Konsisten Ngeblog dengan Mengikuti #13DaysBlogspediaChallenge

Bulan Maret ini aku mengikuti suatu challenge yang diadakan oleh Blogspedia. Challenge ini memiliki aturan main untuk posting 13 tema dalam satu bulan. Temanya sudah ditentukan. Aku kira mudah, namun ternyata butuh konsistensi dan disiplin. #13DaysBlogspediaChallenge tak semudah yang dibayangkan.

Tentang Blogspedia


Blogspedia adalah suatu wadah informasi & jasa untuk mengulik blog dengan bahasa yang mudah dipahami. Penulisnya disebut Momblogger cupu dan pembacanya disebut Cupuers.

Jasa yang ditawarkan oleh Blogspedia meliputi :
  • Jasa pembuatan toko online
  • Jasa instal template untuk personal blog
  • Jasa penulisan artikel
Dalam Blogspedia juga terdapat banyak artikel yang bermanfaat, tutorial blogging, serta tips menulis.

Challenge 13 Hari Menulis bareng Blogspedia

13 tema yang disediakan untuk challenge meliputi :
  1. Dear Myself : Semacam surat atau self talk kepada diri sendiri di masa lalu atau di masa depan. Intinya untuk memotivasi diri bahwa apa yang sudah kita jalani selama ini luar biasa dan berterima kasih pada diri sendiri untuk terus bertahan dalam kebaikan.
  2. Quote Favorit : Menuliskan satu atau lebih quote favorit yang membuat kita bersemangat dalam menjalani hari-hari beserta alasannya.
  3. Favorit Blog : Ceritakan 1 atau lebih blog-blog yang sering dikunjungi atau memberikanmu inspirasi, beserta alasannya.
  4. Pekerjaan Impian : Punyakah kalian pekerjaan impian, jika punya apakah itu dan jelaskan mengapa. Sudahkah meraih pekerjaan tersebut? Atau daftar tentang pekerjaan yang banyak diimpikan fresh graduates.
  5. Resep Masakan : Tuliskan resep masakan favorit atau resep peninggalan ibu. Jangan lupa sertai foto yang menarik ya.
  6. Review Film/ Drama: Ada film favorit atau mau memberikan informasi drama Korea yang sedang on going dan sejenisnya. Tema ini tempatnya.
  7. Sosok Inspiratif: Tuliskan sosok yang menginspirasimu dalam kehidupan. Dan apa hal yang membuatmu terinspirasi dari sosok tersebut?
  8. Mengasuh Anak di Zaman Now : Kuy saling berbagi tips dan trik mengasuh anak di zaman now dengan segala tantangannya. Yang belum menikah gimana? Boleh lah membuat rencana bagaimana kelak ingin membesarkan anak, atau share pengalaman kakak, tetangga, atau kerabatnya.
  9. Perjalanan Paling Mengesankan : Ceritakan tentang hal-hal terkait perjalanan wisata/ kunjungan ke suatu daerah yang membuatmu berkesan. Atau daftar tempat wisata di kotamu yang bisa dikunjungi.
  10. Harapan untuk Indonesia : Tuliskan cita-cita, harapan dan doa-doamu untuk negeri kita tercinta ini.
  11. Review Buku : Boleh menulis tentang ulasan buku favorit atau daftar buku yang ingin dibaca atau memberikan list rekomendasi buku kepada pembaca blog.
  12. Blogspedia : Tuliskan apa yang teman-teman tahu tentang Blogspedia, jasa-jasa yang bisa didapat dari Blogspedia, atau review blognya.
  13. Tiga Belas : Buat tulisan yang memuat 13/ Tiga Belas, boleh tips, daftar lagu, daftar buku, dll. Berkaitan dengan wedding anniversary.
***
Nah seperti yang terlihat di atas, dari 13 tema hanya ada 11 yang terdapat internal link-nya (silakan di klik). Itu tandanya hanya 11 tema yang dapat diselesaikan selama periode challenge (1-31 Maret 2021).

Ternyata nggak semudah yang dibayangkan untuk konsisten menulis. Namun lewat challenge ini aku belajar banyak hal; tentang disiplin, harus menyelesaikan apa yang sudah dimulai (meski nggak sempurna), tentang komitmen dan banyak sekali yang bisa dipetik insight-nya.

Terimakasih Blogspedia dan Momblogger cupu sudah mengadakan tantangan ini, aku banyak belajar dari challenge ini, terutama karena banyak temannya jadi lebih semangat. Thank you!



You Might Also Like

6 komentar

  1. Mantul kak jadi tambah semangat ya ngeblognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak,karena ada barengannya dan ada temanya :)

      Hapus
    2. Waduh, salah kamar nih saya. Mom semua apa ada Deddy nya mom? Lw Deddy pusing lw udah ikut urusan mom. Sedikit Deddy yang bisa seperti mom, tapi malah banyak mom yang bisa seperti Deddy. Semangat mom. Prok3x

      Hapus
    3. Campur kok. Nggak cuma emak2 yang ngikut challenge ini wkwk. Semua boleh ikut

      Hapus
  2. Keren bisa menulis setiap hari. Butuh semangat dan konsistensi untuk bisa melakukannya.

    Hanya kadang saya sering bertanya, setelah challenge itu selesai, apakah pesertanya tetap menulis setiap hari? Yang saya tahu sih banyak yang langsung melempem dan tidak melakukannya karena ketiadaan dorongan.

    Padahal, sebuah challenge seperti ini pada dasarnya untuk membangun rutinitas dan kemudian menghadirkan kebiasaan agar sang blogger bisa memotivasi dirinya sendiri.

    Saya rasa kalau ternyata si bloggernya melempem, target akhir sebuah challenge seperti ini tidak tercapai karena pesertanya tidak sadar intinya.

    Iya nggak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. WKWKWKWKWK bener bangeeeeet harusnya jadi suatu habit ya, buka malah "HOREEEE DAH KELAR" Makasih ya remindernya :)

      Hapus

Positive vibes only.