Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Intip Resep Kecap Bango : Hidangkan Resep Kuliner Legendaris FJB di Rumah!

48 komentar
Konten [Tampil]

Resep Kecap Bango

Apakah ada yang suka sekali kecap seperti aku? Rasanya hampir semua masakan, kurang lengkap rasanya tanpa kecap. Oleh karena itu aku sering mengintip resep kecap bango untuk masak-masak di rumah. Pas banget nih, kemarin baru saja terselenggara event bertajuk: "Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumah!"

Ngomong-ngomong soal kuliner legendaris nusantara, sudah berapa banyak yang kamu coba? Atau seberapa banyak yang sudah kamu tahu?

Ternyata ada sekitar 3.259 ragam kuliner yang ada di Indonesia, dan baru segelintir di antaranya dikenali oleh masyarakat (termasuk aku sih). Jadi dengan ini, Bango mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terus mengeksplorasi, mencoba, dan menghidangkan masakan Indonesia untuk kelestarian kuliner Indonesia dari generasi ke generasi. 

FJB alias Festival Jajan Bango adalah event tahunan yang selalu ditunggu-tunggu pecinta kuliner. Nggak heran deh FJB kemarin dihadiri sekitar 97 ribu orang. Dan tahukah kalian jika kurang lebih 120 ribu porsi telah habis dinikmati para pecinta kuliner? Wow!

FJB juga ternyata sudah rutin diselenggarakan sejak tahun 2005 lho! Meskipun saat pandemi 2 tahun terakhir FJB dihadirkan secara online, akhirnya kemarin terlihat antusias masyarakat untuk bisa merayakan hadirnya FJB pada 28-30 Oktober 2022 lalu.

Jadi, untuk melanjutkan kesuksesan penyelenggaraan Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 “Kenali Rasanya Indonesia”, Bango terus melanjutkan semangat pengenalan aneka kuliner otentik nusantara nih ke masyarakat Indonesia.

Pada hari Selasa, 6 Desember 2022 kemarin Bango berkolaborasi dengan Chef Ragil Imam Wibowo akhirnya menggelar acara Media & Community Gathering dan Live Cooking Demo bertema “Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu”.

Resep Bango Daging Sapi

Event ini bertujuan untuk menyebarluaskan dua resep kuliner unggulan di FJB 2022, yaitu Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung. Harapannya sih agar Ibu di rumah bisa mudah mengolahnya dan menyajikannya untuk keluarga di rumah.

Adisty Nilasari selaku Senior External & Digital Communication Manager PT Unilever Indonesia, Tbk. menyampaikan juga tentang pentingnya masyarakat untuk terus mengeksplorasi aneka kelezatan kuliner nusantara. Sehingga diharapkan dapat mengapresiasi dan melestarikan kekayaan kuliner yang kita punya.

Selain itu, Adisty juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini diharapkan akan membangkitkan semangat para Ibu untuk terus mengeksplorasi, mencoba, dan menghidangkan aneka resep kuliner legendaris ala FJB di rumah, sebagai bagian dari upaya melestarikan kuliner nusantara dari generasi ke generasi


Butuh Resep Bango Daging Sapi? Intip 2 Resep Ini dan Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumah

1. Sate Rembiga

Sate Rembiga adalah makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sate ini terbuat dari potongan daging sapi yang dimarinasi dengan aneka bumbu dan rempah. Uniknya, sate Rembiga ini menggunakan terasi Lombok lho!

Terasi Lombok ini membuat citarasanya begitu berbeda dengan sate lainnya. Di FJB 2022, Sate Rembiga Ibu Sinnaseh asli Lombok menjadi best seller karena kelezatannya.

Kini saatnya Ibu sebagai Chef andalan keluarga mencoba sendiri resep kuliner legendaris ala FJB di rumah yuk! Aku share resepnya ya.

Resep Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh

resep kecap bango kuliner nusantara

Total waktu pembuatan: 45 menit | Tingkat kesulitan: Sedang 

BAHAN-BAHAN:
250 gr Daging sapi khas dalam atau bagian pipi, kemudian potong kecil untuk disate
100 gr Saus Rembiga
2     gr Garam
5     pcs Tusuk sate

Bahan Saus Rembiga
120 gr Bawang putih cincang
50   gr Kecap manis Bango
10   gr Terasi Lombok
100 gr Cabe merah besar
50   gr Cabe keriting
50   gr Minyak goreng
100 ml Air

CARA MEMASAK
Saus Rembiga
  1. Siapkan wajan, masukkan semua bahan saus Rembiga
  2. Aduk merata, panaskan hingga mendidih
  3. Kecilkan api, kemudian masak hingga mengental kurang lebih 20 menit 
  4. Matikan api dan saus siap digunakan
  5. Sisihkan 50 ml saus Rembiga sebagai kuah sate ya

