Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Biaya Masuk SD Swasta Favorit di Pati, Siapkan Dana Pendidikan Sejak Dini!

2 komentar
Konten [Tampil]

 SD Favorit di Pati
Awal pindah ke Pati aku langsung mencari TK dan SD terbaik di Pati yang sesuai dengan keluarga kami dari berbagai segi. Namun, informasi di internet mengenai Biaya Masuk SD Swasta Favorit di Pati nihil! Memang ada beberapa flyer, namun sudah sangat lama.

So, aku di sini ingin menuliskan beberapa SD swasta berbasis Islam yang populer di Pati dengan gambaran biaya masuknya. Semoga bisa menjadi pencerahan dan motivasi untuk menyiapkan dana pendidikan si kecil. Terutama perantau di Pati.

Memilih sekolah untuk anak memang bukan hal yang mudah, perlu banyak pertimbangan untuk bisa memutuskan mana yang terbaik untuk anak kita. Tak hanya itu, ada berbagai faktor yang bisa jadi bahan pertimbangan memilih sekolah untuk anak.


Pertimbangan Memilih Sekolah untuk Anak

Budget

Tak dipungkiri, semakin lengkap fasilitas memang semakin mahal uang sekolahnya. Namun belum tentu sesuai dengan goals keluarga.

Hal ini memang harus dibicarakan dengan keluarga inti, terutama suami, karena berkaitan dengan anggaran dan visi misi pendidikan keluarga. Oleh sebab itu aku share di artikel ini mengenai biaya masuk SD swasta favorit di Pati untuk persiapan si kecil memilih sekolah.

Memilih sekolah terbaik namun sesuai dengan kemampuan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Meski demikian, semoga kita bisa mengantarkan anak-anak kita di lingkungan dan pendidikan yang terbaik ya, yang menjaga fitrah baiknya hingga dewasa kelak (aamiin).


Kualitas Sekolah

Ada beberapa hal yang harus dilihat pada calon sekolah si kecil. Moms bisa liat dari jumlah dan kualifikasi pengajarnya, apakah seimbang atau tidak.

Selain itu, Moms bisa lihat apa kurikulum yang digunakan. Ini kembali pada goals masing-masing keluarga. Apakah consern pada yang berbasis agama, atau umum saja. Apakah Moms berniat ke sekolah bilingual atau tidak, dll.


Jarak Sekolah

Usahakan jarak sekolah tidak terlalu jauh dari rumah, misalnya kurang dari 30 menit. Jika Moms repot, bisa mencari sekolah yang menyediakan fasilitas antar-jemput juga.


Karakter Lingkungan Sekolah

Moms bisa mengamati saat melakukan survey-survey ke lingkungan sekolah saat jam pelajaran dan istirahat. Amati bagaimana siswa-siswanya ngobrol, bersosialiasi, bahasanya, hingga adabnya.

Kalau aku pribadi, memang prefer ke pendidikan karakter terutama untuk PAUD dan SD. Menurutku jenjang tersebut adalah pondasinya. Tapi ini kembali pada kebijakan masing-masing keluarga ya.

Saat survey memang untung-untungan sih, namun bisa menjadi gambaran kecil apakah siswa-siswanya sering berkata kasar, menghargai teman dan menjunjung adab (senyum, sapa, salam, dll).


Kenyamanan Anak

Tentu kenyamanan anak penting ya, jadi Moms bisa survey fasilitas yang disediakan. Misalnya dalam hal kebersihan, hingga hal-hal yang nantinya sebagai penunjang pembelajaran. Moms bisa cek ke toilet misalnya untuk segi kebersihan, serta cek ruangan kelasnya, dll.

Pastikan sekolah dalam kondisi aman, misalnya adanya rules antar jemput, security, cctv, peraturan sekolah jelas, dll, sesuaikan saja dengan goals keluarga masing-masing. Tentu semakin lengkap fasilitas yang menunjang kenyamanan serta keamanan anak, budget-nya juga semakin tinggi.


Mengikuti Kelas Percobaan

Beberapa sekolah menyediakan event trial class, terutama untuk sekolah swasta. Moms bisa ikut join dalam event tersebut untuk melihat kualitas pengajar, kurikulum yang dipakai, vibes kelas, dan sebagainya.


Biaya Masuk SD Swasta Favorit di Pati

Nah, kali ini aku akan share gambaran biaya di beberapa SD swasta populer di Pati Kota. Ini aku dapat dari brosur yang mereka sediakan. Kebetulan anakku memang tahun pelajaran 2023/2024 ini ikut 'riweuh' mencari SD yang cocok untuknya.

