Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Pentingnya Landing Page dan Tips Membuatnya, Menarik dan Mudah Dipahami!

46 komentar
Konten [Tampil]

digital agency Indonesia

Apakah kamu familiar dengan istilah landing page? Sebetulnya landing page ini sudah sering kita lihat sehari-hari saat menjelajahi dunia maya.

Landing page yang menarik merupakan salah satu aspek penting dalam marketing. Terutama dalam hal untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan. Kamu wajib untuk membuat landing page yang bikin target pasar kamu betah!

Kali ini mari kita bahas tentang pengertian landing page, pentingnya landing page, hingga tips membuat landing page yang menarik. Aku juga akan spill digital agency Indonesia rekomendasiku yaitu Redcomm digital marketing agency Indonesia dengan 5x Gold winner.

So, untuk kamu yang sedang mencari jasa digital agency Jakarta, check this out!


Landing Page Adalah 

Landing Page adalah sebuah halaman situs mandiri yang dibuat khusus untuk suatu pemasaran/campaign/iklan.

Dengan adanya landing page dapat memungkinkan pengunjung untuk dapat “mendarat” alias mengunjungi suatu page setelah mengklik tautan yang diperoleh dari surel/e-mail/iklan di Google, bisa juga dari berbagai media sosial.


Pentingnya Membuat Landing Page

Berbeda dengan situs biasa, landing page biasanya dirancang untuk suatu tujuan tertentu, seperti Call to Action (CTA) saat pengunjung mengunjungi halaman tersebut. CTA bisa berupa ajakan untuk bergabung, membeli produk tertentu, serta ajakan mendaftarkan diri, dll.

Kemudian konversi akan terjadi saat pengunjung melakukan tindakan spesifik. Adapun beberapa kriteria dari landing page adalah:

  • Terdapat formulir isian yang bisa pengunjung isi sebagai calon pelanggan, misalnya berisi alamat surel atau nomor telepon yang nantinya bisa mendapatkan kiriman iklan atau campaign tertentu.
  • Mengubah pengunjung menjadi prospek bisnis/leads atau target pasar dengan mengarahkannya ke situs utama yang berisi mengenai detail produk/barang/layanan tertentu.

Landing page muncul sesuai dengan segmentasi pasar kepada calon pelanggan atau pengunjung yang mengunjungi situs tertentu.

Jadi, landing page berfungsi mengumpulkan informasi dengan lebih spesifik mengenai calon pelanggan. Kemudian nantinya akan menjadi jembatan antara calon pelanggan dengan situs transaksi/penawaran produknya.


Tips Membuat Landing Page Menarik

landing page adalah

Di bawah ini adalah beberapa tips membuat landing page:

1. Fokus

Fokus pada membuat penawaran/campaign, bukan pada perusahaan.


2. Jangan Mengintimidasi

Jangan membuat landing page secara mengintimidasi, buatlah isian formulir yang ringkas saja (misalnya alamat email, informasi kontak, sign up, mengisi form, melakukan registrasi, klik download, dll).

Menawarkan opsi yang efisien akan membuat pengunjung menjadi tidak terdistraksi dengan hal-hal lainnya dan nantinya lancar dalam melakukan konversi yang diinginkan.


3. Pelajari Audience

Mempelajari audience tentu sangat penting, ini bergantung pada jenis produkmu, tipe konsumen yang menggunakan produkmu, dan beberapa hal yang nantinya akan memengaruhi desain produk, copywriting, hingga hal-hal lain yang ada di landing page.


4. Buatlah Isi Landing Page yang Menarik

Setelah fokus serta mempelajari audience untuk landing page, sekarang waktunya mengisi page tersebut dengan copywriting yang menarik. Gunakan keyword yang relevan dan yang banyak dicari oleh target audience.

Selain itu, gunakan headline yang menarik di bagian atas (paling awal) untuk membuat audience ingin terus melanjutkan membaca keseluruhan hingga ke bawah.Buatlah unique selling point bisnis dengan apik.

Headline jangan terlalu pendek, namun jangan juga terlalu panjang. Pastikan semua poinnya tersampaikan, sehingga target bisa memahami apa yang ditawarkan dengan mudah hingga terjadi konversi yang diinginkan.

Untuk isi konten, sebaiknya jangan terlalu padat. Pertimbangkan juga space agar tidak ada kejenuhan yang melihatnya. Gunakan juga font yang mudah dibaca.

Jangan lupa untuk mencantumkan manfaat produk dan layanan pada landing page, serta social proof atau testimoni pelanggan untuk meningkatkan kepercayaan/ positive branding.


5. Buat Visual Landing Page yang Menarik

Sebuah landing page membutuhkan visual yang menarik agar audience betah berlama-lama dan melakukan apa yang kita inginkan di page tersebut.

Gunakan color palette yang sesuai dengan brand, tambahkan gambar, video dan aspek visual lain yang relevan.

