Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Kegiatan Kreatif untuk Anak TK: Masak Seru Bareng Ibu pakai Miyako x Rinnai

34 komentar
Konten [Tampil]
Masak Seru Bareng Ibu

Bicara soal kegiatan kreatif untuk anak TK, aku happy banget deh di sekolah anakku setiap hari Rabu kegiatan sentranya adalah memasak. Aktivitas ini tidak hanya sekadar kegiatan membuat makanan. Lebih dari itu, memasak memiliki banyak manfaat. Apalagi jika memasak menggunakan produk dari Miyako x Rinnai. Produk yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya!

Selain di sekolah, anak-anakku juga suka membantuku memasak di dapur. Jadi ingat dengan kolaborasi Miyako x Rinnai yaitu "Masak Seru Bareng Ibu". 

Jadi Miyako dan Rinnai dalam misinya memenuhi kebutuhan produk peralatan rumah tangga untuk keluarga Indonesia, menghadirkan foto kompetisi di Instagram. Adapun kolaborasi ini dalam rangka merayakan hari Ibu, Natal dan Tahun Baru 2023.


Campaign Miyako x Rinnai "Masak Seru Bareng Ibu"

1. Kompetisi Foto Instagram

Kompetisi foto dalam campaign ini berlangsung sejak tanggal 1 Desember 2022 -1 Januari 2023. Masih ada waktu nih, parents. Yuk abadikan momen bahagia bersama buah hati tercinta!

Kompetisi ini juga bertujuan agar para Ibu dapat berbaur dengan anak-anak sekaligus memberikan edukasi kegiatan kreatif dan positif yang bisa dilakukan dari rumah saja. Jadi hal tersebut menambah keseruan Hari Ibu dan bisa dilanjutkan dalam keseharian.

Kegiatan Kreatif untuk Anak TK

Hal ini sejalan dengan pernyataan dari Maurine Mawardi (Marketing Communication Miyako), yaitu dengan kegiatan masak seru bareng Ibu ini maka anak-anak tidak terus menerus terpapar gadget dan bisa menyerap hal positif selama di dapur bersama Ibu.

Sejalan juga dengan Miyako dan Rinai yang ingin mengajak para Ibu untuk terus semangat dalam menjalankan perannya sebagai "Super Mom" yang selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga.

2. Live Cooking Demo

Selain kompetisi foto di media sosial, Miyako x Rinnai juga mengadakan Live Cooking Demo. Acara ini dilaksanakan pada 23 Desember 2023 dengan dua sesi, yaitu pukul 09.00-10.00 WIB dan dilanjutkan sesi berikutnya pada pukul 14.00-15.00 WIB di instagram Miyako (@miyako_indonesia).

Puncak dari kompetisi "Masak Seru Bareng Ibu" adalah para pemenangnya akan mendapat kesempatan memasak bersama Chef Norman Ismail secara langsung di studio Miyako x Rinnai.


Serunya Kegiatan Kreatif untuk Anak TK di Rumah Aja

Kegiatan campaign di atas bisa parents ikuti dari rumah saja ya. Jadi semuanya bisa join nih ^^

Memang selama pandemi, semua orang hampir berkegiatan di rumah saja. Bahkan sekolah juga dilakukan secara daring. Meski sekarang sudah memasuki new normal, namun tidak dipungkiri bahwa virusnya masih mengintai di sekitar kita.

Aku sendiri sekarang lebih suka bepergian ke tempat wisata/ke tempat yang cenderung sepi, atau bahkan menghabiskan waktu dengan keluarga di rumah saja. Beraktivitas lebih banyak di rumah menciptakan bonding tersendiri untuk keluarga lho, terutama anak-anak.

Nah, anak pertamaku ini sudah bersekolah di jenjang TK. Untuk adiknya masih berusia 3.5 tahun. Kira-kira kegiatan kreatif untuk anak TK apa saja ya, parents?


Contoh Kegiatan Anak TK di Rumah

Ada beberapa kegiatan yang bisa parents lakukan dengan anak di rumah, yaitu meliputi:

  1. Mewarnai
  2. Menggambar
  3. Berkebun
  4. Membaca buku
  5. Baking
  6. Bermain permainan tradisional (sunda manda, lompat tali, petak umpet, dll)
  7. Permainan sensori (malam, pasir kinetik, playdough, slime, dll)
  8. Melipat origami
  9. DIY/membuat prakarya (membuat strap masker, gelang nama, gantungan kunci, dll)
  10. Karaoke/bernyanyi bersama
  11. Dancing
  12. Bermain peran/role play
  13. Bermain alat musik
  14. Percobaan ilmiah sederhana
  15. Recycle barang bekas
  16. Memasak bersama

Tentu masih banyak lagi aktivitas kreatif yang seru lainnya untuk dilakukan bersama anak di rumah. Bahkan kegiatan tersebut sebetulnya bisa dilakukan untuk semua usia lho, parents!