Berikut adalah biaya masuk SD swasta favorit di Pati :


SD Islam Al-Azhar 48 Pati

SDIT favorit di Pati

SD Al Azhar Pati berlokasi di Gg. Al Azhar, Ngagul, Dukuh, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

SD satu ini menyediakan jenjang TK, SD dan SMP. Anyway, SMP-ny baru. Pasti sudah pada familiar ya dengan sekolah satu ini, karena hampir setiap kota ada. Terutama di kota-kota besar.

Untuk lebih jelasnya Moms bisa melihat Video Company Profil Sekolah Al-Azhar Pati di Youtube. Di situ dijelaskan secara detail.

Website : https://al-azharpati.sch.id/Instagram : @sekolah_alazhar_pati

Nah, kali ini kita intip yuk biaya masuk SD Al-Azhar! Kali ini aku dapat informasi untuk biaya Gelombang 1. Tentu Moms paham ya ada perbedaan harga antar gelombang. Semakin awal mendaftar, biasanya akan semakin banyak diskonnya.

Untuk biaya pendaftaran di SD Islam Al-Azhar 48 Pati sebesar Rp 200.000,-

Dana Pembangunan Rp 5.110.000,-
Dana Pendidikan Rp 6.250.000,-
Dana Kegiatan Rp 2.300.000,-
SPP Juli 2023 Rp 900.000,-

Untuk alur yang tertera di brosur, diawali dengan mendaftar melalui aplikasi Salam Al-Azhar. Kemudian melakukan verifikasi data dan dokumen. Selanjutnya observasi, pengumuman hasil dan daftar ulang. Atau datang langsung ke sekolah ya, Moms.

Oh iya, perlu diingat sekolah di swasta ada biaya per-tahun yang harus dibayar di luar SPP ya Moms, jadi jangan lupa make sure hal tersebut. Setiap tahunnya juga biaya di atas bisa berubah sesuai inflasi.


SD Islam terpadu BIAS Yaumi Fatimah Pati

rekomendasi sdit favorit di kota pati

SD Yaumi Fatimah Pati terletak di Jl. P. Diponegoro No.155, Parenggan, Kec. Pati, Kabupaten Pati.

SD ini so far hanya ada di beberapa kota, seperti Kudus, Jepara, Juwana dan Pati. Untuk yang di Pati lokasinya strategis di tengah kota.

Yaumi sendiri memiliki jenjang daycare, playgroup, TK, SD hingga SMP. Untuk lebih lengkapnya Moms bisa lihat di Youtube : Profil Sekolah Adiwiyata SDIT Yaumi Fatimah Pati.

Website : https://yaumifatimah.com/ | Instagram : @sdit_yaumifatimahpati

Berkut adalah biaya masuk SD Islam terpadu BIAS Yaumi Fatimah Gelombang 2 :

Untuk biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,-

Stadium General Rp 300.000,-
Infak Awal Rp 10.000.000,-
SPP per bulan Rp 1.100.000,-

Pembiayaan keperluan siswa:

Paket belajar Rp 950.000,-
Fasilitas Rp 825.000,-
Dana penunjang pendidikan (DPP) SMT1 Rp 2.330.000,-
Dana penunjang pendidikan (DPP) SMT2 Rp 1.8750.000,-

Seragam (sesuai ukuran)

Nah, untuk gelombang 1 tentu berbeda ya, bisa lebih murah. Biaya di atas sudah termasuk makan.

Oh iya, perlu diingat sekolah di swasta ada biaya per-tahun yang harus dibayar di luar SPP ya Moms, jadi jangan lupa make sure hal tersebut. Setiap tahunnya juga biaya di atas bisa berubah sesuai inflasi.


SD IT Abu Bakar Ash-Shidiq Pati

sdit terpopuler di kota pati

SD IT Abu Bakar Ash-Shidiq terletak di Jl. Soewondo No.1, Sekarkurung, Muktiharjo, Kec. Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59163.

Abu Bakar Ash-Shidiq sendiri memiliki jenjang TPA, KB, TK, SD, SMP. Untuk lebih lengkapnya Moms bisa lihat di Youtube : Profil SD IT Abu Bakar Ash Shidiq Pati.

Website : http://www.abubakargroup.sch.id/ | Instagram : @abubakarpati

Berkut adalah biaya masuk SD IT Abu Bakar Ash-Shidiq Pati Gelombang 1 :

Untuk biaya pendaftaran sebesar ???

