Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Manfaat dan Kandungan Susu Kambing Etawa etawarich Bikin Keluarga Lebih Sehat!

59 komentar
Konten [Tampil]

Tips Sehat untuk Keluarga dengan Susu Etawa

Merawat anak di perantauan adalah tantangan tersendiri untukku. Terutama saat mereka sakit. Ingat betul kala itu mereka sakit yang berkaitan dengan pernapasan akibat pancaroba, mereka juga tak jarang memiliki alergi yang kerap kambuh. Lelah sekali rasanya.

Saat itu, aku gencar mencari alternatif menurut sunnah untuk meningkatkan daya tahan tubuh anakku agar tidak mudah sakit. Akhirnya aku menemukan fakta bahwa ternyata susu kambing itu susu untuk kesehatan dan baik juga untuk anak-anak.

Aku awalnya underestimate sih, aku kan tidak suka daging kambing. Mana mungkin bisa merelakan anakku untuk mencoba susu kambing. But, ternyata pikiranku salah. Susu kambing ada yang tidak bau 'prengus' lho!

Susu kambing etawa merupakan susu kambing yang memiliki banyak manfaat unggul jika dibandingkan dengan susu sapi atau susu kambing biasa, bisa terlihat dari kandungan proteinnya yang lebih tinggi, serta kandungan lemak jenuhnya yang lebih rendah.

Nah, ini nih yang aku katakan tadi. Kandungan susu etawa ternyata bisa meningkatkan produksi imunoglobulin di dalam tubuh lho. Imunoglobulin sendiri adalah protein yang diproduksi oleh sel-sel sistem imun tubuh untuk melawan alergen, virus, bakteri, serta jamur penyebab penyakit.

Susu ini juga tinggi zat selenium yang penting untuk sistem imun. Pas juga nih untuk kita orang dewasa dan anak-anak untuk menjaga kesehatan apalagi di peralihan musim seperti sekarang ini.

Susu kambing etawa juga merupakan sumber kalsium dan fosfor yang bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jadi kasusnya pada anak-anakku, susu kambing etawa ini diharapkan mampu mendukung proses pertumbuhan tulang dan gigi mereka.

Selain itu, susu kambing etawa juga dapat mencegah risiko osteoporosis serta pengapuran tulang lho. Kandungan zat selenium dan seng yang tinggi di dalamnya bisa meminimalkan risiko penyakit neurodegeneratif.

Jadi, selain anak-anak dan dewasa, lansia juga cocok sekali untuk rutin mengonsumsi susu satu ini mengingat risiko pengeroposan tulang dan nyeri sendi yang meningkat.

Setelah mengetahui betapa tingginya khasiat susu kambing etawa, kini saatnya kita mengulik nih. Ada tidak ya susu kambing yang tidak bau prengus, sehingga mudah untuk diminum bahkan untuk anak-anak sekalipun? Ternyata ada!


Susu Kambing etawarich, 98% Susu Kambing Etawa Tanpa Bau Prengus!

Manfaat susu etawa etawarich untuk nyeri sendi, susu untuk tulang keropos, susu untuk kesehatan
Source : etawarich.id

Sekarang tidak perlu khawatir lagi mengonsumi susu kambing etawa, karena etawarich adalah 98% susu kambing etawa dengan tanpa bau prengus. Jadi mudah kita konsumsi sehari-hari. Bahkan untuk aku pribadi yang tidak suka bau daging kambing.

Namun perlu diingat ya, nyatanya susu kambing etawa segar secara normal memang memiliki bau khas karena kaya akan asam lemak rantai sedang atau medium chain fatty acids (MCFA). Nah, proses pengeringan dan fortifikasi (proses menambahkan mikronutrien sesuai kebutuhan) yang bisa mengurangi bau tersebut.

Susu etawarich ini terbuat dari susu kambing etawa yang rendah gula dan lemak tanpa tambahan bahan pengawet. Susu ini terdiri dari bahan-bahan terbaik, meliputi susu kambing, kayu manis, gamat, bee pollen, dan daun sirsak, serta gula stevia.

Jadi memang produk ini dijamin kualitasnya. Selain itu, susu etawa ini 100% produk organik, aman di konsumsi segala usia, memiliki nutrisi 3x lebih baik, serta mengandung kalsium yang lebih tinggi.

Khasiat susu kambing etawarich tidak diragukan lagi ya. Bahkan susu etawa ini sering dikenal dengan susu tulang keropos, karena kandungannya yang baik untuk tulang.


