Ibu di Balik Gawai Nurrahmah Widyawati

Self Healing dengan Menggambar Digital Menggunakan Android

24 komentar
Konten [Tampil]

self healing dengan menggambar
Self Healing dengan Menggambar Digital Menggunakan Android - Sebelumnya aku pernah membahas tentang Art Therapy di blog ini sembilan bulan yang lalu. Wah, lama juga ya.

Di dunia psikologi, terapi seni merupakan sejenis psikoterapi, teknik konseling, dan program rehabilitasi yang menganjurkan orang membuat karya seni untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental dan emosional mereka.

Namun dalam kegiatan art therapy ini, si terapis seni adalah orang yang terlatih yang sering kali memiliki gelar master atau doktor di bidang psikologi, konseling.

Nah, masalahnya kalau hanya ingin self healing sendiri di rumah dengan menggambar namanya apa dong? Jawabannya adalah Expressive Art.

Jadi yang dimaksud di sini adalah menggambar bebas yang mencerminkan kamu di saat ini. Nggak ada gambar yang  jelek, di aktivitas expressive art ini setiap goresan memiliki makna. Baiknya sih pakai media kertas dan pewarna yang langsung menggunakan otot tangan ya.

Namun beberapa bulan belakangan ini aku menemukan self healing dengan caraku sendiri. Apa itu? Aku menemukan kebahagiaan saat menggambar digital menggunakan ponsel android.

Apa itu Self Healing?

Self healing menjadi upaya yang dilakukan diri sendiri untuk menyembuhkan diri sendiri (dari luka batin).

Di bawah ini adalah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan self healing:

  • Menulis
  • Self-talk
  • Berlatih mindfullness
  • Meningkatkan self-compassion
  • Menulis ekspresif
  • Exprssive art (menggambar, mewarnai)
  • dan lain-lain

Kali ini aku akan mengajak kalian untuk menggambar digital bersama!


Menggambar Digital Menggunakan Android

Untuk yang mengikuti akun sosial mediaku, beberapa nggak asing ya dengan ilustrasi digital yang aku upload. Banyak yang mengira aku memiliki alat tempur ala ilustrator handal wkwk (aamiin).

But no, aku hanya menggunakan Hp andorid lokal. Bahkan di awal belajar aku hanya menggunakan jari. Sekarang ini aku pakai stylus. Stylusnya pun murah gaes, yang ada di market place aja. Search deh dengan keyword "stylus android" hihihi.

Jadi intinya, bukan masalah alat tempur apa yang kamu punya, tapi skill dan 'rasa' saat kamu menggambarnya. Don't be insecure!

Ada banyak platform untuk menggambar digital, yaitu:

  • ibis Paint X
  • Adobe Illustrator Draw
  • Sketchbook
  • MediBang Paint

Sebetulnya masih banyak lagi sih kalau mau ngulik mah. Beberapa temanku sih karena pakai alat tempur iPad, jadi mereka pakai aplikasi Procreate. Tapi jangan harap ini ada di Hp ya hehe.

So, platform yang menurutku ternyaman untuk menggambar di hp jatuh kepada MediBang Paint.


Mengenal Fitur Dasar MediBang Paint

MediBang Paint adalah program melukis digital dan pembuat komik yang ringan dan GRATIS dengan beragam kuas, font, latar belakang jadi, dan sumber daya lainnya.

MediBang Paint ini tersedia untuk Windows, Mac OS X, Android, dan iOS. Aplikasi ini menggunakan penyimpanan cloud agar pengguna dapat memindahkan karya mereka antar platform dengan mudah.

Versi Androidnya memungkinkan ilustrator menggambar di mana pun mereka inginkan sambil tetap mempertahankan semua fitur versi desktop dari peranti lunak ini.

1. Yang pertama, kamu harus download terlebih dahulu aplikasinya di Playstore dengan kata kunci "MediBang Paint".

2. Setelah download dan dibuka, maka tampilan awalnya seperti ini:

self healing dengan menggambar
3. Setelah memilih 'new canvas' maka akan muncul tampilan berikut:

aplikasi  menggambar di hp

4. Setelah kamu atur semuanya dan memilih 'create' maka akan muncul canvas tempat kamu menggambar:

fitur medibang paint

5. Di sini kamu bisa lihat penjelasan lebih detail tentang fitur warna dan layer:

self healing dengan menggambar


Kunci dari belajar menggambar digital dengan MediBang Paint ini tentunya ada di konsisten. Konsisten untuk mau mengulik lebih dalam fitur-fiturnya, serta mau spend waktu untuk menambah jam terbang.

Kalau aku pribadi hanya dua kali ikut kelas menggambar sih, itupun bukan spesial mengulik MediBang Paint. Akupun nggak ikut join grup-grup ilustrator. Ya, karena aku awalnya menggambar sebagai self healing aja hehe.

Inspirasiku biasanya datang dari khayalan sendiri (sketsa ngasal) dan sering juga safari ke akun para ilustrator profesional di Instagram.

