Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Keunggulan Miyako Nanoal MCM 508 SBC, Masak Nasi Anti Gagal dan Cerita Lebaran Kami!

19 komentar
Konten [Tampil]

Masak Nasi Anti Gagal

Lebaran tahun ini sudah berlalu, namun kenangannya masih tersimpan. Rasanya setelah bersilaturahmi dengan keluarga dan teman, energi kembali terisi untuk memulai aktivitas kembali. Masak lagi deh di dapur sendiri pakai rice cooker baru. Intip yuk keunggulan Miyako Nanoal MCM 508 SBC di artikel ini!

Momen Lebaran Berkesan Menjelajah Berbagai Kota dan Mencoba Menu Andalan Mereka

Meski berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena orang tua suami dan aku hanya tersisa Ibuku saja, momen lebaran tahun ini tetap dinanti-nanti. Kali ini kami bersilaturahmi ke beberapa kota, antara lain Kebumen, Banjarnegara, Cilacap, dan Solo.

Rasanya lebaran tahun ini yang paling produktif. Lelah namun menyenangkan. Anak-anak juga menikmati setiap momennya. Mereka bisa diajak bekerjasama dengan baik selama perjalanan dari Pati menuju ke setiap kotanya dengan jalur darat.

Mengawali mudik lebaran di H-1 Idul Fitri, kami pulang ke kampung halaman di Kebumen alias ke rumah eyang utinya anak-anak. Di kota kelahiranku tersebut, biasanya pagi setelah sholat Idul Fitri kami sungkeman keluarga dan kemudian makan bersama.

Setelah itu, antar tetangga memiliki suatu kebiasaan untuk saling berkunjung ke rumah yang dianggap lebih tua untuk saling berjabat tangan meminta maaf. Ini momennya syahdu dan ngangenin banget menurutku selama marantau.

Kemudian H+1 lebaran kami mudik ke kampung halaman eyang utinya anak-anak di Banjarnegara. Dulu saat aku kecil, aku selalu menghabiskan masa lebaran di sana, jadi sekalian nostalgia!

Di Banjarnegara, menu lebarannya berupa nasi, ketupat, ikan bumbu kuning, mie kuning, hingga semur daging sapi, ada juga beberapa tumisan sayur. Sangat lengkap tersaji di meja makan dan tentunya ini berbeda dengan menu lebaran di rumahku.

Hari berikutnya kami mengunjungi saudara di Cilacap. Di sana menu lebaran yang kami santap adalah soto. Untuk yang belum tahu, ini soto khas Sokaraja. Uniknya menggunakan bumbu kacang. Aku suka banget ini sih. Bisa dimakan dengan lontong atau nasi.

Memang ya, berbeda-beda dan bervariatif sekali menu lebaran di setiap rumah. Kemudian kami kembali ke Kebumen lagi. Setelah itu kami istirahat dan keesokan harinya 'melipir' sebentar mengintip destinasi wisata dekat rumah, kira-kira 7 menit dari rumah.

waduh sempor terbaru, benteng van der wijck terbaru

Libur lebaran hampir usai dan kami harus kembali ke Pati. Namun sebelumnya, kami mampir dulu ke kampung halaman suami semalam saja untuk menjenguk makam eyang uti dan kakungnya anak-anak.

Anyway, di Solo kami juga mampir ke masjid ikonik yang baru-baru ini viral.

masjid solo paling indah hadiah raja arab untuk jokowi

Momen lebaran memang selalu menyisakan kenangan khusus di hati, dari silaturahmi-nya, menu lebarannya, semua vibes yang ada membuat terenyuh. Semoga akan terus seperti ini hingga anak-anak dewasa kelak.

Nah, tadi aku sudah spill menu lebaran yang ada di meja saudara-saudaraku di Banjarnegara dan Cilacap. Kalau di Kebumen ada apa aja ya?

Kali ini kita intip yuk menu andalan ala eyang utinya anak-anak saat lebaran!


Menu Andalan Saat Lebaran di Kampung Halamanku (Rumah Ibu)

Hampa rasanya lebaran tanpa menu andalan keluarga sedari kecil. Pada saat lebaran, ada beberapa menu khusus yang selalu ada di rumah Ibuku, yaitu opor ayam, daging sapi bumbu lapis, kering kentang pedas manis, es sirup, kerupuk udang dan ketupat. Untuk sambal goreng ati kentang ini optional kadang ada dan tidak.

Nah, biasanya ketupat dimakan di malam lebaran hingga lebaran hari H-nya. Hari berikutnya kami sudah memasuki fase kembali ke nasi lagi (hehe). Memang ya orang Indonesia itu tidak bisa jauh dari nasi.

Ngomong-ngomong soal nasi, dari dulu Ibuku selalu menggunakan Rice Cooker Miyako. Itu yang membuatku juga menggunakan brand yang sama hingga sekarang. Karena awetnya memang juara!

