Ibu di Balik Gawai Nurrahmah Widyawati

Cara Memasang Google Analytics Terbaru. Mudah Dipahami!

26 komentar
Konten [Tampil]

cara memasang google analytics terbaru
Kamu pernah nggak sih dimintain data pageview sama client/brand? Jawabnya gimana? dari dashboard blogger (blogspot) kah? Padahal ada lho yang lebih akurat untuk melihat data statistik/traffic blog kita, yaitu dengan Google Analytics.

Aku sendiri baru memasang Google Analytics beberapa bulan ke belakang, karena kebetulan ada client yang membutuhkannya sebagai insight job untuk membuat artikel terkait.

Dulu, aku memasang GA ini secara otodidak alias browsing dan menerapkan sendiri dari artikel di Google. Namun ternyata setelah mengikuti Blogspedia Coaching, ada beberapa step yang terlewat. Step apa itu? Baca sampai akhir ya! :)

A. Pengertian dan Fungsi Google Analytics

Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web/blog. Di sini kamu bisa mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web/blog kamu.

Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan menggunakan ini kamu bisa membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. 

Kamu juga bisa mengamati page view web/blog kamu dengan lebih akurat di Google Analytics. Kamu bisa melihat siapa saja pembaca blog kamu, apa kesukaan mereka, dan lainnya di sini.

B. Google Analytics Melihat Page View Blog Lengkap dan Akurat

Sebagai blogger tentu kamu ingin dong melihat bagaimana performa blog kamu? Untuk beberapa blogger yang sudah mengoptimalisasi blognya untuk mendapatkan 'cuan' juga biasanya membutuhkan informasi statistik tertentu yang diminta oleh cliet/brand.

Salah satu hal yang dibutuhkan biasanya adalah melihat pageview. Secara sederhana, untuk melihat pageview blog, kamu bisa meluncur saja ke dashboard blogger (blogspot). Kamu bisa langsung klik di bagian Statistik.

Namun ternyata pageview dalam dashboard blogger (Statistik) ini kurang akurat dan kurang lengkap lho, gaes! Kamu bisa menggunakan Google Analytics untuk melihat statistik blog kamu secara lengkap dan lebih akurat, termasuk melihat pageview blog. 

cara melihat pagevie PV blog
Tampilan Monthly Pageview Dashboard Blogger Blogspot (Maklum, blog newbie, gaes!)

cara memasang google analytics terbaru
Tampilan Monthly Pageview Google Analytics (Maklum, blog newbie, gaes!)

Ada perbedaan kan antara keduanya? Lengkap yang mana?

Mengapa statistik dalam dashboard blogger kurang akurat? Karena ternyata di sini kunjungan kita sendiri dihitung sebagai pageview. Selian itu mereka juga menghitung page per view, misalnya 1 orang mengunjungi 5 page kamu (padahal yang mengunjungi 1 orang, tapi jadi dihitung 5 orang). Kurang lebihnya seperti itu.

Jadi untuk statistik/traffic blog yang lebih akurat dan lengkap kamu bisa memasang Google Analytics. Bagaimana cara memasangnya? Check this out!

C. Cara Memasang Google Analytics Terbaru

Untuk mendaftar Google Analytics, kamu hanya perlu memiliki akun Google dan jangan lupa untuk log in terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa step mudah memasang Google Analytics:


C.1. Langkah Pertama (Membuat Property UA dan GA4 Google Analytics)

a. Masuk ke https://analytics.google.com/, masukkan alamat Gmail yang akan digunakan, klik "Mulai Mengukur".

b. Buat akun. Kemudian isi akun dan checklist-nya sesuai kebutuhan saja.

c. Membuat Property.

Setelah akun jadi, saatnya membuat Property. Isi nama Property dengan nama blog untuk memudahkan. Sesuaikan zona waktu dan mata uangnya.

