Ibu di Balik Gawai Nurrahmah Widyawati

7 Game Edukasi PC dan Mobile Friendly untuk Anak, Bagus!

70 komentar
Konten [Tampil]

game edukasi pc

7 Game Edukasi PC dan Mobile Friendly untuk Anak, Bagus!Ngomong-ngomong soal game di PC (Personal Computer), sedari kecil aku sudah familiar dengannya. Dari SD memang aku lumayan sering mengulik game di PC pamanku saat itu. Berbagai macam game sudah ku coba.

Beranjak SMP aku semakin familiar dengan game-game yang ternyata masih eksis nih di zaman sekarang. Baru-baru ini aku menemukannya lagi. Bedanya ini game yang dimainkan secara online.

Saat menelusuri dan nostalgia dengan game yang aku mainkan saat jaman kecil dulu, aku menemukan sesuatu. Ternyata di sana ada juga lho game yang nggak hanya bisa dimainkan sebagai hiburan saja. Namun game-game itu juga bisa dijadikan untuk sarana belajar anak.

Mungkin banyak orang tua yang masih menganggap game online itu buruk. Namun ternyata nggak selamanya seperti itu. Justru saat kita bijak memainkannya akan ada banyak nih manfaat alias dampak positifnya untuk mereka.


Mengapa Game Online?

Dulu aku memainkan game itu secara offline alias sudah diunduh terlebih dahulu di PC. Kelebihannya adalah tidak menggunakan kuota internet saat memainkannya.

Tapi tunggu dulu, tentu ada negatifnya yaitu memori PC yang terbatas. Selain itu, hanya bisa menyimpan sedikit game. Jadi kurang variatif dan cenderung bosan.

Seiring berjalannya waktu, 'online' merupakan agenda keseharian masyarakat kita. Nggak hanya digunakan untuk bermedia sosial, namun kegiatan online ini juga mencakup pencarian informasi di search engine bahkan bermain game.

Kelebihan game online ini adalah kita tidak perlu nih untuk download terlebih dahulu permainannya. Sehingga ruang penyimpanan PC kita aman dan performa PC tetap terjaga. Selain itu game online bisa diakses dimana saja asal ada gawai dan internet.

Selain itu, game online ini ternyata bisa dimainkan di ponsel juga lho (tergantung spesifikasi game-nya). Jadi mobile friendly dan praktis, bisa bermain sambil belajar di mana saja.


Apakah Game Online Selalu Berdampak Negatif?

No. Game online justru bisa berdampak positif selama bijak memainkannya. Berikut adalah tips untuk orang tua saat mengizinkan anak bermain game online:

1. Beri pemahaman tentang managemen waktu

Alih-alih memberi perintah, lebih baik memberi teladan. Kedisiplinan orang tua akan ditiru anak. Jadi pastikan kamu memberi teladan terkait managemen waktu, yaitu kapan bermain game online, kapan belajar, kapan mandi, makan, bercengkerama dengan keluarga di rumah, dll.

Jangan lupa berikan informasi konsekuensi saat anak-anak tidak disiplin dengan hal tersebut. Berilah landasan strong why-nya, jangan hanya memerintah atau memarahinya saja.

2. Berikan aktivitas di luar ruangan (balance)

Jika anak ditawarkan bermain dil luar, fitrahnya mereka akan senang. Sehingga penting sekali untuk menjaga fitrah ini. Pastikan orang tua untuk memberikan pengalaman anak baik dalam maupun luar ruangan.

Keseimbangan ini membuat anak-anak paham kapan harus di rumah untuk bermain game dan kapan harus beraktivitas yang lain.

3. Dampingi anak saat bermain, atau bermain bersama

Seru lho mendampingi anak main game. Apalagi game yang bikin nostalgia sekaligus edukatif. Bahkan jika bisa bermain bersama, maka lakukanlah. Ini bisa untuk meningkatkan bonding anak dan orang tua.

4. Beri arahan untuk memilih konten sesuai usia

Jangan karena masih anak-anak dianggap nggak paham tentang mana yang boleh dan mana yang tidak boleh. Nyatanya sedari bisa bicara secara dua arah, anak itu cerdas. Bisa memahami arahan.

