sendiri ini menyiratkan bahwa blog ini menjadi tempat yang nyaman bagi si pembaca, tempat menulis memori dan berkarya bagi si penulis. Always Be original.

E. Label/Kategori

Aku memilih niche lifestyle untuk blog ini, meski memiliki kecenderungan terhadap dunia Ibu terutama parenting, namun di blog ini juga membahas tentang dunia perempuan pada umumnya, keluarga serta beberapa review baik produk, buku, film, maupun lainnya. Ada 10 kategori/label, meliputi :

Blogging : Berisi tentang tips ngeblog yang mudah dipahami terutama untuk Ibu-ibu. Aku merangkum materi yang aku dapat dari kelas blogging dan beberapa hal yang aku dapat secara otodidak.

Books : Di sini berisi artikel tentang tips memilih buku anak, serta review buku baik buku anak, buku parenting, buku terkait pernikahan, keluarga, dll.

Deep thaught : Dalam kategori ini aku memasukkan segala tulisan dari pemikiranku yang mendalam seperti self-talk, healing journal, dll. Aku juga mengisi kategori ini dengan artikel terkait dengan psikis.

Family : Dalam kategori family aku memasukkan artikel yang berkaitan dengan keluarga, khususnya pasangan, hubungan dengan keluarga pada umumnya, dll.

Food-Travel : Dalam kategori Food-Travel aku membahas tentang tips travelling terutama dengan keluarga, destinasi wisata serta resep suatu makanan/baking, dll.

Home Education : Membahas tips mendidik anak dari rumah, ide bermain dengan anak, serta hal yang berkaitan dengan pendidikan anak terangkum dalam kategori Home Education.

Jurnal Ibu Profesional : Dalam kategori ini berisi jurnal pembelajaran di Institut Ibu Profesional, seperti jurnal kuliah Bunda Cekatan. Akan dilanjutkan jurnal pembelajaran khusus Ibu Profesional lainnya untuk ke depannya.

Motherhood : Berisi artikel yang berkaitan dengan kegelisahan dunia Ibu dan anak, misalnya tips-tips saat anak tantrum, WWL, toilet training, dan segala hal yang berakitan dengan dunia pengasuhan.

Review : Dalam kategori ini aku memasukkan artikel terkait dengan review film, aplikasi, produk dan lainnya.

Good News : Dalam label Good News aku memasukkan semua artikel yang tidak termasuk dalam 9 kategori sebelumnya.


F. Activities

Agenda publik yang sedang aktif dijalani:

  • Blogger & Content Creator
  • Part of : 1M1C, Blogger Perempuan Network, Kumpulan Emak Blogger, BloggerHub, The Cupuers Blogspedia, Ibu-Ibu Doyan Nulis, Mama Daring, dll 
  • Co-Founder, designer & admin media sosial @bahasa.semesta_ (wadah menulis buku antologi khusus perempuan)


Expired:
  • Peserta Blogspedia Coaching Batch 2 (2021)
  • Mahasiswi Bunda Cekatan Batch 2 Institut Ibu Profesional (lulus Agustus 2021)
  • Pengurus Ibu Profesional Tangerang Kota sebagai Tim Media Komunikasi Sekretariat Regional periode 2019-2021 (tim content creator, designer & admin instagram @ibuprofesionaltangerangkota)
  • Ex-Admin 1 Minggu 1 Cerita (komunitas blogger)
  • dll.

***

Terimakasih sudah berkunjung ya. Kalian bisa mengunjungi page Mengenal Widya Lebih Dekat untuk berkawan denganku di sosial media atau menghubungiku untuk keperluan kerjasama dan yang lainnya.

Semoga blog ini bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa untuk tinggalkan jejak dengan comment di artikel yang kamu baca. ✌





Update : Juni 2022

Posting Komentar