Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Review RDL Sabun Papaya, Double Cleansing untuk Kulit Berjerawat

79 komentar
Konten [Tampil]

Double Cleansing untuk Kulit Berjerawat

Memiliki wajah sensitif dan berjerawat membuatku lebih selektif untuk mencoba skin care. Salah satu yang nampak dari wajah sensitif adalah mudahnya muncul jerawat. Biasanya jerawat muncul saat menjelang datang bulan, stress, paparan polusi udara serta air, higientas diri kurang baik, faktor makanan dan lainnya.

Beberapa waktu ke belakang aku mencoba RDL Sabun Papaya nih. Pasti kamu juga sudah familiar kan saat melihat packaging-nya meski hanya sepintas?

Pentingnya Double Cleansing untuk Kulit Berjerawat 

Double cleansing adalah jalan ninjaku untuk menjaga wajah agar tetap bersih dan higienis. Namun terkadang memang aku ‘bandel’ sih. Alih-alih double cleansing, aku malah skip salah satunya.

Apalagi kalau badan sudah lelah setelah beraktivitas seharian di luar. Pulang ke rumah biasanya langsung cuci muka saja tanpa melakukan cleansing terlebih dahulu untuk mengangkat sisa make up, polusi, dll.

Nyatanya pembersihan menyeluruh seperti ini sangat penting, apalagi untuk wajah yang sangat mudah berjerawat dan sensitif sepertiku.

Double cleansing sendiri adalah metode membersihkan wajah dengan dua tahap. Mudahnya adalah diawali dengan proses membersihkan wajah dari sisa make up, kotoran polusi, dan lainnya (dengan facial cleanser). Kemudian dilanjutkan dengan pembersihan berbasis air, yaitu cuci muka dengan sabun (facial wash).

Pembersihan wajah dua tahap ini memiliki banyak manfaat, seperti mengangkat penumpukan sebum, membersihkan make up, memaksimalkan penyerapan skin care, melindungi, hingga melembabkan kulit.


Mengenal Produk RDL

Nah, salah satu brand yang memiliki produk untuk double cleansing adalah RDL. RDL yang berasal dari Philipina ini diproduksi oleh RDL PHARMACEUTICAL LAB, INC dan sudah berpengalaman dalam memproduksi skin care serta personal care kualitas terbaik.

Kemudian PT. RDL DISTRIBUSI INDONESIA ditunjuk sebagai partner-nya di Indonesia untuk mengembangkan brand serta mendistribusikan produknya.

Sabun Papaya adalah produk yang paling sering kita lihat di pasaran, meski ternyata mereka memiliki varian lain, seperti Sabun Cucumber, Avocado, Kalamansi with Honey, dan Kojic. Sedangkan untuk facial cleanser-nya juga sama, dengan tambahan varian plain.

Selain itu, ada produk RDL lainnya juga seperti moisturizer cream, sunblock, dan microexfoliant.

Di artikel ini aku hanya akan melakukan review untuk RDL Facial Cleanser Papaya (RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract) dan RDL Sabun Papaya (Papaya Brightening Soap).


Review RDL Facial Cleanser Papaya

Mengenal Produk RDL

Dilihat dari packaging, RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract ini menggunakan plastik kokoh bening dengan tutup model flip top 150 mL. 

Desainnya dominan oranye khas buah pepaya, dengan sentuhan warna gold pada label. Uniknya, labelnya hanya satu, jadi bolak balik seperti gambar di atas.


Pengalaman Memakai RDL Facial Cleanser Papaya

Tekstur dari RDL Facial Cleanser Papaya ini cair berwarna oranye. Jika bicara tentang wanginya, facial cleanser satu ini cenderung memiliki wangi lembut nuansa buah pepaya.

Saat diaplikasikan ke wajah dengan kapas, ada sensasi dinginnya. Jadi, kulit terasa bersih dan segar setelah membersihkan wajah. Kotoran juga terangkat dengan baik, jadi wajah terasa ringan dan fresh.

