Ibu di Balik Gawai Nurrahmah Widyawati

Ingin Mulai Usaha Kuliner? Intip Inspirasi Resep Praktis Kekinian

66 komentar
Konten [Tampil]
inspirasi-resep-untuk-jualan


Usaha apa yang selalu bersinar? Ya, usaha kuliner. Tidak dipungkiri, masa pandemi memang berpengaruh pada segala aspek usaha. Segala hal pasti terdampak. Namun meski demikian, usaha kuliner tidak akan pernah surut. Justru banyak yang memulai usaha ini di masa pandemi. Entah membuatnya dalam skala rumahan maupun membuka warung makan baru, bahan restoran.

Aku pernah mengulas sedikit tentang usaha kuliner ini di artikel 10 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga tanpa Nanny. Semua orang butuh makan dan mereka juga seringkali mencari makanan yang kekinian. Kreatifitas dan inovasi dalam usaha kuliner memang sangat penting. Namun yang seringkali membuat bingung adalah dari mana ya memulainya?


Tips Memulai Usaha Kuliner

1. Membuat Bussiness Plan 

Entah usaha rumahan apalagi sektor yang lebih besar, bussiness plan ini sangat penting. Mengapa? Karena dengan membuat perencanaan bisnis, kamu akan lebih fokus pada tahap persiapan serta goals yang ingin dicapai. Dengan membuat perencanaan ini kamu akan meminimalisir godaan yang mungkin saja mengganggumu untuk memulai bisnis.

Apa saja yang mencakup dalam Bussiness Plan?

a. Branding (karakteristik, simbol, istilah unik, pengemasan, logo yang menggambarkan usaha kamu/kamu banget! dan lainnya)

b. Target pasar (berdasarkan jenis kelamin, usia, dll)

c. Jenis kuliner yang ingin kamu jual (makanan ringan, makanan utama, cemilan, healthy food, minuman, dll)

d. Strategi (online. offline, letak strategis, dll)

2. Pembukuan

Pastikan kamu membuat pencatatan keuangan. Meskipun dalam skala usaha kecil, pencatatan ini juga penting dilakukan. Agar usaha kulinermu tidak hanya jalan di tempat, namun bisa berkembang dengan memantau modal, pengeluaran, omset, untung, dan segala operasional yang harus dibayar.

3. Survey Pasar (termasuk harganya)

Survey pasar ini penting untuk kamu bisa menentukan berapa harga yang pas untuk kuliner yang kamu jual. Nantinya harga yang kamu tentukan tidak terlalu murah atau bahkan terlalu mahal. Seiring berjalananya waktu ini juga bergantung pada branding dari usaha kamu di mata pembeli.

Selain survey harga, kamu juga bisa survey si kompetitor. Ambil segala hal yang baik untuk mengembangkan usaha kamu. Ikuti prinsip ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Kamu bisa observasi dari segi packaging dan lainnya. Kamu juga bisa pelajari kekurangan dari kompetitor untuk kemajuan bisnis kamu.

4. Inovasi

Setelah usaha kulinermu berjalan, jangan lupa untuk terus kreatif dan inovatif baik dengan update resep, tampilan, packaging, bentuk, rasa, update informasi kekinian, strategi branding berkelanjutan, dan lainnya.

Jangan lupa untuk selalu melakukan promosi berkelanjutan agar branding kamu tetap melekat di mata pembeli. Setelah usaha kuliner kamu mulai berkembang, kamu bisa merekrut karyawan. Wah, kamu keren nih bisa membuka lapangan pekerjaan :)


Inspirasi Resep Praktis dan Kekinian

kumpulan-resep-kekinian
Salah satu hal yang sangat penting dalam usaha kuliner adalah menu yang kamu buat. Kamu masih bingung ingin membuat menu apa? Aku akan mengajak kamu untuk mengintip inspirasi resep yang praktis dan kekinian sehingga kamu bisa peracaya diri untuk menjualnya. Kamu juga bisa mencoba resep ini untuk cemilan keluarga di rumah lho!

Kabar gembira! Ramadhan 2021 kemarin Mondelez baru saja meluncurkan situs yang berisi kumpulan resep snacks dan desserts. Kamu bisa mulai mengulik inspirasi resep dari website Snacks-Desserts.id. Di sana ada banyak sekali resep yang praktis dan mudah untuk kamu re-cook dari mulai makanan utama, cemilan, hingga minuman.

Menjelajah Resep di Snacks-Desserts.id

snacks-desserts-id
Kamu bisa mulai menjelajah di PC maupun di ponsel karena tampilannya juga mobile friendly :)
 

Di situs keluaran Mondelez tersebut kamu bisa mencari resep pilihan dengan mudah. Kamu bisa ketik resep yang kamu inginkan di kolom search (bagian atas). Di sana kamu juga bisa memilih resep berdasarkan kategori berikut :

resep-cheff
Kategori resep pilihan cheff
kumpulan-resep-jajanan
Kategori populer dan kategori berbahan keju, biskuit, coklat

kumpulan-resep-cemilann
Kategori inspirasi hidangan makanan utama, makanan penutup, cemilan, minuman. Ada juga kategori berdasarkan produk favoritmu.


