Buku Islamic Montessori 0-3 tahun dan 3-6 tahun karya Zahra Zahira (Review)

  • 3/31/2021 10:13:00 AM
  • By Nurrahmah Widyawati
  • 0 Comments


Buku yang sudah lama ingin direview tapi berdalih nggak sempat. Tapi sekarang mau mencoba lebih rajin untuk bikin review buku-buku (terutama buku anak dan parenting) yang sudah dibeli. Okay, dimulai dari Buku Islamic Montessori 0-3 tahun dan 3-6 tahun karya Zahra Zahira. Sebetulnya buku ini sudah lama dicetak, yaitu tahun 2019. Namun masih applicable kok sampai sekarang.

Aku mulai mengenal montessori sejak tahun 2017/2018 sepertinya. Saat itu masih sedikit informasi tentang metode pembelajaran ini. Belum menjamur seperti sekarang. Meski mempelajarinya hanya dari kulwap, kulzoom, buku, maupun website, namun aku mengakui bahwa metode ini sangat ramah anak. Apalagi muncul Islamic Montessori, yang mengaitkan montessori dengan fitrah anak juga. Jadi aku sangat teratarik dengan ini.

Islamic Montessori 0-3 tahun


Buku ini dipersiapkan sebagai pendamping dalam pembelajaran Montessori Islami. Yang membuat buku ini spesial adalah dalam penerapan aktivitasnya, penulis selalu mengajak anak-anak untuk mengingat kebesaran dan keagungan Allah.

Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya. Sungguh mereka akan menghadapi masa yang berbeda dari masamu (Ali bin Abi Thalib).

Buku ini dikemas menarik dan colorful sehingga benar-benar tidak membosankan. Diawali dengan penjelasan tentang perkembangan 3 tahun pertama anak, Rasulullah dan anak-anak, terdapat juga penjelasan tentang fitrah anak. Baru kemudian dilanjutkan dengan salah kaprah montesosri hingga 10 Filosofi Monetessori.


Buku ini juga berisi tentang penjelasan mengenai tahap perkembangan anak usia 0-3 tahun. Ini membuat para orang tua tak hanya mengaplikasikan ide kegiatan, namun diberi bekal terlebih dahulu agar  lebih optimal saat mengaplikasikan kegiatan.

Tak lupa dalam buku ini juga dijelaskan mengenai 6 cara mengaplikasikan kegiatan montessori. Baru setelahnya penulis menjabarkan tentang ide kegiatan montessori. Ide kegiatannya meliputi aktivitas Islamic Studies, kognitif, motorik, dan bahasa.

Dengan gambar yang colorful dan terdapat pejelasan serta panduan cara presentasinya, membuat buku ini sangat mudah diaplikasikan di rumah. Meskipun beberapa aktivitas membutuhkan material (aparatus) montessori yang asli, namun menurut saya tetap bisa diaplikasikan sebagai inspirasi kegiatan dengan membuat material sendiri di rumah/inspired montessori (jika memang belum bisa membeli aparatus aslinya).

Islamic Montessori 3-6 tahun


Buku ini merupakan lanjutan dari buku sebelumnya (0-3 tahun). Isi dari part awalnya hampir sama dengan buku sebelumnya. Bedanya adalah isi pembahasannya mengenai tahap perkembangan anak usia 3-6 tahun.

Di rentang usia ini ide kegiatannya meliputi aspek Islamic studies, practical life (kegiatan sehari-hari), sensoris, bahasa, matematika, dan mengenal alam semesta. Di bagian akhir buku terdapat form observasi aktivitas anak.

Anak memiliki hubungan dengan lingkungannya yang berbeda dari orang dewasa. Anak menyerap lingkungan di sekitarnya. Hal-hal yang dilihatnya tidak hanya diingat, namun membentuk bagian pada pikirannya. Anak-anak membentuk persepsi dunia dengan apa yang dilihat dan dikenalnya. (Maria Montessori)

Buku Islamic Montessori ini harganya berkisar 110.000 untuk yang 0-3 tahun. Dan berkisar 121.000 untuk yang 3-6 tahun. Namun akan lebih murah saat beli di masa pre-order maupun beli dalam bundling (2 buku sekaligus)

***
Nah buku ini sangat membantu orang tua untuk memahami montessori khususnya yang berkaitan dengan Islamic montessori. Buku ini bisa dijadikan inspirasi kegiatan pembelajaran bersama anak di rumah. Apalagi pandemi seperti sekarang, terkadang bingung ingin melakukan aktivitas bersama anak seperti apa. Buku ini bisa jadi referensi.



 

You Might Also Like

0 komentar

Positive vibes only.