Setelah rutin menggunakannya, kulitku terasa terasa bersih, lebih cerah, namun tetap lembab. Untuk aku yang berjerawat dan sensitif, facial wash satu ini approved!

Pengalaman Memakai RDL Facial Cleanser Papaya

Manfaat RDL Facial Cleanser Papaya

RDL Facial Cleanser Papaya ini berfungsi sebagai pembersih yang diformulasikan secara efektif untuk membersihkan wajah dari kotoran penyebab komedo maupun jerawat.

Kandungannya bikin kulit terasa halus dan lebih cerah. Dilengkapi juga dengan ekstrak papaya yang bisa membantu mencerahkan, melembabkan, dan merawat kulit agar tetap sehat.

Cara Menggunakan RDL Facial Cleanser Papaya (Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract): tuangkan facial cleanser ke kapas, kemudian usapkan kapas ke wajah dan leher hingga bersih. Kamu bisa menggunakannya 2x sehari untuk hasil yang maksimal (pagi dan sebelum tidur).

RDL Sabun Papaya ini tidak dianjurkan untuk anak usia 3 tahun. Hindari kontak dengan mata, kulit yang terluka maupun terbakar. Sabun papaya satu ini aman dan terdaftar BPOM NA 40220500001.


Harga RDL Facial Cleanser Papaya

Kamu bisa membeli RDL Sabun Papaya dengan harga Rp 30.000,- di official store resmi, agar jelas original (asli).


Review RDL Sabun Papaya

Dilihat dari packaging, sabun papaya ini menggunakan kotak kardus dengan desain cenderung berwarna oranye putih khas buah pepaya. Di dalamnya terdapat sabun batang berwarna oranye yang dibungkus plastik, dengan berat 135 gram.

Harga RDL Facial Cleanser Papaya

Pengalaman Memakai RDL Sabun Papaya

Untuk tekstur dari RDL Sabun Papaya ini adalah sabun batang. Saat diaplikasikan ke wajah, busanya lembut. Aku pribadi suka dipotong-potong dalam pemakaiannya. Tidak langsung semua digunakan.

Jika bicara tentang wanginya, sabun ini cenderung wangi lembut dan terdapat nuansa buah papaya yang segar juga.

Pengalaman Memakai RDL Sabun Papaya

Setelah menggunakan RDL Sabun Papaya, kulitku terasa bersih namun tetap lembab lho. Jadi nggak kering sama sekali, bahkan nggak ada sensasi ketarik juga.

Beberapa hari pemakaian, wajah terasa bersih, lebih halus dan segar. Untuk aku yang memiliki kulit acne prone dan sensitif tidak menunjukkan adanya iritasi dan lainnya. Jadi aku approved.

Namun memang butuh konsisten untuk menghilangkan flek bekas jerawat.


Kandungan dan Manfaat RDL Sabun Papaya

RDL Sabun Papaya memiliki kandungan sebagai berikut :

  1. Ekstrak pepaya, bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, mengatasi kulit berjerawat, mencerahkan dan mencegah penuaan dini pada kulit wajah.
  2. Vitamin A, bermanfaat untuk mencegah munculnya jerawat, menghilangkan bekas jerawat, mengurangi kerutan pada wajah, mencegah penuaan dini.
  3. Vitamin C, bermanfaat untuk mencerahkan kulit, merangsang produksi kolagen, melindungi kulit dari sinar UV dan mengurangi kerutan pada wajah.
  4. Vitamin E, bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah, mengatasi hiperpigmentasi, menyamarkan bekas jerawat dan membuat kulit menjadi lebih kenyal.

Cara Menggunakan RDL Sabun Papaya (Papaya Brightening Soap): basahi tangan dan sabun, kemudian kamu cukup usapkan pada wajah dan leher secara merata dengan gerakan melingkar secara lembut. Kamu bisa menunggu selama 3 menit, lalu bilas dengan air bersih. Bisa untuk badan juga lho!

