Jurnal Kupu-Kupu Pekan 4 (Bunda Cekatan Batch 2 Institut Ibu Profesional)

  • 7/05/2021 07:01:00 AM
  • By Nurrahmah Widyawati
  • 2 Comments

Konten [Tampil]
Institut Ibu Profesional


Minggu ini kami memasuki pekan 4 tahap kupu-kupu kelas Bunda Cekatan batch 2 Institut Ibu Profesional. Di sini kami menyebutnya "check in". Ngapain aja ya?

Check in yang dimaksud di tahap ini adalah update situasi. Apakah akan ada perubahan terhadap proses mentoring.

Seperti yang dikatakan peri hutan Iqiq :

1. Eksplorasi


Mengulik lagi maksud dan tujuan, mengenal satu sama lain dan negosiasi agenda.

2. Pemahaman baru


Di sini kami menentukan ide, seperti membagikan pengalaman, cerita, ide dan saran feedback yang konstruktif. Identifikasi lagi untuk kebutuhan pengembangan.

Feedback konstruktif:
1. Metode sosis (+-)
2. Metode roti lapis (-+-)

3. Action Plan


Kami memeriksa opsi untuk tindakan beserta konsekuensinya, membantu untuk membuat keputusan, memecahkan masalah, dan mengembangkan rencana aksi. Selanjutnya memantau kemajuan dan evaluasi.

institut ibu profsional


Waktunya Check in!


Di sini aku cukup nyaman dengan relationship mentor-mentee yang sudah ada. Akhir-akhir ini memang susah menemukan waktu yang tepat karena saya dan anak-anak sempat sakit (dan masih recovery), dan kini juga kurang fokus karena qodarullah harus memantau paksu yang sedang (+) Covid dengan gejala. Masih proses isoman hingga minggu depan.

Mentor tetap sabar menghadapi mentee yang kurang aktif seperti saya :') maaf ya my mentor. Semoga selanjutnya lebih baik. Untuk memilih materi lain, sepertinya tidak. Aku masih ingin mengulik tentang kepenulisan hingga akhir kelas Buncek.

Jika dibilang apakah mentorship ini masih menjadi prioritas? Ya adalah jawabannya. Sudah sejauh ini, mari selesaikan hingga garis finish.
Harus menyelesaikan apa yang telah dimulai.

Yang jadi kendala memang faktor kesehatan & waktu. Sehingga sangat pelan untuk bisa mengikuti ritmenya seperti awal-awal kelas Buncek. Namun sepertinya ini nggak hanya saya. Banyak sekali orang yang sedang berjuang untuk kesehatan dan psikisnya di wave pandemi akhir-akhir ini.

Apa yang ingin dipelajari sudah disusun menurut prioritas kemarin di sini. Saya senang mentor menambah sentuhan deadline karena saya sendiri lupa menyertakannya.

Terkait dengan kepenulisan aku sudah cukupkan melewati di fase ini dan belum punya planning lebih jauh lagi.

mentor mentee

Untuk mentoring, sebagai mentor aku merasa kurang maksimal. Maaf ya mbak. Tapi kalau memang butuh materi apa aku akan coba untuk menyediakannya.

Terimakasih sudah memaklumi saya yang sedang down sebenarnya. Tapi harus selesai di garis akhir. Semoga dariku yang sedikit ini tetap bisa diaplikasikan dan bermanfaat.

Pesanku, as a blogger, menulislah terus dan paksakan untuk meluangkan waktu mengulik blog jika memang sedang berfokus pada teknisnya/tampilan. Karena untuk mencari tampilan yang 'klik di hati', memang butuh percobaan & perjalanan panjang serta telaten (trial dan error). Semangat ;)






You Might Also Like

2 komentar

  1. Semangat ya mba. Semoga suami segera sembuh. Semoga bunceknya juga tidak ada kendala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin makasih mba. Sehat selalu ya untuk dirmu sekeluarga. Stay safe :')

      Hapus

Positive vibes only.