Nostalgia Pulau Tidung, Kepulauan Seribu

Hiruk pikuk ibukota terkadang membuat kita ingin melakukan jeda. Menikmati hembusan angin sejuk, desiran ombak pantai, menikmati hamparan alam tanpa bangunan tinggi. Kepulauan Seribu menjadi destinasi favorit untuk 'melipir' sejenak dari crowded-nya Jakarta. Kali ini Pulau Tidung (Kep. Seribu) akan menjadi bahasan tentang sebuah destinasi untuk perjalanan yang mengesankan untukku.

Meskipun pernah menjelajahi pulau lain di Kep. Seribu, perjalanan ke Pulau Tidung tetap menjadi mengesankan karena travelling itu adalah yang menjadi destinasi terakhirku untuk melakukan perjalanan saat masih single (sebelum menikah). Bersama beberapa kawan lain kami menyusuri pulau tersebut selama 2 hari 3 malam di tahun 2015. Mari nostalgia!

Letaknya di Kepulauan Seribu


Kepulauan Seribu adalah salah satu wilayah administrasi yang berada di sebelah utara Kota Jakarta. Meski jumlah pulau yang ada sebenarnya tidak sampai seribu, wilayah ini memiliki sederet pulau-pulau indah dengan daya tariknya sendiri. Wilayah Kepulauan Seribu secara umum memiliki tiga peruntukan, yaitu pemukiman, pariwisata, dan konservasi. Selain itu di kepulauan seribu kamu juga bisa melakukan wisata ilmu pengetahuan, wisata bawah laut, wisata budaya, dan wisata privat.

Pulau Tidung


Pulau Tidung adalah pulau yang cukup populer di Kep. Seribu. Yang membuat pulau ini lebih dikenal dibanding pulau lainnya antara lain :
- Pulau berpenduduk
- Dekat dari Jakarta
- Alam yang mempesona
- Fasilitas lengkap, dll.

Berbicara tentang Pulau Tidung, berarti yang dimaksud adalah dua pulau yang saling terhubung, yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar dimanfaatkan untuk pemukiman penduduk, sedangkan Pulau Tidung Kecil adalah kawasan konservasi alam.

Layaknya permukiman penduduk, Pulau Tidung Besar memiliki fasilitas sosial dan ekonomi untuk menunjang kehidupan masyarakat. Di sepanjang jalan utama, terdapat sekolah, rumah ibadah, sarana kesehatan, kantor pemerintahan, dan rumah-rumah penduduk. Menurut sejarah, pulau ini telah dihuni penduduk sejak tahun 1800an. Ini yang membuat aku amazed sih. Pulaunya kecil, namun tetap memiliki kehidupan layaknya pulau besar. Untuk mencapai daratan di pulau Jawa, mereka juga harus menaiki kapal terlebih dahulu tentunya.

Seperti halnya pulau berpenduduk lain di Kepulauan Seribu, Pulau Tidung dihuni oleh masyarakat yang cukup heterogen. Menurut catatan, penduduk di pulau ini berasal dari beberapa wilayah dan etnis di tanah air, seperti Jawa, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Banten, Bugis, Sumatera, Betawi, Sumbawa, dan Mandar. Jadi, masyarakatnya cukup terbuka kepada pendatang, karena penduduk setempat telah terbiasa berinteraksi dengan berbagai etnis di tanah air.

Pulau Tidung terletak di Kecamatan Pulau Seribu Selatan. Berada di daerah selatan menunjukkan kalau pulau ini dekat dengan Kota Jakarta. Pulau ini adalah alternatif yang tepat untuk liburan singkat, seperti saat weekend. Aku mengambil paket wisata 3 hari 2 malam kala itu, sudah include : tour guide, penginapan, makan, barbeque, akomodasi (kapal penyebrangan & sepeda), water sport seperti snorkling dan banana boat.

