Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Kenang-kenangan untuk Guru yang Murah, Elegan, Berkesan, Selalu Diingat!

Konten [Tampil]

Kenang Kenangan untuk Sekolah TK

Sudah masuk pertengahan tahun, biasanya orang tua murid mulai hectic mempersiapkan anak untuk kenaikan kelas maupun cari sekolah baru. Nah, salah satu hal yang dipersiapkan untuk perpisahan (terutama event kelulusan) biasanya adalah kenang-kenangan untuk guru yang murah, namun berkesan dan unforgetable!

Nah, kali ini akupun mengalaminya langsung. Anakku yang pertama kebetulan akan lulus TK nih, jadi salah satu hal yang aku siapkan adalah kenang-kenangan.

Karena artikel ini mostly pengalaman pribadi, jadi memang disesuaikan saja ya dengan value diri sendiri, kebijakan sekolah dan lain sebagainya.

Selain kenang-kenangan untuk guru, aku juga mempersiapkan kenang-kenangan untuk sekelas. Di kelas kakak ada 14 anak, jadi ya membuat kenang-kenangan sejumlah itu saja memang. Tambah guru pengampunya juga.


Kenang-kenangan untuk Guru yang Murah

Nah, sebetulnya kenang-kenangan ini nggak harus mahal sih, menyesuaikan kantong masin-masing saja. Justru biasanya handmade lebih berkesan.

Biasanya juga ada beberapa bentuk kenang-kenangan, misalnya barang untuk sekolah tersebut (menambah fasilitas sekolah), kenang-kenangan khusus untuk gurunya dan kenang-kenangan untuk sekelas.

Pertama, kita bahas yang untuk sekolah dulu deh ya :)


Kenang Kenangan untuk Sekolah TK

Kenang-kenangan untuk sekolah ini biasanya dari sisa uang KAS kelas. Kalau tidak cukup bisa ditambah dengan iuran. Namun yang aku alami sih dari sisa uang KAS kelas hasil iuran per bulan. Tidak ada penarikan iuran lagi.

1. Kipas angin/AC

Untuk sekolah si kakak kami membelikan kipas angin. Kebetulan TK si kakak memang tidak menggunakan AC. Ruangannya juga semi outdoor, jadi tidak tertutup rapat. Penambahan kipas angin tentu sangat membantu kenyamanan kegiatan belajar mengajar.

2. Buku bacaan anak

Kalau ini pikiranku sendiri sih. Mengingat usia dini ini fitrahnya suka sekali mendengarkan cerita. Sehingga semakin banyaknya pilihan bacaan, akan semakin memperkaya literasi anak.

Menurutku lewat buku kita bisa memberikan insight tanpa anak-anak sadari dan merasa digurui mengenai hal-hal yang positif. Jadi memberikan kenang-kenangan berupa buku cerita/bacaan bisa sangat bermanfaat untuk sekolah.

3. Mainan edukatif

Sebetulnya di TK juga sudah ada berbagai fasilitas permainan ya. Namun memang terbatas, apalagi di TK yang uang bulanannya tidak begitu besar. Jadi memberi kenang-kenangan berupa mainan edukatif yang memang dibutuhkan tentu akan sangat berguna untuk anak-anak TK.


Kenang-kenangan untuk Guru TK, Kenang kenangan untuk Guru Perempuan, Kado untuk Guru Wali Kelas

Nah, aku nggak bahas banyak deh, masing-masing poinnya tiga aja ya (hehe). Kali ini berlanjut kenang-kenangan untuk wali kelas TK.

Nah, karena ini ranahnya sudah personal, jadi memang terserah sih mau kasih apa aja. Bisa iuran sekelas atau personal.

Di sekolah kakak, uang iuran wisuda sudah include memberi tanda mata untuk semua gurunya. Katanya sih baju batik. Namun, aku pikir itu kurang personal untuk wali kelasnya yang sehari-hari menemani si kecil bermain di TK.

Jadi, Moms bisa beli kenang-kenangan khusus untuk wali kelas. Bisa saja Moms iuran sekelas agar lebih kompak dan ringan.

Ada beberapa ide barang yang bisa Moms beli untuk kenang-kenangan pada wali kelas. Kalau aku kebetulan belinya personal karena kelas tidak ada kenang-kenangan yang tertuju khusus ke wali kelas.

1. Tas

Kenang kenangan untuk Guru Perempuan
Bags : SHANG & CO Official Shop (shopee)

Nah, aku pikir tas ini kan sangat diperlukan ya. Namun aku memang tidak memilih tas untuk kerja, karena bingung aja sih bagaimana modelnya.

Jadi, aku prefer membeli tas untuk main saja, atau bisa untuk event formal seperti kondangan dan lainnya.

