Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

5 Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga, Tips dan Cara Jualannya!

25 komentar
Konten [Tampil]

cara jualan di lazada

Menjadi Ibu Rumah Tangga yang produktif adalah dambaan banyak wanita. Ya, dengan produktif, kita menjadi lebih berdaya namun tetap bisa mendidik anak sendiri di rumah. Salah satu cara untuk produktif adalah dengan berbisnis. Kamu sedang mencari ide dan tips untuk membuka bisnis rumahan? Ini jawabannya!

Ada beberapa ide bisnis rumahan yang bisa kamu buat, namun memang harus menyesuaikan keadaan kamu. Karena tentu ada banyak faktor yang mempengaruhi, misalnya faktor modal, managemen waktu di rumah, hingga konsistensi kamu dalam berbisnis.

Beberapa bisnis Ibu Rumah Tangga yang bisa kamu geluti sebaiknya yang minim risiko dan sesuaikan dengan hobi kamu juga. Jika sedari awal kamu sudah senang dengan apa yang kamu jalani, maka dalam proses ups and downs-nya juga akan lebih ikhlas.

Berikut ini adalah 7 ide bisnis rumahan yang bisa menjadi sumber inspirasi dan penghasilanmu sebagai ibu rumah tangga.


7 Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga dan Tipsnya

1. Bisnis Hantaran Pernikahan

Salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan adalah persewaan dan jasa pembuatan hantaran pernikahan. Terlihat sederhana, namun nyatanya tidak semua orang bisa melakukannya. Butuh kreatifitas dan kesabaran untuk membuatnya.

Kamu bisa membuka jasa pembuatan hantaran sesuai pesanan dengan semua bahannya dijual ke customer, maupun bisa juga membuka persewaan. Nyatanya, beberapa customer biasanya hanya butuh meminjam kotak hantarannya saja. 

Selain itu, biasanya kotak hantaran perhiasan yang estetik juga sering disewa para calon pengantin karena memang bagus saat difoto dan dipajang ketika acara pernikahan berlangsung.

Jadi, dalam bisnis hantaran pengantin kamu bisa menyewakan kotak hantaran, membuatkan keseluruhan hantaran, dan menjual kotak hantarannya saja. Karena kebutuhan tiap pengantin bisa jadi berbeda-beda.


2. Bisnis Kuliner

Nah, untuk bisnis ini kamu bisa membuat makanan terlebih dahulu dan kemudian menjualnya. Seperti nasi uduk, lontong sayur, nasi kuning, jajanan pasar dan lain sebagainya. Keuntungannya adalah, setiap hari kamu bisa menghasilkan uang. Namun harus siap saat dagangannya tidak habis terjual.

Opsi selanjutnya adalah membuat kuliner made by order. Jadi kamu hanya membuat promosi dan membuatkan makanannya setelah ada customer yang order. Ini adalah opsi bisnis rumahan modal kecil dan fleksibel waktunya. Selain itu, kamu bisa bisnis kuliner dengan membuat makanan yang awet, sehingga bisa tahan lama dan dikirim ke luar kota.


3. Bisnis Sewa Mainan

Kamu hobi membelikan si kecil mainan? Tenang, kamu bisa merawatnya dengan baik dan kemudian membuka rental mainan. Terutama untuk mainan yang pricey, seperti jungkat jungkit, kuda-kudaan, perosotan, ayunan, dan lain sebagainya.

Menyewakan mainan tentu harus diperhatikan ya terkait term and condition saat melakukan perjanjian sewanya, agar mainanmu tidak rusak oleh oknum kurang bertanggung jawab.

Namun, kelebihan dari membuka persewaan ini adalah, mainan yang tadinya kamu beli untuk anakmu menjadi memiliki nilai investasi lebih panjang seiring bertumbuhnya anak. Kamu tertarik?


4. Bisnis Art and Craft

Bisnis rumahan yang satu ini memiliki jangkauan yang cukup luas. Ada beberapa ide bisnis ibu rumah tangga yang bisa kamu lakukan dalam golongan art and craft, diantaranya :

Pernak pernik

Sekarang ini masih trend lho pernak pernik gelang, cincin, kalung, gantungan kunci hand made menggunakan manik-manik. Biasanya ditambahkan inisial nama maupun nama panggilan dalam rangkaiannya.

Rajutan

Barang hand made lain yang masih menjadi idaman customer adalah rajutan, misalnya tas rajut, gantungan kunci rajut, boneka rajut, hingga topi rajut, cardigan rajut dan lain sebagainya

Snack dan flower bouquet

Bisnis rumahan satu ini masih digemari sebagai kado atau hadiah untuk teman, guru, saudara, keluarga, pasangan dan lain sebagainya. Kamu tinggal cari hal yang baru dan unik, sehingga bisa menarik dan beda dari yang lain.

