Ibu di Balik Gawai Nurrahmah Widyawati

Selain RevoU Mini Course, Ini 7 Kursus Gratis Digital Marketing

10 komentar
Konten [Tampil]
revou mini course

Selain RevoU Mini Course, Ini 7 Kursus Gratis Digital Marketing - Fakta bahwa setelah mengikuti RevoU Mini Course, aku jadi semakin terbuka matanya bahwa sekarang kita memang ada di era digital dimana dalam pemasaran produk maupun jasanya perlu akses internet.

"Berubah atau kalah", adalah kata-kata yang aku ingat dari seorang founding mother komunitas Ibu Profesional. Bahwa kita harus mengikuti zaman, bukan untuk menjadi mainstream atau terbawa arus, tapi bisa memanfaatkan teknologi sebaik mungkin untuk meningkatkan produktivitas hidup.

Aku pribadi menggunakan ilmunya baru untuk blog pribadi. Mini course dasar digital marketing yang RevoU berikan membuatku memiliki bayangan bagaimana iklan-iklan di internet beredar dan sistemnya. Ya, meski mini course itu tentu masih sangat lah dasar, tapi landasan/fondasi juga penting.

Untuk para pencari kursus, nyatanya nggak hanya RevoU lho yang memberikan mini course gratis. Ada banyak lembaga juga yang menyediakan course digital marketing baik gratis maupun berbayar, yaitu:


1. Fundamentals of digital marketing by Google

Di sini kamu bisa menguasai dasar-dasar pemasaran digital. Kursusnya gratis dan terakreditasi oleh Interactive Advertising Bureau Europe dan The Open University. 

Ada 26 modul untuk dijelajahi, semuanya dibuat oleh pelatih Google, dikemas dengan latihan praktis dan contoh nyata untuk membantu kamu mengubah pengetahuan menjadi action.

Kelas ini total selama 40 jam dan untuk pemula. Ada video pembelajaran yang bisa diakses tak terbatas. Dapat sertifikat juga.

https://learndigital.withgoogle.com/digitalgarage/course/digital-marketing


2. Digital Marketing Course HubSpot Academy

Di sini kamu akan belajar menjadi digital marketer yang efektif dengan pola pikir yang mengutamakan inbound.

Kursus ini ditujukan untuk:

  • Manajer Pemasaran yang ingin meningkatkan keahlian pemasaran digital
  • Pemasar konten yang ingin memperluas keahlian.
  • Siswa yang mencari ilmu pengantar digital marketing.

Hal yang dipelajari di kursus ini:

  • Optimalisasi situs web untuk mesin pencari.
  • Membuat strategi tidak berbayar untuk membangun dan menumbuhkan pengikut.
  • Membuat strategi iklan untuk memperkuat pesan bisnis ke audiens yang ditargetkan.

Kursus ini gratis dengan 9 pelajaran, 37 video, 11 kuis, 4:04 jam.

https://academy.hubspot.com/courses/digital-marketing

belajar digital marketing

3. Dasar-Dasar Pemasaran Digital by Udemy

Dengan mengikuti Course ini, kamu akan mengerti strategi dasar pemasaran digital, apa saja parameter pemasaran digital, media atau alat yang digunakan untuk melakukan pemasaran digital.

Materi yang ada mencakup pengenalan pasar digital, ekosistem apa saja yang ada, hingga parameter & objektif pemasaran.

Namun, sebelum mempelajari Course ini, pastikan kamu sering menggunakan mesin pencari (Google), internet, serta memiliki akun sosial media. Kelas ini berbayar ya. Ada akses video dan sertifikat.

Kursus yang untuk Intermediate ada di sini:

https://www.udemy.com/course/dasar-dasar-pemasaran-digital/

Sedangkan untuk pemula bisa ke sini:

https://www.udemy.com/course/belajar-digital-marketing-lengkap-untuk-pemula-established/


4. Facebook Blueprint Course

Ini adalah kursus online gratis dari Facebook. Di sini kamu akan mempelajari dan mengikuti perkembangan Facebook dalam dunia digital marketing. Kursus ini diperbarui secara berkala ketika ada fitur atau perubahan baru yang diluncurkan Facebook. 

Facebook Blueprint menawarkan lebih dari 90 kursus dalam berbagai topik seperti memulai advertising, mengukur ad perfomance, mengatur ads, meningkatkan penjualan online, media buying, cara menghasilkan leads, dan lain-lain. 

