Ibu di Balik Gawai Nurrahmah Widyawati

PMS Mood? Cara Jitu Biar Nggak Gampang Marah Saat Haid

16 komentar
Konten [Tampil]

 

cara jitu nggak gampang marah saat haid

"Jangan cari masalah deh, aku lagi PMS nih!" Biasanya PMS Mood sering terjadi pada para wanita saat mendekati waktu periodnya alias mendekati waktu datang bulan. Hayo ngaku siapa di sini yang sering mengalami mood swing saat PMS? Atau jika kamu laki-laki, sering nggak jadi korbannya? Hahaha.

A. PMS Adalah...

Banyak yang bilang "Aku lagi PMS nih!" Atau bahkan ada yang menjadi korban para wanita dengan dalih sedang PMS, tapi apa sih sebetulnya PMS itu?

PMS adalah premenstrual syndrome, ini umumnya terjadi 1-2 minggu sebelum haid. 

Seperti yang kita semua tahu bahwa saat haid, wanita nggak hanya mengalami gejala fisik seperti nyeri atau kram perut, namun juga gejala emosional seperti PMS ini.

Biasanya saat PMS, wanita mengalami bad mood atau suasana hati yang buruk. Gejala PMS emosional yang paling umum terjadi adalah mudah marah, depresi, menangis, sangat sensitif, gampang gugup dan cemas.

Kalau aku sendiri saat akan haid justru nggak hanya kram perut sih yang membuat nggak nyaman. Aku juga kadang mengalami mual, nafas agak berat dan lemas. Ada yang senasib nggak sih?

Untuk perubahan suasana hati alias PMS Mood, yes banget sih. Akupun merasakan demikian. Untuk pencegahan pribadi, aku selalu reminding ke diri sendiri saat mendekati tanggal haid. Pencatatan haid memang sepenting itu ya :)

pms mood

B. Penyebab Wanita Gampang Marah Saat PMS

Ternyata perubahan mood pada masa PMS ini disebabkan oleh naik turunnya kadar hormon estrogen dalam tubuh lho, gaes!

Jadi saat nggak terjadi pembuahan pada masa ovulasi, wanita akan masuk ke masa pramenstruasi. Pada masa ini kadar esterogen menurun drastis sebelum akhirnya meningkat lagi. Kadar hormon estrogen ini paling tinggi saat terjadi pelepasan sel telur atau ovulasi.

Lalu apa sih efek hormon estrogen ini pada tubuh? Berkaitan dengan suasana hati, hormon ini dapat memengaruhi produksi dan efek endorfin, yaitu unsur di otak yang mendatangkan rasa nyaman dan kesenangan.

Selain itu hormon estrogen juga akan meningkatkan kadar serotonin yang berperan dalam hal nafsu makan, mood, dan pola tidur. Namun memang efek dari hormon estrogen pada tiap wanita bisa berbeda.

Sebagian wanita bisa lebih sensitif terhadap perubahan kadar estrogen di masa datang bulan daripada wanita lainnya. Kelompok wanita inilah yang paling rentan mengalami PMS mood yang buruk saat datang bulan.

Selain siklus menstruasi, berada dalam kondisi stres, cemas, depresi, atau sedang diet adalah beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi naik turunnya hormon estrogen.

C. Cara Jitu Biar Nggak Gampang Marah Saat PMS Mood

C.1. Olah Raga Rutin Saat PMS

Olah raga ini memiliki peran penting juga dalam hal memproduksi hormon endorfin atau hormon kebahagiaan. Jadi sebaiknya kamu rutin untuk berolahraga agar hormon dalam tubuh seimbang serta bekerja dengan baik.

Adapun olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah meditasi/yoga dan jalan kaki. Selain berlatih pernapasan, olah raga ini juga baik untuk refreshment emosi dan pikiran. Sehingga kamu bisa mengendalikan PMS mood dengan lebih baik.