Jembatan Cinta, Icon Pulau Tidung


Jembatan Cinta adalah jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Kecil. Konsep jembatan ini bukan hanya sekedar penghubung dua pulau, namun dirancang sebagai spot menarik bagi wisatawan. Jembatan sepanjang 800 meter ini menjadi icon wisata Pulau Tidung sebagai:

  • Spot yang romantis, terutama di kala sunset.
  • Spot photography yang cantik dengan latar belakang lautan lepas.
  • Spot hiburan saat sore hari, karena pengunjung bisa melihat anak-anak setempat mandi di laut dan melompat dari jembatan.
  • Spot adu nyali, untuk wisatawan yang ingin mencoba melompat dari jembatan dan kemudian mandi di laut.
  • Bahkan, daya tarik Jembatan Cinta semakin ‘dibumbui’ dengan cerita-cerita dari mulut ke mulut. Misalnya, ada pengunjung yang percaya bahwa pasangan yang sedang bertengkar bisa akur jika berkunjung ke jembatan ini.

Fasilitas Lengkap


Yang menjadikan wisatawan (termasuk aku) untuk datang ke sini adalah fasilitasnya yang lengkap. Banyak pilihan akomodasi, mulai dari villa, losmen, homestay, hingga cottage setara hotel. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung fasilitas yang kamu inginkan.

Wahana permainan air juga lengkap di sini, beserta tempat penyewaannya (terdapat persewaan peralatan snorkling dan diving). Fasilitas lain, seperti jogging track atau area bersepeda untuk kamu yang ingin menikmati waktu pagi atau sore sambil melihat-lihat pemandangan dan permukiman penduduk setempat. Ada juga fasilitas lain, seperti area parkir, warung makan, dan sebagainya. 

Di sana aku sempat menikmati sunset sepulang dari snorkling, indah! Saya juga bersepeda malam untuk mencapai ke sebuah titik tepi pantai untuk melakukan barbeque (bakar-bakar jagung, ikan, dll). Seru juga ternyata mengelilingi pulau di malam hari dengan bersepeda. Bersepeda saat sunrise juga sangat indah. Matahari yang mulai menyapa, desiran ombak dan sejuknya angin. Membuat relax dan ingin berkunjung kembali.


Kehidupan bawah Laut


Bukan ke Pulau Seribu namanya kalau kamu belum melihat secara langsung alam bawah laut yang mempesona. Namun aku hanya sempat melakukan snorkling di sini, setelah menaiki kapal beberapa saat. Saat itupun bukan waktu yang terbaik untuk snorkling sebetulnya, karena ombak sedang agak besar. Sehingga butuh effort untuk melihat bawah laut dan ikan-ikan yang lucu.

Bermain Water Sport


Kamu bisa mencoba untuk adu adrenalin dengan menaklukkan ombak yang kebiruan di Pulau Tidung. Ombak di kawasan ini terkenal tenang dan aman. Di sana kamu bisa naik sofa boat, banana boat, donat boat, single canoe, double cano, atau bahkan jet ski. Masing-masing memiliki daya tarik dan tantangan sendiri. Namun di sana aku hanya mencoba banana boat. Seru parah!

Jelajah Pulau


Letak pulau yang saling berdekatan menjadi daya tarik sendiri, kamu bisa mengunjungi kedua pulau dalam sekali kunjungan. Saat berkeliling Pulau Tidung  Besar, kamu bisa melihat kehidupan masyarakat setempat secara lebih dekat, berinteraksi dengan masyarakat, dan menikmati panorama alam yang asri. Saat berkunjung ke Pulau Tidung Kecil, kamu bisa menjelajahi area konservasi Hutan Mangrove. Cobalah hunting spot-spot fotografi yang indah di sekitar pulau. Menikmati Pulau Tidung dengan bersepeda sangat asyik. Cobain deh!

Referensi pendukung: https://pulauseribu.co.id/

You Might Also Like

38 komentar

  1. Seruuu..
    Jadi kangen berlibur ke luar kota nihhh, hehehe
    Ehh itu jembatan cintanya tok pejalan kaki ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, sepedanya diparkir, ke situ jalan kaki hehe :)

      Hapus
  2. aku sekali ke pulau tidung sebelum menikah, sekitar 7 tahun lalu. ya Allah lama bgt ya. senang bgt main sepedaan sama main air di sana. ada juga pada loncat di jembatan cinta tapi aku ga berani hehe. sayang dulu blm punya dokemntasi lengkap begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mba! akupun nggak berani. cuma liatin aja hahaha. bener mba setiap travelling harus sedia dokumentasi sekarang biar bisa diabadikan. ini ngubek-ngubek sosmed juga ketemunya :)

      Hapus
  3. Wah bisa snorkling juga yaa.. Mantap si ini, snorkling itu kayak refresh otak liat² langsung macem² ikan.. Aah jadi pengeen

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mbak waktu itu, cuma ombaknya lagi gede, mayan syerem hahaha

      Hapus
  4. Duhh kapan ya bisa kesanaa. Impian banget bisa liburan ke kep seribu. Terus bakar2 ikan di cottege. Hahaha.