Property yang dibuat akan otomatis GA4, agar sekaligus bisa membuat Property UA, maka ikuti langkah berikut:

  • Tampilkan opsi lanjutan/Show advance options, klik berikutnya.
  • Ketika opsi lanjutan diklik, kemudian on-kan. Lalu isi url situs, pilih https dengan diikuti url blog kamu.
  • Di bawahnya, pilih di pilihan pertama "Buat Property GA4 + UA", lalu klik berikutnya.

d. Isi informasi bisnis, pilih kategorinya (di-skip juga boleh). Lalu ukuran bisnis dan apa yang ingin dilacak, klik buat.

e. Saat muncul konfirmasi dari Google, checklist term of service dan lanjutkan.

f. Done. Dua Property sudah jadi, yaitu UA dan GA4.


C.2. Langkah Kedua (Connecting UA dan GA4 Google Analytics)

Setelah Property jadi bukan berarti semua langkah memasang Google Analytics terbaru menjadi selesai. Masih ada beberapa steps lagi, gaes! yaitu Menghubungan UA dan GA4. Ikuti langkah berikut:

a. Klik Admin di Google Analytics. Pilih GA4 Setup Assistant.
b. Setelah itu kamu akan melihat status Not Connected. Kamu akan melihat 2 pilihan, yaitu :
  • I want to create a new GA4 Prop (Ini bisa kamu skip aja karena sudah membuat Property GA4. Namun bagi yang belum buat, maka kamu bisa pilih Get Started).
  • I want to connect an existing (Ini yang kita pakai saat sudah memiliki GA4. Klik Select an exsisting GA4 Property, klik tanda panahnya).

c. Nah setelah muncul tanda Connected, maka UA dan GA4 kamu sudah terkoneksi. Jadi nanti meskipun tracking code yang diletakkan di dashboard blog kamu hanya yang UA, namun GA4 akan tetap ada laporannya kok.


C.3. Memasang ID Tracking Code Google Analytics di Dashboard Blogger (Blogspot)

Sudah dua langkah terlewati, ternyata belum selesai juga ya memasang Google Analytics terbarunya. Sabar, gaes! almost the end. Hehe.

Kali ini kita mulai memasukkan bagian tracking info/tracking code nih ke dashboard blog. Caranya :

a. Copy Tracking ID-nya (kode UA-xxxxxxxxx) di Google Analytics.

b. Masuk ke dashboard blog - Setting - kemudian di bagian Google Analytics Property ID, masukkan kode yang sudah kamu copy (paste).

c. Kembali ke Admin Google Analytic, di bagian tracking code silakan di-copy kode yang ada dalam kotak (<!-- Global site tag dan seterusnya).

d. Buka dashboard blogger kamu dan masuk ke Theme - Edit HTML - Cari kode <head>

e. Paste kode dari Google Analytics tadi di bawah <head> - SAVE



Taraaa... Jadilah Google Analytic kamu!

Kamu harus menunggu 1-3 hari agar Google Analytic kamu bisa membaca statistik/traffic blog kamu. Sabar, gaes!

Dari semua langkah di atas, biasanya yang terlupa adalah step "Connecting UA dan GA4", ternyata itu dibutuhkan mengingat sekarang Google Analytics sudah update.

Sebagai pendukung artikel ini, kamu bisa mengunjungi artikel di Blogspedia yang berjudul Google Analytics 4, Alat Perang Baru Wajib Install dan Cara Memasang dan Menggunakan Google Analytics.

*****

memasang google analytics terbaru

Kamu sudah berhasil memasang Google Analytics terbaru nih! Sekarang kamu bisa akses traffic dan segala informasi blog kamu dengan lebih akurat dan lengkap di sana.

Lain waktu akan aku share juga cara membaca Google Analytics di artikel selanjutnya (Insha Allah). Ternyata memasang Google Analytics terbaru itu mudah kan? Selamat mencoba! :)


nurrahmahwidyawati


Nurrahmah Widyawati
Mom of 2, Blogger, 9 Antologi's book author, Digital illustrator, Life long learner • Hi, for details tap page "about me" thanks! :)

Related Posts

26 komentar

  1. Aku suka ini desainnya ginuk-ginuk gitu yah. Kek yang nggambar hihi.
    Lho melenceng, mon maap oot dikit.
    Itu aku banget lho, diminta page view kusodorin dah PV dashboard untung orangnya mau nerima hahahaa #ngakak so hard setelah baca artikel mba Wid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi memang tergantung brand juga ya mbak? Aku malah bersyukur bgt kalau mintanya PV dashboard blog :) wkwkwk.

