Ibu di Balik Gawai Nurrahmah Widyawati

Luca, Film Disney Terbaru Tontonan Weekend Keluarga

32 komentar
Konten [Tampil]

Film Luca


Ada Frozen, Aladin, Moana, dan kini hadir "Luca", film Disney terbaru tontonan
weekend keluarga. Siapa sih yang nggak tahu film Disney? Rasanya dari masa ke masa ada saja film yang menarik dengan animasi yang kian bagus.

Di masa pandemi seperti ini, banyak orang mulai mencari hiburan saat di rumah aja. Tak terlepas dengan family time di rumah saat weekend. Luca bisa menjadi rekomendasi film animasi keluarga yang wajib ditonton. Kamu dah nonton juga?

A. Luca, Film Animasi Disney+ Hotstar Terbaru

Luca adalah film animasi terbaru produksi Walt-Disney Studios dan Pixar yang sudah mulai tayang sejak Juni 2021. Sudah dua bulan berjalan namun aku baru banget nonton hehe. So, aku bikin review-nya buat kamu yang belum sempat nonton.

Kamu nggak akan menemukan film ini di bioskop, karena Luca tayang di platform Disney+ Hotstar. Kamu bisa download di Playstore/Appstore. Anyway, kalau kamu pengguna simcard Simpati, biasanya kamu sering dapat gratis langganan Disney+ Hotstar lho, gaes!

A.1. Produksi Film Luca

Film Luca ini disutradarai oleh penerima nominasi Academy Award Enrico Cosarosa (Laluna) dan diproduseri Andrea Warren (Lava dan Cars 3).

Film ini juga menampilkan pengisi suara dari Jacob Tremblay, Jack Dylan Grazer, Emma Berman, Maya Rudolph, Marco Barricelli, Jim Gaffigan dan Saverio Raimondo.

Mengutip dari Wikipedia, ternyata sang sutradara (Casarosa) menyatakan bahwa film tersebut terinspirasi dari masa kecilnya di Genova. Untuk mempersiapkan pembuatan film Luca, Pixar mengirim beberapa seniman film ke Riviera Italia untuk perjalanan penelitian, di mana mereka mengambil foto pemandangan dan masyarakat di daerah tersebut.

pemain film luca
Saat monster laut sedang menjadi sosok manusia

A.2. Pemain Film Luca

Film Luca ini diperankan oleh:

  • Jacob Tremblay sebagai Luca Paguro, monster laut berusia 13 tahun yang penasaran dengan dunia di atas laut
  • Jack Dylan Grazer sebagai Alberto Scorfano, monster laut remaja yang antusias menjelajahi dunia manusia
  • Emma Berman sebagai Giulia, seorang gadis Italia yang berteman dengan Luca dan Alberto
  • Maya Rudolph sebagai Daniela, ibu Luca
  • Marco Barricelli sebagai Massimo, ayah Giulia
  • Jim Gaffigan sebagai Lorenzo, ayah Luca
  • Saverio Raimondo mengisi suara penjahat dari kota.

B. Film Luca Bercerita Tentang...

Film Luca mengambil waktu latar pada akhir 1950 hingga 1960-an dan menampilkan keajaiban dari petualangan musim panas. Dilihat dari style pakaian dan latarnya memang terlihat agak oldy sih.

Film Disney terbaru ini berlatarkan kota tepi pantai yang indah di Riviera Italia. Aku coba kasih gambaran singkat tentang ceritanya ya. Biar kamu makin pingin nonton bareng keluarga kamu di rumah saat weekend :)

Ada seorang makhluk laut bernama Luca. Dia dilarang untuk menuju ke permukaan (lebih tepatnya daratan manusia). Namun Luca adalah anak yang memiliki rasa ingin tahu yang besar, dia sangat penasaran.

Ketika Luca sedang menggembala, dia bertemu dengan seorang kawan, namanya Alberto. Alberto mengajaknya ke permukaan daratan dan surprisingly mereka berubah bentuk menjadi manusia normal, bukan lagi monster laut.

review film luca
Luca kaget badannya berubah dari monter laut menjadi tubuh manusia normal

Luca shock pada awalnya karena itu baru pengalaman pertamanya ke permukaan laut dan berubah jadi manusia. Namun karena dia memiliki rekan yang sudah biasa melakukannya, maka Luca pun mencoba untuk terbiasa.

Pada awalnya Luca mencoba untuk berjalan, namun sulit. Nyatanya, tak mudah untuk berjalan normal bagi monter laut yang terbiasa berenang. Dia juga belajar tentang gerak-gerik manusia dari mulai berpakaian, berbicara dan lainnya. Alberto lah rekan yang mengajari Luca.

B.1 Luca ingin bebas dan menjelajah dunia

Ayah dan ibu Luca akhirnya mengetahui bahwa Luca sering naik ke daratan. Tentu mereka tak ingin itu terulang. Akhirnya orang tua Luca berniat mengirim Luca ke laut dalam dan hidup bersama paman Ugo (ikan yang ada cahayanya).

