Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Penghasilan Blogger Pemula Dari Mana Saja? Ini Caranya!

17 komentar
Konten [Tampil]

sumber Penghasilan Blogger Pemula

Ada yang penasaran nggak sama penghasilan blogger pemula? Banyak yang belum tahu jika aktivitas blogging alias menjadi blogger ini bisa mendapatkan benefit, salah satunya dalam hal income.

So, kali ini aku akan mencoba untuk mengulik lebih dalam mengenai penghasilan blogger. Ini based on pengalaman aku aja ya. Semoga pengalaman yang masih sedikit ini bisa menjawab rasa penasaran kalian. Check this out!


Contoh Blog yang Menghasilkan Uang

Mungkin kalian sering banget nih nengok Google untuk mencari informasi apapun yang kamu butuhkan. Nah, saat itu banyak sekali muncul website besar hingga blog personal. Artikel yang beredar di sana ada yang bersifat informasi, review, tutorial, dan lain sebagainya.

Kemudian, dari mana blog bisa menghasilkan uang?

1. Adsense

Di beberapa blog yang sering kamu baca, mungkin kamu sering melihat adanya iklan yang berlalu lalang. Termasuk di blog aku sih. Baik saat membuka web, ada di sidebar kanan-kiri, bar bagian atas-bawah, pop up yang tiba-tiba muncul, hingga berbentuk video, dan sebagainya.

Blog/web tersebut  di atas bisa menghasilkan uang lho, yaitu dengan Adsense! Meskipun ada syarat-syarat khusus untuk bisa rutin payout hihihi.

Jadi inti cara kerja dari Adsense sendiri adalah, Google akan membayar blogger untuk iklan yang ditampilkan di situs/blog/web. Dihitungnya berdasarkan klik pengguna pada iklan atau tayangan iklan (bergantung pada jenis iklannya).

2. Banner Sponsor

Contoh blog yang menghasilkan uang lainnya yaitu misalnya saat kamu membuka blog/web dimana dia memiliki kolom iklan khusus (namun bukan Adsense). Biasanya sponsor melakukan kerjasama langsung dengan blogger untuk menayangkan iklannya di kolom blog tersendiri dalam periode waktu tertentu.

Aku belum menerima kerjasama untuk ini sih karena satu dan lain hal. Namun banyak rekanku yang sudah menerima kerjasama ini. Biasanya client itu request penayangan iklannya di sidebar blog.


3. Afiliasi

Ini aku belum pernah sih. Namun cara kerjanya sama saja dengan afiliasi pada umumnya. Misalnya saat ada orang yang klik, beli, berlangganan, dan sebagainya, maka si blogger pengiklan mendapatkan fee alias komisi.


4. Content Placement (CP)

Dengan cara ini blogger bisa mendapatkan fee dengan less effort. Jadi biasanya untuk CP ini artikelnya sudah disediakan dari client. Tinggal post aja deh dengan SOW (Scope of Work) yang telah ditentukan juga. Biasanya sih tujuannya untuk backlink.

Untuk yang belum familiar dengan backlink, jadi biasanya client memerlukan backlink untuk optimasi situs mereka agar lebih populer di mesin pencari. Biasanya sih perlu nilai insight blog yang bagus dalam hal DA (Domain Authority), PA (Page Authority) hingga DR (Domain Rating).

Kalau CP ini aku sudah lumayan sering terima. Namun terkadang yang jadi kendala adalah, saat kita sudah terbiasa menulis artikel dengan riset keyword dan kemudian mendapatkan artikel CP yang KW-nya kurang SEO friendly, itu tantangan sih.

bagaimana cara Blog yang Menghasilkan Uang

5. Lomba Blog

Nggak banyak yang tahu kalau blogger itu banyak sekali yang mendambakan untuk bisa memenangkan lomba. Banyak lomba blog yang hadiahnya menggiurkan, dari jutaan hingga puluhan juta. Selain uang, ada juga yang memberikan produk, misalnya elektronik, gadget dan lain sebagainya.

Rekan sesama blogger yang aku kenal aja sudah banyak yang mendapatkan puluhan juta dari lomba blog. Tapi mohon maaf nih, aku masih on the way hehe. 


6. Menjadi Narasumber

Jika kamu sudah expert ngeblog atau paham banget tentang suatu hal dalam blogging, bukan nggak mungkin kamu diajak untuk menjadi narasumber dalam event tertentu. Sebetulnya bisa saja dibayar dan tidak sih. Namun, jika sharing only dan free punitu bisa menjadi personal branding tersendiri. Jadi sebetulnya nggak sia-sia juga.


7. Review Produk/ Aplikasi/ Layanan

Ini yang paling umum sih. Banyak client yang langsung menghubungi blogger untuk bekerjasama dalam hal review produk/ aplikasi/ layanan jasa tertentu. Selain itu, biasanya ada managemen/pihak ketiga juga jika tidak direct ke brand-nya.

