Resep Brownies (ala Brownies Amanda) Takaran Sendok

 

    Sebelum membuat resep ini, aku membuat Fudgy Brownies sebelumnya. Memang hasilnya padat dan nyoklat banget, tapi kembali lagi ke selera ya. Rasanya too sweet untuk suami dan anak-anakku. Akhirnya memutuskan untuk ngulik resep lagi dan ketemulah resep brownies ala brownies Amanda yang ternyata rasanya tetep lembut, nyoklat, dan nggak 'eneg'. Parameternya adalah lidah suami dan anak-anak yang approved.

    Sebelumnya kita perlu tahu terlebih dahulu bahwa ternyata brownies pun banyak jenisnnya. Ada cakey, fudgy, dan chewy. Untuk resep yang ini lebih ke cakey. Bedanya apa?

     Kalau brownies cakey itu teksturnya cenderung ringan menyerupai cake cokelat, penampakannya juga terlihat mengembang. Tekstur brownies fudgy cenderung lembut, lengket dan padat, penampakannya juga pendek. Sedangkan brownies chewy, teksturnya lebih kenyal dan penampakannya terlihat pendek dan padat seperti fudgy brownies. Tentunya ketiga jenis brownies tersebut memiliki takaran, kombinasi resep dan urutan pencampuran adonan yang berbeda pula.

        Kali ini aku akan share resep brownies cakey dengan takaran sendok. Mengapa takaran sendok? Karena aku mau beli timbangan kue lupa terus, gaes! :(

brownies

doc.pribadi

RESEP BROWNIES (ala Brownies Amanada)

Bahan :

  • 4 butir telur 
  • 7 sdm gula halus
  •  1/2 sdt baking powder 
  • 1 sdt ovalet 
  • 5 sdm tepung terigu 
  • 125 gr dark cokelat (cokelat batangan)/DCC
  • 150 ml minyak goreng
  • 1/2 sdt vanilli
  • 2 sdm cokelat bubuk
Cara Membuat :
  1. Campur rata bahan kering : tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, vanilli. Sisihkan.
  2. Lelehkan DCC dengan cara di tim (letakkan DCC di mangkok stainless dan rendam mangkok di panci berisi air yang dididihkan di atas kompor), setelah meleleh campur dengan minyak goreng, setelah bercampur sisihkan dan dinginkan.
  3. Campurkan telur, gula halus dan ovalet, kemudian mixer dengan kecepatan tinggi selama 10 menit sampai putih berjejak. Matikan mixer.
  4. Panaskan oven 180 derajat C selama 10 menit.
  5. Setelah itu campurkan bahan kering ke dalam adonan yang sudah dimixer, kemudian mixer dengan kecepatan rendah sebentar saja hingga tercampur.
  6. Campurkan juga lelehan DCC ke dalam adonan, mixer kecepatan rendah sebentar saja hingga tercampur.
  7. Siapkan loyang segiempat yang sudah diolesi meargarin dan tepung terigu.
  8. Masukkan adonan ke dalam loyang, tepuk-tepuk loyang hingga tidak ada lubang udara.
  9. Taburi almond slice dan chococip di atas adonan. Oven dengan suhu 200 derajat C selama 20 menit, dilajutkan dengan suhu 175 derajat C selama 10 menit.
  10. Ready to serve.
 
brownies

doc.pribadi
 
 
     Nah, begitulah resep brownies yang approved sesuai lidah anak-anak dan suami. Siapa tahu selera kita sama. Atasnya crunchy ya itu, almondnya crunchy juga dan ada sedikit lelehan chocochip dan beberapa juga masih nyeletuk di mulut. Selamat mencoba Bu Ibu!







You Might Also Like

4 komentar

  1. Aku suka roti brownies kaya gini apa lagi yang agak bantat gitu kaya rasanya kerasa banget hehe

    BalasHapus
  2. Simpen dulu nih, biar nanti bisa dipraktekkan... oleh ibuku hhaha

    BalasHapus

Positive vibes only.