Berikan insight ke mereka untuk memilih konten game yang sesuai usianya. Terlihat sepele, namun jika sudah terbiasa maka orang tua akan lebih tenang karena anak tumbuh bertanggung jawab dengan pilihannya.


Manfaat Bermain Game untuk Anak

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa ternyata game online itu memiliki banyak manfaat untuk anak lho. Apa saja kah itu?

  • Melatih problem solving (belajar pemecahan masalah)
  • Koordinasi tangan dan mata
  • Belajar untuk memahami instruksi
  • Berlatih mengambil keputusan
  • Berlatih membuat strategi
  • Menguatkan memori ingatan
  • Mengenalkan resiko dan arti kalah-menang
  • Mengenalkan teknologi
  • Berlatih mengendalikan emosi


Rekomendasi Game Edukasi PC dan Mobile Friendly untuk Anak

Nah, aku baru banget nih nemu website yang isinya banyak sekali pilihan permainannya. Di sini kamu bisa memilih game yang kamu suka. Kategorinya juga banyak lho.

Ada game yang bikin nostalgia karena biasa dimainkan dari jaman dulu, ada game yang edukatif dan cocok untuk anak-anak, bahkan bisa jadi pelepas stress sekaligus untuk me time di rumah nih.

Website game online ini menjawab kebutuhan hiburan dan edukasi kita. Kamu bisa kunjungi Plays.org

game edukasi pc
https://plays.org/

Nah, Ini nih beberapa game yang udah sudah dimainkan oleh anakku yang sekarang berusia lima tahun (setingkat TK). Ada apa saja? Check this out!

1. Flintstones Yabba Dabba Dinosaurs Kids Jigsaw Puzzle Game

game edukasi pc
https://plays.org/game/flintstones-yabba-dabba-dinosaurs/

Di sini anak bisa menyusun puzzle dengan mudah karena sudah ada pola gambar dasarnya dengan warna yang tidak tajam. Anak tinggal meletakkan potongan puzzle di dalam kotaknya saja sesuai gambar dasar dan potongan yang tepat.

Tingkat kesulitan game ini tergolong easy, jadi anak setingkat pre-school juga tidak akan kesulitan dengan instruksi permainannya. Ada 9 kepingan puzzle, namun ada 27 jenis gambar yang harus diselesaikan. Untuk penggemar The Flintstones pasti suka deh!

Bermain puzzle bermanfaat juga lho untuk anak, diantaranya: melatih konsentrasi, meningkatkan daya ingat, melatih kesabaran, melatih problem solving.


2. Find the Connexity: Related Items Matching Game for Kids

game edukasi pc
https://plays.org/find-the-connexity/

Ini game yang bisa menstimulasi logika anak dan merumuskan pola suatu hal. Permainannya mudah dimengerti. Anakku yang berusia 5 tahun bisa mengikuti instruksinya dengan baik. Bahkan bisa menjawabnya untuk sebagian besar.

Cara mainnya adalah mencocokkan orang, benda, atau hewan dengan objek terkait. Ada 45 pasangan yang harus dicari kecocokannya.

Misalnya ada gambar orang dengan look profesi dokter. Nanti pilihan untuk dicari kecocokannya adalah stetoskop, obeng, kayu dan baju. Agar benar, maka benda yang cocok dengan profesi tersebut adalah stetoskop.


3. Number Writing: Preschool Practice Writing Numbers Game

gam edukasi pc
https://plays.org/number-writing/

Ini adalah permainan menulis angka untuk anak-anak. Jadi anak akan belajar cara menulis angka dengan benar, yaitu dengan mengikuti panah dalam angka tersebut.

Selain tracing dot to dot, anak juga bisa diajak untuk menghitung jumlah hewan yang ada di situ. Temanya laut, jadi sangat menarik untuk anak. Permainan ini bermanfaat untuk koordinasi mata dan tangan, berlatih menulis dan berhitung.

Untuk game ini nampaknya akan lebih optimal saat menggunakan ponsel/tablet layar sentuh agar tracing berjalan langsung dengan jari si anak. Jadi bukan dengan mouse atau touchpad pada laptop.


