Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Review KHAS Hotel Semarang, Disediakan Perlengkapan Sholat di Kamar!

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Pesan Kamar Hotel di Agoda

Akhirnya ini postingan terakhir sepertinya untuk family-travelling singkat di Semarang. Jadi, kami menginap di salah satu hotel bernama KHAS Hotel. Anyway, aku pesan hotelnya di aplikasi Agoda. Apakah worth it? Check this outReview KHAS Hotel Semarang.

Nah, awalnya kami mencari kamar hotel H-3 sebelum kami berangkat ke Semarang dari Pati. Susah-susah gampang sih menurutku cari hotel untuk weekend. Ada yang kelihatannya okay, harga juga terjangkau, tapi review jelek.

Ada juga yang review bagus, eh harganya jutaan. Ya makasih banget deh kalau itu, soalnya kami tim mendang-mending yang ke Semarang aja cuma iseng, hahaha.

Kemudian after tengok berbagai aplikasi dan review di Google, pilihan kami jatuh di aplikasi Agoda dengan pilihan KHAS Hotel.

Jadi, aku memang mencari kamar untuk 2 dewasa dengan 2 anak (6 tahun dan 4 tahun). Nah muncul deh beberapa rekomendasi. Kami memilih yang include sarapan dengan budget 500 ribuan. 


Alamat KHAS Hotel Semarang

Karena niat kami ke Semarang memang ke daerah kotanya, maka kami juga mencari penginapan di area pusat kota.

mall dekat KHAS Hotel Semarang

KHAS Hotel berlokasi di Jl. Depok No.33, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50133.

Menurutku hotel ini cukup strategis lokasinya, karena kalau naik mobil kemana-mana dekat. Waktu sebelum check-in aku sempat ke Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), kemudian mampir ke Tentrem Mall Semarang. Dan itu dekat menurutku, nggak macet juga.

Malamnya kami jalan kaki ke Paragon City Mall Semarang (600 m dari hotel), karena malas bawa mobil. Jalan depan KHAS Hotel itu one way, guys! Jadi searah. Ketimbang terjebak macetnya malam Minggu Semarang dan jalan memutar, ke mall jalan kaki aja deh praktis.

Then, keesokan harinya kami mampir ke Musem Kota Lama Semarang sebelum check-out. Kami lewat kawasan kota lama juga namun nggak sempat foto-foto karena ngejar waktu. Jadi strategis sih hotelnya, in my opinion.


Review KHAS Hotel Semarang, Disediakan Perlengkapan Sholat di Kamar!

Dari jalan, hotel ini mudah ditemukan karena bangunannya lumayan tinggi dan papan hotelnya hijau seperti foto tumbnail artikel ini. Namun memang jalannya satu arah.

Parkir juga tersedia free dan aman untuk mobil maupun bus. Tidak terlalu lebar parkirannya, namun cukup menampung tamu hotel. Security-nya helpful juga untuk membantu kendaraan yang keluar masuk.

Di KHAS Hotel ini bisa check-in di jam 2 siang dan check out jam 12 siang. Kami pesan di Agoda sudah full payment, jadi langsung datang ke lobby resepsionis dengan menunjukkan kode booking-nya dan KTP saja.

rekomendasi hotel di pusat kota semarang
Lobby KHAS Hotel Semarang

By the way, lobby-nya bagus sih menurutku, nyaman. Sofanya juga banyak dan hawanya sejuk. Semua karyawan hotel terlihat sangat ramah, helpful dan informatif.

Kemudian setelah check-in, kami diberi voucher dan diarahkan untuk mendapatkan welcome drink sebanyak 2 gelas sembari menunggu proses persiapan kamar selesai. Ngambilnya di area depan hotel, jadi tidak bisa dibawa masuk ke lobby hotel. 

review khas hotel
Welcome Drink KHAS Hotel Semarang

Untuk welcome drink, gelasnya kecil as always dan jusnya pekat rasa orange. Sebetulnya aku prefer ini ditambah air lagi terus dikasih es batu (jadi es jeruk dah wkwk). Punten nih minuman begini bukan selera Ibuk RaiNasha, hehe punten sekali lagi. 