Aku sendiri menggunakan Rice Cooker Miyako tipe lama saat masih single dan bekerja merantau ke Tangerang. Agar lebih hemat dan bisa menabung, seringnya aku membuat nasi sendiri dan membeli sayur serta lauk. Pada saat itu kos tidak menyediakan dapur umum.

Nah, setelah menikah baru deh aku upgrade rice cooker yang lebih besar. Namun setelah hijrah ke Pati, rice cooker tersebut ditinggal di Solo dan kini kami upgrade ke rice cooker baru!

Se-happy itu kalau mendapatkan perlengkapan dapur dan meja makan dengan warna yang cantik dan elegan. Mendukung banget untuk dunia perdapuran deh Rice Cooker Miyako satu ini. Apalagi Miyako tipe ini panci anti lengketnya 10x lebih tahan lama lho.

Mau tahu keunggulan Miyako Nanoal MCM 508 SBC yang aku pakai sekarang? Check this out!


Review Miyako Nanoal MCM 508 SBC

Spesifikasi Miyako Nanoal MCM 508 SBC

Spesifikasi Miyako Nanoal MCM 508 SBC

Tipe Produk            : MCM 508 SBC
Kapasitas                : 1,8 Liter
Dimensi Kemasan  : 300x300x300 mm
Berat Besih             : 2,7 Kg
Berat Kotor             : 3,2 Kg
Fungsi                     : Memasak, menghangatkan, mengukus
Steamer                  : Yes
Bodi                        : Tin Plate
Daya                       : 395 Watt
Tegangan               : 220 VAC


Keunggulan Miyako Nanoal MCM 508 SBC

Penanak nasi satu ini memiliki fungsi 3 in 1, yaitu untuk memasak nasi, mengukus, dan menghangatkan masakan juga bisa banget.

Miyako Nanoal anti lengket 10x tahan lama

Rice cooker MCM 508 SBC ini dilengkapi dengan panci Nanoal yang anti lengketnya 10x lebih tahan lama. Nanoal ini bisa tahan hingga 24-36 bulan. Sedangkan produk lain umumnya memiliki anti lengket yang hanya bertahan 3-4 bulan saja.


Mudah dibersihkan

Keunggulan panci Nanoal ini juga ada di anti lengketnya yang membuatku mencuci pot/panci dengan effortless (mudah). Ini penting banget, karena nasi bisa dimakan semua dan tidak ada sisa nasi yang terbuang karena menempel di pancinya.

Jadi, memang produk ini tidak seperti produk lain yang harus direndam terlebih dahulu ketika akan dicuci.


Bebas PFOA

Rice cooker MCM 508 SBC ini bebas PFOA. Jadi memang lebih awet, tahan lama, dan tentunya aman untuk kesehatan.

Perfluorooctanoic acid (PFOA) adalah salah satu bahan kimia buatan yang termasuk dalam kelas senyawa kimia perfluorinated compound (PFC). PFOA merupakan bagian dari proses pembuatan bahan anti lengket berbahaya.

Seperti yang sudah aku jelaskan di atas, pada umumnya panci rice cooker memiliki lapisan anti lengket yang hanya bisa bertahan 3-4 bulan saja. Setelah itu, biasanya nasi akan lengket di pinggiran-pinggiran panci maupun di dasarnya saat kita memasak nasi. 

Hal itu menandakan lapisan anti lengketnya telah hilang, sehingga sebaiknya panci tersebut sudah tidak digunakan lagi. Lapisan yang terkelupas tersebut bisa terkontaminasi ke dalam masakan yang berisiko bagi kesehatan nantinya.

Kesimpulannya, Panci Nanoal Miyako ini selain awet, mudah dibersihkan, aman juga digunakan untuk mendukung kesehatan keluarga. Kesehatan keluarga terus terjaga jika kita memilih dan menjaga peralatan memasak dengan tepat dan aman untuk digunakan dalam jangka waktu panjang.

Spesifikasi Miyako Nanoal MCM 508 SBC

Menggunakan rice cooker ini, nasi akan matang lebih sempurna dan tahan hangat lebih lama, karena memiliki 3 elemen pemanas di bagian atas, tengah, dan bawahnya. Elemen pemanasnya memiliki garansi 5 tahun.

Miyako Nanoal MCM 508 SBC yang aku punya ini memiliki kapasitas besar yaitu 1.8 liter beras atau 5 liter nasi. Jadi memang memudahkan banget untuk masak dalam jumlah yang besar.

Dilengkapi juga dengan Thermostat yang membuat nasi tetap hangat, tidak kering, dan tidak mudah basi. Kemudian tidak lupa dilengkapi dengan gelas pembuangan air dibagian belakang yang berfungsi menampung air sisa memasak dan menjadikan nasi tidak mudah busuk.

Review Miyako Nanoal MCM 508 SBC

Miyako Nanoal MCM 508 SBC ini memiliki sertifikasi SNI dan food grade. Tampilan desainnya terlihat elegan dan modern dengan warna rose gold, pastinya sangat cocok untuk diletakkan di dapur maupun ruang makan Anda. Makin cantik kan?