      Iyanih mbak desainnya menyesuaikan yg bikin. Ndud ginuk2 gemes. Eh gimana wakakak

      Hapus
  2. Detail naget mb Wid penjelasannya.. ditambahn gambar lucunya jadi gemes banget. Bikin betah lama-lama di sini sambil ikutin step by step tutorialnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak dah mampir di sini mba ;) aku juga mau sowan ke rumah (blog) mba Sendy ah...

      Hapus
  3. Sama mbk, dulu aku kesasar dulu buat praktek bikin GA4,,,,skrg, alhamdulillah sudah terlewati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay. Kalau aku dulu ternyata belum connecting UA & GA4nya mbak. Di artikel acuanku dulu soalnya nggak bahas itu wkwkwk

      Hapus
  4. Akkk salfok sama ilustrasinya, lucu kali :D
    btw bener mom, dengan adanya GA semoga bisa membantu mempermudah bikin konten ya mom, hihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe pada salfok sama ilustrasi mba.

      Iya semoga bisa jadi nambah ide buat ngonten ya mbak, bismillah semangat ;)

      Hapus
  5. Ah mbak...lucuu ilustrasinya...penjelasannya juga lengkap...selalu keren mah..ini mah udah blogger pro...😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh masih jauh mbak :') semakin belajar semakim tau banyak kurangnya. Di Blogspedia ini tuh berasa bgt masih kurang banyak ilmunya. Beruntung ketemu coach dan rekan2 yang kece2 bgt :')

      Hapus
  6. Senengnya pada udah punya client
    Semoga bisa menyusul juga 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Pasti lulus blogspedia banyak yg ngincer mba. Bismillab kita ;)

      Hapus
  7. Alhamdulillah berpasing pasang mba :D
    Seneng ya bisa tau lebih tentang blog kita setelah memasang Google Analytics..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pas bisa baca GA gitu jadi penasaran sekaligus excited sama hasilnya, seru wkwk

      Hapus
  8. Tara, Tulisannya enak dibaca, serasa lagi dengeein rahmah sedang review film. Enak dicerna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kaya review do youtube siska kohl ya pak wkwk..

      Hapus
  9. Langsung aku coba dulu yaa mbak, tp ini bisa kah lewat hp ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbak lewat hp, cuma aku paling nggak bisa setting2 di hp, karena jaringannya ga stabil & minus nih mataku hehe..

      Hapus
  10. Duuh gafik ma desain nya yg bikin gemesh itu. Harus terus update ya soal Google analytics, jdi tau skrg udah GA4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bener. Makin belajar makin paham kalau banyak hal belum kita ketahui :'( ilmu juga semakin berkembang

      Hapus
  11. Aku suja artikelnya mbak, simpel mudah di pahami dan yang pasti pictnya manisssss bgt

    BalasHapus
  12. Hwkakaka saat dipanggil gaes kok pengen ngakak y mbak hakakaka.

    Btw nih, aku suka deh tuh ibu cubby ikut nampang hwkaaka.

    Aku juga galfok ma grafik yg dah mulai menunjukkan kehidupan.

    Ciyeh...

    Keren ih mbak wid nih. Selalu the best

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk guys udah dipake youtuber. Jadi wong jowo yg tinggal di tangerang pakenya "gaes" hahahahah.

      Ah mb hamim, yg lebih keren :p

      Hapus
  13. kalo baca aja serasa berat, kudu praktek nih ya, makasih tipsnya mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus sambil ngadep laptop dan langsung praktek emang mba wkwkwk semangat ;)

      Hapus

Posting Komentar