Kandungan Susu Kambing etawarich ini Bikin Keluarga Lebih Sehat!

Nah, untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak beberapa kandungan susu kambing etawarich berikut ini:

1. Susu Kambing Etawa

Susu kambing dari etawarich ini berasal dari susu kambing etawa yang kaya akan kandungan fosfor, kalsium, sodium dan florin yang berkhasiat untuk pencernaan, menurunkan kolesterol, untuk tulang, nyeri sendi serta banyak manfaat lainnya.

Jadi susu etawa memang baik untuk orang yang sedang membutuhkan susu untuk pengeroposan tulang.

2. Gamat

Ekstrak gamat juga terdapat dalam kandungan susu etawa ini. Kandungan gamat memiliki banyak gizi dengan tinggi protein, kolagen, glukosamin, dan kondroitin yang dapat mengatasi nyeri sendi serta membantu pembentukan tulang rawan pada tubuh. Jadi bisa mencegah pengapuran tulang juga.

3. Daun Sirsak

Ternyata kandungan daun sirsak di dalam susu mengandung flavanoid yang bisa mencegah pembentukan asam urat, yaitu dengan cara menghambat kerja enzim xhantine oxidase.

Anyway, jadi ingat nih. Ibuku suka merebus daun sirsak juga untuk diminum. Memang ya, daun sirsak kaya akan manfaat. Apalagi jika dikonsumsi dalam bentuk susu etawa seperti etawarich ini.

4. Kayu Manis

Kayu manis memiliki kandungan kumarin, kaneelaldehida, dan eugenol yang sifatnya antioksidan dan anti-inflamasi. Kandungan ini juga bermanfaat untuk metabolisme, pengendalian kadar gula darah, pencegahan peradangan, dan memiliki sifat antioksidan sehingga membantu melawan radikal bebas.

5. Bee Pollen

Bee pollen mengandung flavaoid, quercetin, dan glutathione. Kandungan di dalamnya bisa menangkal efek radikal bebas, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), memelihara fungsi hati, serta menjaga kesehatan jantung lho!

6. Gula Stevia

Stevia (Stevia rebaudiana) ini merupakan bahan pemanis dengan kandungan nol kalori. Jadi tanaman satu ini bisa digunakan untuk pengganti gula, biasanya berasal dari Arizona, New Mexico dan Texas.

Ternyata banyak sekali kandungan yang tentunya bermanfaat untuk kesehatan kita. Jadi bagaimana, mau coba susu etawarich ini juga? Namun, kali ini kita baca dulu yuk apa saja ya khasiat susu kambing etawarich?


Manfaat Susu Kambing etawarich

khasiat susu kambing etawarich
Source : etawarich.id

Nah, setelah mengetahui secara detail tentang kandungannya, sesungguhnya apa saja sih manfaat susu etawa etawarich yang berkualitas ini? Check this out!

  1. Memperlancar pencernaan
  2. Menjaga kesehatan jantung
  3. Mencegah pengeroposan tulang
  4. Mengatasi permasalahan sistem pernapasan
  5. Menjaga kesehatan sel tubuh
  6. Mencegah pengeroposan tulang dan anemia

Manfaat susu kambing memang sebanyak itu ya, jadi lebih aware deh sekarang untuk rutin mengonsumsi susu kambing tanpa worry. Demi keluarga sehat, kita harus mengusahakannya dengan rutin mengonsumsi susu etawa etawarich setiap hari.

Adapun cara mengonsumsi susu ini juga mudah. Kamu tinggal sobek kemasan susunya, seduh 1 sachet ke dalam 120 ml air, kemudian aduk rata. Kamu siap mengonsumsinya dan merasakan manfaat langsung dari susu etawa. Praktis kan?


Apakah Susu Kambing etawarich Aman untuk Anak-Anak, Ibu Hamil dan Ibu Menyusui?

Susu kambing etawarich aman untuk anak-anak mulai usia 2 tahun. Bagi anak-anak sendiri, mengonsumsi susu etawa justru bisa meningkatkan kecerdasan, menjaga daya tahan tubuh, menjaga pertumbuhan tulang dan gigi, serta dapat memelihara bakteri baik pada usus.