Wakaf Pembangunan (bisa pilih) Rp 5.400.000 s.d > Rp 7.400.000,-

Dana Pengembangan Pendidikan (per tahun) Rp 960.000,-
Dana Pendidikan per bulan (sudah termasuk uang makan & snack) bisa pilih Rp 870.000,- s.d. > Rp 1.070.000,-
Seragam (kain & perlengkapannya) Pi: Rp 740.000,- Pa : Rp 570.000,-
Ifaq dakwah per bulan (isi sendiri sukarela)
Program orang tua asuh (isi sendiri sukarela)

Nah, semakin awal mendaftar akan mendapatkan cash back. Uniknya, di Abu Bakar ini memang ada range biaya yang bisa diisi sendiri sesuai kemampuan masing-masing.

Oh iya, perlu diingat sekolah di swasta ada biaya per-tahun yang harus dibayar di luar SPP ya Moms, jadi jangan lupa make sure hal tersebut. Setiap tahunnya juga biaya di atas bisa berubah sesuai inflasi.


SD Muhammadiyah Pati (Muhati)

sdit terbaik di pati

SD Muhammadiyah Pati atau yang dikenal dengan SD Muhati, terletak di Jln. Raya Pati-Kayen KM.02 Panjunan Pati. Lokasinya di jalan menuju lingkar luar & selatan Pati, cenderung tidak ramai. Namun SD Muhati menyediakan fasilitas antar jemput.

SD Muhati memiliki gedung yang hanya ditempati oleh jenjang SD. Untuk lebih lengkapnya Moms bisa lihat di Youtube : Profil Sekolah SD Muhati ( SD Muhammadiyah Pati ), dan jingle sekolah : Video Klip Jingle SD Muhati.

Website : https://sdmuhammadiyahpati.sch.id/ | Instagram : @sdmuhati

Berkut adalah biaya masuk SD Muhammadiyah Pati (Muhati) Gelombang 2 :

Pendaftaran Rp 100.000,-
Dana Pendidikan Rp 1.500.000,-
Infak Pengembangan Sekolah Rp 4.500.000,-
Operasional/Kegiatan Tahunan Rp 350.000,-/semester
Seragam 5 stel Rp 900.000,-
SPP/Syariah Bulanan Rp 350.000,-
Konsumsi/bulan (snack pagi dan makan siang) Rp 300.000,-

Nah, untuk gelombang 1 tentu berbeda ya, dapat diskon 1-1.5 juta.

Untuk biaya antar jemput tersendiri ya, Moms. Misalnya untuk jarak tempuh 0-5 km : Rp 450.000,- | 6-10 km Rp 515.000,- dan seterusnya. Jika ikut hanya antar saja/jemput saja dikenakan biaya 75% dari biaya yang tertera.

Dana di atas belum termasuk buku seperti LKS. Untuk tahun ajaran Juli 2023 ini, total pembayaran uang buku muncul di tagihan SPP bulan Oktober sebesar 244 ribu untuk kelas 1 (saya tidak tahu untuk kelas 2-6). Tentu tahun berikutnya bisa berbeda, karena kebutuhan buku bisa jadi berbeda juga.


Penutup

Nah, sebetulnya masih ada beberapa SD populer di Pati. Namun aku hanya punya informasi brosur dari SD yang telah aku jabarkan di atas.

Jika aku salah tulis atau Moms punya brosur SD lain silahkan kirim ke aku via e-mail ya :)

Nah, perlu diingat nih Moms kalau sekolah di swasta ada biaya per-tahun yang harus dibayar di luar SPP. Jadi jangan lupa untuk make sure hal tersebut ke pihak sekolah. Tanyakan juga tentang sistem pembayaran uang buku, apakah sudah include atau belum.

Adapun mungkin tahun depan biaya ini sudah berubah itu maklum ya, Moms. Setiap tahunnya kan ada kenaikan alias inflasi. Tapi semoga nggak banyak ya, pusing mamak! :')

Terlepas dimanapun anak kita sekolah, rumah adalah pendidikan utama dan pertama anak-anak. Sekolah hanya membantu kita sebagai perpanjangan tangan dalam hal mendidik mereka.

Semoga ulasan Biaya Masuk SD Swasta Favorit di Pati ini bisa jadi acuan Moms ya, terutama warga baru yang masih bingung nih untuk pilih sekolah jenjang SD di Pati. See you!

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

2 komentar

  1. Sebagai orang tua baru, wajib memperhatikan biaya-biaya di atas sebelum boncos tiba-tiba di masa depan...

    Thanks mbak insight nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita selalu ada ya mba rezekinya untuk anak yg terbaik :) aamiin, sami sam semoga bermanfaat

      Hapus

Posting Komentar