Harga Miyako Nanoal MCM 508 SBC

Harganya bervariatif baik secara online maupun offline. Nah, kalau aku pribadi beli apapun seringnya by online. Jadi aku membeli MCM 508 SBC ini juga via marketplace dengan harga 280 ribu dan sudah termasuk ongkir ke Pati dan garansi pengiriman.

Pengiriman antar kota sangat aman dan sampai rumah berfungsi dengan baik. Kamu juga bisa beli secara offline di toko-toko kesayangan kamu dengan harga yang biasanya lebih terjangkau. Untuk rice cooker dengan harga 200-300 ribuan ini sungguh worth to buy!


Penutup

rice cooker anti lengket

Bagaimana? Naksir juga dengan desain elegan dan mewah-nya warna rose gold dari Miyako Nanoal MCM 508 SBC punyaku ini? Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa langsung ke website resmi Miyako dan di situ kamu juga bisa membelinya melalui link yang tersedia.

Keunggulan Miyako Nanoal MCM 508 SBC ini memang terbaik di kelasnya, bikin masak nasi jadi anti gagal. Cerita lebaran dan momen penting lainnya juga semakin berkesan.

.
Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

19 komentar

  1. Aku juga pakai Miyako Nanoal yang rose gold ini lho. Dari warnanya aja aku suka banget Bu. Elegan dan mewah gitu. Eh pas tahu keunggulannya gini, aku makin cinta donk sama Miyako Nanoal. Btw, emang bener deh pas lebaran makan ketupat, abis itu aku nyarinya nasi lagi. Indonesia banget ya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum makan kalau belum ketemu nasi wkwkwk iya kan, warnanya paling gemes. Jatuh cinta pada pandangan pertama ;)

      Hapus
  2. Wah aku juga pakai Miyako di rumah. Kualitasnya emang beneran bagus apalagi Miyako Nanoal MCM 508 SBC ini aku suka bgt sama warna rose gold nya terlihat elegan.

    Makan nasi makin semangat ya pakai Miyako yang nasinya hangat terus 🤩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya udah gitu lebih sehat karena anti lenketnya 10x tahan lebih lama ;)

      Hapus
  3. Miyako memang top markotop dah, pokoknya rice cooker ya Miayako jagonya, desainnya bagus, nasinya juga jadi pulen kalau dimasak pakai Miyako

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masak nasi anti gagal ya ;) ngga mubadzir juga nasinya kebuang, karena nggak lengket-lengket di potnya. Habis semua deh

      Hapus
  4. Rice cooker miyako punyaku yang seri lama juga awet sampai skrg, jadi tergoda buat upgrade rice cooker deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuss upgrade cobain bedanya, soalnya aku dah coba sendiri ;) hehehe

      Hapus
  5. Pengen punya miyako nanoal juga aku. Mudah"an next bisa beli ini juga. Biar masakanku kuat dan tahan lama nggak cepat basi

    BalasHapus
  6. Yang paling suka dari Miyako itu awet nya lumayan lama. Dari semenjak nikah sampe sekarang, itu rice cooker masih aja nangkring di tempatnya. Tapi liat yang baru ini jadi pengen beli juga :), warnanya grande banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kan emang awet bgt :') dan yang versi terbaru ini warnanya dan anti lengketnya terbaik si

      Hapus
  7. Wah kebetulan lagi nyari rice cooker. Makasihinfonya

    BalasHapus
  8. Mbak, aku yang baca perjalanannya aja capek. Tapi kalo nggak lebaran ya kayaknya nggak bakal ada momen mengukur jalanan kayak begini ya wkwk..

    Wah, aku paling suka nih kalo ada rice cooker tapi nggak lengket. Kayak, apa ya, risih banget gitu kalo liat nasi tapi nempel-nempel kayak kerak di rice cooker, hiks hiks. Di rumahku juga pakai Miyako lo dan emang awet. Sayangnya kemarin mau nggak amu harus pensiun, kabelnya ketarik bocil, jatuh ancur deh... padahal ini udah dari jaman suamiku masih kecil katanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nggak lebaran bener sih susah wkwk apalagi paksu yang cutinya irit kali ah :( aku mah WFA (work from anywhere). Cuss mba ganti yg ini, effortless bgt nyucinya, mau buru-buru bikin nasi lagi oke oke aja ini wkwk

      Hapus
  9. Salah satu merk rice cooker yang harganya cukup terjangkau ya. Aku juga pernah pakai Miyako, alhamdulillah awet. Hasil nasinya juga pulen, enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba apalagi series yg ini ;) mantep bgt anti lengketnya

      Hapus
  10. Pgen juga nih puny miyako nanoal, dah bebas PFOA jg...anti lengketny 10x lipat duh ntabsss series ini

    BalasHapus

Posting Komentar