4 Kartun Edukasi Anak Muslim (Serial Animasi Anak-Anak)

 

Moms, ada rasa khawatir nggak sih saat menyediakan jatah screen time untuk anak? Konten apa  ya yang bisa disajikan untuk hiburan sekaligus belajar adab dalam agama Islam? Nah, Moms bisa mencoba untuk menyajikan serial animasi ini untuk menemani si kecil saat screen time. Namun, tetap dampingi mereka ya! dan bijak dalam durasi hehe. Inilah rekomendasi 4 kartun edukasi anak muslim dari aku:

1. Nussa Rara

 
Kartun Nussa Rara digagas oleh Mario Irwinsyah, berkolaborasi dengan 4 Stripe Production. Lantas digarap oleh studio animasi The Little Giantz. Kartun ini pertama kali muncul pada November 2018 lalu. Kartun Nussa dan Rara ini bisa dinikmati di channel YouTube Nussa Official.

Serial tersebut menceritakan kehidupan sehari-hari dari anak laki-laki bernama Nussa dan adik kecil perempuannya bernama Rara. Nussa dan Rara tinggal bersama ibunya (Umma). Kartun ini memiliki banyak sekali pesan moral dan edukasi ajaran islam di setiap episodenya. Nussa dan Rara adalah adik beradik yang selalu saling mengingatkan dalam kebaikan. Di sini juga terdapat lagu-lagu islami yang mudah dihapalkan anak-anak. Kartun ini adalah hasil karya anak Indonesia lho.
 
2. Yufid Kids
 
 
Yufid Kids Channel berisi tentang video belajar anak muslim. Video ini meliputi pembelajaran anak dengan media hiburan yang menarik, kreatif serta mengedepankan pendidikan agama islam. Kontennya yaitu seperti belajar membaca, belajar huruf, belajar huruf hijaiyah, belajar mengenal angka, belajar bahasa, belajar mengaji, belajar bahasa arab, dengan video kartun animasi anak yang islami, lucu, dan keren.

Tokoh dalam Yufid Kids ini faceless, Moms. Ini juga buatan Indonesia. Moms bisa tengok langsung di channel YouTube Yufid Kids. 
 
3. Riko the Series

 
Riko The Series adalah serial animasi anak yang diciptakan oleh Teuku Wisnu, Arie Untung, dan Yuda Wirafianto. Serial ini bergenre hiburan pendidikan dan dianimasikan oleh Garis Sepuluh. Riko the Series dirilis pada 9 Februari 2020 pada kanal YouTube Riko the Series.

Riko adalah anak yang pintar dan energik. Namun, tak jarang juga Riko selalu ceroboh dalam melakukan eksperimen yang dia lakukan. Dia memiliki keingintahuan yang begitu besar, namun Riko tetap selalu bersyukur kepada Allah SWT. Di sini Riko bersama kakaknya, Umi, Ayah dan Kio (robotnya). Khasnya di sini adalah terdapat tayangan membaca surat-surat dalam Al-Qur'an, terutama surat pendek.

4. Omar & Hana


Serial ini berasal dari Malaysia. Kontennya berisi kehidupan sehari-hari Omar  Hana yang terkadang bertengkar, namun selalu mengingatkan pada kebaikan. Di sini Moms akan sering mendengarkan lagu-lagu bernuansa Islami. Moms langsung aja cuss ke YouTube channel Omar & Hana.

 **
Pedoman screen time pada anak menurut WHO:
Screen time yang disarankan pada anak usia 2 tahun tidak lebih dari satu jam, lebih sedikit lebih baik. Saat tidak banyak bergerak, pengasuh didorong untuk mendongeng atau mengajak anak membaca.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pedoman Screen Time pada Anak Balita dari WHO", Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2020/08/10/105200768/pedoman-screen-time-pada-anak-balita-dari-who?page=all.
Penulis : Resa Eka Ayu Sartika
Editor : Resa Eka Ayu Sartika

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L
Screen time yang membuat untuk anak usia satu tahun tidak banyak bergerak seperti menonton TV atau video tidak disarankan. Screen time yang disarankan pada anak usia 2 tahun tidak lebih dari satu jam, lebih sedikit lebih baik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pedoman Screen Time pada Anak Balita dari WHO", Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2020/08/10/105200768/pedoman-screen-time-pada-anak-balita-dari-who?page=all.
Penulis : Resa Eka Ayu Sartika
Editor : Resa Eka Ayu Sartika

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0

Nah Moms, bagaimana rekomedasinya? Kira-kira serial animasi apa lagi ya yang bernuansa Islami dan mendidik untuk anak-anak? 
 