Kursus ini menawarkan ujian sertifikasi dan dapat diikuti mulai dai 15 hingga 50 menit. Kamu perlu login ke akun Facebook untuk mulai belajar.

https://web.facebook.com/business/learn

mini course digital marketing

5. SEMRUSH Academy

Semrush telah diakui oleh komunitas pencarian di seluruh dunia, memenangkan beberapa penghargaan sebagai rangkaian perangkat lunak SEO terbaik.

Terdapat banyak pilihan kelas di kursus SEMRUSH Academy ini, meliputi: SEO, konten marketing, dasar-dasar PPC, affiliate marketing, social media marketing, serta competitive research dengan Semrush.

Materi kursus dibuat dalam bentuk video dan teks. Estimasi waktu penyelesaian pun beragam mulai dari 30 menit hingga 5 jam, dengan banyak modul mulai dari 2 hingga 34 modul yang bisa dipilih.

Kursus ini gratis dan mendapatkan sertifikat di akhir kelas.

https://www.semrush.com/academy/


6. Skill Academy Mini Course

Ini kursus berbayar. Kalau kamu seorang entrepreneur atau pemilik usaha yang baru saja dirintis dan ingin mencoba memasarkan usaha dengan digital marketing, kamu bisa mengikuti kursus ini.

Di sini kamu akan diajak untuk melihat potensi digital marketing untuk entrepreneur dan pelaku bisnis. Kamu akan mempelajari perbedaan offline dan digital marketing, mulai dari dampaknya, biaya, dan orang yang terlibat. 

Setelah mengikuti kelas ini, diharapkan kamu bisa menentukan konsep digital marketing, target audience, dan channel serta platform yang cocok untuk bisnismu. Kamu juga akan bisa menjelaskan cara menjalankan channel-channel digital marketing untuk bisnis dengan baik.

Total ada 11 topik, 29 materi, dan total 3.5 jam, serta 1.5 jam untuk pre-exam dan exam.

https://skillacademy.com/course-detail/COURSE-U4GX0Q1B

skill academy digital marketing

7. Academy Analytics

Akademi Analytics membantu Anda mempelajari fitur pengukuran Google sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis melalui pengumpulan dan analisis data yang cerdas.

Kursus ini gratis dengan 3 tingkatan: Google Analytics (GA) untuk pemula, GA tingkat lanjut, dan memulai GA 360.

https://analytics.google.com/analytics/academy/

***

Semoga bermanfaat ya untuk kamu yang sedang mencari tempat kursus digital marketing. Karena ada Kursus Gratis Digital Marketing lainnya juga lho, selain RevoU Mini Course.

ibu di balik gawai


Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, dan kehidupan sehari-hari | Digital Art Enthusiast :)

Related Posts

10 komentar

  1. Banyak juga ya ternyata kursus gratis sekarang ini, sayang aja informasinya kadang ga nyampe ..untung gw baca artikel mba Widya ini, jadi pengen ikutan kursus gratis ini (sambil berdoa semoga anak-anakku pada kondusif wkwwk)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak ternyata dah banyak kursus gratis, apalagi untuk pemula sebelum ke advance. mempermudah bgt ;)

      Hapus
  2. wah, sekarang banyak kelas gratis yang dibuka ya mbak. kalau ada referensi berdasar testimoni begini jadi punya gamabran. TFS mbak

    BalasHapus
  3. Wah mbak wid ikut juga kah kelas ini. Aku juga daftar tapi sungguh aku tak sekalipun menyimak sedih tahuuuu hiks.

    Tapi tulisan mbak wid ini jadi oenawar terkait mini course digital marketing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum ikut mbak, baru mini coursenya revoU doang.. ini aku collect info sekalian aku tulis biar bisa bermanfaat buat yang pingin ikutan ;)

      Hapus
  4. Wah, lengkap banget ya mba..
    Ternyata banyak banget skill" yg bisa kita pelajari secara gratis..
    Yg penting pinter"nya kita aja ya buat nyarinya..

    BalasHapus
  5. Aku baru tahu lho mbak kalau di Facebook ternyata bisa kursus gratis. Bisa jadi alternatif nih buat nambah skill

    BalasHapus

Posting Komentar