Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Sunscreen Pria Sepenting Apa? Ini Manfaat yang Wajib Kamu Ketahui!

4 komentar
Konten [Tampil]

Sunscreen Pria

Kalian pernah berpikir tidak, mengapa yang fokus terhadap perawatan kulit mostly wanita? Padahal pria juga butuh lho perawatan kulit, termasuk wajah. Oleh karena itu, kali ini aku akan spill sunscreen pria yang bisa menjaga kulit agar terlindungi dari dampak buruk paparan sinar matahari.

Banyak pria yang skip menggunakan skincare dengan alasan bahwa skincare hanya untuk wanita. Kalian salah! Baik wanita maupun pria sama pentingnya untuk merawat kulit. Apalagi untuk kamu yang bekerja outdoor.

Seperti yang kita ketahui bahwa sinar matahari memang penting untuk kelangsungan hidup di bumi, namun paparan sinar matahari juga memiliki dampak buruk untuk kulit dalam kondisi tertentu.

Nah, untuk meminimalisir dampak tersebut sebaiknya kita melindungi kulit dengan sunscreen. Apa saja sih manfaat penggunan sunscreen untuk pria?


Manfaat Memakai Sunscreen Pria Setiap Hari

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu rutin menggunakan sunscreen setiap hari. Check this out!


1# Melindungi kulit dari radiasi UV

SPF dalam sunscreen nyatanya bisa melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh pancaran sinar matahari. Selain itu, penggunaan rutin sunscreen juga untuk mencegah kulit terbakar.

Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen 15 menit sebelum beraktivitas dan re-apply di jam-jam tertentu. Terutama kamu harus ekstra perlindungan di jam 11.00-14.00, karena matahari pada sesi tersebut bersinar lebih terik dan memancarkan sinar UV A, B, dan C.


2# Melindungi kulit dari risiko kanker kulit

Terkena paparan sinar matahari ternyata juga memiliki risiko kerusakan jangka panjang lho, misalnya terkena kanker kulit.

Jadi, sinar UVB pada pancaran matahari ini ternyata mampu menembus lapisan kulit sehingga bisa merusak jaringan DNA pada kulit. Adapun contohnya adalah kanker melanoma.


3# Mencegah penuaan dini dan timbulnya flek hitam pada wajah

Tahukah kamu, bahwa paparan sinar matahari secara berlebihan pada kulit bisa menimbulkan kerut/keriput dan muncul garis-garis halus pada kulit wajah?

Ini dikarenakan paparan sinar matahari bisa merusak kelembaban alami kulit. Jadi kamu wajib menggunakan sunscreen untuk mencegah gejala penuaan dini tersebut.

Selain itu, sunscreen ternyata juga bisa mencegah munculnya noda/flek hitam pada wajah, serta bisa mencegah timbulnya jerawat dan kerusakan lapisan kulit/skin barrier akibat paparan sinar matahari secara terus menerus dan berlebihan. Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat merangsang peningkatan melanin di kulit.

Setelah mengetahui manfaat bagi pria untuk rutin menggunakan sunscreen, sekarang masalahnya adalah, beda nggak ya sunscreen untuk wanita dan pria?


Ini Perbedaan Sunscreen Pria dan Wanita!

Manfaat Sunscreen Pria

Kamu perhatikan tidak jika sebetulnya kulit pria dan wanita ini memiliki kecenderungan berbeda? Nah, oleh sebab itu kini banyak skincare yang dibedakan khusus pria dan wanita. Karena memang jenis kulitnya juga berbeda.

Nah apa sih yang membedakannya? Jadi, pria memang memiliki hormon testosterone yang membuat kulit pria cenderung lebih berminyak. Kondisi ini rentan membuat kulit timbul masalah jerawat, komedo, pori-pori besar, hingga kulit kusam.

Dengan kondisi perbedaan kulit yang berbeda, ini membuat sunscreen pria dan wanita menjadi ada perbedaan juga. Pada sunscreen pria biasanya memiliki persentase lebih untuk kandungan pencegahan produksi minyak berlebih pada wajah.

Selain itu, biasanya produk sunscreen pria memiliki komposisi kandungan Niacinamide cenderung lebih tinggi daripada wanita. Hal ini untuk mencegah kulit kusam pada pria. Jadi memang bisa jadi kandungannya sama, namun beda dalam persentasenya.


Tips untuk Memilih Sunscreen Sesuai Tipe Kulit Pria

Seperti wanita, sebetulnya pria juga memiliki tipe kulitnya masing-masing. Misalnya pria dengan tipe kulit yang kering, hingga berminyak dan mudah berjerawat.

1# Pria dengan kulit kering

Pastikan kamu memilih sunscreen yang memiliki kandungan untuk melembabkan kulit dengan lebih baik.

2# Pria dengan kulit berminyak dan mudah berjerawat

Untuk kamu yang memiliki tipe kulit berminyak hingga mudah timbul jerawat, kamu bisa memilih sunscreen dengan formula berbasis air atau gel. Pilihlah sunscreen dengan kandungan/komposisi yang bisa mengontrol produksi minyak.

Nah, dari pada pusing sendiri, ternyata ada lho sunscreen yang bisa meng-cover kulit normal kamu bahkan semua jenis kulit. Berikut adalah rekomendasinya.


Rekomendasi Sunscreen Pria Kahf

review sunscreen kahf

Kahf Triple Protection Sunscreen Moisturizer, ini adalah sunscreen pria dengan Skin-Deep Moist™ Actives yang bisa menjaga kelembaban alami kulit.

Sunscreen Kahf ini juga dilengkapi dengan kadar SPF 30 & PA +++ yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari (UVA dan UVB) berlebih dan polusi. Selain itu, Kandungan ekstrak Japanese Mugwort di dalamnya mampu menjaga kulit dari radiasi sinar Blue Light dari perangkat digital.

Penutup

Kelebihan dari Kahf Triple Protection Sunscreen Moisturizer ini adalah memiliki tekstur ringan, mudah menyerap, dan pastinya tidak lengket.

Sunscreen pria satu ini memang cocok banget untuk menemani aktivitasmu sebagai pria produktif sehari-hari!


Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

4 komentar

  1. Hmmm, saya ga terpikir sunscreen untuk Zauji , secara kami berdua pakai motor kemana2...iya sih ya..penting juga untuk pria

    BalasHapus
  2. berhubung cuaca lagi panas-panasnya sepertinya patut dicoba ini pakai Kahf Triple Protection Sunscreen Moisturizer biar kulit wajah terlindungi dari sinar UV.

    BalasHapus

Posting Komentar