Ibu di Balik Gawai Nurrahmah Widyawati

Tips Memasang Template Blog Free. SEO Friendly!

36 komentar
Konten [Tampil]

 

tips memasang template blog free

Aku lagi happy banget nih gaes! karena baru aja blog Karya Kata Ibu di Balik Gawai memiliki wajah baru. Yap, aku baru selesai memasang template blog free! Ini nggak terlepas dari bimbingan coach aku di Blogspedia Coaching Batch 2, mbak Marita. Mau intip keseruannya? Check this out!

Nggak bisa dipungkiri, salah satu hal penting dalam menulis blog adalah memahami dekorasi rumahnya. Namun memilih dan memasang template blog free (apalagi yang klik di hati) memang nggak semudah itu.

Ada dua pilihan saat kamu ingin memasang template blog free, yaitu template bawaan blogspot dan template dari pihak ketiga.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memasang template blog free bawaan blogspot, yaitu:

  • Pilih desain yang ringan loading-nya.
  • Idealnya layout blog tersusun atas isi konten di sebelah kiri dan sidebar di sebelah kanan (karena mata pembaca biasanya akan fokus ke sebelah kiri).
  • Perbanyak white space (gunakan background berwarna putih).
  • Gunakan font yang ramah di mata dengan warna hitam.
*Hal di atas juga bisa diterapkan untuk template pihak ketiga.

Nah dimana kita bisa mencari tema tersebut? kita bisa mencari template blog free bawaan dari blogspot, seperti soho, emporio, contempo (notabene sudah responsif). Keuntungannya adalah template ini ringan, load speed-nya cepat juga. Kelemahannya adalah belum SEO friendly.

A. Pertimbangan saat memilih template blog free pihak ketiga

Nah seperti pengalamanku mengulik template blog free bawaan blogspot, kita bisa atur sesuai keinginan kita. Dari mulai warna, font, lebar, dan lain sebagainya. Semua lengkap. Namun karena memiliki kelemahan yaitu nggak SEO friendly, maka kamu bisa pertimbangkan untuk memasang template blog free pihak ketiga.

Mengapa? Karena template pihak ketiga ini banyak pilihannya. Kita bisa pilih yang SEO friendly. Pertimbangannya adalah :
  • Tampilannya nyaman di berbagai mode (responsif), enak diakses baik dalam mode mobile maupun dekstop
  • Loading-nya cepat
  • Sudah SEO Friendly
  • Setelannya mudah (cek dokumentasi layout lengkap dan bisa disetting hanya dari layout dan theme tanpa banyak utak atik CSS dan html).
mengganti blog template gratis

B. Tools untuk memilih dan memasang template blog free

B.1. Meta inspector

Kamu harus memasang meta inspector terlebih dahulu, kedepannya ini selalu akan digunakan untuk cek struktur blog kamu sudah baik atau belum.

Link : https://chrome.google.com/webstore/detail/meta-seo-inspector/ibkclpciafdglkjkcibmohobjkcfkaef (silakan copas di chrome ya)

B.2. Seoptimer

Cek template blog sudah optimal atau belum. Bisa dipakai juga untuk optimalisasi blog kamu sendiri.

Link : seoptimer.com (silakan copas di chrome ya)

B.3. Speed Insight

Dengan ini kamu bisa cek kecepatan blog sebelum unduh templatenya. Ada 2 kecepatan yang dites, yaitu mobile dan dekstop.

Link : https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ (silakan copas di chrome ya)

Saat blog fast loading-nya baik, namun ketika dipasang di blog kamu jadi menurun kamu nggak perlu khawatir ya. Karena blog kita kan ada banyak tulisan, gambar dan selalu update. Berbeda dengan blog demo.

C. Mengunduh dan memasang template blog free pihak ketiga

Setelah 3 tahap pengecekan template blog di atas selesai dengan baik, kamu bisa mulai unduh templatenya. Kamu bisa mengunduhnya di web penyedia template. Search aja di google, biasanya aku pakai keyword : download template blog SEO friendly.

Kamu juga bisa melihat terlebih dahulu demo blognya untuk mengecek perintilannya, nantinya apakah mudah dipasang tanpa edit css dan html rumit atau nggak.

