Jurnal Kupu-Kupu Pekan 1 (Bunda Cekatan Batch 2 Institut Ibu Profesional)

  • 6/12/2021 11:14:00 AM
  • By Nurrahmah Widyawati
  • 2 Comments

Konten [Tampil]
 
tahap kupu kupu



Akhirnya kami memasuki tahapan kupu-kupu pekan 1 setelah melewati tahap kepompong kelas Bunda Cekatan Batch 2 Institut Ibu ProfesionalTahap ini adalah tahap kupu-kupu muda, baru saja keluar dari kepompong. Di sini kami melihat kupu-kupu lain dan juga mengamati warnanya.


Di tahap kupu-kupu ini kami ada di kawah candradimuka. Sebagai pengingat :
1. Lacak kekuatan (tahap telur)
2. Lahap mencari ilmu (tahap ulat)
3. Latih ilmunya (tahap kepompong)
4. Larutkan dalam keseharian (tahap mentorship 8 pekan) 

Di sini kami berproses antara mentor dan mentee. Mengulik apa yang diperlukan, ingin berbagi apa, perlu bertemu siapa. Di sinilah tahap give (mentor) and given (mentee).

Berbeda dengan tahap ulat dan kepompong, di tahap kupu-kupu muda ini kami membantu penyerbukan teman-teman untuk tumbuh. Di tahap ini kami tidak lagi rakus. Berani memutuskan "ini topik menarik tapi tidak tertarik". Di sini juga ada interaksi mendalam, belajar menjadi mentor dan mentee.

Tujuan Mentorship :


  1. Memahami cara meningkatkan kualitas ilmu dan ketrampilannya dengan cara yang baik dan benar.
  2. Membangun kepemimpinan, interpersonal dan pengembangan ketrampilan yang ditetapkannya.
  3. Membantu terhubung secara profesional dengan teman belajar




How to Start?


  • Kami sudah membuat poster dan memasukkannya ke dalam album bursa mentor & juga membuat profil pada fitur mentorship di FBG.
  • Mencari mentor yang cocok dalam bursa mentor, kemudian mengajukan permohonan untuk menjadi mentee.
  • Setelah diterima, program mentorship dimulai.

Sebelumnya saya dipinang oleh 2 mentee untuk menjadi mentornya, namun setelah mempertimbangkan kapasitas diri dan insight dari magika saat Live, akhirnya saya memutuskan untuk memilih hanya 1 mentee. Saya ingin memberi kesempatan kupu-kupu lain untuk merasakan juga menjadi seorang mentor.

Pekan-1 Saling Mengenal


Di pekan 1 ini kami baru saling mengenal satu sama lain. Kami memperkenalkan diri masing-masing, memaparkan alasan bergabung menjadi mentor dan mentee, maupun berbicara tentang tujuan yang ingin dicapai selama program ini. Kami juga membicarakan tentang platform komunikasi yang lebih nyaman serta waktunya.

Saya senang memiliki kawan baru karena saya belum mengenal mentor & mentee saya ini sebelum program ini berlangsung. Selain berkenalan tentang asal tempat tinggal, kami juga ngobrol tentang hobi, pengalaman profesional, serta agenda sehari-hari dan obrolan lain yang nyaman untuk dibicarakan.





Mentor saya


Dia adalah mbak Afriza dari Depok. Mbak Iza adalah seorang freelence writer setelah resign dari profesinya sebagai seorang jurnalis sebuah surat kabar. Kami sama-sama emak beranak 2.  Kegiatan sehari-hari kami, hectic-nya, kurang lebih sama hehe. Thanks mbak Iza sudah bersedia jadi my mentor :)

Karena dalam flyer mentor mbak Iza terdapat beberapa hal yang bisa diulik, akhirnya saya bertanya tentang perbedaan antara penulisan jurnalistik, content writer, SEO writing, serta creative writing. At the end, saya memutuskan untuk mengulik tentang penulisan jurnalistik dan SEO writing untuk kebutuhan saya ngeblog.

Saya memilih ini sebagai bagian dari peta belajar saya yaitu menulis blog sebagai healing saya, sehingga saya membutuhkan ilmu untuk menulis secara efektif dan berdampak. Beberapa bulan belakangan saya juga mulai serius sebagai blogger. Dengan beberapa kali mengikuti lomba dan menulis artikel sponsor. Saya ingin mendalami kepenulisan sehingga memilih mbak Iza sebagai Mentor.

Mentee saya


Dia adalah mbak Hesti dari Malang. Dari mindmap-nya mbak Hesti menuliskan goals sebagai seorang blogger. Happy dapat teman blogger baru nih, jadi bisa belajar bareng.

Kegiatan sehari-hari mbak Hesti sebagai emak beranak 2 juga sama kaya saya. Semoga as a mentor saya bisa bermanfaat dan membantu mbak Hesti untuk berkembang menjadi sesama blogger ya mbak :) bismillah.


***

Pengalaman untuk mengosongkan gelas saat menjadi mentee dan bertanggung jawab saat menjadi mentor adalah hal yang menyenangkan. Semoga bisa berjalan beriringan.















You Might Also Like

2 komentar

  1. Emang seru banget kelas ini ya mba.. ilmunya nyata dan kudah dipraktekkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, semoga bisa bertumbuh menjadi lebih baik dari kelas ini :)

      Hapus

Positive vibes only.