Kegiatan kreatif di atas juga memiliki banyak manfaat, meliputi melatih kemampuan motorik sensorik, melatih problem solving, sosialisasi, pengembangan diri, mengasah emosi, serta sebagai stress release.

Yang paling penting dari kegiatan di atas sebetulnya adalah membangun bonding keluarga menjadi optimal. Sehingga rumah bukan hanya tempat tinggal, namun juga tempat kembali pulang yang penuh dengan kebahagiaan dan keseruan antar anggota keluarganya.


Manfaat Memasak Bersama Si Kecil

Anakku memiliki banyak cita-cita. Hal yang wajar sih mengingat dirinya masih TK, masih eksplorasi banyak kegiatan dan berbinar-binar dengan banyak aktivitas.

Kegiatan Kreatif untuk Anak TK: Masak Seru Bareng Ibu pakai Miyako x Rinnai

Namun salah satu cita-cita yang konsisten dia sebutkan adalah sebagai Chef. Wah harus bisa masak dong ya? Oleh karena itu, aku sering mengajaknya berkegiatan di dapur nih.

Parents tahu tidak? Memasak bersama si kecil ternyata memiliki banyak manfaat lho, antara lain:

  1. Meningkatkan rasa percaya diri pada anak.
  2. Berlatih matematika dasar, misalnya saat menakar bahan makanan, menimbang, dll.
  3. Mengajarkan sains, misalnya pencampuran warna, reaksi pencampuran bahan makanan, dll.
  4. Melatih kemandirian anak.
  5. Menstimulasi panca indera anak dengan optimal.
  6. Mengajarkan anak untuk menghargai makanan.
  7. Meningkatkan bonding anak dengan orang tua.
  8. Mengajarkan disiplin dan tanggung jawab, ajak anak membereskan dapur.
  9. Mengajarkan anak higienitas makanan.
  10. Mengajarkan anak bekerjasama dalam tim.
  11. Belajar manfaat dari kandungan bahan makanan, misalnya kandungan sayur, buah, dll

Banyak ya manfaat berkegiatan masak bersama si kecil? Kali ini, aku dan anak-anak sedang memasak Ayam Goreng Ungkep Nenek. Jadi ini resep khas neneknya anak-anak di kampung halaman.

campaign Masak Seru Bareng Ibu pakai Miyako x Rinnai

Untuk menghaluskan bumbunya, biasanya aku menggunakan blender dari Miyako. Betul-betul halus dan memudahkan kami saat memasak. Lebih "sat set".

Anak-anak juga membantu membersihkan ayam, memotong bahan masakan, mencuci, hingga mengaduk-aduk masakannya di wajan. Kompornya tentu pakai Rinnai dong.

Jadi, untuk menunjang aktivitas si kecil di dapur, aku memang menggunakan produk berkualitas dari Miyako dan Rinnai. Bahkan sudah dari masa ke masa.


Masak Pakai Produk Miyako dan Rinnai dari Masa ke Masa!

Dari zaman neneknya anak-anak sampai sekarang, kami banyak menggunakan produk Miyako dan Rinnai.

Ngomong-ngomong soal Miyako, ternyata produk ini berada di bawah naungan PT. Bhakti Idola Tama. Miyako berkomitmen memberikan kontribusi positif untuk menyediakan produk rumah tangga dengan harga terjangkau namun dengan standar kualitas tinggi dan desain estetik.

Sepakat sih, so far produk Miyako yang aku pakai itu harganya memang terjangkau dan worth to buy. Produknya juga awet banget, ini terbukti bahwa kualitasnya memang sangat terjaga. Desain dan juga warnanya juga cantik-cantik.

Miyako ini memiliki banyak produk di pasaran, seperti Magic Warmer Plus, Blender, Kipas Angin, Water Dispenser, Mixer, Kompor Gas dan Regulator Gas. Miyako memiliki kurang lebih 1000+ dealer yang menjual produknya di pasar tradisional, pasar modern, hingga e-commerce.

Miyako kini juga telah didukung dengan jaringan distribusi serta pelayanan After Sales Service yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi produknya mudah didapat, pelayanan paska pembeliannya juga mudah nih, parents!

Nah, jadi ingat nih. Saat awal kuliah, aku bingung mencari rice cooker yang terjangkau namun kualitasnya bagus, namun butuh yang ukurannya kecil. Ya, karena untuk penggunaan sendiri di kamar kost. Akhirnya bertemulah dengan Rice Cooker Miyako yang berwarna biru putih kecil itu.