Custom Printing

bisnis rumahan

Sebagai tanda kenangan dan hadiah, biasanya banyak customer yang mencari custom printing, misalnya gelas, gantungan kunci, kaos, tumblr, tote bag, notebook dan lain sebagainya.

Alat custom printing sendiri harganya bervariasi, sesuaikan saja dengan budget. Lebih baik kamu juga mendalami ilustrasi/desain grafis agar karakter produkmu semakin unik dan khas.

Biasanya, terkait bisnis art and craft, ini adalah bisnis rumahan yang menjanjikan. Karena unik, orisinil dan bisa sesuai selera masing-masing.


5. Bisnis Jadi Reseller atau Dropshipper

Menjadi dropshipper adalah salah satu bisnis rumahan modal kecil yang bisa ibu rumah tangga lakukan.

Bedanya dengan reseller adalah dropshipper tidak perlu memiliki stok barang, sehingga bisa tanpa modal. Kita mendapat penghasilan dari keuntungan mempromosikan atau selisih dari harga jual barang tersebut.

Namun memang baik reseller dan dropshipper memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah, dari ide bisnis rumahan di atas, untungnya bisa kamu kerjakan di rumah saja baik offline maupun online. Spesial untuk kamu yang masih bingung ingin menjual barang/produk bisnismu di mana, kamu bisa pertimbangkan untuk jualan di Lazada!


Cara Jualan di Lazada

Seperti yang kita tahu bahwa Lazada merupakan platform eCommerce untuk berjualan online nomor 1 di Indonesia. Selain itu, aku perkenalkan juga situs Yuk Jualan Online sebagai blog yang berisikan update dan tips tentang wawasan jualan online dan strateginya.

Langkah utama berjualan di Lazada

Berikut adalah cara berjualan di Lazada, meliputi:

  1. Kamu bisa ketik di mesin pencarian link berikut: https://sellercenter.lazada.co.id/apps/register/
  2. Siapkan nomor hp dan alamat e-mail untuk mendaftar
  3. Unggah dokumen (KTP)
  4. Unggah minimal satu produk jualan kamu

Pelajari Tips Jualan di Situs Yuk Jualan Online

Ide Bisnis Rumahan

Untuk informasi lengkap lainnya kamu bisa langsung saja mengunjungi Lazada dan situs Yuk Jualan Online. Di sana kamu bisa mempelajari lengkap mengenai cara jualan di Lazada dan juga berbagai tips bermanfaat lainnya.

Misalnya nih, di situs Yuk Jualan Online aku jadi semakin paham perbedaan dan cara kerja dropshipper dan reseller yang merupakan salah satu bisnis rumahan menjanjikan untuk Ibu Rumah Tangga.

Nah, jika kamu berminat untuk menjadi reseller, berikut adalah yang harus kamu pahami.

  • Persiapkan modal usaha
  • Menentukan produk yang ingin dijual
  • Memilih supplier terpercaya
  • Memasarkan produk
  • Membangun branding positif terhadap supplier dan customer

Tidak hanya itu, di situs Yuk Jualan Online masih banyak sekali tips untuk membantu kamu berjualan, misalnya tips melakukan live Instagram, Facebook, hingga belajar berbagai aplikasi streaming lainnya.

Semua informasi di situs tersebut tentu sangat bermanfaat dan membantu kita berjualan online bahkan dari nol, terutama untuk kamu yang berniat membangun bisnis rumahan. 


Penutup

bisnis ibu rumah tangga

So, untuk kamu yang ingin tahu cara jualan di Lazada, ide serta inspirasi jualan online, hingga berbagai tips lainnya untuk support jualan kamu, jangan lupa untuk kunjungi situs Lazada dan Yuk Jualan Online. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya! :)

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

25 komentar

  1. Aduh jadi makin pengen nyobain deh buat kelola bisnis sederhana ini di rumah. Udah lama pengen banget. Tapi sekarang lagi berusaha kumpulin modalnya sebelum resign dari tempat kerja.

    BalasHapus
  2. Wah bener nih, jualan di Lazada tuh pasti untung! Simpel tapi bisa menghasilkan banget ya kak

    BalasHapus
  3. Bisnis reseller atau dropship si yang paling rekomen dicoba karena cenderung tinggal menjalankan dan bahan promosi juga kadang udah disediakan.

    BalasHapus
  4. Idenya bisa diterapkan bagi ibu rumah tangga, selain mengisi waktu juga mengisi dompet, hihihi.

    BalasHapus
  5. Penasaran dengan acara-acara live di Lazada. Asik nih, mau nyari diskon-diskonnya. Sekalian mau belajar jualan juga ah.

