Ibu di Balik Gawai Nurrahmah Widyawati

RevoU Mini Course. Jadi Belajar Digital Marketing Free

14 komentar
Konten [Tampil]

belajar digital maketing


Saat itu aku baru saja bangun dari hibernasi panjangku untuk blogging. Kemudian aku berinisiatif mengikuti sebuah mini course gratis untuk belajar digital marketing, salah satu bahasannya adalah SEO Friendly Content Planning.

Ngapain sih iseng banget ikut mini course (digital marketing pula) padahal baru aja bangun? Hahaha, pure karena sudah terlanjur kecemplung dalam suatu komunitas blogger. Aku sering roaming dengan pembicaraan mereka tentang berbagai macam istilah blogging.

Sebelumnya tentu aku belum join dalam Blogspedia Coaching seperti sekarang. Jadi aku mencari referensi sebanyak mungkin yang aku bisa, dimanapun.

Lewat RevoU Mini Course. Jadi Belajar Digital Marketing Free!

Untuk yang belum tahu apa itu RevoU Mini Course. RevoU Mini Course adalah versi ringkas dari keseluruhan RevoU Digital Marketing Program yang dikemas dalam waktu satu minggu.

Peserta mini course akan mencicipi pengalaman belajar di RevoU, yakni mengikuti sesi lecture, tanya jawab dan simulasi, hingga turut mengerjakan tugas praktikal yang dapat menambah pengetahuan peserta mengenai digital marketing.

Jadi mereka punya program keseluruhannya sebetulnya. Programnya jenisnya banyak dalam waktu yang bervariasi pula. Nah mini course ini semacam introduction atau pengenalannya gitu.

A. Awal mula bisa belajar Digital Marketing di RevoU Mini Course

Ku akui ini event pertama yang membuatku lebih melek dengan yang namanya SEO (Search Engine Optimization). Meski judulnya pengenalan digital marketing, namun justru ini pembahasannya dari akar banget.

Aku tahu event ini dari iklan atau instagram ads yang muncul d berandaku (ini bagian dari digital marketing tentunya hahaha). Karena menarik, aku ikut deh. Dan memang lumayan juga sebagai landasan pengetahuan dan ada hubungannya dengan blog.

Sebenarnya ini event yang selalu ada, gaes! bahkan mungkin sekarang pun diselenggarakan. Kalian bisa langsung check saja di websitenya.

B. Agenda belajar Digital Marketing di RevoU Mini Course

Mini course ini berlangsung selama kurang lebih satu minggu. Ada beberapa pembicara dan materi yang disampaikan. Sebetulnya ini sudah berlangsung agak lama ya, yaitu pada bulan Februari 2021.

Berbeda dengan event lain, mini course ini menggunakan discord sebagai alat komunikasi antar pesertanya dan panitia. Pesertanya banyak banget, gaes! ratusan hahaha.

Oh iya, anyway untuk yang belum tahu, Discord adalah aplikasi voice chat gratis yang bisa dipakai untuk berkomunikasi. Namun pemaparan tetap menggunakan zoom meeting.

Tapi nggak semuanya bisa dapat sertifikat di sini. Hanya yang mengerjakan test dan memenuhi standar kelulusan aja yang dapat sertifikat. And I got it! Aku aja dapet, harusnya kalau kalian ikut juga dapet hihihi.

revou mini course
Dok. pribadi 2021

Tiap batch event akan mendapat materi tambahan yang berbeda. Saat kloterku, kami mendapatkan materi tambahan SEO Friendly Content PlanningAku akan tulis seingatku nanti ya, cmiiw. Untuk agenda keseluruhan, kurang lebih ini yang kami dapat:

B.1. Pengenalan Digital Marketing

Pada awal pertemuan akan ada perkenalan dan sesi materi dari Co-founder RevoU sendiri, yaitu Razi Thalib. Di sini kami diajak mengulik tentang pengenalan belajar digital marketing:

  • Perbedaan antara organic vs paid channels, acquisition vs retention channels.
  • Memilih channel berdasarkan scalability, targeting, dan customer acquisition cost (CAC)
  • Organic channels: SEO, Social Media Organic, Customer Relationship Management
  • Paid channels: SEM, Social Media Marketing, Display Ads

Pembawaan materinya asik. Jadi saat dipaparkan materinya, peserta langsung paham. But hey, jangan tanya materi ini sekarang. Aku harus buka buku catatan! hehe.

B.2. SEO Friendly Content Planning

Hari berikutnya ada materi tentang SEO Friendly Content Planning oleh Yogy Wardhana & Ilman Akbar. Selain pemaparan materi, di sini kami juga diajak melihat simulasinya juga, jadi ada gambarannya secara praktek.

B.3. Karir Dunia Digital Marketing

Kamu juga akan diajak mengenal tentang tips digital marketing dan tips berkarir dalam dunia digital marketing (namun sesi ini aku skip, nggak ikut sampai habis)

B.4. Sesi QnA

Akan ada sesi tanya jawab tersendiri juga. Di sini biasanya akan memperjelas materi yang telah dipaparkan.

konsep SEO
Dok. pribadi 2021

C. Dapat Insight SEO Friendly Content Planning saat belajar Digital Marketing di RevoU

Aku mendapat banyak insight dalam mini course ini, salah satunya tentang SEO. Pengumpamaan SEO yang unik membuatku terngiang-ngiang sampai sekarang.