Aku pakai dari awal masuk kuliah 2010 hingga punya dua anak masih bisa dipakai lho. Rusaknya justru kebanting saat loading sewaktu pindahan antar kota karena packing-nya tidak well dan bapak-bapak yang loading kurang bertanggung jawab (so sad). Padahal Rice Cooker Miyako yang itu penuh kenangan.

Masak Seru Bareng Ibu pakai Miyako x Rinnai

Barang lama yang masih awet lainnya adalah blender Miyako. Seperti yang ada di foto tersebut, berwarna hijau dengan gelas blender berbahan kaca.

Aku suka banget blender ini, karena kekar, awet, mudah dibersihkan, pisaunya juga tajam. Ini hadiah dari teman sewaktu wedding day. Sampai sekarang masih aku pakai lho, kira-kira sudah 7 tahun, hehe.

Kalau di rumah Ibuku (di kampung halaman) malah lebih banyak lagi produk Miyako bertengger di rumah beliau, dan semuanya awet.

Selain itu, untuk menunjang dunia dapur, aku juga setia dengan Kompor Rinnai. Ini kayanya kompor sejuta umat deh. Secara nih, di rumah keluargaku hampir semua merk-nya ini, hehe.

Rinnai adalah merk global dengan kualitas ternama dari Jepang yang telah beroperasi di 15 negara seluruh dunia, seperti Korea, Guangzhou, Shanghai, Taiwan, Singapura, Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Amerika Serikat, Inggris, Brazil, Italia, Selandia Baru dan Australia. 

Rinnai ini produknya berupa peralatan dapur dengan kualitas baik dan inovatif serta teknologi terkini, meliputi kompor listik, kompor gas, pemanas air serta oven.

Rinnai sendiri masuk di Indonesia sejak 1979, pabrik pertamanya di Cikupa, Tangerang. Rinnai Japan Corporation didirikan oleh Mr. Hidejiro Naito dan Mr. Kenkichi Hayashi.

Anyway, Rinnai sendiri sudah mendapatkan beberapa penghargaan lho, seperti Indonesian Customer Satisfication Award (ICSA) 2008-2013, Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2007-2018, No.1 Choice Award for Indonesian Woman Survey 2012 dan 2013, Indonesia's Most Favorite Woman Brand 2012, iDea Rumah Award Reader's Choice 2014 untuk kategori Kitchen Appliances dan Water Heater.

Wah banyak sekali ya penghargaannya. Jadi tidak mengherankan kalau produk Rinnai memang disukai banyak "emak-emak" terutama untuk melengkapi peralatan dapurnya.

Honest review nih, untuk kompornya memang super duper awet si Rinnai ini. Nyala apinya juga biru dan merata. Selain itu, yang paling penting adalah harganya terjangkau. Desain kompor Rinnai juga elegan dan mudah dibersihkan juga. Bikin dapur juga elegan dan cantik.

Jadi dengan produk dari Miyako dan Rinnai, aktivitas masak bareng si kecil semakin mudah, praktis dan menyenangkan!


Penutup

Jadi, yuk tambah keseruan Hari Ibu dengan mengikuti campaign "Masak Seru Bareng Ibu". Untuk informasi lebih lanjut, parents bisa mengunjungi www.miyako.co.id untuk website dan Instagram @miyako_indonesia. Kunjungi juga Instagram @rinai_indonesia.

Dimulai dari Rinnai dan Miyako sebagai Teman Wajib Anda, kita bisa melakukan kegiatan kreatif untuk anak TK di rumah aja nih! Yaitu dengan Masak Seru Bareng Ibu pakai Miyako x Rinnai! ^^

Masak Seru Bareng Ibu pakai Miyako x Rinnai
Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

34 komentar

  1. Setuju mbak, Rinnai dan Miyako ini bisa dikatakan harganya merakyat. Peralatan emak masa kini lah pokoknya.

    BalasHapus
  2. Kayaknya dulu pas masih tinggal sama orang tua juga kebanyakan perabotan masak dari Miyako dan Rinnai. Produknya bagus dan awet ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba :) di kampung halaman juga pakenya seputaran itu. Jadi kebawa sampai sekarang wkwk