    BalasHapus
  5. Wow aku pernah dong ke kepulauan seribu, tapi kayaknya aku nggak ke sini deh ah jadi pengen lagi ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. kepulauan seribu emang pulaunya banyak bgt ya kak. aku juga belum menjelajah semua :)

      Hapus
  6. Baca tulisan Mba, aku jadi berkaca-kaca. Di masa single pernah pengen banget jalan ke sini sama teman, sayangnya nggak kesampaian sampai sekarang. Penasaran banget sama si Jembatan Cinta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuss ke sana mba (dengan protokol hehe), seru juga kok family trip ;)

      Hapus
  7. asyik banget nih jalan-jalan ke pulau tidung. aku belum pernah, huhuhu. padahal pulau tidung udah terkenal dikalangan travel lover. next deh masuk wish list

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, di sini itu pemukiman penduduk juga sih jadi fasilitas lengkap ;)

      Hapus
  8. aku donk baru tahu tahun kemarin kalau kepulauan seribu itu masuknya masih jakarta. Ternyata di jakarta masih ada tempat asri seperti pulau tidung ini yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk iya emang berbanding terbalik sama kotanya ya :D tapi memang masuk jakarta ini daerahnya hahaha

      Hapus
  9. Cakep banget ya tempatnya. Semoga kapan2 bisa punya kesempatan main ke Pulau Tidung ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, iya mba enak buat melipir dari hecticnya hidup wkwkwk

      Hapus
  10. Jadi ikut nostalgia jaman2 masih penganten baru, short escapenya ke Kepulauan Seribu jugaa

    BalasHapus
  11. Meski aku nggak bisa renang, tapi aku suka main ke pantai kak
    pulau Tidung cakep banget ajak ke sana diriku kak. Semoga ada rejeki bisa dolan ke situ

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, snorkling n banana boat pake pelampung kok kak, Insha Allah aman :)

      Hapus
  12. Paragraf pembukannya kesukaanku..menikmati suasana alam yang tenang. Aseli pokoknya hahaha. Alam selalu meninggalkan kesan yang memdalam. Wah asyik juga ya pulau tidung inin. Boleh2 deh masuk list. . Buat liburan keluarga rekoemnded gak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. rekomen mba, karena bisa milih may stay di model kaya gimana, bisa paket macem-macem juga, seru! :)

      Hapus
  13. Kep Seribu itu memang menawan. Dulu sempat ke Pulau Putri, cakep banget. Jadi pengen ke P. Tidung

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku belum pernah ke pulau putri, masukin wish list ah ;)

      Hapus
  14. Tanggung jawab kak, jadi pengen travelling kan jadinya 😭😭😭. Asli dari duli aku pengen banget ke Kepulauan Seribu, pas panas gini, I need vitamin seaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuss diagendakan kak. Pilih pulau yg sepi biar bisa jaga jarak WKWK ;)

      Hapus
  15. Aku terakhir kesini pas manten anyar mom...

    BalasHapus
  16. menarik banget nih destinasinya kak, patut dicoba kalau mampir ke kepulauan seribu

    BalasHapus
  17. saya terakhir ke pulau tidung itu tahun 2012 wah sudah lama sekali ga pernah ke sana lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal ke pulau lain yang masih di kawasan kep.seribu ya kak? :) Apalagi ya yg rekomen...

      Hapus
  18. jadi kangen liburan ke pantai dahhh

    dlu temen pernah cerita pas dia ke pulau tidung, iri liat foto2nya,, huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. soon semoga segera realisasi ya kak, seruuu :)

      Hapus

Positive vibes only.