Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Surat Untuk Diriku Di Masa Depan (Self Talk)

34 komentar
Konten [Tampil]
 

Hi, apakabar? bagaimana hari ini? Apakah semua hal berjalan dengan lancar? Aku berharap semua baik-baik saja sekarang. Ada surat untuk diriku di masa depan. Sebuah self-talk dari masa lalu. Siap membacanya?
 
Dear : My Self,

Bacalah perlahan surat untuk diriku di masa depan ini (mari memasuki dimensi waktu berbeda melalui self-talk). Hening...

Lihatlah dirimu sekarang, tidakkah kau bangga? Segala hal yang menyedihkan, kekecewaan, kemarahan, kebahagiaan, dan segala riuhnya emosimu sudah berhasil kau taklukkan. Terima kasih sudah berjalan sejauh ini (menepuk pundak sendiri).

Masih ingat dengan tangisan dalam keheningan malam, dimana hanya ada dirimu dan sajadahmu itu? Sesenggukan hingga membuat bising dinding yang mengelilingimu. Saat itu, semua hal terasa menyebalkan. Seluruh pikiranmu kacau karena semuanya berisi hal yang negatif. Bahkan terkadang pikiran itu menyeruak memekakkan telinga. 
 
Lihatlah sekarang, dirimu mulai menangis sekadarnya, tidak berlebihan dan tidak dikurangi. Sewajarnya. Aku ulangi ya. Sewajarnya. Ingat, sesuatu yang berlebihan akan selalu tidak enak pada akhirnya. Lihatlah bagaimana dirimu mengatur ritme emosimu sekarang. Lebih tenang, lebih hening, lebih bijak. Aku bangga padamu (menepuk pundak sendiri).
 
Masih ingat saat kau memendam dendam yang teramat sangat pada orang yang menyakitimu, padahal hatimu ingin melepaskannya? Lelah memang jika segala hal yang kamu lakukan salah, namun ada satu hal yang tidak bisa dirimu kontrol. Dia adalah orang lain. Sekuat apapun dirimu berjuang, sesakit apapun dirimu jatuh dan kemudian bangkit, sesesak apa dadamu menahan semua itu, orang lain tetaplah orang lain. Bukan bagian dari dirimu.

Lihatlah sekarang. Wajah kusam itu berubah cerah kembali. Raut keriput itu perlahan berganti dengan rona senyuman. Tubuhmu sudah mulai bugar. Jam tidurmu kembali normal. Pola makanmu beralih perlahan menjadi lebih sehat. Lihatlah betapa merelakan adalah hal yang meringankan. Mendendam hanya akan merugikan dirimu sendiri. Ternyata ikhlas itu bukan untuk siapa-siapa, melainkan untuk keberlangsungan hidup yang lebih baik untukmu.
 
Kata orang, cobaan itu ada dua. Cobaan baik dan cobaan buruk. Iya, semuanya adalah cobaan. Mampukah kamu untuk tidak jumawa dalam kebaikan yang kamu terima? mampukah kamu bertahan dalam dukamu? Selamanya akan seperti itu, dan memuncak terus hingga level demi level terlewati. Titik akhirnya? mengharap bahagia dalam kekal.
 
Namun jika sekarang kamu masih belum baik-baik saja, nikmati saja proses bertumbuhmu ini. Mungkin butuh banyak surat untuk diri sendiri di masa depan, ya nggak apa-apa. Jalani aja.

Jika saat membaca surat ini kamu masih merasakan kesedihan,
it's okay you are human too.
 
Jika kamu membaca ini dengan meneteskan air mata,
do you need a hug?

Jika kamu melanjutkan membacanya dengan tangisan yang semakin deras,
may be you need to take a deep breath.
 
Inhale...
Exhale...

Dengarkan ritme napasmu. Ya, kamu masih hidup. Bersyukurlah!