Narasumber memberikan sebuah analogi "AnyeonghaSEO". 
Ibarat tamu adalah pengguna SE (search engine). Pertanyaan yang tamu lontarkan adalah keyword. Sedangkan Resepsionis adalah SE (search engine) itu sendiri. Jawaban-jawaban dari pertanyaannya adalah website-website/blog yang ada di office tersebut.

Narasumber juga memberi sebuah penjelasan, mengapa kita harus menggunakan SEO. Berikut adalah jawabannya:

  • Gratis (traffic pencarian di search engine)
  • Membantu meningkatkan penjualan
  • Meminimalisir biaya marketing
  • CAC paling rendah dibandingkan dengan semua marketing channels (setelah 6 bulan)
Narasumber memang sering memberikan analogi-analogi unik yang membuat peserta mudah memahaminya. Analogi lain yang narsum lontarkan adalah tentang search engine.

How does search engine work? Seach engine bekerja seperti spider (laba-laba) yang berjalan di sarangnya, dari satu sisi ke sisi yang lain, yaitu :
  1. Crawling (judul sesuai)
  2. Indexing (di artikel terdapat keyword)
  3. Ranking (kualitas)
SEO friendly
Dok. pribadi 2021

Selanjutnya kami mendapat insight tentang bagaimana SEO bekerja. Steps (how SEO works):
  1. Keyword & competitor research spesifik
  2. On-page optimization (content & technical). Memaksimalkan diri sendiri.
  3. Off-page optimization. Mengoptimasi di luar web. Bentuknya link. Misalnya banyak orang yang promote atau rekomendasikan web kita. Namun tetap harus memiliki kualitas bagus ya!
  4. SEO Measurement
Selanjutnya narasumber melakukan pemaparan mendalam mengenai topik-topik dalam 4 poin tersebut secara teori. Kemudian keesokan harinya narasumber membuat sebuah tutorial untuk prakteknya.

Ku akui mudah sih lihatnya, tapi sulit prakteknya untuk diaplikasikan di blog. Aku pribadi baru betul-betul paham justru akhir-akhir ini. Saat itu hanya paham tapi kemudian lupa hehe.

***

Jadi event ini recommended sih menurutku Walaupun hanya seminggu, tapi materi yang didapat tidak hanya teori, tapi juga praktik berupa live simulation dan case study. Ini sangat membantu peserta dalam belajar Digital Marketing. Grup juga sangat interaktif.

ibu di balik gawai


Nurrahmah Widyawati
Mom of 2, Blogger, 9 Antologi's book author, Digital illustrator, Life long learner • Hi, for details tap page "about me" thanks! :)

Related Posts

14 komentar

  1. Mbaak, baca ini aku jadi pengen ikutan kelasnya. Masih ada lagi nggak yaa kira2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu ada mbak, tapi content SEO ini yang nggak selalu ada. Klik link yang tersemat di paragraf akhir buat cek kelasnya mba

      Hapus
  2. Boleh juga materinya ya mba.. Padat ndagiingg semua euy. Aku jadi ngilerr.. Tapi kalau inget bulan February oh itu aku lagi hectic sama persiapan lahiran wkwk. Semoga next event ada lagi ya mba..bagi-bagi infonyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu ada mbak, cuma tambahan materinya kaya SEO content planing yang aku dapet itu nggak selalu ada. Harus dipantau wkwk. Klik link yang tersemat di paragraf akhir mbak, semoga bermanfaat infonya ;)

      Hapus
  3. kok jadi pengen ikutan ya mbak..aku klik deh itu linknya. ih makanya keren nih mbak Wid ternyata emang udah beriinisiatif duluan yak buat belajar anyeonghaseo ini hahahaha...

    aku suka mbak istilahnya bikin mudah nyantol. aku save ah hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi pas itu aku mumet mba, pahamnya lama wkwk. Baru pas Blogspedia coaching angguk2. Oh jadi ini yg dimaksud itu. Jadi ketemu benang merahnya Wkwkwk.

      Hapus
  4. sebenernya kemaren aku juga dapet di share kelasnya nih, eh tapi telat masuk huhu.. memang bagus banget materinya dari RevoU deh. semoga ada kesempatan lagi buat ikut, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya basic digital marketingnya mantep ya mba. Yang awam jadi melek dan ngerti basic2 yang sebenarnya selama ini sering liat tapi nggak tau nama dan caranya wkwk

      Hapus
  5. Menarik nih kelasnya. Di instagram tuh sering banget banyak tawaran kelas2 menggiurkan. Bikin bingung milih mana, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba bener. Harus sesuaikan kebutuhan ya wkwkwkwk kalau nggak bisa tsunami info. Pusing sendiri

      Hapus
  6. Wah mantep ya materinya. Bikin blogger jadi naik kelas nih. Apalagi belajar ngeblog tuh kayak gak ada habisnya. Banyak banget yg harus dipelajari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba ilmunya selalu update ya :') semangat kitaaaaaa

      Hapus
  7. Klw ikut kelas digital marketing materinya seputar apa saja?
    jd kepo ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mini coursenya materinya seperti yg di atas kak. Paling ada perubahan sedikit. Kalau kelas reguler berbayarnya macem2 bgt materinya. Misal ada kelas 2 minggu, 3 atau 6 bulan gt. Check langsung aja klik link di anchor text paragraf terakhir ya kak "belajar digital marketing". Semangat :)

      Hapus

Posting Komentar