Jujur ini income paling comfort zone di aku sekarang ini sih. Mungkin karena aku memang suka membuat review. Namun dalam hal ini diperlukan beberapa data yang diperlukan juga untuk insight client. Misalnya DA, PA, DR, PV (Page View), hingga memerlukan followers media sosial yang besar.

Jadi tantangan agar bisa mendapatkan banyak client adalah kamu harus mempertahankan kulitas blog kamu, termasuk SEO-nya (Search Engine Optimization). Lumayan PR!

penghasilan blogger pemula 2022

8. Liputan Event

Ini juga seru sih, beberapa kali aku juga mendapatkan job ini. Namun untuk kali ini, emak dengan dua anak ini hanya bisa mengambil event yang online sahaja.

Selain hadir dalam event, blogger biasanya juga menuliskan artikel informatif dan persuasif untuk mempromosikan event mendatang.

Mungkin sebetulnya masih banyak banget sumber penghasilan blogger pemula dan profesional, masalahnya adalah aku sudah pegel banget ngetik bagian ini, guys. Hahaha. Next ya!


Apakah Bisa Menghasilkan Uang dari Blogspot? Apa Saja Syarat Blog Bisa Menghasilkan Uang?

Bisa dong, bisa banget! Kita bisa kok menghasilkan uang dari Blogspot. Meskipun memang banyak website besar yang menggunakan Wordpress. Fulltime blogger juga kebanyakan menggunakan Wordpress, bahkan beberapa dari mereka hijrah dari Blogspot ke Wordpress. Namun bukan berati si Blogspot berkecil hati hehe.

Aku sendiri menggunakan Blogspot kok. Namun memang untuk bisa 'menghasilkan', ada beberapa effort yang mesti kita jalani.

1# Optimasi Blog

Secara singkat, untuk kamu yang ngeblog di Blogspot, first step-nya adalah membuat blog kamu menjadi TLD alias Top Level Domain agar terlihat profesional dan bisa dioptimasi dengan lebih baik.

Kemudian, kamu harus sering update artikel biar Google lebih mengenal kamu. Namun pastikan artikel kamu juga terindeks di Google ya, bisa dengan Google Search Console maupun Google News.

Jangan lupa untuk optimasi blog, misalnya dalam hal pemilihan template yang SEO friendly, kompresi foto/visual ilustrasi, penulisan artikel yang lengkap dan informatif, link building, riset keyword, dan lain sebagainya.

Anyway, aku pernah menuliskan tentang bagaimana memasang template blog free. Klik aja link hidupnya, guys!

Selain itu, agar page view blog kamu meningkat tanpa harus berlelah-lelah melakukan blog walking, kamu harus belajar SEO agar pengunjung organikmu juga membludak. Apalagi ya? Ya intinya seperti itu, kalau ada yang kurang tambahin aja! Hehe.

Oh iya, lebih baik lagi jika blog kamu memiliki niche khusus, misalnya parenting, tekno, finansial, food, travel, dan sebagainya. Namun lifestyle alias gado-gado juga nggak masalah, ini pilihan hidup masing-masing orang, hihihi.

Syarat Blog Bisa Menghasilkan Uang

2# Optimasi Media Sosial

Sekarang ini banyak client yang bunding job antara blog dan media sosial. Jadi memang mengoptimasi media sosial menjadi sangat penting juga. Membangun personal branding di media sosial misalnya instagram adalah kuntji.

Di media sosial kamu juga bisa share link artikel kamu agar bisa dibaca lebih banyak orang dan pastinya bermanfaat juga untuk mereka. Namun jangan spamming juga ya, hihihi.


3# Kembangkan Relasi dan Jaga Attitude

Nah, untuk mendapatkan client, sebaiknya kita bisa berjejaring dengan banyak blogger juga. Sekarang ini banyak sekali komunitas-komunitas blogger di Indonesia.

Selain itu kamu bisa mendaftarkan diri di managemen atau aplikasi yang menyediakan job-job ngeblog gitu. Yang paling penting juga kamu wajib jaga attitude ya, guys! Adab is number one.

Intinya, hal-hal di atas hanyalah langkah awal, perjalanannya tentu nggak mudah. Semangat! Penasaran nggak penghasilan blogger pemula itu berapa?


Berapa Penghasilan Blogger Pemula?

Based on pengalaman aku, ini tentu berbeda-beda ya. Tapi untuk pemula memang bisa dilihat dari personal branding, insight blog seperti DA/PA/DR dan Page View, bundling media sosial, SOW yang ada, dan lain sebagainya.