4. New Looney Tunes Find It: Character Matching Video Game

game edukasi pc
https://plays.org/new-looney-tunes-find-it/

Ini adalah game yang bisa melatih kemampuan memori anak. Karena ini ada timer-nya gitu, per sesi hanya 30 detik. anak harus menemukan stiker yang ditampilkan di rel kiri dan mencarinya di bagian kanan.

Awalnya gampang, tetapi lama-lama sulit juga. Ini karena stikernya berubah ukuran, orientasi, dan gerakan.

Awalnya hanya 1 sticker, lama-lama di beberapa level berikutnya dapat menampilkan 5 karakter yang sama dengan hanya 1 yang benar.

So far anakku bisa di level pertama, lama-lama kalah cepet sama durasi. Jadi lama-lama aku bantuin juga hihihi. But, ini game bagus untuk melatih ketangkasan, ketelitian dan kemampuan mengingat.


5. Butterbean’s Cafe Cupcake Creator Game for Toddlers

game edukasi pc
https://plays.org/butterbeans-cafe-cupcake-creator/

Di game ini anak akan diajak untuk menjadi penjaga cafe Butterbean dan ditugaskan untuk menyiapkan kue mangkuk yang dihias sesuai dengan permintaan pelanggan.

Di sini selain anak harus bisa menyesuaikan permintaan pelanggan, anak juga bisa berkreasi sesuai keinginannya juga lho. Untuk warna cream dan paper cup-nya harus sesuai dengan permintaan pelanggan. Namun hiasan, anak bisa berkreasi sendiri.

Anakku suka sekali dengan game ini. Dia terus bilang: "Wah, cantik banget Ibu cupcake-nya!" Game ini bisa untuk stimulasi koordinasi tangan dan mata, mencocokkan warna dan berfikir kreatif.


6. Dinosaur Train All Star Sorting: Small, Medium & Large Game

game edukasi pc
https://plays.org/game/dinosaur-train-all-star-sorting/

Game ini mengajarkan anak tentang ukuran. Jadi anak diajak untuk menempatkan dinosaurusnya sesuai dengan size tubuh dan rumahnya. Permainan sorting size seperti ini penting untuk koordinasi tangan dan mata.

Selain itu permainan dengan tipe sorting size begini juga termasuk dalam matematika dasar untuk anak. Apalagi untuk anak yang suka dengan karakter dinosaurus, pasti mereka suka deh.


7. Poddle Weigh In: Weight Measuring Balance Game

game edukasi pc
https://plays.org/poddle-weigh-in/

Di sini anak akan bermain dengan poddles, suatu karakter kartun dalam timbangan. Ceritanya ada seseorang yang telah mencuri nomor yang dimiliki poddle di tubuh mereka. Nomor tersebut adalah nominal berat badan mereka. 

Satu-satunya cara untuk mendapatkannya kembali adalah dengan mengukurnya. Jadi di game ini anak-anak akan bermain dengan alat pengukur yaitu timbangan. Perlahan anak menambahkan satuan berat sampai mencapai titik seimbang.

Permainan ini termasuk matematika dasar lho.

***

Nah, itu adalah 7 rekomendasi game edukasi yang bisa aku berikan. Tapi parents jangan sedih. Masih banyak banget game-game seru di Plays.org. Ada banyak kategori games dan banyak juga yang baru-baru.

Bahkan parents juga bisa menikmati game jaman dulu dan bernostalgia di situ. Akupun sudah mencobanya. Semoga 7 Game Edukasi PC dan Mobile Friendly untuk Anak di Plays.org ini bermanfaat ya. Main bareng yuk! :)

nurrahmah widyawati


Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, dan kehidupan sehari-hari | Digital Art Enthusiast :)

Related Posts

70 komentar

  1. aku suka nih coba2 main game online gini pas suntuk nulis mbak hahahaha apalagi kalau nggak menang, ya Allah gemes banget pengen nyobain terus hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pikir bakal bilang "apalagi kalau menang..." ternyata malah apalagi kalau nggak menang wkwkwk iya mbak gemes ya :D

      Hapus
  2. kalau menurut saya game edukasi ini sangat efektf mengajarkan sesuatu pada anak. Anak jadi lebih cepat menangkap apa yang ingin disampaikan orang tua.