C.1. Tahapan unduh dan apply template blog free pihak ketiga:

  • Download tema yang ingin kamu pakai. Klik unduh/download. Nantinya file kamu akan berupa zip. Jangan lupa untuk di-extract terlebih dahulu. Caranya : arahkan kursor ke file, klik kanan dan extract file (pastikan winrar sudah terinstal).
cara extract file zip


  • Siapkan terlebih dahulu gambar header, logo blog, foto profil serta kode-kode warna yang diinginkan. Hal ini untuk mempersingkat waktu apply theme.
  • Jangan lupa sebelum mengganti tema blog, pastikan kamu sudah mendacangkannya terlebih dahulu template blog kamu yang lama ya!
cara mencadangkan tema blog


  • Kemudian kamu masuk ke folder tempat extract filenya. Pilih yang ekstensinya .xml. Lalu klik kanan, open with-notepad.
melihat html template blog


  • Nanti akan muncul seperti ini. Ketik CTRL+A (select all) lalu CTRL+C (copy).
cara melihat html template blog notepad


  • Kembali ke dashboard blog theme - edit HTML
  • Hapus semua kode yang ada di edit HTML, CTRL+V (paste) kode template yang sudah di-copy dari notepad.
cara edit html template blog

  • Taraaa! Blog kamu sudah berubah temanya. Masih berantakan? Kamu bisa rapikan sendiri ya!
Untuk yang sudah memasang Google Analytics dan Google Search Console, jangan lupa untuk dicatat terlebih dahulu ya kodenya. Karena nantinya akan di-copy paste ke template blog baru (di edit html-nya)


C.2. Tahapan lanjutan memasang template blog free

Apakah cukup sampai di atas? nggak, hehe. Nyatanya kita masih perlu utak atik untuk menjadikan template blog kita seperti yang kita mau. Caranya bagaimana?
Cek Meta SEO Inspector untuk melihat apa saja yang harus diperbaiki.

Aku nggak akan jelasin mendetail ya di artikel ini (may be next time). Kamu bisa utak atik sendiri template kamu di tata letak dan tema, kamu bisa juga pasang widget yang belum terpasang di template. Kamu juga bisa edit CSS serta html-nya.
Aku punya rekomendasi blog yang isinya banyak tutorial menata blog, dari mulai memasang social widget, memasang banner komunitas, memasang tombol back to top, membuat menu drop down, dll. Kamu bisa tengok tutorialnya di Blogspedia, Akupun tengok di sana semua untuk menata blog aku, hehe.

Tapi aku akan cerita fun fact saat kemarin mengganti template blog aku. Ini before dan after-nya: 

blog ibu di balik gawai
Blog sebelum edit template baru (belum SEO Friendly)

template blog karya kata ibu di balik gawai
Blog setelah edit template baru


Jadi setelah utak atik tata letak dan sesuaikan theme, tiba-tiba struktur heading-ku berubah. Saat dicek di Meta SEO Inspector ada warning bahwa ada h1 yang berlebihan (ada 2 di atas dan bawah). Tentu ini nggak boleh dan nggak SEO Friendly.

Karena ini muncul di tengah jalan saat aku sedang edit blog ke tampilan yang diingikan, tentu bingung dong karena sebelumnya heading sudah baik. Setelah ditelusuri ternyata pemasangan widget translate di blog aku memunculkan h1 di bawah. Jadi ada dua h1.

Setelah aku hapus, heading kembali normal tanpa warning. Tapi ini baru aku ketahui saat aku sudah reset ulang (memasang ulang template). Hehe :')

*****

Nah itu adalah beberapa tips bagaimana memilih dan memasang template blog free. Semoga ini bisa jadi pertimbangan kamu sebelum mengganti template blog ya. Tetep semangat dan jangan menyerah adalah kunci. Semoga membantu!


nurrahmah widyawati


Nurrahmah Widyawati
Mom of 2, Blogger, 9 Antologi's book author, Digital illustrator, Life long learner • Hi, for details tap page "about me" thanks! :)

Related Posts

36 komentar

  1. Suka warnanya cantik unyu2. Moga2 jadi semakin semangat ngeblognya ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, ini semua berkat coach yang sabar dan nggak pelit ilmu. Virtual sungkem ;)

      Hapus
  2. Tetap semangat ya mbaakkk... 💪💪💪

    BalasHapus
  3. Aah mba wid.. aq jafi tambah suka liatin blog iniii kecee..makasih tips tipsnya ya

    BalasHapus
  4. Cakep banget mbak blog barunya. Aku masih pake bawaan blogspot nih huhu.