Penghasilan antara CP, review produk, liputan event dan lainnya juga pastinya berbeda-beda. Kamu bisa diskusi lebih lanjut dengan blogger senior yang sudah melanglang buana di dunia job ngeblog agar dapat gambarannya.

Penghasilan Blogger Pemula 2022

Penutup

Namun menurutku pribadi jika ngeblog hanya atas dasar cuan, nggak akan enjoy menjalaninya dan bisa jadi nggak akan bertahan lama. Paling nggak, kamu memang passionate untuk menulis dan berbagi informasi.

Apalagi untuk mengelola blog pribadi (tanpa tim), kalau kamu malas update blog, ya bakal jamuran deh itu blognya (ini nyindir diri sendiri sih hahaha).

So, untuk kamu yang serius ingin berpenghasilan dari blog, semangat ya! Semoga artikel bertajuk Penghasilan Blogger Pemula ini bisa menjadi gambaran singkat untuk kalian menyelami dunia blogging. Semangat! ^^

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

17 komentar

  1. Terima kasih kak sudah berbagi. Yang penting tetap semangat untuk mendapatkan penghasilan dari menulis blog ya, kalau yakin pasti akan mendapatkan keuntungan lebih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, kalau konsisten nulis nanti dateng sendiri bonus-bonusnya ^^ (padahal aku ya belum konsisten wkwk)

      Hapus
  2. Bener mbak, jaga atitude paling penting terlebih jika menghadiri event. Harus punya tanggungjawab, tepat waktu, dan sopan serta jangan bar bar ahaha. Buat aku nulis blog mah karena hobby dan seneng nulia aja. Kalau dapat cuan, anggapnya bonus. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah seru ya datang event. Aku blogger aktif di angkatan pandemi, datengnya event online mulu. Pas move dari Tangerang ke Jawa Tengah belum nemu event yg bisa didatengin offline, jauh semua :( huhu

      Hapus
  3. Jadi ingat masa-masa di mana dulu iklan banner bisa jadi penghasilan yang lumayan bagi seorang blogger. Mudah-mudahan, kejayaan itu akan kembali lagi yah, lumayan soalnya, wkwkw.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sudah menikmati sewaktu kejayaan itu ya kak? Wkwk ^^ #BloggerMasihAda semoga kesempatannya semakin banyak ya

      Hapus
  4. Baik itu pemula atau pun yang sudah expert di bidang per-blog-an. Selalu punya kesempatan buat mendapat penghasilan ya, Kak.

    Aku juga kira-kira penghasilan dari blog jiga seperti yang tersebut di atas. Paling suka ya job CP itu. Nggak perlu usaha yang gedhe euy. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha paling PR-nya kadang artikelnya kurang SEO friendly ya kak. Tapi enaknya tinggal posting aja wkwk

      Hapus
  5. Betul kalau mau menghasilkan, konsisten mengisi blog itu sudah jadi syarat wajib ya
    Biar blognya hidup ya harus update

    BalasHapus
  6. Setuju banget, Mbak. Kalau ngeblog sekadar ngejar cuan atau ngejar menang lomba, nanti malah bikin capek sendiri. Validasi seorang bloger tak melulu datang dari menang lomba, tapi dari ia bisa memberi manfaat melalui tulisannya.

    BalasHapus
  7. Blogger dapat job cp paling sneng karna gk perlu repot heheh tapi sekarang blogger pemula bisa dapat ksempatan juga nih walaupun blognya belm tld

    BalasHapus
  8. Review produk sama CP memang bikin asik dapat cuan. Kalau adsense belum daku coba, sepertinya memang perlu dipertimbangkan

    BalasHapus
  9. Sekarang makin terbuka peluang blogger buat cuan ya mbak.. Event pun banyak yg ditaja hybird Jd bisa online buat yang belum bisa hadir ke lokasi untuk mereview suatu produk/jasa dan kegiatan

    BalasHapus
  10. ternyata banyak juga yaa yang bisa didapat blogger pemula. ahh jadi ingat awal-awal ngeblog, saat itu bahagia banget saat pertama kali ditawari content placement, hehehe

    BalasHapus
  11. Semua peluang diatas memang benar adanya, saya pribadi paling suka dapat orderan artikel review karena cuannya lumayan gede, hehe . . .

    Yaaa tapi balik lagi seberapa berkualitaskah blog kamu haha . . .

    BalasHapus
  12. ahahha, selama ini aku belum pernah cobain yg namanya iklan mbak, heuheu, hanya sebatas CP, review, sponsored post, lomba blog juga hihihi. Tapi peluang blog sebagai sumber cuan emang masih menjanjikan yaa

    BalasHapus
  13. paling sering dapat job content placement atau blog review sih saya. kalau google adsense nunggunya lama banget sampai 3 tahun baru tercapai targetnya. hihi

    BalasHapus

Posting Komentar