Selain itu, mereka juga menjual toast, snack, minuman, hingga gelato juga. Tapi aku memang nggak coba untuk beli di situ sih.

Setelah welcome drink habis, kami masuk ke lobby lagi. Oh iya, tadi tas-tas kami titipkan ke security (mereka yang nawarin) biar nggak repot angkut tas kesana-kemari. And then, kami duduk lagi dan menunggu lumayan lama. Soalnya Paksu sampai ketiduran.

Setelah beberapa saat, kami dapat kartu kunci kamar dan menaiki lift ke lantai 2. Saat itu hotelnya full booked. Begini bentuk lorongnya, tapi ini back-light.


KHAS Hotel Semarang Bintang Berapa?

khas hotel semarang bintang 3

FYI, KHAS Hotel ini hotel bintang 3 ya, guys. Yang aku suka dari hotel ini adalah ddisediakannya perlengkapan sholat lho! Ada mukena, sajadah, hingga Al-Qur'an. Ada petunjuk arah kiblat juga.

Aku pesan kamar Twin Deluxe, ini rekomendasi by aplikasi Agoda dengan spesialisasi 2 dewasa dan 2 anak. Namun dapatnya 2 bed yang to be honest kecil sekali, wkwk. Lumayan effort untuk tidur berdua meski dengan anakku yang berusia 4 tahun.

khas hotel semarang menyediakan alat sholat

Sebetulnya di aplikasi Agoda ada pilihan untuk request bed besar, namun saat itu kamar sudah full booked jadi request nggak bisa dilaksanakan. Extra bed juga sudah habis. Paling hanya bisa dapat yang non-smoking room aja.

Tapi keadaan kasur, sprei, dll bersih banget sih. Harum juga kamarnya, AC juga dingin. Selain itu, aku juga dapat sandal hotel 2 pasang dan plastik laundry kalau memang ingin laundry di hotel. Tapi budget-nya aku kurang tahu ya, berapanya gitu untuk laundry.

Oh iya, to be honest ini kamarnya lampunya remang-remang, guys. Ini masalah selera sih, tapi aku memang lebih suka kamar yang ada 2 pilihan lampu baik yang terang untuk baca/kerja dan untuk tidur/santai.

Dibandingkan dengan 2 hotel yang aku singgahin terakhir di Boyolali dan Tangerang, memang lampu KHAS hotel (khususnya kamarku ini) lebih soft. Jadi kurang cocok untuk kerja tipis-tipis (maklum Ibu freelancer nih wkwk). Tapi untuk holiday ini nggak masalah.

no wa khas hotel semarang

Di keterangannya, aku dapat fasilitas free Wi-Fi, tapi nggak aku pakai. Selain itu, di kamar disediakan pemanas air, free kopi & teh, serta free 2 botol air minum. Adapun air minum yang besar 2 L itu optional, kalau kita minum ya bayar. Kalau nggak kita minum, ya nggak suruh bayar (ada kok tulisannya).

Di kamar ada TV, namun ini aku nggak begitu eksplor ada apa aja di TV. Soalnya kami memang lebih banyak berkegiatan di luar. Nonton paling Upin Ipin kalau tidak salah.

Di kamar ada kaca besar di depan kamar mandi dan atas kasur. Untuk kamar mandi nggak begitu besar namun bersih. Dilengkapi juga dengan wastafel. Ada free sabun cair, sabun batang, shampoo, penutup kepala, hingga sikat gigi.

Di wastafel disediakan juga 2 gelas untuk gosok gigi dan tissue, serta tempat sampah. Disediakan juga 2 handuk bersih. Di area situ juga ada kloset dan bersekat kaca kecil untuk mandi basah.

Untuk kamu yang butuh hair dryer, kamu bisa melakukan peminjaman ke servis room dengan durasi peminjaman selama 2 jam. Aku nggak tahu ini free atau berbayar. 