Dua olah raga ini juga yang paling rutin aku lakukan. Karena murah dan mudah tentunya. Kalau kamu suka olah raga apa?

olahraga yang baik saat haid


C.2. Pola Tidur Baik Cegah PMS Mood

Pola tidur yang buruk bisa memperburuk suasana hati kamu menjelang menstruasi lho! Sebaiknya kita tidur sekitar 7-8 jam setiap malam, terutama dalam satu atau dua minggu menjelang menstruasi.

Jujur memang ini yang susah ya. Dengan sekian banyaknya agenda, rasanya habit begadang sudah menempel. Apalagi punya anak masih balita. Malam hari adalah me time. But ya, kita harus mulai berubah untuk memiliki pola tidur yang lebih sehat.

Bismillah dulu. Hehe.

C.3. Menjaga Pola Makan Sehat Kendalikan PMS Mood

C.3.1. Konsumsi Vitamin/Suplemen saat PMS

Sebaiknya kamu mengkonsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Seperti yang dilansir dalam web alodokter(dot)com, uji klinis menemukan bahwa mengonsumsi kalsium bisa membantu mengatasi perasaan sedih, mudah marah dan kecemasan terkait PMS.

Kamu bisa mendapatkan asupan kalsium dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi tersebut, seperti susu, yogurt, keju, dan sayuran hijau, atau dengan mengonsumsi suplemen kalsium.

Selain kalsium, vitamin B-6 juga dipercaya bisa membantu mengatasi gejala PMS. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B-6, antara lain ikan, ayam, buah-buahan, dan sereal yang difortifikasi. Vitamin B-6 juga hadir dalam bentuk suplemen. Tapi ingat, hindari mengonsumsi vitamin B-6 lebih dari 100 miligram setiap hari.

tweet tentang pms
Kamu gini juga nggak? Hahaha


C.3.2. Makanan dan Minuman Mood Booster PMS

  • Cemilan sehat

Saat menstruasi, wanita akan cenderung ingin mengonsumsi makanan yang manis-manis. Tapi sebaiknya kamu ganti cemilan yang sehat-sehat aja ya, gaes! Lihat aku aja dah manis kok (eh maaf nggak gitu konsepnya). Tujuannya untuk mencegah perubahan suasana hati yang terkait dengan fluktuasi gula darah.

Untuk kamu yang doyan banget makan fast food dan makanan kaleng, merapat! Praktis sih memang, tapi jangan banyak-banyak ya. Nggak sehat soalnya.

  • Hindari makanan/minuman berkafein dan bersoda

Makanan dan minuman mengandung kafein seperti kopi, teh dan cokelat serta minuman bersoda juga sebaiknya kamu kurangi dulu. Makanan dan minuman jenis ini membuat gejala menstruasi kamu semakin bertambah parah. Perubahan mood dan nyeri payudara kamu bisa semakin nggak nyaman. Ini juga bisa memicu sakit maag.

Selain itu, kopi dan minuman berkafein bisa meningkatkan kecemasan, gugup, dan insomnia. Mengurangi konsumsi alkohol juga membantu meningkatkan suasana hati karena alkohol bertindak sebagai depresan.

Jangan lupa banyak minum air putih!

  • Hindari makanan terlalu asin

Saat menjelang haid atau saat sedang haid, sebaiknya kamu hindari makanan yang terlalu asin. Hal ini bertujuan untuk mengurangi gejala kembung dan berkumpulnya cairan di pembuluh darah.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa mengganti sesuatu yang digoreng dengan proses pemanggangan karena memiliki kadar garam yang lebih rendah.

  • Konsumsi makanan yang mengandung zat besi

Darah yang keluar saat menstruasi ternyata bisa meningkatkan risiko anemia, lho. Jadi memang baiknya saat haid penuhi asupan tubuhmu dengan kandungan zat besi di dalamnya.

Contoh, bisa konsumsi daging, susu, ikan, sayuran hijau, atau bahkan sereal gandum untuk mencegah anemia datang di saat haid tiba.