Ini aku nggak di-endorse ya, namun aku baru saja menemukan brand tas lokal yang menjual tas murah namun berkualitas. Namanya ada di keterangan gambar di atas ya. Aku beli untuk wali kelas dan kepsek yang memang aku kenal (beberapa kali ngobrol juga).

Nama brand-nya seperti luar negeri, namun pas lihat akun IG-nya kok local brand. Agak kaget sih, hehe. Kalian kalau kepo langsung cari ke market place aja ya, Moms. Biar aman.

Aku suka dari tas itu karena sudah include dustbag dan paperbag, jadi berasa bagus aja hehe.


2. Jilbab

Kenang-kenangan untuk Guru yang Murah, Elegan, Berkesan, Selalu Diingat
Hijab : Zaskia Mecca Official Shop (shopee)

Ini mainstream sih, namun emang pastinya akan bermanfaat. Apalagi jaman sekarang banyak banget brand hijab yang bagus-bagus banget, baik itu voal, printing, dan lain sebagainya.

Nah, aku kemarin carinya hijab yang ada value-nya dan ukurannya syar'i. Akhirnya aku menemukan brand artis yang pasti kalian sudah tahu deh. Yap, punya si Zaskia Mecca.

Dia ini nggak pricey banget sih, ada yang terjangkau juga. Yang aku suka sih awalnya karena ada filosofi tiap desainnya.

Aku beli yang Jelita Indonesia edisi Adonara Nusa Tenggara Timur. Ukurannya syar'i 130x130 cm dan tebal nggak menerawang.

Aku juga beli yang series Spanyol, namun lebih kecil yaitu ukuran 120x120 cm. Untuk voal ini memang lebih mahal dibandingkan Adonara, namun memang lebih tipis.

Namun, untuk brand ini memang kalau mau pake box mahal ya, jadi pakai bawaan packaging jilbabnya aja kaya ziplock untuk yang Spanyol sama plastik brand biasa untuk Adonara.


3. Mug keramik custom

Nah, ini sih paling mainstream. Bahkan di marketplace sudah banyak hampers yang isinya mug keramik yang dicustom gambar karakter guru perempuan dan namanya juga.

Apapun, asal packaging-nya cantik, apalagi handmade dari hati terdalam atas dasar tulus dan rasa terima kasih pati akan berkesan banget dan tak terlupakan.

Jadi kenang-kenangan untuk guru yang murah juga akan terlihat mewah, bukan dari harganya namun niatnya! :)


Kado Kenang kenangan Perpisahan Sekolah

Kenang-kenangan untuk sekolah sudah, untuk wali kelas juga sudah, kini saatnya kenang-kenangan untuk teman-teman sekelas. Nah ada beberapa kenang-kenangan yang sudah aku coba sendiri (yang 1 belum hehe) untuk kenang-kenangan anak TK.

1. Gelas enamel custom

Kenang-kenangan untuk Guru yang Murah Berkesan
Gelas enamel custom : oemah.kreatip (shopee)

Kemarin si kakak memberikan kenang-kenangan untuk 13 temannya dan wali kelasnya juga tentunya berupa gelas enamel custom. Desainnya tentu Ibuk dong yang buat. Jadi gelas ini nggak pecah ya, aman untuk anak TK. Ukurannya juga pas banget untuk anak TK gitu.

Anyway, packaging-nya gemas sih. Gelas enamelnya dibungkus besek dan diikat dengan pita serta paper tag juga. Harganya juga termasuk terjangkau, kebetulan aku dapat vendor satu kota, yaitu dari Pati juga.


2. Tumblr custom

Eh, kemarin aku sempat menemukan custom tumblr gemas banget. Tumblr-nya berbahan plastik bening dan bisa custom karakter serta nama. Size-nya 1 liter, bisa tutup ulir atau sedotan. Tapi aku belum coba beli sih. Harganya 100 ribuan gitu.


3. Kaos karakter custom, topi

Kenang-kenangan untuk Guru yang selalu diingat
Kaos custom karakter nama : heykenes (shopee) | Topi custom karakter : Jileon BabyKids (shopee)

Nah, kalau ini sih bayar sendiri-sendiri kita wkwk. Tapi memang kembaran empat anak, gemas kan? :)

Kaos dan topi ini juga untuk kostum dance sih saat perpisahan. Langsung kepoin aja market place yang tertera di gambar.

Menurutku sih bagus kualitasnya. Kaosnya tebal, nyaman, adem, sablon cakep. Topi juga kokoh bahannya, udah gitu bisa dikecilkan dan dibesarkan menyesuaikan ukuran kepala anak.


Penutup

Jadi begitulah sekelumit inspirasi kenang-kenangan untuk Guru yang murah, elegan, berkesan, dan selalu diingat! Jangan lupa juga untuk membuat surat dari hari si kecil untuk gurunya, pasti mengandung bawang deh! hehe, maaf atas salah kata and see you!

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

Posting Komentar