Ibu di Balik Gawai Nurrahmah Widyawati

Jurnal Ulat-Ulat Pekan-6 Makanan Kesukaannya (Bunda Cekatan Batch#2 Institut Ibu Profesional)

Konten [Tampil]

Terkadang tugas kelas Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional memang tak terduga. Terkadang sayapun bertanya-tanya esensinya apa tugas ini, pelajaran apa yang bisa dipetik? As always, setiap tugas memiliki hikmah tersendiri.

Seperti pekan lalu (Pekan 5) di tahap Ulat Bunda Cekatan Batch 2 Insitut Ibu Profesional, kami disuruh berkenalan dengan minimal 5 ulat. Kami disuruh menanyakan juga pada si ulat tentang keluarga apa yang menjadi concern-nya, live mana yang menjadi favoritnya dan apakah si ulat masih butuh makanan atau tidak. Pekan lalu saya berhasil berkenalan dengan 9 ulat. Sebetulnya lebih, namun saat jurnal sudah dikumpulkan beberapa ulat baru menghubungi. Jadi saya tidak memasukkannya dalam jurnal hehe.

Ternyata dalam tugas pekan lalu, kami diajarkan tentang adab berkenalan, lebih dari sekadar menggugurkan tugas. Jujur, memang dari 9 ulat, hanya 4/5 yang betul-betul mengobrol cantik di Whatsapp & FB messanger. Lainnya sekadarnya saja. Untuk pekan ini, kami diberi tugas membuat potluck kembali. Rules-nya adalah memilih minimal 3 orang untuk diberi potluck.

Adapun filosofi potluck meliputi :

  1. Makanan favorit saya
  2. Makanan favorit saya dan sekelompok orang yang sama (saling sharing potluck dengan tema sama)
  3. Membawakan teman suatu potluck sesuai makanan yang mereka suka, even kita sendiri nggak suka (ini tugas kami pekan ini)

Jadi setelah kita memenuhi tangki kebahagiaan diri dengan potluck 1 & 2 (memenuhi kapasitas diri), kini waktunya untuk membagikan potluck nomor 3 seperti di atas. Adapun potluck nomor 3 ini bisa dengan membuatnya sendiri/homemade (misalnya mencarikan materi, membuatkan materi berdasarkan pengalaman, dll), bisa juga dengan cara beli jadi (membantu search link, merangkumkan materi dari sebuah event, dll).

Kunci dari potluck ini adalah BERIKAN DENGAN SEPENUH HATI. Bagaimana kalau si ulat tidak suka dengan potluck hadiah yang kita berikan? Fokuslah pada hal yang bisa kita kontrol, di sini adalah membuatkan hadiah dari hati se-special mungkin. Di luar itu jika mereka tidak suka, itu adalah hal yang tidak bisa kita kontrol. Dilarang baper di sini, kita belajar untuk mengolah rasa. Hanya memberi tak harap kembali (jangan dilanjutkan bagai sang surya menyinari dunia).

Saling memberi hadiah, maka kalian akan saling mencintai.

 ***

Nostalgia kembali dengan Jurnal Ulat Pekan 5 minggu lalu, di sana saya berkenalan dengan 9 ulat. Namun hanya berhasil mendapat 4/5 orang yang betul-betul ngobrol. Jadi karena minimal memberikan potluck untuk 3 ulat, saya memilih untuk memberikan hadiah pada mereka.

Anyway, saat memberikan hadiah pada mereka, saya sama sekali tidak menanyakan mereka ingin apa atau mereka butuh apa. Pure surprise saja based on apa yang sedang mereka ingin dalami saat pembicaraan di pekan lalu. Jadi 'cenayang' deh, tapi semoga bermanfaat WKWK.

1. Mba Vera


Sebetulnya saya sudah berniat memberi hadiah pada mbak V, namun ternyata dia duluan yang kirim surprise hihi. Dia memberikan saya info grafis tentang "6 Cara Mengelola Emosi di Tengah Kondisi yang Tak Pasti". Kemudian saya memberikannya hadiah printable pembelajaran untuk usia 5-7 tahun (8 tema) & printable pembelajaran untuk 2-4 tahun (6 tema), serta memberikan link buku saku untuk PAUD dari Kemdikbud. Saya mengirimkan ini karena mbak V concern dalam hal bebenah & home edukasi. Saya happy karna dia juga happy menerimanya :)

2. Mbak Rizza


Nah happy banget saya karena mbak R tiba-tiba mengirimkan hadiah sebuah rangkumkan materi dari kelas yang pernah dia ikuti, yaitu Komunikasi Antar Pasangan. Useful! Saya juga mengirimkan hadiah balik untuknya tentang Menulis Healing Journal (link Youtube dimana saya sendiri yang membuat kontennya untuk Pekan Member IP Tangkot), link Youtube tentang Bullet Journal serta beberapa list untuk self healing dengan self gratitude. Saya mengirimkan ini karena seingat saya dia membutuhkan tentang self healing (manajemen emosi). Responnya sangat baik, I'm happy :)

3. Mbak Inaya


Kali ini giliran mbak I yang memberiku surprise potluck berupa materi dengan judul "26 Frase Menenangkan Anak Marah". Materi yang kubutuhkan huhu. Kemudian aku kirimkan hadiah balik untuknya tentang bullet journalling, manajemen waktu dan foto poster Fitrah Based Education. Sesuai dengan concern-nya. Responnya pun baik, So happy :)

4. Mba Rini


Mba R mengirimkan saya surprise potluck dengan materi Menjaga Emosi Ibu. Sungguh bermanfaat. Saya juga mengirimkan hadiah balasan untuknya berupa link youtube bullet journal, manajemen watu serta materi  teknik closing. Karena dia concern terhadap pemasaran & bisnis. Semoga bermanfaat ya mba ;)

5. Mbak Liri

Saya sempat mengirimkan hadiah juga untuk Mba L. Karna dia concern terhadap cooking, baking, food preparation, jadi saya mengirimkannya rekomendasi link instagram yang membahas tentang food preparation, serta mengirimkan link bullet journal dan 30 days gratitude. Aku happy karena dia juga happy menerimanya :)

6. Mbak Neni

Saya mengirimkan link tentang bullet journal dan manajemen waktu, serta 30 days gratitude. Saya ingat mba N concern terhadap manajemen waktu dan memiliki ketertarikan dengan emotional healing juga. So happy liat dia happy :)


***

Terimakasih ya hadiahnya untuk para ulat yang secara surprise mengirimkan hadiah manisnya via WA maupun FB Messanger untuk saya, semoga hadiah dariku pun bermanfaat untuk kalian. Kurang lebihnya mohon maaf. Nice to (virtual) meet you :)







Nurrahmah Widyawati
Mom of 2, Blogger, 9 Antologi's book author, Digital illustrator, Life long learner • Hi, for details tap page "about me" thanks! :)

Related Posts

Posting Komentar