Jurnal Telur-Telur Hijau Pekan-1 (Bunda Cekatan Batch#2 Institut Ibu Profesional)

Setelah singgah di Hotel Asyik (Transcity Harmoni) sembari menaiki Wahana Perahu Kano dan berselancar dengan Banana Boat, tiba waktunya untuk menjelajahi Hutan Kupu-Kupu. Akhirnya memutuskan untuk membuat jurnalnya di blog ini. Sangat excited, bisa masuk kelas lagi setelah kelas Matrikulasi Batch #6 (review klik di sini ) dan Bunda Sayang batch #5 terlewati (Perjalanan kelas Bunsay saya upload di Instagram khusus). Mulai di tahap Telur-Telur Hijau Pekan-1 (Bunda Cekatan Batch#2 Institut Ibu Profesional).
 
Di tahap 1 (kelas telur-telur) ini kami akan belajar mengenal tentang diri sendiri (who am I) dan mengidentifikasi kekuatan diri. Nantinya kami bisa menentukan kebutuhan belajarnya berdasarkan kecekatan di bidang tertentu. Learn how to learn
 

Seorang Ibu dengan segala rutinitasnya, pasti ada suatu hal yang membuatnya bahagia. Dan pastinya berbeda antara Ibu satu dengan yang lainnya, karena setiap Ibu itu unik dan spesial. Selama ini mungkin menjadi biasa saja karena hanya "sekadar" mengerjakan kegiatan secara rutin. Padahal, mengapa sih seorang Ibu harus tetap bahagia? Ternyata disadari atau tidak, denyut nadi keluarga ada pada Ibu. Jika Ibu bahagia, satu keluarga akan bahagia. Jika Ibu tidak bahagia, yang terjadi sebaliknya.

Tapi tak dipungkiri, saya juga terkadang ragu sebetulnya apa yang membuat saya bahagia, apa kelebihan dan kelemahan saya, bakat serta potensi apa yang harus digali dari diri ini? Potensi itu ibarat saat kita diberikan sebuah kertas dan pensil. Kita bisa menggambar dengan benda tersebut, kita bisa melipat kertas tersebut menjadi pesawat, atau kita bisa membuat karya lainnya dengan itu. Itulah potensi.

Saya kemudian teringat, beberapa waktu lalu mengikuti kelas dengan materi "Mengenal Tipe Kepribadian". Ternyata ini ada kaitannya dengan identifikasi kepribadian untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Saat itu saya masuk dalam kepribadian Intim (influence) atau lebih dikenal dengan Sanguinis. Ini memang hanya paramemeter saja, bukan patokan pasti. Karena yang berhak mengkonfirmasi adalah diri sendiri, ini hanyalah alat bantu.

Membahas tentang ini saya juga menjadi teringat tentang NHW (Nice Home Work) saat kelas Matrikulasi. Saat melakukan ST30 test hasil saya menunjukkan potensi di caretaker, communicator, creator, distributor, journalist, marketer, motivator. Hasil yang tidak jauh beda dengan model test lain. Ini bisa menjadi gambaran awal untuk saya.

Dengan mengenal diri sendiri kita menjadi tahu kelemahan dan kelebihan, serta mengetahui hal yang disukai maupun tidak. Kemudian bagaimana dengan bakat? ternyata syarat bakat adalah saat kita melakukannya, kita bahagia. Untuk mengetahuinya memang butuh proses, that's why saya ada di kelas Bunda Cekatan batch#2 Insitut Ibu Profesional sekarang. Hal yang pertama dilakukan adalah membuat list aktivitas. Kemudian membuat kuadran aktivitas sebagai individu, istri dan ibu.

KUADRAN AKTIVITAS

Setelah membuat list aktivitas yang dilakukan dalam keseharian, akhirnya saya bisa mengisi kuadran aktivitas ini untuk bisa mengulik potensi.
 
Bisa & Tidak Suka (PERSINGKAT WAKTU)
1. Membersihkan toilet
2. Mencuci piring
3. Berbelanja & food preparation
4. Menyetrika baju
5. Mencuci baju, menjemur

Tidak Bisa & Tidak Suka (DELEGASI)
1. Public speaking
2. Memimpin (misalnya dalam suatu komunitas)

Tidak Bisa & Suka (PELAJARI)
1. Berkebun
2. Personal care
3. Prencanaan & pencatatan finansial
4. Bisnis
5. Crafting

Bisa & Suka (PERBANYAK JAM TERBANG)
1. Bermain bersama anak
2. Influence lewat tulisan (blog, medsos, buku antologi)
3. Belajar parenting
4. Digital ilustrasi
5. Olah raga
6. Membaca buku
7. Beribadah
8. Memasak & Baking
9. Menyapu, mengepel, bebenah rumah
10. Travelling

Setelah membuat kuadran aktivitas, saya memilih 4 aktivitas dari kuadran suka & bisa sebagai pijakan kekuatan untuk menjadi Bunda Cekatan.


Akhirnya saya memilih 4 pijakan :

1. Bermain bersama anak

2. Influence lewat tulisan (blog, medsos, buku antologi)

3. Digital ilustrasi

4. Memasak & Baking


***

institutibuprofesional
hutankupucekatan
telurhijau
lacakkekuatanmu

 

You Might Also Like

2 komentar

  1. Hi lagi mbak 😊😊😊

    Aku lagi coba buat telur2 sendiri juga lho mbak. Menarik banget sih ya buat pemetaan begini. Jadi lebih mengenal diri sendiri 🤠

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren. betul mbak bisa dicoba sendiri karena ini applicble untuk semua org ga hanya ibu ibu. enjoy the process sama-sama ya ;)

      Hapus

Positive vibes only.