By Puty. Blog Inspiratif untuk Ibu Produktif


Zaman sekarang, sudah mulai menjamur yang namanya micro-blog. Di instagram, segala informasi juga sudah lengkap. Apa blog masih bisa eksis? Tentu saja. Sosial media lain pastinya memiliki karakter yang terbatas, di blog kita bisa menulis dengan panjang dan lengkap serta bisa masuk ke search engine. Namanya zaman digital, apa-apa tanya sama 'mbah' Google. Blog mana yang jadi favorit kalian? By puty adalah inspirasi blog untuk Ibu produktif versiku.

Ya, kalau ditanya blog mana yang jadi favoritku, jawabannya adalah punya mbak Puty, yaitu By Puty's Journal.


Kenapa? Tentu banyak sekali blogger terutama blogger wanita serta Ibu yang juga sama-sama inspiratif. Namun, secara personal aku terinspirasi diri mbak Puty. Aku ulas sedikit ya mengapa blognya menjadi sebuah trigger juga untukku kembali menulis di blog dan membuat ilustrasi.

Sosok Puty Puar

Namanya Puty Puar. Dia adalah seorang Ibu anak satu, ilustrator, content creator, penulis buku dan memiliki ketertarikan juga pada buku.

Mbak Puty menginisiasi sebuah komunitas online dimana komunitas tersebut concern terhadap peningkatan literasi dan kebiasaan membaca sebagai bentuk women empowerment. Kalian bisa mengunjungi instagramnya juga di @byputy.

Karir vs Pendidikan

Siapa yang sangka kalau mbak Puty adalah lulusan Geologi. Aku pernah liat fotonya dengan baju fullbody dan (sepertinya) sedang ada di tambang lepas pantai. CMIIW. Ternyata dia bukan lulusan DKV atau sejenisnya yang membuat dia sekarang menjadi ilustrator sekeren ini. Mbak Puty sudah banyak menjalin partnership lho dengan brand besar, seperti Aqua, Grab, banyak deh.
 
Bahkan dia sudah membuat ilustrasi untuk film Imperfect (anyway, suka banget aku sama film & soundtracknya). Mba Puty jugalah yang membuat video lyric dari OST film ini yang dinyanyikan oleh Fiersa Besari.

Ini mejadi salah satu hal yang rasanya aku relate dengan jalan karir mbak Puty. Ternyata selama kita kreatif dan terus berkembang, jalan karir akan tetap bisa sukses meski tidak sama dengan jurusan pendidikan. Siapa diantara kalian yang juga melakukan perubahan arah mata angin karir? Hahaha.

Content Creator

 
Mba Puty mulai menulis blog Puty's Journal sejak 2003 (Wah lama juga ya!). Blognya berisi dengan beragam hal, seperti personal thought, family, motherhood, traveling, review tempat, buku serta film, arts dan design.

Aku pernah membaca postingan mbak Puty tentang suatu hal. Dan itu aku juga relate banget denganku. Dia pernah merasa gado-gado banget hidupnya dan tidak spesifik mendalami satu hal aja. Akibatnya semua hal bisa dilakukan tapi ya nggak expert. Sampai pada akhirnya merasa, it's okay kok untuk melakukan beberapa hal. Karena bisa jadi itupun berkaitan kan? 
 
Aku melihat ini di dia sih. Beratapa mbak Puty ini kreatif, gak cuma ilustrasi, tapi dilihat dari kontennya yang receh, deep though, realistis dan relate-able. Aku yakin ini hasil dari dia yang learner sejati. Selain itu dia juga jago nulis dan hobi baca.

Ilustrasi

 
Mba Puty mulai menjalanakan profesional ilustratornya sejak 2014. Banyak project yang sudah dia handle. Dari personal gift & UKM branding. Menuju tahun 2016 dia mulai resign dan mulai serius freelance. Sejak itu mbak Puty bekerja sama dengan brand terkenal, perusahaan, organisasi, public figure, film, sosial media seperti Instagram dan Facebook, serta UNICEF & Grab.

Gaya ilustrasinya yang khas membuat blog by puty, sosmednya, even comission work-nya terlihat 'by puty' banget. Dia sering membuat komik, doodle yang khas. Selain itu mbak Puty juga membuat GIF stickers, Stop-motion illustration (simple animation), Video lyric L, Video series, Book illustration, Painting workshop, etc.
 
Ini membuktikan bahwa nggak harus memilih satu hal saja. Asal kita bisa menikmati prosesnya, karya yang dihasilkan juga tetap bisa keren dan profesional.
 

Menulis

Selain menulis di blog & sosmednya, mba Puty juga menulis buku sekaligus membuat ilustrasinya sendiri (aduh, my dream!). Buku tersebut berjudul ‘Happiness is Homemade’ dan ‘Komik Persatuan Ibu-Ibu’.

Nah, sejak awal aku baca blognya mbak Puty dan mengikutinya di sosmed, ini menjadi trigger untukku mulai menulis di blog (lagi) setelah lama vakum. Aku juga mencoba untuk membuat ilustrasi at a same time. Pada akhirnya kita nggak harus mengatur diri sendiri untuk memiliki spesifikasi cuma satu. Kalau enjoy menjalani prosesnya dan kita bahagia, why not? Layaknya mbak Puty yang jago ilustrasi, bikin konten, nulis, bahkan video.