Jadi karena itulah Ibuku paling garda terdepan untuk merekomendasikanku susu etawa demi kesehatan anak-anak. Selain itu, seperti yang sudah kita ketahui bahwa susu kambing memang lebih disukai oleh Rasulullah juga. Masya Allah.

Susu untuk kesehatan Susu Kambing etawarich Aman untuk Anak-anak, Ibu Hamil dan Ibu Menyusui
Source : etawarich.id

Bagi lansia, susu ini juga cocok karena juga merupakan susu tulang keropos. Jadi aman untuk dikonsumsi. Selain itu, bagi yang mengalami masalah sendi, ini juga bisa dikonsumsi sebagai susu nyeri sendi.

Ternyata, susu ini juga aman lho untuk bumil dan busui alias ibu hamil dan ibu menyusui, karena bisa melancarkan ASI serta dapat membantu pertumbuhan janin juga bagi ibu hamil. Wah, busui nih harus merapat demi kewarasan diri dan lancarnya ASI si kecil.

Selain itu kandungan dalam etawarich ini, seperti kayu manis, daun sirsak, dan gamat sudah disesuaikan dosis kandungannya untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Jadi terasa sekali ya manfaat susu etawa etawarich ini untuk segala usia dalam keluarga kita.


Di mana Susu Kambing etawarich Bisa Dibeli?

beli susu kambing etawa etawarich

Nah, kamu tidak perlu khawatir lagi, kini susu etawarich bisa kamu beli di berbagai market place, yaitu :

Kamu tinggal duduk di rumah dan menunggu paket sehatmu datang ke rumah.


Penutup

Sekarang aku dan keluargaku nggak akan worry dan bingung lagi untuk pilih susu etawa berkualitas yang baik untuk kesehatan sekeluarga!

Susu etawarich terbuat dari susu kambing etawa yang rendah gula dan rendah lemak. etawarich juga tanpa tambahan bahan pengawet lho, serta terdiri dari bahan-bahan terbaik. Aman sekali untuk dikonsumsi sekeluarga.

So, untuk kamu yang sedang mencari susu nyeri sendi, bahkan susu untuk pengeroposan tulang, maupun susu untuk kesehatan, kamu bisa membeli etawarich di market place yang sudah aku share di atas.

Jangan khawatir, etawarich tidak bau prengus karena mengandung 98% susu kambing dan gula stevia.

Oh iya, kamu harus hati-hati ya untuk selalu membeli produknya di situs resmi untuk menghindari produk palsu/tiruan serta ilegal.

Semoga penjelasanku tentang manfaat dan kandungan susu kambing etawa di atas bisa semakin mencerahkanmu untuk memilih produk kesehatan keluarga yang terbaik ya. Thank you! :)

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

59 komentar

  1. susu kambing juga bagus untuk menutrisi tubuh saat kekurangan darah, saudara say sudah membuktikan itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah betul kak, semoga sehat selalu sekeluarga ya kak :)

      Hapus
  2. Banyak yang gak suka susu kambing tuh suka bau pregus. Nah, pas banget nih Susu Kambing etawarich, susu kambing etawa tanpa bau prengus. Pasti banyak yang suka. Apalagi manfaatnya juga banyak banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mostly masih under-estimate sama baunya ya kak :) sekarang sudah ada nih susu yang friendly untuk kita yang kurang suka bau prengus

      Hapus
  3. Iyaaa lho, ternyata susu kambing etawa bisa banget buat ningkatin imun. Biasanya kan susu kambing bau prengus tapi etawarich ngga yaa, apalagi banyak pilihan rasanya. Anak-anak juga bakal suka, buat ningkatin imun saat pancaroba gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak jadi bisa buat meningkatkan imun sekeluarga, bahkan anak-anak juga aman :)

      Hapus
  4. oww ini susu kambing etawa yang tidak bau prengus itu ya, Etawarich namanya. ternyata banyak juga manfaatnya bagi tubuh ya dan kandungannya juga membantu untuk lebih sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, pernah denger ya kak? Cobain sekalian kak hehe ^^

      Hapus
  5. Hwah ternyata banyak juga ya manfaat dari susu etawa ini. Tapi memang banyak orang yang sudah underestimated duluan dengan ketakutan bau prengusnya ini. Beruntung Sekarang ada etawarich yang bisa menjadi solusi buat mendapatkan banyak manfaat susu kambing tanpa bau prengus lagi, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener kak, solusi banget nih yang butuh khasiat susu kambing tanpa bau prengus dan kandungannya terbaik ^^