RDL Sabun Papaya ini tidak dianjurkan untuk anak usia 3 tahun. Hindari kontak dengan mata serta kulit yang terluka maupun terbakar. Namun sabun satu ini aman, halal dan terdaftar BPOM NA 40220500001.


Harga RDL Sabun Papaya Asli 

Kamu bisa membeli RDL Sabun Papaya dengan harga Rp 30.000,- saja di official store resmi, agar jelas original (asli).


Penutup

Sabun Papaya RDL

Bagaimana? Yuk coba juga untuk rutin sehingga mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Aku juga masih berprogres terkait menghilangkan flek hitam bekas jerawat, jadi akan aku lanjutkan double cleansing menggunakan produk RDL ini.

Jangan lupa untuk membeli produk RDL di distributor resmi agar terjamin originalitasnya, misalnya melalui market place Shopee RDL Official Store. Hati-hati sekarang banyak produk tiruan!

Follow juga akun Instagram @rdlofficialstore dan akun official RDL di TikTok, yaitu di @rdlofficialstore dan @official.rdl untuk bisa mendapatkan update mengenai informasi produk lainnya.

Semoga review RDL Sabun Papaya serta review RDL Facial Cleanser Papaya ini bisa memberikan pencerahan untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi double cleansing untuk kulit berjerawat dan semua jenis kulit. ☺

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

79 komentar

  1. Waah baru tahu nih tentang sabun pepaya yang satu ini. Terima kasih mbak reviewnya. Bisa banget nih buat hadiah istri di rumah.

    Oiya, itu kan ada bahan aktif seperti vitamin c. Kira-kira aman gak ya kalo setelah itu dilanjut dengan toner dan serum yang lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman kak Insha Allah, aku juga after double cleansing kemudian dikeringkan, lanjut step by step skincare routine :)

      Hapus
  2. kita samaan mbak wid, aku juga pakai yang RDL papaya plus cleansernya. Solusi emak-emak banget yang enggak mau ribet bersihin wajah tapi tetep ingin dapet wajah mempesona. pakai sabun papaya dan cleansernya, aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba kita jangan mager double cleansing ^^ wkwk

      Hapus
    2. Hhhh, iya mbak wid, demi wajah berseri sepanjang hari

      Hapus
  3. Review ini penting karena dapat memberikan informasi dari pengalaman orang lain yang telah menggunakan produk tersebut. Dengan mengetahui pengalaman pengguna lain, kita dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang efektivitas dan hasil produk tersebut pada kulit. Makasih sudah berbagi info kak!

    BalasHapus
  4. Si sabun pepaya happeng lagi ya mba... Ini tuh masuk kategori sabun legend untuk mencerahkan kulit wajah.

    BalasHapus
  5. Pernah pakai sabun ini. Baunya benar-benar kaya pepaya. Hati-hati, anak-anak nanti salah sangka, lalu dimakan.. hehe.. tapi gak gitu faham efeknya pada kulit wajah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah coba punya siapa nih? Hehe laki2 juga perlu bersih-bersih wajah ya, kak :)

      Hapus
  6. udah sering lihat produk ini di supermarket, tapi belum melirik. saat akhirnya nyobain, lha kok enak dipakainya. mana mudah didapat juga, nyesel enggak nyobain sejak lama

    BalasHapus
  7. pepaya itu selain bagus buat dimakan karena kaya akan nutrisi seperti vitamin dan mineral, ternyata ekstraknya juga bagus buat kulit ya.. trims informasinya

    BalasHapus
  8. RDL Sabun Papaya, bagus dan banyak direkomendasikan. Dan biasanya kalau banyak yang merekomendasikan produknya memang ampuh sekaligus terpercaya.

    BalasHapus
  9. Keren, RDL sampai sekarang masih eksis. Dulu Ibu saya sering pake RDL. Mungkn bisa kali ya ditawarin lagi pakai RDL, hehe.