Dengan visual dan copywriting yang menarik, tentu akan mendukung branding yang positif bagi audience kepada produk brand tersebut.


6. Buat CTA (Call to Action) yang Jelas

Call-to-action (CTA) dalam landing page harus jelas berisikan ajakan agar audience tahu aksi apa yang harus dilakukan. Jangan membuat mereka bingung.

Kamu bisa menempatkannya di atas yang mudah terlihat, biasanya berbentuk tombol. Misalnya “sign up sekarang!” dan lain sebagainya, bergantung pada tujuan masing-masing.


7. Informasi Kontak yang Jelas

Dalam membuat landing page, kamu juga perlu mencantumkan informasi kontak yang jelas, benar, dan bisa dihubungi. Ini juga akan meningkatkan kepercayaan audience kepada brand.

Informasi kontak bisa berupa alamat email, nomor telepon call center (jika ada), no handphone khusus bisnis, dan lain sebagainya. 

Dengan mencantumkan kontak yang jelas, audience bisa menghubungi dengan mudah ketika membutuhkan informasi lebih lanjut, ingin bertanya suatu hal, atau untuk mengajak bekerja sama.

*

Nah, dari pada repot-repot membuat landing page sendiri, lebih baik kamu percayakan kepada suatu digital agency Jakarta terpercaya, yaitu Redcomm.


Redcomm, Digital Agency Indonesia

landing page adalah

Redcomm adalah sebuah digital agency Indonesia, di mana Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of the Year 5 tahun berturut-turut.

Agensi digital di Jakarta satu ini telah mendapatkan banyak kepercayaan dari berbagai brand untuk dapat membantu marketnya.

Di dunia serba digital sekarang ini, kampanye pemasaran digital yang efektif berasal dari perpaduan antara strategi berbasis data dan materi iklan yang kontekstual.

Dengan ratusan pakar multidisiplin mulai dari analis data hingga pencerita kreatif dan spesialis media digital, Redcomm sebagai agensi terpercaya untuk digital marketing di Indonesia membantu brand untuk menaklukkan pasar dengan membentuk tujuan jelas dan memperkuatnya dalam kampanye yang dikemas secara unik, relevan dan menarik secara sosial dan menginspirasi.

Redcomm sebagai digital agency Indonesia terpercaya membantu brand menyusun tujuan dan pedoman hingga konten yang terbaik Tim membantu merancang bagaimana brand dapat memanfaatkan media sosial dengan baik. Lebih dari sekadar visual, foto, dan copywriting yang menarik. 

Dengan menggunakan social content performance tracker milik Redcomm, setiap konten diberi tag dan diukur untuk perbaikan berkelanjutan dalam mencapai keterlibatan organik untuk memenuhi tujuan brand.

Redcomm sebagai agensi digital di Jakarta dan juga sebagai agensi digital di Indonesia memiliki kemampuan produksi multi-format dan multi-channel production capabilities, yang juga menyediakan tim penulis, fotografer, animator, videografer, dan sinematografer terbaiknya.

Anyway, sebagai agensi pemasaran digital di Jakarta, lokasi Redcomm berada di JL. TANAH ABANG II NO.47, CENTRAL JAKARTA, 10160, INDONESIA.


Penutup

Jadi jangan ragu lagi, bagi kamu yang sedang mencari digital marketing agency Jakarta, termasuk juga digital marketing agency Indonesia Redcomm adalah solusinya.

Dengan Redcomm sebagai digital marketing agency Indonesia dengan 5x Gold winner, tentu kamu tidak perlu lagi repot sendiri, karena tim mereka yang akan bergerak membantu mencapai goals brand kamu.

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

46 komentar

  1. sepertinya mudah untuk membuat landing page tapi daripada bingung dan malah jadi kurang menarik lebih baik percayakan saja pada redcomm agensi digital yang memang telah terbukti kehandalannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt kak, percakan pada ahlinya ketimbang kita ribet ya kak wkwkwk

      Hapus
  2. Wah sangat menginspirasikan nih, memang landing page yang menarik itu penting banget ya biar banyak yang berkunjung.

    BalasHapus
  3. Saya pengen banget nih belajar bikin landing page sendiri. Buat kebutuhan pribadi sih. Tapi kalo untuk kebutuhan bisnis kayaknya mending serahkan saja pada ahlinya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul biar sesuai kebutuhannya ya, look profesional ^^

      Hapus
  4. Wah, baru tahu sepenting ini Landing Page. Selama ini nggak tahu banyak. Maksih informasinya, ya, kak ☺

    BalasHapus
  5. Mau jualan/nggak, tiap blogger wajib perhatiin Landing Page, sih. Tapi nggak cuma diperhatiin, tapi jg dipelajarin biar lebih oke blognya. Thanks ilmunya!