      Hapus
  6. Kalo liat kandungannya yang banyak kayak bee pollen dan cinnamon itu manfaatnya banyak banget emang buat kesehatan, ditambah susu kambing buat asupan kalsium ke tubuh yaa, pengen coba jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung checkout aja kak di market place yang sudah tertera di artikelku di atas ^^ siapa tahu pas dapat diskon

      Hapus
  7. ternyata susu kambing etawarich ini kandungannya bukan hanya susu kambing saja ya, ada tambahan rempahnya juga, jadi pingin nyoba, nih, tambahan rempahnya ini kayanya bikin rasanya jadi rich dan nggak eneg ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, bisa langsung dicoba untuk merasakan khasiatnya :)

      Hapus
  8. MasyaAllah banyak banget ya manfaat dari susu kambing etawa. Saya pun merasakan juga badan yang gampang tepar ini jadi lebih berstamina. Bolehlah ini coba susu etawarich. Apakah bisa diminum untuk anak usia setahun juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum kak, setahun kan masih ASI. Better selesaikan lulus ASI 2 tahun kak. Kemudian bisa dilanjutkan dengan etawarich ini atau sesuai kondisi kesehatan si kecil :)

      Hapus
  9. Aaa, aku jadi pengen nyobain juga susu kambing etawa ini. Padahal udah sering denger khasiatnya buat kesehatan, tapi gak nyoba2. Oke, bulatkan tekad buat nyoba hehe. Rasanya enak nggak mbak? Enak mana sama susu sapi? Jujur aku pencinta susu, termasuk susu sapi murni, yang kadang kata orang bau amis. Nah kalo susu kambing tuh emang bayanganku bakalan lebih menyengat baunya timbanh susu sapi, karena bukan amis tapi prengus. Tapi kalo baca dari ulasan ini sih aman ya, nggak ada bau prengusnya. Jadi penasaran pengen nyobain juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh sama lho aku juga doyan susu sapi murni yang hangat masih bau gitu. Pasti kamu suka juga susu kambing etawa etawarich ini, karena ngga bau prengus dan khasiatnya Masya Allah bagusnya ^^ Rasulullah soalnya juga konsumsi susu kambing juga kan. Dan sebetulnya susu kambing ini friendly masuk tubuh kita dibanding susu lain kandungannya ^^ selamat mencoba kakak!

      Hapus
  10. Masya Allah kandungan susunya luar biasa ya. Dan bisa dikonsumsi oleh seluruh keluarga. Tapi jujur meski saya membelikan untuk anak-anak, saya sendiri jarang ikutan minum karena aromanya. Kayaknya perlu coba etawarich ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul harus dicoba kak, Insya Allah aman nih baunya untuk kita :)

      Hapus
  11. Ya benar sekali mindset tentang susu kambing perlu diluruskan agar bisa bermanfaat dan alternatif minuman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, kak. Terutama susu kambing etawa etawarich ini sih kak ^^

      Hapus
  12. Ternyata susu kambing ada yang ga bau prengus ya, bisa dicoba nih, coz bau prengus membuatku ilfill minum
    Aku suka susu sih, sceara manfaatnya banyak, ETwa ini juga banyak ya manfaatnya

    BalasHapus
  13. ternyata sebagus itu manfaatnya susu kambing etawa apalagi ada beberapa kandungan bahan lainnya yang sangat bermanfaat utk tubuh,,boleh ini nanti dicoba karena selama ini klo ingat kambing pasti inget bau nya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya manfaatnya terasa bgt kak susu kambing etawa etawarich ini :)

      Hapus
  14. Susu kambing emang rawan bau prengusnya itu yaaa..saya juga langsung emoh kalo udah ada baunya muncull..duh enak nih ada susu kambing etawarich, babay prengus hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak apalagi buat wanita kaya kita yg tulang sendinya rawan rapuh, butuh bgt etawarich deh :)

      Hapus
  15. Susu kambing tuh emang lebih sehat bgt yaa mba,cuma emang bau prengusnya ini yg ganggu. Tpi klo susu etawarich ini ga prengus yaa, jdi penasaran pengen coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba susu ini buat emak-emak yg lagi menyusui juga baguus ^^

      Hapus
  16. Pas banget aku lagi cari produk susu yang bisa mengatasi kalo anemiaku lagi kambuh. Penasaran deh pengen coba susu kambing etawarich ini. Makasih ya kak sharingnya.