    BalasHapus
  10. Saya paling suka nih sama sabun muka kaya RDL ini. Meski kemasannya bar, tapi memberikan kesan alami dan wanginya lembut. Kaya pakai sepotong buah pepaya gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kebanyakan sabun-sabun handmade juga bar kan ya bentuknya ;) hehe

      Hapus
  11. Wah manfaatnya nggak kaleng-kaleng nih. Sabun Papaya bisa menjadi alternatif perawatan kulit wajah agar lebih bening bercahaya tampak beberapa tahun lebih muda

    BalasHapus
  12. Jadi makin tahu..nih tentang merk sabun ini. Dan mahal juga harganya.... hehe.

    BalasHapus
  13. Ini aman untuk kulit acne-prone? Wah bagus nih, ijin share link saya kasih ke teman yang berjerawat ya kak

    BalasHapus
  14. Sabun papaya ini keren lho masih bertahan sampai sekarang. Dulu zaman sd smp pake sabun ini yg masih batangan, sekarang udah ada yg bentuk cairnya yaa. Kereen!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak, bacanya kurang teliti nih :'( itu yang cair cleanser kak hehe tapi pakai kapas aja cukup

      Hapus
  15. Ternyata Sabun Papaya tuh variannya gak cuma 1 ya. Saya taunya cuma yang sabun batang itu awalnya, yaitu RDL Sabun Papaya. Sabun legend sih ini kalau saya boleh bilang. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ada yang cucumber dll gitu. Akupun tahunya yang Papaya kak awalnya ^^ hehe

      Hapus
  16. Sabun legend nih... Dulu pas jadi anak kos sempat viral sih ini, terutama di wilayah se kosan. Selain keset, muka juga jadi bersih dari jerawat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak dokter, hampir aja aku salah baca keset yang depan kamar mandi dong :( wkwk ternyata keset alias nggak licin ya? Iya bersih lho double cleansing pakai ini

      Hapus
  17. Nuansa wanginya yang lembut, khas wangi segar pepaya itu bikin menyenangkan dan menenangkan lho...
    Pantas banyak disukai selain hasilnya juga cocok di saya

    BalasHapus
  18. Ekstrak pepaya ternyata banyak manfaatnya ya untuk kulit. Jujur, saya belum pernah cobain RDL Papaya ini, tapi setelah baca review produknya, jadi tertarik mau coba juga.

    BalasHapus
  19. Wah, alhamdulillah..
    Cocok banget menggunakan RDL Sabun Papaya yang ternyata juga after penggunaan secara rutin menghasilkan kulit sehat, bersih dan lebih cerah.

    BalasHapus
  20. aku cocok sih pakai RDL Facial Cleanser Papaya, udah aku pake dua bulan terakhir. kulit wajah auto sergar dan bersih

    BalasHapus
  21. Saya juga pakai kedua produk RDL ini... Tapi kuncinya memang harus konsisten ya, butuh niat yang kuat supaya enggak keburu malas dan mengantuk duluan sebelum sempat double cleansing...

    BalasHapus
  22. Ini jadi paket double cleansing yang sangat membantu biar kulit wajah lebih sehat dan gak galau lagi semisal pingin glowing tinggal dirutinkan aja pemakaiannya ya kak

    BalasHapus
  23. Merawat wajah jadi makin mudah dan ga perlu takut lagi dengan jerawat ya, mbak. Ada RDL Sabun Papaya yang menjadi solusi bagi semua

    BalasHapus
  24. Wah sari jaman dulu banget ini sabun papaya. Saya dulu jaman SMP, juga sering pakai sabun Papaya untuk mengatasi jerawat. Yang saya suka, muka jadi lembut dan lembap setelah menggunakannya.

    BalasHapus
  25. Makain Sabun RDL dan cleansernya ekstrak papaya emang bagus sih. Saya juga makai. Suka banget sama sabunnya yang aromanya enak dan mudah dipakainya.

