Tips Memilih Buku untuk Batita (1-3 tahun)

pict.google
Setelah sebelumnya saya membahas tentang Tips Memilih Buku untuk Bayi (0-1 tahun) , yang di dalamya terdapat juga tentang manfaat membacakan buku untuk bayi, tips membacakan buku untuk bayi, serta pertimbangan apa saja yang digunakan untuk memilih atau membeli buku untuk bayi. Kali ini saya akan mencoba untuk sharing terkait dengan Tips Memilih Buku untuk Batita (1-3 tahun). Bismillah...

Seperti yang kita tahu, anak yang memasuki usia satu hingga tiga tahun sudah semakin akrab dengan konsep bahasa. Mereka paham bahwa semua benda di sekitarnya memiliki nama. Mereka juga paham bahwa kata-kata membawa makna, serta cerita juga memiliki struktur. Bahkan mereka sudah mulai merespon pembicaraan kita dan mulai dapat berbicara beberapa kata.

Untuk menstimulasi perkembangan bahasanya yang semakin pesat, maka kita harus jeli dalam memilih buku untuk anak disesuaikan dengan usianya. Kita bisa memilih buku dengan struktur dan atau rima berpola, serta cerita yang mudah ditebak. Batita senang mengikuti cerita seperti ini karena memberi kepastian tentang apa yang akan terjadi selanjutnya dalam sebuah cerita. Itulah mengapa batita sering meminta kita untuk membacakan satu buku yang sama berulang kali.

Izinkan anak kita untuk menerusakan kata-kata yang mereka ingat atau membuat prediksi apa yang akan terjadi selanjutnya dalam sebuah buku. Ini adalah keterampilan membaca dasar yang akan mereka butuhkan di seluruh kehidupan membaca mereka nantinya. Kita juga bisa menjadikan cerita lebih interaktif dengan menggunakan gerakan tangan, ekspresi, peraga atau boneka. Anda juga dapat menjeda dan bertanya: suara hewan ini seperti apa ya? dan pertanyaan prediksi lainnya.

Bila perlu, gunakan nama anak kita saat menceritakan sebuah cerita padanya. Ini akan membuat anak merasa lebih terlibat dengan kisah atau aksi di dalam buku tersebut. Pilih orang dengan topik yang dengannya mereka dapat memiliki asosiasi langsung seperti buku-buku tentang keseharian batita yang mirip dengan rutinitas hariannya. 
Selain itu, pilihlah buku dengan bahan kertas yang tebal, berisi gambar yang lebih dominan sebagai penggambaran cerita, berisi setidaknya satu kalimat pendek pada setiap halamannya, dan juga berisi tentang konsep yang sederhana seperti konsep warna, bentuk, dll.
Berikut adalah beberapa rekomendasi buku untuk anak usia 1-3 tahun :

1. Buku untuk memperkenalkan konsep warna 

doc. pribadi (fitur buka-tutup)
2. Buku untuk memperkenalkan konsep dasar berhitung/angka 1-10.

doc. pribadi
3. Buku untuk memperkenalkan tentang kehidupan sosial (dengan teman maupun adik)

doc.pribadi
doc. pribadi
4. Buku untuk memperkenalkan tentang dasar Agama Islam.

doc. pribadi (fitur wipe clean & tracing)
doc. pribadi
doc. pribadi
doc. pribadi (fitur augmented reality)
5. Buku untuk memperkenalkan tentang emosi serta adab sehari-hari.

doc. pribadi
doc. pribadi
doc. pribadi
doc. pribadi
6. Buku untuk memperkenalkan tentang musim.
doc. pribadi (fitur tarik dorong)
 7. Buku untuk memperkenalkan tentang rutinitas keseharian dan penambahan kosa kata.
doc. pribadi
doc. pribadi (fitur interaktif)
8. Buku dengan fitur yang interaktif (konsep gelap-terang, pop-up book, sticker play book, wipe & clean tracing object, dll)

doc. pribadi (fitur senter, gelap terang)
doc. pribadi (fitur pop-up)
doc. pribadi (fitur sticker)
9. Buku untuk memperkenalakan konsep huruf abjad.
doc. pribadi (fitur buka tutup)

**********************************************************
To be honest, masih banyak sekali buku yang bisa digunakan untuk melengkapi koleksi anak usia 1-3 tahun. Di atas adalah beberapa gambaran untuk mempermudah kita dalam memilih buku yang sesuai dengan tahapan usia dan perkembangan anak. Semoga bermanfaat ya.

You Might Also Like

2 komentar

  1. sore mba, boleh tau nama penerbit masing-masing buku tersebut mba?
    atau jika mba berkenan boleh tau buku tersebut bisa didapatkan dimana? (website penjual atau e-commercenya)

    trimakasih ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penerbirnya macam macam kak hehehe bisa cari di shopee atau IG. Kalau aku lebih banyak beli di event bazar semacam SALE gramedia atau BBW Big Bad Wolf.

      Hapus

Positive vibes only.