    BalasHapus
  17. Ga salah dari dulu suka sama susu kambing, manfaatnya buanyak banget ternyata..
    Jadi kepo pengen cobain juga deh susu etawa ini, soalnya belum pernah hihi

    BalasHapus
  18. Ternyata susu kambing bnyak manfaatmya buat kesehatan tubuh ya. Bisa jadi salah satu alternatif nih sebagai suplemen keluarga di rumah, apalagi kandungannya juga aman dan pastinya gak bau prengus hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa buat seluruh keluarga dengan segudang manfaat kak etawarich ini ^^

      Hapus
  19. Wah enggak ada bau prengusnya ya kak susu etawarich ini. Seneng banget deh, jadi anak-anak mulai usia 2 tahun juga bakalan suka kalau enggak bau kambing. Udah gitu kandungan bahannya gak main2. Ada kayu manis, gula stevia, gamat, bee pollen, sampai ekstrak daun sirsak juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kan, pas awal tahu jua aku kaget kandungannya cakep bgt kak :)

      Hapus
  20. Aku juga konsumsi susu kambing etawa kak, badan jadi segar dan gak gampang masuk angin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren, cobain etawarich kak karena baru launching kemarin ^^ hehe

      Hapus
  21. nah ini dia susu kambing etawa yang ga bau prengus, etawarich. mesti kepoin official store di shopee dan tokped, siapa tau masih ada promo 12.12 hehe xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kemarin adaaa mba, sekarang masih ngga ya.. Cuss langsun kepoin aja ^^

      Hapus
  22. Aku banyak ketemu ini di FYP tiktok... alhamdulillah ketemu artikel yang mengulas lengkap. Jadi engga ragu lagi deh :) Awalnya sempat bertanya2.. ini beneran ga yaaa

    BalasHapus
  23. Untuk kesehatan tak ada kompromi ya. Susu kambing etawa pilihan terbaik untuk keluarga

    BalasHapus
  24. baru ngeh ada susu kambing yang manfaatnya di borong semuanya sama etawarich, saking penasarannya sama ada rempahnya itu gimana ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ada kandungan kayu manis, gamat, bee pollen, daun sirsak, jadi lebih alami kak :)

      Hapus
  25. Mau cobain susu kambing etawa ah karena bisa melancarkan ASI, memang sedang cari susu yang bisa suport agar asi melimbah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba coban susu kambing etawa etawarich coba mba ^^ semoga makin lancar aamiin

      Hapus
  26. Aku agak menghindari susu kambing karena bau prengus kadang tak menghilang dari hidung. Pas banget ada etawarich. Konsumsi susu kambing ini bisa dapat manfaatnya sekaligus menikmati kegiatan minum susu tanpa ada bau kurang sedap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, padahal beberapa kali aku pernah dengar susu kambing merupakan salah satu susu terbaik dan dikonsumsi Rasulullah ^^ cobain etawarich kak yg gak bau prengus dan kandungannya berkualitas

      Hapus
  27. Penasaran banget sama susu kambing yg lagi viral ini. Tapi kalau beli offline di sini blm ada..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru ada online di market place yg tertera di artikel kak :)

      Hapus
  28. Aku termasuk yang tersugesti dan maju mundur mau coba, apalagi beli. Tapi artikel ini sungguh mencerahkan bin menggoda. COba cek ah di marketplace, asli malah jadi penisirin hihihi

    BalasHapus
  29. Sepertinya aku belum pernah nyobain susu kambing etawa ini, dan baru tau di jual di marketplace,next mau cobain juga susu kambing etawarich ini

    BalasHapus
  30. Saya sering minum susu Etawa ini. Bisa jadi pilihan untuk mengurangi susu sapi..Rasanya juga lumayan enak di lidah ya

    BalasHapus
  31. Ternyata, selengkap itu ya kandungan susu kambing Etawa. Saya selama ini rutin minum susu terutama buat campuran minum kopi biar gak sakit lambung. Mulai besok beralih ke susu kambing Etawa deh

    BalasHapus
  32. Sama kak, saya juga sempat underestimate ke susu kambing, takut bau prengus. Eh ternyata malah ketagihan setelah ketemu susu etawarich karena gak bau prengus dan kandungan bahannya keren semua. Jadi bikin enak ke badan

    BalasHapus

Posting Komentar