    BalasHapus
  3. game edukasi seperti ini sangat bermanfaat bagi anak karena bisa meningkatkan kemampuan kognitifnya, tapi orang tua harus selalu mendampingi untuk memberi pemahaman sekaligus membatasi anak

    BalasHapus
  4. Kok seru yah, aku malah belum cobain. Kayanya anakku yang nomer dua umur 5 tahun juga bakal suka Find the Connexity. Makasih reviewnya mbaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak ;) selamat bermain bersama ananda ya

      Hapus
  5. Di plasy.org ini eamf gamenya banyak banget ya. Kita tinggal pilih aja sesuai kebutuhan daei buat anak-anak cewe, cowo bahkan dewasa ada.

    BalasHapus
  6. Menarik sekali sih inj mbak.. thanks sudah kasih rekomendasi game untuk anak2 ya

    BalasHapus
  7. wah dari tampilannya aja uda sangat menarik Mom, boleh dicoba nih ke ponakan biar nggak nonton youtube aja :D lagipula game-gamenya mengedukasi yak, terima kasih sharinya Mom Widya :D cusss ke apps ah :D

    BalasHapus
  8. main ini sama anak juga jadi seru ya mbak, ada banyak mainannya dan edukatif juga nih jadi nggak ngebosanin dan monoton gitu

    BalasHapus
  9. Banyak sekali sih ini game nya. Asyik buat dimainin bareng anak ya mbak.

    BalasHapus
  10. Wah rekomendasi game online buat anaknya mantul nih mbak. Aku bookmark dulu biar nanti kalau anakku mau main bisa kasih salah satu game ini

    BalasHapus
  11. Saya juga udah mampir ke website ini mba, gamenya banyak banget. Emang seru bisa main tanpa harus install terlebih dahulu.

    Saking banyaknya game di sana, saya belum pernah nyasar ke 7 game yang dijelasin disini. Kalau dilihat, emang simple banget tapi sangat mengedukasi sehingga cocok tuk anak TK.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak emang banyak banget ya wkwkwk dan bagus-bagus ;)

      Hapus
  12. Senang juga saya dengan plays.org. Game edukasinya variatif banget, banyak pilihan untuk rekomendasi anak bermain games. Tapi benar juga, kita sebagai orang tua harus banget mengawasi dan membersamai selama anak bermain games

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul harus bijak ya pak dan dalam pengawasan ;)

      Hapus
  13. aku juga sudah main game di website ini.. banyak banget pilihan game-game jadul jadi nostalgia lagi.

    BalasHapus
  14. Rekomendasi baru lagi nih, dari beberapa artikel lain yang kubaca. Saya juga sekarang lebih senang main games di plays.org, game-game ringan sekadar mengisi waktu luang di sela-sela pekerjaan.

    Untuk beberapa rekomendasi yang ditulis ini, saya catat dulu agar bisa dimainkan juga oleh anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah dah sering ya kak :) tapi akupun jg kalau luang buka plays itu. gamenya seru wkwk

      Hapus
  15. Selain melatih kreatifitas anak, "mengalihkan" bermain game dari smartphone ke pc juga menurut saya bisa jadi batasan waktu saat bermain. Karena pc/laptop ini kan alat kerja, jadi lebih mudah diberi pengertian saat diminta untuk berhenti bermain, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener bgt kak. lebih lebar juga kalau di pc :)

      Hapus
  16. Wah ketujuh rekomendasi nya keren mbak. Aku penasaran yang matching in stiker deh. Besok anakku mau qajakin main deh
    Moga aja mereka suka

    BalasHapus
  17. Wah ada game buttersbean cafe juga ya.. Aku baru tahu lho!! Kalau dikasih tahu ada game ini, alamat dia bakal minta main game terus dah.

    Alasannya mau menghias kue mangkuk wkwk

    Makasih lho mba reviewnya, jadi makin jelas nih kalau mau ngegame di plays

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha gemes ya, aku emak-emak juga suka banget maininnya wkwk :)

      Hapus
  18. wahh bagus2 ya game edukasinya. bisa nih kusimpan infonya utk kumainkan bersama ponakanku saat dia ke rumah. terima kasih ya..