Sekadar mengingatkan. Selama ini kamu berjuang untuk apa? untuk siapa? Mungkin segala hal yang dirimu lakukan kemarin adalah sebagai pembuktian, bahwa apa yang mereka remehkan terhadapmu itu salah.
 
Namun, apa itu tetap memperbaiki keadaan saat ini? bukankah pencapaianmu itu hanya untuk orang-orang yang pantas? hanya patut dipersembahan untuk dirimu serta mereka yang menyayangi dan disayangi olehmu. Tidak perlu repot-repot meyakinkan orang yang tidak yakin denganmu. Lelah, penat. Nilaimu akan tetap sama, meski mereka merendahkanmu.
 
Lihatlah dirimu beberapa tahun ke depan, kamu berhak mengikhlaskan sesuatu yang negatif untuk hidup yang lebih bahagia. Kamu bisa! Lihat saja nanti. Yang akan kamu ingat adalah yang segala hal dan sekeliling yang membahagiakanmu.
 
Segala kesedihan itu akan berubah menjadi biasa saja seiring berjalannya waktu. Terima dulu se-apa-ada-nya sekarang, jangan denial. Agar tak ada (lagi) burn-out di lain waktu.
 
Dan pesan dariku-untukku sendiri:
  • Jangan lupa tersenyum, even dengan dirimu sendiri di depan cermin setiap pagi.
  • Beberapa hal yang tidak bisa kamu kontrol : masa lalu dan orang lain, belajarlah ikhlas.
  • Yang bisa kamu kontrol : perkataan, reaksi, kebiasaan, perspektif, sikap, serta effort-mu. Do your best, be the best version of your self!
  • Stop telling people more than they know. Orang yang membencimu akan selalu punya alasan untuk menjatuhkanmu dan orang yang menyayangimu akan punya 1000 alasan untuk mendukungmu.
  • Saat sedang down, berpikirlah bahwa tak hanya dirimu yang mengalaminya. Setiap orang struggle dengan hidupnya masing-masing. Hadapilah!
  • Apalagi ya? Ada yang ingin ditambahkan?

Sudah dulu ya self talk-nya, jaga diri baik-baik. Lain kali akan kubuatkan 'surat untuk diriku sendiri di masa depan' lagi buatmu. Me love you 
 
Eh baru ingat. Tambah sedikit lagi ya.
 
Ada ayat dalam Al-Qur'an yang diulang sebanyak 31 kali. Kamu tahu ayat apa itu? 

Fabiayyi ala irobbikuma tukadziban (فَبِأَيِّ آَلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ) 
“Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan”
Berbahagialah karena nikmat-Nya jauh lebih besar dari pada kesedihanmu. See you.
 
 #13DaysBlogspediaChallenge




Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

34 komentar

  1. Jaga diri baik baik
    Semoga kehidupan kita tetap baik
    Semangat untuk kita semua yaa, mbak! 😀😀😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat dong, mas! jangan sampai semangit.. WKWK

      Hapus
  2. Aku pun masih belajar nih mba untuk tidak peduli pada apa yang tidak bisa kukendalikan. Ikhlass emg berat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya hadiahnya syurga ya mba, bukan kipas angin (lelucon ini deep banget pas pertama kali kudengar) :D

      Hapus
  3. Keren banget tulisannya, isinya sekaligus menamparkan diri kita untuk tetap bersyukur selama apa yang kita punya saat ini.



    Tetap semangat ya mbak, semoga harimu menjadi lebih baik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga harimu juga selalu menyenangkan ya mba ;) thank youuu

      Hapus
  4. Semoga keadaan di masa dpn, jauh lebih baik lagi dari skrg... lam knl ya, saya follow blognya, kalo gak keberatan folback ya.. hehe :D

    BalasHapus
  5. Masya Allah.. semangat aku! Itu kali ya yang harus terus digaungkan...tulisannya berasa tulisannya buat aku juga.. makaish y mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih juga mbak sudah mampir ;) sebagai reminder untuk kita ya. Semangat selalu!