Berkreasi dengan Produk Favorit Keluarga

produk-mondelez
Produk Mondelez

Nah, produk-produk di atas tentunya sudah nggak asing ya. Mudah juga didapat di minimarket terdekat rumah kamu sampai supermarket besar sekalipun. Kamu bisa berkreasi dengan resep yang ada di situs snacks-desserts.id dengan produk di atas, meiputi Oreo, Biskuat, Cadbury, Toblerone, Ritz, Kraft dan Chips Ahoy!
 
Kali ini aku akan mengulik resep dengan produk keju Kraft Cheddar. Mau tahu keseruannya? Langsung klik play button di bawah ini ya :)



Burn Cheese Toast Bread

Bahan :
KRAFT Cheddar 80 gr
Susu UHT 200 ml
Gula 1 sdm
Maizena 1 sdm
Roti Tawar 5 lembar
Kuning telur 1 buah

Cara Memasak :

1. Masak susu, KRAFT Cheddar parut, gula, dan maizena hingga mengental.

2. Angkat dan oles di atas roti tawar, biarkan hingga set.

3. Oles dengan kuning telur, lalu panggang dengan oven 250°c selama 5-7 menit.


*********









Visit : snacks-desserts.id


Nah, aku dah coba nih resep dari situs terbarunya Mondelez di Snacks-Desserts.id. Yuk, kamu juga cobain dong resep-resepnya. Selain bisa dijadikan cemilan untuk keluarga di rumah. Kamu juga bisa menggunakan menu (makanan dan minuman) yang ada di sana untuk ide usaha kuliner kamu.

Semoga tips dariku untuk memulai usaha kuliner kali ini bermanfaat ya. Have a nice day!







Nurrahmah Widyawati
Mom of 2, Blogger, 9 Antologi's book author, Digital illustrator, Life long learner • Hi, for details tap page "about me" thanks! :)

Related Posts

66 komentar

  1. Wah ternyata ada resep juga ya di websitenya. So helpful buat yang males Googling hehe

    BalasHapus
  2. Baca tulisan ini rasanya saya jadi pingin belajar masak lagi, sebenarnya saya biasanya belajar masak dari resep-resep yang ada di youtube. Apakah di aplikasi ini juga tersedia video tutorial memasaknya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah input yg bagus bgt nih. Sekarang belum mba. Baru resep sama foto aja ;)

      Hapus
  3. Wah web Snacks-Desserts.id ini cocok ya mba buat rekomendasi bikin cemilan di rumah untuk keluarga atau buka usaha kuliner gitu ya. Ternyata banyak juga resepnya

    BalasHapus
  4. Waaah boleh banget nih. Bukan cuma buat usaha, utk dicoba sendiri juga ok

    BalasHapus
  5. Resep roti bakarnya boleh juga dicoba, itu dari web mondelez ya kak? .. Resep yang gampang dan simpel aku suka banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya resep lainnya banyak juga mb ;) di webnya snacks-desserts.id

      Hapus
  6. Tipsnya maknyuss resep di snack dessert juga yahui sangat membantu untuk yang mau mulai bisnis kuliner

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb. Mari kita cobaaa (siska khol) hehehe

      Hapus
  7. Waaah cuus intip mondelez buat coba resepnya. Siapa tau nanti jadi bisa buka usaha kuliner beneran. Aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Banyak resep yg gampang tapi enduls untuk direcook ;)

      Hapus
  8. Akutuh suka banget bebikinan tapi kenapa susah banget dijualnya ya, Kak? Kayak laku di awal doang abis itu susah lg dapet pelanggan. Yang beli dia dia lagi aja gak ada yang baru. Huhu, apa aku kayaknya gak bakat jualan ya 🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren banget kak :') mgkn memang brandinnya ya yg butuh effort lebih. Semoga soon kalau diseriusij bisa berkembanh lagi & sukses ya kak aamiin.

      Hapus
  9. Setuju situs ini oke banget buat pengusaha kuliner, banyak inspirasi produk yang bisa dibuat dan mudah ya bikinnya juga

    BalasHapus
  10. Pas banget anak2 lg suka ngemil. Coba ah.... klo sukses bisa nih ditawarin ke temen2 buat usaha rumahan.