***

Aku teringat 4 E sih jadinya. Orang yang berhasil memanfaatkan bakatnya untuk berkarya memiliki ciri 4E, yaitu Enjoy (menikmati pekerjaanya), Easy (melaksanakan pekerjaanya dengan mudah), Excellent (memberi hasil yang sangat baik), dan Earn (menghasilkan pendapatan).

Even aku juga suka banget sama pernyataan mbak Puty di suatu comment. Bahwa NGGAK SEMUA HOBI HARUS MENGHASILKAN UANG :) karena kadang kita hanya ingin enjoy tanpa dihantui deadline HAHAHA.
 

Sekian ulasan blog favorit aku. Terimakasih ya sudah berkunjung. Kasih insight dong blog mana favorit kalian? Eh terutama yang suka ilustrasi juga.



You Might Also Like

32 komentar

  1. Wah selarasan dengan tulisanku mbak. Aku nulis tentang, bukankah menyenangkan bekerja karena passion kita huhuhu... 4E amj inget2 juga deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Dreams banget ya. Bekerja sesuai passion. Memang sih banyak tantangan juga pasti, tapi paling nggak ada happy saat menjalaninya :')

      Hapus
  2. Mbak puti ini aku kenalnya justru lewat komik beliau. Nggatau kalo orangnya jg ngeblog. MasyaAllah. Mampir aahh. M

    BalasHapus
  3. aku udah lama gak ngikutin ignya kak byputi nih, jadi penasaran juga sama blognya

    BalasHapus
  4. Setuju, menulis memang hal yang menyenangkan🙃

    BalasHapus
  5. Wah keren banget deh sama mba puty. Aku langsung kepo juga sama tulisan dan karya-karyanya. Btw followback ya mba. Biar makin akrab kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak setelah au check, aku dah follow dirimu mba WKWKWK.

      Iya keren karyanya mba ;)

      Hapus
  6. ini jadi salah satu blog favoritku sih dalam urusan kreativitas dan thoughtnya dia di blog, dia juga yang menginspirasi aku untuk dengerin podcast kalau lagi olahraga jalan kaki. Tahunya blognya duluan, thoughtnya suka deep banget dan bacaannya dia banyak dan beragam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren banget nih sering olahraga jalan mbak. Aku pingin juga nih rutinin.

      Iya bener, dia itu pemikirannya bikin kita "ah iya banget". Jadi kaya relate ;)

      Hapus
  7. Wow sosoknya inspiratif sekali ya kakak. Ntar main-main deh ke blognya Kak Puti.

    BalasHapus
  8. wah membaca ini menjadi makin terinspirasi untuk terus menulis niy kak, jadi penasaran pengen baca bukunya yang happiness is homemade. dan baru tahu beliau ngeblog juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga taunya awalnya yang komik persatuan ibu-ibu mba. Ternyata ada karya lain. Iya terkenalnya di instagtam ya. Padahal blogger juga :)

      Hapus
  9. ih keren nih mbak Puty. dan ternyata gambar yg sering aku liat itu ciptaan mbak Puty toh, ada ciri khasnya di gambarnya itu, gemesin.. hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ilustrasi dia itu "by puty banget" emang mbak. Pas liat brand yang pake dia akupun langsung ngeuh wkwk :)

      Hapus
  10. Wah baru tahu kalau yang bikin Video lyric lagi kesukaannku ternyata seorang blogger juga. Jadi kepo deh sama blognya..

    Btw.. aku sependapat juga dengan kalimat ini:

    Bahwa NGGAK SEMUA HOBI HARUS MENGHASILKAN UANG :) karena kadang kita hanya ingin enjoy tanpa dihantui deadline HAHAHA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, film sama ost.nya juga aku suka yang di imperfect ;)

      Wkwkwk statement itu emang jleb banget ya. Saat kebanyakan deasline maka istirahatlah :')

      Hapus
  11. Aku justru tahu mba Puty dari karya ilustrasinya. Sungguh inspiratif ya beliau

    BalasHapus
  12. masha Allah, keren bgt mba...makasih ya infonya, aku langsung follow hahha :D

    BalasHapus
  13. aku baru tahu mba .. nanti aku coba kepoin blognya ya ... aku juga perlu banget influenc agar makin semangat

    BalasHapus
  14. MasyaAllah keren banget mba puty ya
    aku ga bisa gambar makanya takjub banget kalau ada orang bisa nggambar mbak
    aku belum kenal sosok doi sih. Tapi sangat menginspirasi

    BalasHapus
  15. Masya Allah keren banget. Ini ilustrasi sering banget saya liat, cuma nggak ngeh aja. Keren ya mbak putik inii. Kalau blogger yang juga ngilus saya kenalnya artjoka.com kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, daku juga tau artjoka. Keren juga mbaaa. Ak selalu amazed sama yang jago blog merangkap ilustator hehe ;)

      Hapus
  16. Saya baru kenal blognya Mba Puty nih, kalau saya sih tahunya si Mba Ewafebri mbak. Dia juga blogger dan illustrator

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah thank you infonya ya mbak, akan ku cari ;)

      Hapus

Positive vibes only.