  • Jamu atau makanan kaya rempah-rempah tradisional

Rempah-rempah tradisional Indonesia seperti kunyit dan jahe ternyata baik untuk meredakan nyeri saat PMS. Kamu bisa meracik jamu sendiri dengan satu buah kunyit yang dicuci bersih lalu ditumbuk sampai agak halus. Campurkan sedikit air, peras dan minum rutin air kunyit untuk redakan nyeri PMS.

Selain itu, kamu juga bisa pakai jahe. Jahe memiliki sifat antiradang yang ampuh meredakan sakit perut pada saat atau sebelum mentruasi. Untuk menggunakan jahe, kamu bisa merebus jahe dengan teh atau tambahkan jahe pada makanan.

PMS Mood
Ah bisa aja :')


*****

Memang nggak mudah ya menghadapi PMS Mood. Tapi ternyata cara jitu di atas memang cukup ampuh untuk mengurangi mood swing wanita saat haid.

Kalau kamu punya tambahan dan rekomendasi lain untuk kendalikan PMS Mood, boleh share yuk di kolom comment. Thank you! :)

nurrahmah


Nurrahmah Widyawati
Mom of 2, Blogger, 9 Antologi's book author, Digital illustrator, Life long learner • Hi, for details tap page "about me" thanks! :)

Related Posts

16 komentar

  1. Wkwkw.. kebetulan lagi mengalami dan gara-gara begasang terus-terusan :D.
    Terima kasih tipsnya Mom Widya, terbantu banget :D besok olahraga ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk olahraga bareng virtual. Kalau sendiri olahraganya jempol doang nih mba wkwkwk

      Hapus
  2. Hahahahhaa iya iya mbak.

    Aku tahu saat PMS aku emang jadi singa. Auto suami bakal jadi ladang amukan..astagfirulloh.

    Tipsnya aku coba mbak wid

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin FTV : Jeritan Suami Menghadapi Amukan Istri PMS :')

      Hapus
  3. Hahaha aku banget kaloagi PMS sensi mbak.. suami sampai hafal.wkwk.
    Kalau sudah emosian pasti tanya kapan haidnya?
    Makasih sharing tipsnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk. Suami pasang tameng saat tanggal PMS istrinya datang :')

      Hapus
  4. Senggol bacok ya klk lgi PMS, hahahah
    Suami nih yg dah apal bgt klo aku lgi PMS, moodswing parah...
    Makasih tips2nya ya Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener wkwkwk senggol bacok* ya. Asli deh wajib bgt mindfull pas PMS kita mba :')

      Hapus
  5. pas liat covernya auto kebayang diri sendiri pas lagi marah saat PMS, wkwk..

    Keknya pola tidur yg harus aku benerin nih mbak, hihi.. makasih lho tipsnya mbaaak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha relate kan mbak? akupuk wkwk. semoga bermanfaat :)

      Hapus
  6. Iya sih. Kalau sedang dalam masa haid dan kebanyakan makan makanan asin, perut malah jadi nggak nyaman karena kembung gitu.

    Ternyata salah satu cara biar nggak mengalami perubahan mood saat PMS itu malah atur pola istirahat dan olahraga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak berkaitan sama hormon kebahagiaan hehe. semangat buat kita ;)

      Hapus
  7. suka gak sadar tiba2 lebih rajin ngomel karena alasan sederhana. Taunya beberapa hari kemudia sidia datang

    BalasHapus
  8. Paksu sudah hapal banget tanda-tanda aku PMS. Mood swing banget aku tuh. Hihi... Langsung deh paksu beliin jamu kunyit asem di mbok-mbok tukang jamu langganan. Alhamdulillah lumayan mereda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaya identik ngambekan pas PMS wkwkwk sama mba, tp kalau aku jamu kunyitnya bikin sendiri hehe

      Hapus

Posting Komentar