    BalasHapus
  11. Aku belum pernah usaha kuliner, kalau jualan frinchise pizza pernah punya saudara mba nyambi kuliah sih waktu itu. Inikeren banyak resep yang bisa diuji coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren banget kamu mbaaaaaa :') kuliah sambil jualan

      Hapus
  12. Terima kasih tips dan rekomendasi untuk mengembangkan usaha kuliner ya kak.. kebetulan sedang mengembangkan usaha tsb juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lancar usahanya kak, makin berkembang, dikenal & disukai banyak orang, barakallah sukses selalu :)

      Hapus
  13. Wah, website ini bakalan masuk reading list aku. Pastinya bakalan banyak ide ide buat bikin cemilan yang unik juga. Anak anakku sekarang semua lagi hobi ngemil, kalau jajan terus bisa kering kantongnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha bener. Aku juga happy tau ada website ini. Gampang2 juga bikinnya tp anak2 sukaaaa :)

      Hapus
  14. Wah lengkap banget ya resep di situsnya. Bisa makin berkreasi biar usaha kuliner lebih maju

    BalasHapus
  15. Waah mauuu. Aku dlu pernah nih usaha kuliner, 2x. Tapi gagal. Hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang nggak mudah ya kak? :') semoga sukses selalu kak ke depannya

      Hapus
  16. pembukuan dan pemisahan rekening emang penting banget ya. usaha blogpun aku pisahin nih penghasilannyaaa... aaah, bikin toast nih enak dan simpel banget emang ya, suka resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah keren bgt sh km mbaaa :') aku masih PR nih masalah ini. Semoga rezeki lancar terus ya mba aamiin

      Hapus
  17. Aku tuh sering bimbang kalau mau memulai usaha kuliner, Mbak. Karena memang resikonya lumayan besar. Tapi setelah baca artikel Mbak Nur Rahma aku pikir-pikir lagi, deh. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak yg plg minim resiko memang yg skala kecil misal by order untuk yg kenal2 dulu ya :') ah apapaun itu semoga lancar terus rezekinya mba

      Hapus
  18. Bisa jadi inspirasi resep nih buat yang suka bingung bikin apa biar ga monoton

    BalasHapus
  19. iya ya, beberapa orang terdampak sekali ekonominya dengan adanya covid ini. ide bisnis kuliner khususnga makanan ringan ala-ala kekinian bisa jadi ide menarik.

    meski gak terlalu pandai masak jika ada panduan resepnya jadi lebih mudah.

    wah resepnya bisa dicoba nih ..ngiler deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pandemi gini salah satu yg tetep stay (meski ttp berdampak) ya kuliner ya mba. Selamat mencoba resep ;)

      Hapus
  20. Yang saya suka tu disertai waktu dan ada level memasaknya juga mbak. Memudahkan sekali.

    BalasHapus
  21. Wah cocok banget nih situsnya buat aku yang nggak pinter buat makanan gini 😍

    BalasHapus
  22. Usaha kuliner memang termasuk jenis usaha yang paling digemari nih. apalagi di saat pandemi kayak sekarang. Makasi tipsnya kak Widya.

    BalasHapus
  23. Saat ini untuk bertahan di tengah pandemi adalah berjualan makanan, website makanan ini tentunya akan sangat membantu terutama utk ibu-ibu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, semuanya hunting makanan soalnya untuk menaikkan mood tengah pandemi :')

      Hapus
  24. Saya sih suka kalau masak yang mudah-mudah. Nah, kalo disuruh bikin rendang hemmmm mikir panjang hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rendang bumbunya buanyak masaknya luama ya :') wkwk

      Hapus
  25. sebagai mamak-mamak yang doyan masak, beruntung sekali dapat informasi menganai website ini! Terima kasih infonya ya mba :)

    BalasHapus
  26. bahan-bahannya mudah dicari dan cara membuatnya juga cukup mudah bisa saya coba buat di rumah niy mba, kebetulan saya suka banget dengan keju-kejuan

    BalasHapus
  27. saat ini yang dibutuhkan adalah ide usaha agar bisa bertahan masa pandemi. Berjualan kuliner menurut saya masih bisa bertahan. Dan ide di atas sangat membantu.

    BalasHapus
  28. wah menarik banget, malah jadi pengen cobain bikin toast bread nya aku :D

    BalasHapus
  29. wah makasih tips nya mbak
    memang saat ini usaha kuliner sangat berpeluang ya
    perlembangannya pesat

    BalasHapus
  30. wah bisa coba2 resepnya ini

    BalasHapus
  31. kebetulan banget lagi berencana buka usaha, jadi makin pengen buka usaha niy, btw saya suka banget dengan apapun yang berbau keju, jadi laper pagi-pagi lihat menu makanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyani bisa bikin usaha jajanan kekinian hehehe

      Hapus
  32. Waaah kebetulan aku LG seneng bikin cemilan2 gampang buat anak mba. Bergunaaa ini mah, utk cari resep . Apalagi TD ada resep yg berkaitan Ama keju :D. Aku dan anak2 suka banget keju soalnya. Ntr mau cobain ;)

    BalasHapus

Posting Komentar