Luca tentu tak mau dan akhirnya dia kabur ke permukaan. Luca enggan kembali ke dalam laut. Luca memiliki ketertarikan pada Vespa, Alberto (teman Luca) juga memiliki mimpi untuk memiliki sebuah Vespa agar mereka berudua bisa mengelilingi dunia.

Namun ternyata kota tepi pantai yang mereka datangi sangat benci pada monster laut. Bahkan manusia di sana selalu siap senjata untuk membunuh monster laut yang mereka lihat. Namun mereka masih punya mimpi di kota itu.

Luca dan Alberto dalam bahaya. Bagaimana bisa mereka bertahan di kota itu? Padahal saat mereka terkena air sedikit saja, mereka bisa langsung berubah dari manusia normal ke monter laut. Intip trailer-nya juga yuk di bawah ini.

B.2. Trailer Film Luca



C. Pelajaran yang bisa diambil dari film Luca

C.1. Sugesti positif

Ada suatu scene dalam film Disney terbaru ini, dimana teman Luca (Alberto) menganalogikan sebuah pesimisme dengan nama Bruno. Bruno adalah sesuatu rasa pesimis yang muncul dalam benak kita, yang pada akhirnya bertarung dengan perasaan kita. 

Saat Bruno berkata "You can't do it!", tapi sejatinya you still should tryLook up! Looking down just make you fall. Ini deep banget sih asli.

Memang betul banget, kadang yang membatasi diri kita untuk mencoba suatu hal baru atau hal yang ingin kita capai adalah diri kita sendiri. Kita merasa tak mampu, padahal belum coba. Jangan biarkan Bruno-mu menghambat mimpimu, gaes!

pelajaran berharga film luca

C.2. Rasa ingin tahu yang besar

Luca yang tadinya tinggal dalam laut, nyatanya memiliki rasa penasaran yang tinggi pada dunia manusia di darat. Ini juga dibutuhkan sometimes dalam segala hal. Lebih tepatnya rasa ingin tahu yang besar, in a good way.

Rasa ingin tahu yang besar dari Luca membawanya menuju meraih mimpi-mimpinya. Mimpi apa yang dia capai? Tonton aja sendiri ya, gaes! hehe.

C.3. Toleransi pertemanan

Dari film Luca aku diingatkan bahwa nyatanya kita ini manusia biasa yang memiliki ego. Ego untuk bisa bertahan hidup dan ego untuk mencapai mimpi masing-masing.

Sayangnya terkadang keinginan itu bisa menghancurhan persahabatan. Tapi at the end of the day, sahabat sejati selalu memiliki cara untuk pulang lagi ke samping kita, pun sebaliknya.

film disney hotstar terbaru
Tangan Luca berubah menjadi tangan monster saat terkena air

C.4. Cinta keluarga

Meski orang tua Luca terkesan mengekang, namun sebetulnya itu untuk kebaikan Luca sendiri. Agar Luca bisa hidup aman dan normal saja dalam laut. Nyatanya saat Luca kabur, orang tuanyalah yang mencarinya ke daratan manusia. Tak peduli betapa bahayanya di sana.


**************

Overall film Luca ini layak ditonton untuk mengisi liburan akhir pekan bersama keluarga. Animasinya keren banget sih. Aku jadi membayangkan betapa indah dan megahnya sound di gedung bioskop. Ah pasti seru kalau bisa nonton film Luca di bioskop.

Namun ada beberapa hal yang mengganjal dan menimbulkan pertanyaan di benakku dalam film ini. Aku masih bertanya-tanya tentang sosok Ayah dari rekan Luca, yaitu Alberto. Mengapa ayahnya tega meninggalkannya di laut sendirian dan menunggunya di sebuah tower kosong dekat pantai. Siapa sosok ayah tersebut?

Aku juga penasaran tentang sosok ayah rekan Luca yang lain (perempuan bernama Giulia. Seperti ada misteri yang belum terpecahkan, seperti mengapa Alberto yang selalu dipilihnya untuk menemaninya berlayar mencari ikan di laut? Dan dia yang panik saat tau Alberto menghilang.

Kemudian aku juga penasaran bagaimana Luca survive hidup di tempat barunya. Apakah mungkin akan ada Luca 2? May be yes or no.

Jadi kalau kamu semua pingin hiburan nonton film bareng keluarga nih pas weekend, kamu bisa nonton film ini. Filmnya sangat ringan, sarat makna, dan yang pasti menghibur dengan animasi yang keren.