    BalasHapus
  19. Aneka games di plays.org cukup bermanfaat untuk merangsang perkembangan kognitif anak. KAlau aku sejak zaman dulu paling suka tetris sih....

    BalasHapus
  20. Masyaallah, emang game di play.org ini nih cukup beragam jenisnya ya mbak. Aku aja bermain sambil bernostalgia, eh ketagihan :3

    BalasHapus
  21. Problem memang kalau nggak ditegaskan ke anak, emang bisa bablas ini.
    Nggak usah anak, Bunda aja kalau udah download 1 game, harus selesai sampai mentok baru mau berhenti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya bun harus pasang alarm dan dikasih aktivitas balance lainnya ;)

      Hapus
  22. Suka sekali kalau bisa nge game ga perlu instal, di sini aku suka main mathematic juga. Mengasah kemampuan berhitung cepat

    BalasHapus
  23. Yernyata banyak ya game yg seru. Duh, bisa2 emaknya ikut asik mainan nih, hihi...

    BalasHapus
  24. wah pilihan gamenya bisa digunakan untuk pra membaca ya, mencocokan adalah salah satu stimulasinya ya.

    aku seneng kalo bisa ngegame tanpa instal gini ..sejujurnya appaun jika sesuai porsinya boleh ya bakan ada dampak positifnya

    BalasHapus
  25. Anakkku juga udah nyoba beberapa dari game disini nih.. Gamenya banyak banget sampai bingung mau pilih yang mana.. Banyak juga updatean dari game" terbarunya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener update terbarunya cepet ya mba wkwkw :)

      Hapus
  26. Game di play.org ini lebih bervariatif ya kak, banyak pilihannya juga. Aku udah pernah nyoba main di websitenya langsung sih, benar- benar friendly banget. Nah, bagiku ini gamenya ringan dan so friendly utk ngurangin stress, gamenya cocok buat semua kalangan.

    BalasHapus
  27. Kebetulan aku juga lagi suka main² game online di PC nih... Apalagi cari yg bisa untuk anak2..

    BalasHapus
  28. wuaa plays.org udh jadi top of mind nih lama-lama buat game online, rame banget pada suka main game di plays.org ya ga ribet harus install2 apps lagi

    BalasHapus
  29. Waktu yang terjadwal, terus main games nya yang dapat meningkatkan stimulan otak seperti ini tentunya sangat bermanfaat. Jadi gak hanya menghibur saja ya

    BalasHapus
  30. Wah bagus-bagus nih gamesnya. Bisa buat rekomendasi keponakan-keponakan saya. Kirain plays.org hanya games orang dewasa aja. Jadi makin kepo untuk lihat gamesnya apa aja.

    BalasHapus
  31. Game edukasinya bener-bener eye catching yaa, apalagi jika dimainkan sama anak-anak. Saya juga lagi main beberapa games sambil nostalgia, wkwkwkwk
    yang pasti kan gak harus install aplikasi yang pakai banyak memori.

    BalasHapus
  32. Bagis-bagus main game di plays, ringan pula nggak harus install banyak apl game kan. Nanti aku mau coba cari yang khusus anak-anak juga deh.

    BalasHapus
  33. games nya sederhana ya, tampilan visualnya juga sama. gak begitu pusing lihatnya. anak-anak pasti suka mainnya, emaknya juga, hehe

    BalasHapus
  34. Sebenernya anak-anak ngegame gak masalah ya. Selama paham dan disiplin kapan waktunya ngegame.

    Nah, apalagi kalau ngegamenya gak perlu install aplikasi, makin cocok deh. Di plays ini juga banyak banget ya, game yang sesuai untuk anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mom bener banget, harus disiplin dan edukatif ;)

      Hapus
  35. Iya ya, aku salah satu yang berpendapat kalau game onlne itu gak bagus. Tapi memang buat orang yang gak bisa menahan diri sih. Sepanjang bisa mengatur waktu bermain game dan game yang diplih itu bermanfaat seperti game-game di atas, game online bagus-bagus aja sih untuk dimainkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes betul, seperti halnya internet ya kak, have two side ;) semoga pemilihan game di atas bisa bermanfaat kaka

      Hapus

Posting Komentar