    BalasHapus
  26. RDL ini legend ya, produk yang sudah lama di pasaran dan tetap eksis berarti terbukti kualitasnya bagus sehingga masih bisa bertahan hingga saat ini

    BalasHapus
  27. Kemarin-kemarin pernah lihat ada sabun papaya dengan harga setengahnya dari harga di official store-nya, sepertinya patut dicurigai keasliannya, ya. Harus hati-hati juga dalam membeli produk RDL ini, yakinkan produk yang kita beli adalah produk asli agar mendapatkan kemanfaatan yang maksimal, baik dari sabun maupun cleansernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, harus beli yang ORI di shop yang trusted. Aku sematkan di atas juga :)

      Hapus
  28. Terima kasih informasinya kak. Ternyata sabun pepaya punya manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Dulu pertama kali lihat sabun pepaya, aku kira benaran pepaya, untung gak jadi dimakan. hehehe.

    BalasHapus
  29. Wah ternyata ada juga ya RDL sabun papaya yang palsu berarti perlu hati-hati banget ya sebelum beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, harus pastiin ORI. Makanya beli di trusted shop (aku sudah sematkan di artikel ya linknya) ^^

      Hapus
  30. Sabun legend... Kayanya pertama aku rutin cuci muka itu pakai sabun ini. Sekarang sudah berinovasi sedemikian rupa yaaa. Jadi pengen nyobain lagi deh...

    BalasHapus
  31. Wah produk legend bukan ini ya. Belum pernah coba sih tapi lihat khasiatnya bagus ya mba. Bisa bikin cerah yg paling penting ngga bikin wajah ketarik gtu. Kalo dipakai sebadan bisa bikin kulit sehat ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, bisa sebadan ini ^^ manfaatnya seperti yang tertera ya

      Hapus
  32. Pas banget berarti ya, kak kalau kita pakai rangkaian RDL sabun Papaya untuk perawatan wajah ini, setelah cuci muka pakai sabun didouble dengan facial cleanser ya, dijamin bersih.msih...sih, pada jerawat pun say godbye dan dapat kulit yg kinclong serta lembab.

    BalasHapus
  33. Saya kira pakainya itu sabun batang dulu, Mbak. Ternyata harusnya yang facial cleanser-nya. Wah terima kasih informasinya. By the way, sabun batangnya juga bisa dipotong-potong biar lebih praktis, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, dihapus dulu make up atau diangkat dulu kotorannya pakai cleanser, baru disabunin ^^

      Hapus
  34. Sabun legend yang sering di pake ibuku maklum jaman dulu belum musim skincarean. Ternyata masih tetap ada sampai sekarang.

    BalasHapus
  35. saya baru tahu kalau pepaya sekarang ada sabunnya. Tapi kalau melihat kemasannya sepertinya sabunnya sudah lama ada ya? berarti memang bermanfaat. berarti saya harus mencobanya supaya wajah jadi cerah dan terlihat sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, lama. Cuss pak, laki-laki juga butuh skincare :) hehe

      Hapus
  36. Sabun rdl ini emang lagend banget, ya. Walau lagend tapi tak lekang oleh zaman, selalu di minati setiap generasi. Jadi mau coba pakai deh, praktis juga lagi untuk perawatan muka

    BalasHapus
  37. Harus beli yang ori, dijamin ori, kalau mau merasakan manfaatnya secara maksimal ya mbak. Aku sampai sekarang belum jadi2 nih mau nyobain rangkaian produk perawatan RDL Papaya ini wkwk. Thanks sharingnya mbak. Harus banget nih dicoba, apalagi harganya affordable gitu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, harus beli di toko yang trusted ;) biar ada jaminan ori

      Hapus
  38. Sering liat yg sabun batang di supermarket, ku kira sabun mandi krna di etalase sabun2.. eh ternyata justru face wash ya ini Mba. Wah lain kali harus baca liat teliti nih klo pas belanja, trnyata cukup ampuh yaa

    BalasHapus
  39. Ternyata RDL Sabun Pepaya cocok juga buat kulit berjerawat, ya. Cocok buat anak bujang nih kayaknya. Muka mereka gampang banget jerawatan.

    BalasHapus
  40. Ini produk legend banget, dari aku kecil uda ada ini, banyak review dari temen temen yang cocok pake RDL

    BalasHapus

Posting Komentar