    BalasHapus
  6. Redcomm agency bisa dipercaya ya kak, emang benar sekarang jaman makin butuh yang namanya tim untuk memenuhi kebutuhkan klien,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener kak, biar bisa trcapai goals butuh support ya :)

      Hapus
  7. Wah makasi loh udah kasi tau rekomentas tempat buatnya, kalo kebetulan lagi butuh nanti aku check ke redcomm hihi

    BalasHapus
  8. Benar banget mbak, bagi yang pengetahuan sedikit kayak aku lebih baik menyerahkan urusan landing page pada ahlinya saja, dari pada pusing terus hasilnya juga kurang memuaskan apalagi nih fungsi landing page ini juga sangat penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, aku banget ini. Dari pada pusing serahkan ke ahlinya sahaja :)

      Hapus
  9. Wah bener, sekarang digital marketing agency sangat dibutuhkan karena semua udah serba digital dan kepada ahli usaha kita bisa makin berkembang.

    BalasHapus
  10. nice sharing mbak nur, tetaplah terus berbagi agar makin banyak yang ter literasi dan melek Digital Marketing

    BalasHapus
  11. Betul, setelah baca tulisan ini aku jadi nyadar kalo ternyata landing page sepenting dan sekrusial itu terutama buat perusahaan-perusahaan yang emang mau menjual brandnya, entah produk atau jasa. Pengalaman sendri aja, kalo ke website tertentu terus landing page nya nggak oke udah biki males ya kan. Daripada belibet dan mumet sendiri bikin landing page, mending diserahkan langsung ke ahlinya ya.. Seperti digital agency Redcomm ini. Beress dah terima jadi, kan perusahaan pasti udah punya anggaran sendiri nih buat marketing beginian. Ya nggak mbak? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba ;) untuk mencapai goals butuh support system ahli :)

      Hapus
  12. Iya juga ya. Membuat landing page tuh bukan perkara mudah. Cuma menilik dari manfaat yang bisa kita dapatkan dengan membuat landing page, kita perlu mempertimbangkan untuk membuat landing page untuk bisnis. Meminta kerja sama dengan Redcomm merupakan pilihan yang bijak. Apalagi dengan track recordnya yang sudah bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, sudah bekerjasama dengan brand-brand dan trusted ya :)

      Hapus
  13. Redcomm cocok nih untuk UMKM atau pengusaha pemula yang bingung unutk mempromosikan produknya, jadi bisa pakai jasa digital marketing agency aja

    BalasHapus
  14. Dengan adanya landing page jadi memudahkan urusan nih. Kita bisa langsung ke tujuan ya. Praktis dan beneran kalau kebingungan mending pakai jasa redcomm aja yg udah berpengalaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi pengunjung terbantu juga kan ya pakai landing page ini :)

      Hapus
  15. di era teknologi digital kayak sekarang mah, usuran digital marketing mending serahin aja langsung ke ahlinya ya. Dijamin hasilnya pasti akan lebih terukur dan sesuai sasaran.

    BalasHapus
  16. Aku selalu gagal kalau mau bikin landing page. Terutama di bagian design untuk lebih menarik pas calon pembeli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuss ke digital agency Redcomm aja udah paling bener ^^ wkwk

      Hapus
  17. Menarik untuk dicoba, tapi pasti enggak mudah juga untuk membuatnya

    BalasHapus
  18. Tentang landing page ini, saya baru sekadar tahu aja. Padahal jadi aspek penting dalam marketing. Alhamdulillah sekarang ada agensi seperti Redcomm yang bisa membantu dalam hal digital marketing

    BalasHapus
  19. Landing page kudu berisi copywriting yang bagus supaya pengunjung bisa jadi prospek. Biasanya akan ada opt in email buat nangkap prospek.

    BalasHapus
  20. Landing page memang bisa menarik calon pembeli begitu memasang iklan, ya, Mba. Nah kalau masalah digital marketing mending pakai jasa dari Redcomm aja soalnya udah terpercaya dan pernah meraih 5 tahun berturut-turut penghargaan Best Digital Agency

    BalasHapus
  21. Mudah-mudahan bisa belajar lebih jauh lagi tentang landing page dan buat official website untuk produk atau perusahaan. Skill yang penting nih untuk dikuasai. Tapi kalau mau cara mudahnya, bisa dengan mendelegasikan saja ke Digital Agency seperti Redcomm yang sudah ahli ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, sambil jalan sambil serahkan ke ahlinya untuk support kebutuhan akan digital agency :)

      Hapus
  22. Landing Page emang sangat penting perannya dalam pemasaran di internet. Dan menurut saya, bagian copywriting-lah yang sangat vital dalam strukturnya

    BalasHapus
  23. Merasa terbantu sekali dengan pemahaman landing page melalui artikel ini.
    Dan di dunia digital seperti saat ini, penting banget memiliki website untuk usaha dan memiliki landing page yang powerful agar calon pembeli atau pengguna jasa merasa bahwa pilihannya tepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt kak ^^ demi calon customer trust kita ya...

      Hapus

Posting Komentar