Nah, penjelasan di atas tentunya masih dasar ya, kamu bisa mengulik lebih jauh setelah punya aplikasinya dan coba sendiri. Jadi ternyata bisa lho menggambar hanya dengan hp yang kamu punya, nggak perlu iPad, wacom, dll.

Bahkan kamu bisa Self Healing dengan Menggambar Digital Menggunakan Android kamu itu. Selamat mencoba! :)

ibu di balik gawai


Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, dan kehidupan sehari-hari | Digital Art Enthusiast :)

Related Posts

24 komentar

  1. Hmm.. lengkap nih ulasan dan tutorial alat menggambar onlinenya. Cobain Medibang Paint, ah.

    Saya setuju dengan hasil akhir sebuah ilustrasi tak hanya bergantung alat canggih, bahkan mahal. Tapi unsur seni dalam diri sendiri dan jiwa kreatifitas juga sangat menentukan. Btw.. gambar di blognya, ciamik, kak!.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes kak bener bgt :) thank you dah mampir kak.

      Hapus

  2. Aku tuh suka gemes sama kartunnya blog ini. Di IG juga. Lucu bangettt. Tapi mau niru bikin gak bisa, wkwk. Emang gak punya dasar jiwa seni sih, kaku banget kalo nggambar haha

    Jadi, avatar blog ini hasil dari medibang mbak? Eh avatar bukan sih namanya? Yang jadi gambar di profil juga, tau kan maksudku ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mba hehehe ;) sebenernya semua orang bisa mbak, asal jam terbangnya aja dibanyakin. Makasih ya dah mampir ;) selamat mencoba jugaa wkwk

      Hapus
  3. Berasa banget ilmu yang di kasih mba Widya ini. Aku sampai sekarang masih pinisirin dengan medibang paint ini, ngulik-nguliknya emang spending time banget.

    Emang beda lah orang yang punya jiwa seni ma yang kagak. Ibarat, sekali bersin aja, eh sudah jadi karikatur yang lucu. Makasih mba Widya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk andai sekali bersin beneran bisa bikin karya. Pas flue karyanya banyak ya mba ilustrasinya wkwkwk :') makasih banyak ya Momqueen dah join kelas MediBang basic kmrn, semoga bisa dipetik manfaatnya ;)

      Hapus
  4. wah menarik banget MediBang Paint, pingin coba ah

    saya sering menggambar bareng keponakan2 dan rasanya exciting banget

    BalasHapus
  5. lengkap banget mb penjelasannya. aku penasaran, tapi apalah daya memori hp penuh! haha jadi belum bisa download dan coba-coba app nya nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa-apa mbak, kira seru-seruan aja wkwkwk lagian kemarin bahas stylus malah yang lebih seru :')

      Hapus
  6. Yeayyyy muncul jiga artikel yg membuat aku jadi lebuh kenal fitur dasar medibang hwkakkakakaa

    Makasih y ibuk dibalik gawai mainan barunya..kalo lago sumpek buka aja medibang terus coret2 deh...agak tersalurkan emosinya hakakakaka


    Keren si ibuk atu ini. Luve deh

    BalasHapus
  7. Baru tahu aplikasi yang ini. Tahunya ibis paint saja. Apa ini juga gratis mbak. Tapi lebih enaknya pakai tablet gitu ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gratis mbak :) ada pro-nya juga kayanya, cuma so far aku pakai gratis aja dah cukup hehe. Aku pake hp android biasa mb :)

      Hapus
  8. Lucu bangett deh mbaa asliii hihi <3 jadi pengin ikutan nyoba belajar juga nihh akuuu huhu.
    dulu aku seringnya gambar di kertas, pernah coba gambar di wacom tuhhh bedaa banget jadi jelek mbletot2 kesana kemari wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada punya basic nih mbak kalau dah biasa nggambar di kertas ;) kalau digital mainnya jam terbang mbak lama-lama nggak mbletot wkwk. Aku malah belum pernah nyoba wacom :(

      Hapus
  9. Jujur, ini sih keren menurutku mbak Wid. Self healing yg berfaedah. Bisa aja jadi hobi atau malah hasilikan cuan hehe

    BalasHapus
  10. self healingku juga gambar dan mewarnai, suka langsung hilang aja itu masalah-masalah kalo udah asik gambar

    BalasHapus
  11. suka banget kalau lihat orang-orang pada bikin gambar pakai medibang. Tapi aku sendiri belajar masih belum nyampe sepertinya ilmunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus berkali-kali nyoba mbak lama-lama terbiasa ;) hehe

      Hapus
  12. adik aku biasa pake ibis, tapi aku belum pernah cobain
    dan ternyata ada juga medibang, kalau medibang baru tau ini
    next time aku mau utak atik juga ahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat utak atik kak ;) aku pernah coba Ibis tapi karena gak terbiasa jd susah wkwkwk

      Hapus

Posting Komentar