So, itulah sebuah review aku tentang film Luca, Film Disney Terbaru Tontonan Weekend Keluarga. Jangan lupa nontonnya di Disney+ Hotstar. Gimana? Berencana nonton juga? Share dong pengalamannya di kolom comment. Thank you! :)
karya kata ibu di balik gawai
Nurrahmah Widyawati
Mom of 2, Blogger, 9 Antologi's book author, Digital illustrator, Life long learner • Hi, for details tap page "about me" thanks! :)

Related Posts

32 komentar

  1. Wah..aku baru tau film baru
    ..emak kudet...
    Makasih mbak..bisa aja hiburan weekend kami..

    BalasHapus
  2. Wah sepertinya seru nih filmnya jadi pengen nonton. Kebetulan saya pake simcard telkomsel biasanya dapet gratis langganan disney+ hotstar tp ngga pernah make. Dia cuma gratis langganan aja kan ya. Kalo nonton ttep jatuhnya streaming kan mbk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan aku nggak pernah cek kuota mba wkwk kayaknya iyaya cuma langganannya versi premium. Nontonnya ttp streaming ;)

      Hapus
  3. film disney tuh selalu memukau ya animasinya, cocok nih klo mba wid yg nonton buat referensi gambar jadinya ya mba

    BalasHapus
  4. Sempat tau film ini, kemarin nyari2 gak ada. Mba boleh tau kalau mau nonton dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa nontonnya di Disney+ Hotstar ya kak :)

      Hapus
  5. Aku suka nih kalau ada pelajaran yg dipetik dr sebuah film. Jadi gak sekedar hiburan semata. Baca dari tulisan mbak, kayaknya seru ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, tiap nonton film aku suka menyelami hikmahnya. Meskipun menghibur pasti ada sisi learningnya ya ;)

      Hapus
  6. Molly mauu juga nih nonton Luca. Biarpun udah dewasa, tontonannya tetep kartun dari dulu. Film anak2 disney emang selalu juara deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak.. aku aja dah emak2 suka kok nonton disney wkwkwk

      Hapus
  7. Kayaknya seru ya weekend nonton film baru bareng keluarga, apalagi ceritanya seru banyak pelajaran di dalamnya.

    BalasHapus
  8. Film dengan imajinasi serta style yang ciamik ini, lebih mudah "dicerna" oleh anak-anak, namun tetap perlu didampingi ya, bun saat menonton, agar maksud baik yang terkandung, bisa sampai dengan sempurna.

    Btw, ada typo: "monter laut". :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener bgt kak. Harus selalu didampingi sambil ngobrol biar learning principle filmnya sampai ke anak2. Makasih ya kak inputnya hehehe. Iyaya ada typo ;)

      Hapus
  9. aku juga penasaran lho sama film ini tapi baru nonton setengahnya, belum tamat, hihihi. jadi keingetan mau tamatin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku ga bisa nonton setengah2 malah mba. Hrs sampai akhir wkwkwk selamat menyelesaikan ;)

      Hapus
  10. Paling suka dengan film animasi disney, dulu sering nonton di bioskop. Setelah corona, enggak bisa ke bioskop jd sedih.

    Luca ini kayaknya menarik, pernah lihat trailernya tapi belum kesampaian nonton.

    Thanks reviewnya kak, jadi ada gambaran sebelum nonton.

    Btw ilustrasi di banner dan di profil dibikin sendiri yah kak? lucu banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat menonton ya kak nanri ;)

      Hehe iya kak aku gambar sendiri. Jadi banner, profil, juga gambaran sendiri ;)

      Hapus
  11. Aku suka banget film film edukasi yang dikemas ke dalam bentuk animasi begini. Jadi bisa nonton bareny ponakan yg emng suka banget nonton kartun. Jadi bisa sekalian mengajarkan pesan moral lewat film..

    Kebetulan aku langganan disney hotstar. Besok mau coba nnton dari The Luca dulu dehh

    Terima kasih rekomendasinya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren ;) selamat menonton ya mba. Semoga menyenangkan...

      Hapus
  12. Masih belum nonton sih, tapi udah sering denger soal film animasi ini. Karena buatan Pixar, kayaknya saya bakal suka Luca ini. Bisa ditonton sama keponakan yg masih kecil kan ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, buatan disney pixar. Selamat menonton ;)

      Hapus
  13. Sempat lihat trailernya di CNN Indonesia, dan kelihatannya menarik. Setelah baca postingan ini jadi penasaran mau nonton bareng keluarga di weekend. Thanks ya mba info review filmnya ☺️

    BalasHapus
  14. Sempat liat trilernya di TV kayaknya Italya banget gitu yak.bagus buat tontonan keluarga di saat PPKM

    BalasHapus
  15. Film yang menarik untuk disimak, soalnya daku juga belum nonton Film Luca kak. Senangnya ada pesan moral yang bagus, bisa menjadi hikmah buat penontonnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak cocok buat ditonton bareng keluarga di rumah :)

      Hapus
  16. Filmnya bagus banget ini, apalagi cocok untuk film keluarga bersama anak" kecil. Disney memang film kartun bagus" banget deh banyak pesan yang tersirat untuk orang dewasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener kak. Menghibur juga. Aku nonton dari kecil ;) hehehe

      Hapus

Posting Komentar