      Hapus
  6. Duh keren banget mbak, bavian favorit "kamu berhak mengikhlaskan sesuatu yang negatif untuk hidup yang lebih bahagia"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Definisi melepas toxic untuk hidup lebih sehat :D semoga bermanfaat mba

      Hapus
  7. Bener banget ih. Tulisannya dalam banget jadi renungan buat aku pribadi. Semua orang punya ujiannya masing-masing ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, nggak ada manusia yang nggak berjuang dalam hidupnya. Bedanya ada yang terlihat dan ada yang tersembunyi. Semoga hari kita menyenangkan mba Ina ;)

      Hapus
  8. Ngena bgt nih mba tips2nya, bersyukur emg bkin kita berasa lebih bahagia

    BalasHapus
  9. Kereeen, alhamdulillah ya dengan melakukan self talk lumayan membuat diri sendrii merasa nyaman dengan kondisi yang ada. Rasanya makin bertambah rasa syukurnya. semangat ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, self-talk dengan menulis ternyata memang healing :) semangat mba!

      Hapus
  10. Self talk ini sebenarnya wajib juga ya dilakuin oleh setiap individu.
    Sebagai pengingat untuk masa depan, dan mempelajari apa yang sudah terjadi.
    Jadi bs membuat setiap orang merasa terus besyukur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah sepakat :') jadi reminder sekaligua pemetik hikmah. Have a nice day mba!

      Hapus
  11. Thank you mbak sudah join di event kecil-kecilan #13DaysBlogspediaChallenge. Semoga konsisten hingga akhir.

    Mengirimkan surat untuk diri sendiri. Sepertinya sederhana, tapi efeknya bisa memberikan penguatan dan apresiasi agar semakin tough ke depannya. Semangaat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you juga mbak dah bikin challenge ini. Kebetulan pingin konsisten ngisi blog lagi setelah lama mati suri :) sehat terus mba marita...

      Hapus
  12. kadang kita butuh self talk ya sebagai encourage dan pesan buat diri sendiri. di tulis seperti ini lebih bagus, jadi waktu kita lagi down bisa baca lagi tulisan sendiri. aku juga mau coba ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bener banget. Waktu down nulis ini, saat kelak down lagi baca lagi. Tulisan self-talk ini bisa jadi healing sekaligus penguatan diri. Selamat mencoba :")

      Hapus
  13. dulu aku juga sering self talk tauuu, tapi sekarang ga tau suratnya di mana, hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nulisnya dimana Buk? WKWKWK. Lanjutkna nulis lagi dooooong :'))

      Hapus
  14. Selftalk selflove menghargai setiap jengkal proseshidup keren mba

    BalasHapus
  15. Keren banget, keren banget, keren banget! Jadi pengen juga bikin tulisan seperti ini buat diri sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuss buat mbak. Bikin kapsul waktu untuk nge pukpuk diri sendiri :))

      Hapus
  16. Well noted banget mbak, thanks..
    Yg paling terngiang-ngiang dan sedang dicoba : setiap orang struggle dengan kondisinya masing-masing,
    Bener bangettt, dengan memahami itu, kita jadi lebih menghargai segala bentuk kondisi org lain, suatu hal struggle bagi seseorang kan belum tentu menjadi struggle bagi orang lain lainnya..boleh jadi bagi kita tidak struggle, tapi bagi orang lain iya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dan saat merasa cobaanku kok gede banget, liat orang-orang kok happy2 aja hidupnya. Padahal di balik layar ngga ada yang tahu ya. Setiap orang berjuang dengan caranya masing-masing :''')

      Hapus
  17. Samaan nih kita mba suka buat surat utk diri kita di masa depan. Namun kalau aku biasanya di sosmed dan aku set private sehingga setiap berulang thn postnya akan selalu muncul di timeline 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ide bagus, jadi berasa ada yang ngirim kapsul waktu ya setiap tahun as a reminder. Thank you ya inspirasinya ;)

      Hapus

Posting Komentar