 





 
 

You Might Also Like

32 komentar

  1. Haloo mbak... Sepertinya nussa dan rarra memang jd primadona yaak. Tapi sayang sih, udah ga tayang lagi di Youtube. Kita tinggal nunggu Nussa The Movie nih katanya. Semoga tak lama lagi rilis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton video-video lama paling ya kak. Iya nih nunggu movie-nya nggak sabar :')

      Hapus
  2. Waah makasih banget infonya mbak, paling susah kalau anak-anak udah screen time. Alhamdulillah dapat info ini aku baru tahu yang yufid kids mau cuss ah. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ternyata banyak yang belum tahu Yufid Kids. Padahal isinya edukatif mba :) cuss

      Hapus
  3. kalo aku paling sering dengerin omar hana ke kafa karena pesan kemanusiaanya tapi lebih dapat dan lebih universal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini yang paling universal dari ke-4 di atas. Lagu-lagunya juga ear-cathcing. Jadinya gampang diinget dan isinya bagus liriknya :)

      Hapus
  4. Sayangnya, Nussa Rarra kabarnya mau udahan dulu ya untuk tayangan di YouTube-nya. Tapi masih menanti film layar lebarnya yang sempat tertunda. Semoga ada jalannya ya untuk kemudian berproduksi terus.

    BalasHapus
  5. Wa iya iya bagus bagus hehhee.. baru tahu ada si ricko. Kalo 3 lainnya udah familiar. Referensi lagi buat simamak ini. Kapan2 bikin review perbedaan konten mereka mbak.. bisa jadi tambahan informasi bagi kami. Makasih y mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Riko ada di TV juga sebetulnya mbak. Tapi lupa jamnya hehehe. Siap mb ;)

      Hapus
  6. yeay favoritnya nahla masuk nih, omar hana. skrg sudah ada banyak channel yang bagus buat anak yaa, tapi teteeep pedooman screen time ini harus ketat juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Harus disiplin apalagi usia dini. Susah kadang mamak pingin rebahan, biar anak nonton sejenak wkwk

      Hapus
  7. Paling suka Nusa dan Rara sih, tapi sayang banget udah ga tayang di YouTube.. penasaran sama Nusa Rara the series yg katanya akan segera rilis ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kita tunggu movienya semoga keren ya mba ;)

      Hapus
  8. Yang yufid kids ini aku blm pernah lihat. Waah banyak juga pilihannya yaaa. Coba nyari yufid aah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jarang yang tahu, padahal isinya edukatif kak :)

      Hapus
  9. Wah, dari 4 kartun edukasi di atas hanya yang Yufid Kids aku belum tahu. Nanti kukasih lihat ke anak-anak aah. Kalau favoritnya anak-anak Riko The Series, soalnya ada robot-robotnya gitu, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba marita, ketemu lagi kita hehe. pernah join sharingnya dirimu waktu itu. iya mbak betul, dia faceless juga. aku baru lihat ada animasi begini yang edukatif hehe :)

      Hapus
  10. Saya cuma tahu Nusarara dan Omarhana. Itu fave anak saya Kak

    BalasHapus
  11. anak anakku juga suka banget kalau nonton nusa dan rara. Alhamdulilah apaa yg mereka tonton mereka praktekkan di lingkungan. Memang pengaruh sekali ya sama apa yg mereka tonton jadi mesti didampingi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat bgt mbak. apa yang anak usia dini lihat, rasakan, dengar, sangat membekas dan membentuk pola pikir. semangat kita mbak untuk mendampingi mereka ;)

      Hapus
  12. Yang Yufid kid baru tahu lho aku Mbak hehe. Nanti kepoin deh. Apalagi kisahnya lebih ke kartun muslim ya, jadi cocok untuk keluarga muslim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, di sana sebetulnya kontennya ada yang general juga. cuma karena kreatornya muslim jadi dibungkusnya pake muslim dan faceless. jarang ya? hehehe

      Hapus
  13. halo salam kenal mbak nur, aku termasuk mamah yang membatasi tontonan anak. mungkin bisa dihitung jari anakku yang 5 tahun natap layar, sekalinya kukasih kartun edukasi muslim kaya rekomendasi mbak. baru sekali ini kukasih 1 episode riko, ternyata lucu jg. Cuma ada yg kurang pasnya ketika si riko ngeledek kakaknya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha emang mbak, di situ masih menggambarkan anak yang iseng. tp semoga bisa dipetih hikmahnya ya, sambil sounding ke si kecil untuk tdk menirunya hehe :)

      Hapus
  14. Dari keempat list di atas, aku cuma kenal Nussa Rara sih. Itupun karena mau diangkat jadi film mkwkwk. Menarik ya, sekarang belajar agama juga bisa dilakukan anak kecil lewat tontonan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, bisa jadi alternatif saat jatah screen time :)

      Hapus
  15. Aku lagi nungguin omar hana versi bahasa Indonesia. Kira2 bakal ada gak yaaa hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh aku setuju sih ini hahahah. soalnya bahasa aslinya kebawa anakku sehari-hari. seru kayaknya ada indonesianya ;)

      Hapus
  16. Favorit nusa dan rara, omarhana. Tapi sayang nusarara sudah nggak tayang.

    BalasHapus

Positive vibes only.