    BalasHapus
  6. padahal udah lama ga kerja, tapi juga ga jadi-jadi rintis usaha di rumah, hehehe curhat. etapi ini jualan di lazada bisa jadialternatif yang oke banget kayaknya

    BalasHapus
  7. Kalau kuliner itu udah biasa banget, kalau sewa mainan baru denger. Btw pernah di jualan lazada juga, banyak pembeli dari kalangan awam di situ.

    BalasHapus
  8. Skrng lebih dipermudah ya kak, lewat online kita bisa jualan,
    Sy pernah jualan di Lazada mudah banget langkah2nya dan pembeli merasa aman.

    BalasHapus
  9. Sebetulnya kalau kita mau menggali potensi, banyak banget ide bisnis rumahan yang bisa dimanfaatkan. Selama kita tekun dan yakin, pasti bisa menjalankannya. Selain itu, penting banget untuk join dg Lazada, biar pemasarannya kian luas.

    BalasHapus
  10. Paling aman kayaknya habis dropship ya karena yang lainnya tuh lumayan dananya

    BalasHapus
  11. Kalau untuk rekomendasi bisnis rumahan, menjadi dropshipper bisa menjadi pilihan yang lebih ramah untuk modal juga

    BalasHapus
  12. Adikku ingin berbisnis rumahan nih. Sepertinya bisnis kuliner cocok untuknya yg hobi masak. Terima kasih sharing tips nya ya.. insya Allah berguna utk adikku dan para pemula di bisnis rumahan lainnya

    BalasHapus
  13. Suka banget perhatiin hantaran-hantaran dari luar daerah dan memang cantik-cantik banget karena kalau misal di Aceh itu antaranya tuh kayak bentuk kopiah tutup jenis topi khas orang Aceh jadi isinya tuh nggak kelihatan, tapi ternyata di luar itu model kaca sekarang, jadi menarik ya kalau dibuat di daerah sendiri soalnya belum pernah ketemu yang model kaca transparan kelihatan isinya.

    BalasHapus
  14. Semua bisnis rumahan di atas udah banyak banget diaplikaskan oleh ibu-ibu di lingkungan rumah saya. Apalagi ada salah satu sahabat saya sering jadi mentor di event Lazada.

    BalasHapus
  15. Seru ya Lazada punya banyak tips untuk para perintis bisnis rumahan lewat situs Yuk Jualan Online-nya. Saya tertarik banget dengan bisnis sewa mainan dan custom printing. Sepertinya bisa jadi ladang cuan yang lumayan. Memang di zaman sekarang harus terus kreatif agar bisa menghadirkan pasar-pasar baru yang menarik.

    BalasHapus
  16. Ternyata asal kita jeli dan paham peluang, ide bisnis rumahan mayan juga, ya mbak? Tapi bener sih, kalo bisa sesuai hobi jadi saat gagal kita tetap bisa bangkit memperjuangkan bisnis lagi.

    BalasHapus
  17. Konsep ini dapat digunakan oleh para ibu rumah tangga untuk tidak hanya memanfaatkan waktu luang tetapi juga untuk menambah penghasilan, hehehe.

    BalasHapus
  18. Apapun bisa dilakukan di rumah ya kak karena kalau nggak dari sekarang kita ubah persepsi kapan lagi kita bisa hidup sukses

    BalasHapus
  19. bisnis dilakukan dari rumah bisa kok ya, apalagi ini bisa join bareng Lazada yang memberikan dukungan manis untuk para seller

    BalasHapus
  20. siapa bilang ibu rumah tangga ga bisa berbisnis ya kan.. ibu rumah tangga juga bisa jualan dari rumah, banyak yang bisa dijadikan bisnis rumahan ternyata, apalagi kalau dimulai dari hobi, akan lebih mudah memulainya ^^

    BalasHapus
  21. banyak ya sekarang pilihan untuk bisnis rumahan apalagi kalau kita punya keterampilan bisa banget dimanfaatkan untuk bisnis ini dan bisa dijual di marketplace seperti lazada

    BalasHapus
  22. Bnyak bangett deh bisnis dari rumah, apalagi kalo kita punya minat berbisnis bahkan dari hobi juga bisa menghasilkan yaa... Bisnis hantaran di kalangan muda sangat familiar nih mba, yg pasti tiap anak muda yg mau nikah pasti bakalan nyari hantarann buat pernikahannya

    BalasHapus
  23. Aku mau coba baca-baca di yukjualanonline dulu..
    Semoga dapat ilham dan bisa memulai jualan online. Rasanya pasti seneng yah.. bisa punya usaha dari rumah.

    BalasHapus
  24. Aku juga mau belajar bisnis online dari rumah, saat ini aku bisnis florist mulai dari kecil2an dulu. Mudah2an bisa jadi besar. Platform lazada sepertinya menarik untuk dicoba ya

    BalasHapus

Posting Komentar