      Hapus
  3. Sip boleh juga ide kegiatan kreatif anak TK untuk bekal permainan anak selama libur nih. Aku mesti gugling dulu Sunda Manda itu Paan buk? Kudet banget permainan tradisional haha
    Btw setuju nih kalau masak itu bisa menjadi momen menyenangkan buat anak-anak. Baru sadar Kenapa anak-anak tuh tertarik sekali dengan dunia masak. Rupanya emang banyak manfaatnya ya. Apalagi kalau pakai produk Miyako dan Rinnai nih. Emang mantul mendukung aktivitas di dapur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engklek itu loh, pasti kita beda penyebutannya. Aku Jawa Tengah, kamuh ujung Sumatera sana hahahaha. Anak-anak join masak berasa join di playground ya bun ^^ wkwkwk

      Hapus
    2. Omaigaat Ujung Sumatra hahaha.. Iyaa iyaaa sih😅

      Mereka berbahagia sekali bisa uprek-uprek dapur bareng emaknya. Seneng deh sama momen masak bareng Ibu gini emang bisa sekalian memberikan edukasi kegiatan kreatif.

      Hapus
  4. Wah keren banget nih, bareng Miyako dan Rinnai bisa bikin anak jadi si kecil-kecil pinter masak.
    Ini benar-benar keren juga emaknya, anak TK dah diajarin masak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cheff sejak dini pak ^^ wkwkwk memang bener manfaat di dapur sama anak banyak banget

      Hapus
    2. Nah bener banget tuh mbak. Cheft dini. Moga beneran bisa jadi cheft internasional

      Hapus
  5. Masya Allah gemesh bgt sih duo shalihah nya ibuk satu ini. Kak nasha hebat bgt jago di banyak bidang kayak ibunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masha Allah Tabarakallah ^^ do'a yang baik-baik aku aamiin-kan ya buk. Do'a terbaik juga untuk dirimu sekeluarga...

      Hapus
  6. Hwkakakaka... kompor sejuta umat haha. Bener2 sih ...haha..btw aku kok jadi mupeng sama topi dan apronnya lucu...kembaran gitu.anak makin semangat brkegiatan di dapur ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya ini pas market day sekolah si kakak pingin beli jadi properti, eh pas bgt nih buat rutin masak-masak seru bareng Ibu di rumah ;)

      Hapus
  7. Btw ide kegiatannya banyak nih bisa di contek ya

    BalasHapus
  8. Gagal fokus ah sama koki ciliknya. Mudah2an cita2 nasha jadi koki tercapai ya. Semangat terus anak manis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masha Allah tabarakallah, makasih tante ^^

      Hapus
    2. Keren lho yaa sudah bisa menentukan cita2 padahal masih kecil. Aku umur segitu kayaknya belum deh wkwkwk

      Hapus
  9. Masyaallahu Mbaa ... Cantik banget kostumnya, mamahnya bener2 kreatif, nih, tambah lagi masaknya pake kompor Rinnai ya mba...aman nyaman buat anak2 ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe kebetulan mereka emang dah punya apron mba, buat masak2 bareng di rumah

      Hapus
  10. Banyak pilihan melakukan aktivitas seru bareng ibu dan anak dirumah ya mbak. Apalagi masak, banyak hal yg jadi sarana belajar. Lanjutkan mbak, Rinnai dan Miyako ini tepat bgt siii,mendukung kegiatan ibu dan anak dan dilombakan pula. Memorable bgt

    BalasHapus
  11. Seru sekali aktivitas memasak bareng anak. Apalagi, anak sudah ada aktivitas memasak di sekolah. Waah keren sekali pengembangan diri anak makin optimal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, ada agenda sentra masak tiap Rabu di sekolah si kecil ^^

      Hapus
  12. seruu yaa kak masak bareng anak2, pokoknya kalau pakai Rinnai aman dan nyaman hehehe

    BalasHapus
  13. Seru liatnya masak bareng anak-anak, walaupun masih usia TK. Ternyata banyak manfaatnya ya mengajak anak belajar memasak semenjak usia dini

    BalasHapus
  14. halooo chef nashaaa.... aku boleh minta resep ayam ungkep neneknya? soalnya resep ayam ungkep bumbu racikku ga bikin nafsu makan anak2 wakakaka

    BalasHapus
  15. Uhuuy, chef nasha mau dong aku dimasakin juga. Makanannya dikirim ke rumahku juga boleh lah chef nasya, ya kira-kira makanan yang aman dikirim-kirim hehehe

    BalasHapus
  16. Duh, aku salfok sama kostumnya Nanya mbak, hehehee...
    Anak wedok juga seneng banget kalau diajak masak bareng ibu atau neneknya. Cuman sifat kritisnya itu yang kadang bikin ibunya kewalahan... Btw, miyako + Rinnai tuh pasangan serasi yang sudah melegenda sejak jaman dahulu kala ya...

    BalasHapus

Posting Komentar