    BalasHapus
  5. Lengkap beserta link yang diperlukan...masya Allah..
    Saya suka headernya mbak..
    Duh jadi pingin otak atik lagi
    .

    BalasHapus
  6. Huhuhuuuuuuu aku kapan ini nherjainnya. Masih mikir beneran deh.. mbak aku kok kudu nangis mgerjain ini.efek gak bisa dikerjain modal hp. Hwaaaaaaaaa

    #segerakerjain!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan akhirnya cakep juga blog dirimu. Ah keren emang kamu tu :')

      Hapus
  7. Mb widya mah juara, mau before atau after aku tetep sukaaa.. yg after lbh cantik soh, mgkn krn kena sentuhan warna pink ya mb. Luvvv bgt!!

    BalasHapus
  8. Dari sebelum ganti template, aku udah sukaa sama blognya, mbak. Warnanya cute terus avatarnya ikonik banget. Di postingan ini tutorialnya lengkap link nya. Aku bookmark deh haha. Tugasku belum kelar2, lebih betah BW ke orang lain :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah mba, thank youuu, aku jadi terharu :') hiks

      Hapus
  9. Sama banget sih kayak aku, baru tau kalau h1 muncul setelah update widget, upload ulang.. Eh ternyata sebenernya ga perlu. Cukup hiding si widget yang bikin h1 muncul berulang wkwk.... Kesabaran mamak2 diuji disini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakak kalau nggak gtu jadi nggak paham ya. Dan karena kita bikin 2x jadi lebing ngelotok step-stepnya :') speechless emang kemarin tu

      Hapus
  10. Makin cakep nih mba templatenya.. Jadi makin semangat ya nulisnya..

    BalasHapus
  11. Warnanya emak muda banget nih. Jadi lebih rapi ya mbak. Aku malah lupa screenshot before dan afternya blogku....semangat ngeblog ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk mumpung belum kepala 3 nih, yang unyu-unyu dipuasin dulu mba wkwkwkwk semangat ;)

      Hapus
  12. Informatif sekali mba
    Mbaaa kreatif banget sih makin lucu deh rumahnya

    BalasHapus
  13. Dari awal ketemu blog ini udah suka sama blognya, Mbak. Unyu banget gambarnya, adem liatnyaa. Semangat ya, Mbakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, terharu part sekian :'( makasih mbak udah mampir. semangat buat kita yaaaa

      Hapus
  14. Free aja udah bagus kalau mau dan berani mngutak atik ya mb. Apalagi akalu premium, pasti tambah OK

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, ternyata free bisa juga cakep ya :') kalau premium apalagi, wah kapan-kapan dicoba deh

      Hapus
  15. Before after sama gemesnya, tpi jadi makin seo friendly ya skrang...yeaay alhamdulillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah iya, dirimu mah udah seo sedari awal ya mbak, ah keren kamu :')

      Hapus
  16. Mantap banget. Uraiannya jelas, sangat membantu

    BalasHapus
  17. mantap nih udah utak atik warna dan yang lainnya lah aku masih seadanya wkwkwkw semangat terus ya mbak ngeblognya

    BalasHapus
  18. Duh saya lagi galau milih tema juga mbk buat blog yg baru. Bingung mikirin tema. Utak atik tampilan dan akhirnya lupa nulis 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba. Harus luang bgt ngurus tema nih wakakkaka

      Soalnya makan wakti juga buat pilih mana.

      Tipsnya bikin konsepnya dulu mau gimana warna, tema dll. Biar pas dpt tema lgsg edit sana sini sesuai konsep ;)

      Hapus

Posting Komentar