Air di kamar mandi juga lancar semua, baik di wastafel, kloset, maupun shower dan keran. Aman deh wudhu karena ada keran juga, nggak hanya shower. Air hangatnya juga lancar.

honest review khas hotel semarang

Oh iya hampir lupa, di kamar juga disediakan gantungan baju, kotak brankas (untuk simpan barang berharga), dan juga kulkas mini.

Tapi aku nggak pakai kulkasnya sih, karena memang nggak lama stay di kamarnya. Cuma aku bingung, ini kulkas sudah on, mesin sudah bunyi, tapi kenapa nggak dingin ya? hahaha.

Entah akunya yang nggak tahu harus gimana cara pakainya, atau emang kulkasnya nggak optimal dinginnya. Soalnya pernah baca juga review KHAS Hotel Semarang di Google yang mengeluhkan tentang mini kulkasnya.

berenang di khas hotel semarang gratis

Anyway, kami juga sempat berenang di hotel pada sore hari, ini free. Letaknya dekat dengan area makan. Kolamnya tidak begitu lebar, namun cukup. Dalamnya 1.3 meter. Ada pelampung, namun hanya tersedia 1 saja.

Untuk kamar bilasnya aman, so far so good. Bisa berenang pagi juga sih, namun malu juga kalau harus bareng orang-orang yang lagi sarapan. Oh ya, harus pakai pakaian renang juga ya!

rekomendasi hotel ramah anak di semarang

Nah, untuk sarapan, kami memilih jam 6.30 WIB pagi. Cukup ramai, namun kursinya cukup kok. Makanannya menurutku cukup bervariasi. Rasanya juga enak.

Seingatku ada roti, sereal, bubur-bubur, cake, mac cheese, nasi goreng, salad, gorengan, buah, lauk dan sayur juga okay. Menurutku sewaktu aku makan di sana sih sama sekali nggak ada masalah. Rasanya enak juga kok.

hotel bintang 3 di semarang terbaik
Lobby KHAS Hotel Semarang

Setelah sarapan, kami menyempatkan untuk ke museum terlebih dahulu. Kemudian baru deh check-out. Aku lumayan kaget dengan sistem check-out mereka.

Seperti yang sudah aku jelaskan di atas, check-in nya lumayan lama nunggunya. Namun check-out nya langsung bisa pulang tanpa ada pengecekan apapun. Kalau aku bawa aset mereka gimana coba? Macam water heater atau apa kek gitu, wkwk.


Berapa Nomor Telepon KHAS Hotel Semarang?

Di Google sudah ada sih, tapi entah update atau nggak. Soalnya kalau aku pribadi prefer pakai aplikasi macam Agoda, Traveloka, dll. Atau kalian bisa langsung cek di akun Instagram mereka, yaitu: @khassemaranghotel

Anyway, KHAS Hotel ini ternyata juga ada di berbagai kota ya seperti Jogja (Malioboro & Tugu), Pekalongan, Pekanbaru, Gresik, Surabaya, Makassar, dll.


Penutup

Jadi, kesimpulannya worth it nggak nginep di KHAS Hotel Semarang? Menurutku worth it, guys! :)

Aku dapat kamar twin deluxe dengan pemandangan menghadap ke hotel tetangga dan bisa lihat kolam renang KHAS Hotel juga. Meski ruangannya homey, namun memang tidak kedap suara. Itu nggak masalah sih buat aku.

Hotel satu ini juga dekat dengan berbagai tempat makan baik kuliner pinggir jalan hingga cafe. Indomaret juga sangat dekat, bisa diakses jalan kaki ke seberang hotel. Sarapan yang disediakan hotel juga variatif dan enak di kelasnya.

Dengan harga 503 ribu include tax via Agoda, tentunya sangat worth it. Yang unforgetable sih pelayanannnya yang super duper ramah, bahkan mereka sempat menawarkan foto-in kita sekeluarga di lobby.

Aku juga terkesan dengan inisiatif hotel menyediakan alat sholat di masing-masing kamar, keren!

Kalau kalian, pernah tidak menginap di sana? Semoga artikel review KHAS Hotel Semarang ini bisa memberi pencerahan ya sebagai salah satu rekomendasi hotel di pusat kota Semarang! :)



.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

Posting Komentar