Sate Rembiga
  1. Campur daging yang sudah dipotong dadu dengan garam dan minyak, kemudian aduk hingga merata
  2. Masukan 2 sendok makan saus Rembiga, aduk lagi sampai merata
  3. Tusuk daging dengan tusuk sate (4-5 potong per tusuk), sampai daging habis
  4. Tempatkan sisa saus Rembiga di atas piring datar, beri sedikit minyak, kemudian aduk merata dengan sate Rembiga yang akan dibakar
  5. Bakar sate setengah matang, lalu oleskan lagi saus Rembiga, kemudian bakar kembali hingga matang merata (bakarnya jangan terlalu matang)
  6. Setelah matang, siap disajikan dengan lontong dan sisa saus sebagai kuah nan lezat

Ternyata mudah ya bahan makanan yang diperlukan dan cara membuatnya? Bisa banget nih Ibu buat di rumah untuk bisa dinikmati bersama keluarga. Ngomong-ngomong, aku baru tahu lho kalau daging sapi bagian pipi itu ternyata yang paling enak untuk dijadikan sate. Kalau Ibu-Ibu bagaimana?


2. Iga Bakar 

Selanjutnya, hidangan yang menjadi salah satu primadona di FJB 2022 lainnya adalah Iga Bakar Si Jangkung asal Bandung, Jawa Barat.

Keunikannya terletak pada paduan daging iga berbumbu dengan irisan bawang merah, cabai rawit merah dan tomat merah. Ini disajikan panas-panas di atas piring cobek yang tentunya semakin memperkuat sentuhan tradisionalnya. Rasa manis dan pedasnya begitu segar dan membuat ketagihan. 

Nah, Ibu kini bisa mencoba resep Bango daging sapi ini di rumah. Ternyata bahan-bahan yang digunakan dan juga cara membuatnya cukup mudah lho. Simak yuk!


Resep Iga Sapi Bakar ala Jangkung

Komposisi Kecap Bango

Total waktu pembuatan: 30 menit | Tingkat kesulitan: Sedang

BAHAN-BAHAN:
300 gr Iga sapi

Bahan Bumbu Halus untuk Merebus Iga
50 gr Bawang merah
50 gr Bawang putih
50 gr Sereh
10 gr Laos
10 gr Kunyit
5   Cengkeh
1   Pala
1   L Air
3  gr Garam

Bahan Bumbu Tumis
100 ml Kecap manis Bango
80 gr Bawang merah iris kasar
10 gr Cabe rawit dimemarkan
50 gr Cabe merah iris tipis
50 g Cabe hijau iris tipis
2   lbr Daun salam
30 ml Air asam Jawa
30 gr Minyak samin/margarine
100 gr Tomat merah potong kasar 

Cara Memasak:
  1. Potong-potong iga menjadi beberapa ruas
  2. Bersihkan potongan iga dengan lap bersih dan juga kering
  3. Haluskan bumbu untuk merebus
  4. Masukkan iga dan bumbu bersama air ke dalam panci, gunakan api sedang
  5. Tambahkan pala yang dimemarkan dan cengkeh
  6. Rebus hingga iga terasa empuk
  7. Biarkan hingga dingin di dalam kuahnya
  8. Tiriskan iga, kemudian bakar di atas bara
  9. Setelah dibakar, potong-potong iga sesuai selera ya
  10. Panaskan pan dengan minyak samin
  11. Masukkan bawang merah, cabe dan daun salam, kemudian tumis hingga harum
  12. Masukkan daging iga yang sudah dipotong 
  13. Tambahkan kecap manis Bango dan air asam Jawa, aduk hingga merata
  14. Masukkan potongan tomat merah, aduk sebentar
  15. Sajikan dengan nasi putih dan potongan tomat kasar. Enak!

Ternyata 2 resep kecap bango di atas sungguh mudah dan anti ribet ya, Bu? Jadi sekarang bisa berubah menjadi Super Mom Chef andalan keluarga yang mengenalkan kuliner legendaris nusantara pada orang tersayang di rumah! Bahkan bisa juga jadi ide bisnis kuliner.

Saat event virtual berlangsung, terlihat sekali masakan dari chef Ragil sungguh menggugah selera. Terlihat Indonesia banget dan sangat lezat. Jadi ingin terbang ke Jakarta langsung ke lokasi event, hehe.


Ternyata Ini Komposisi Kecap Bango!

Aku tuh penasaran deh, kira-kira apa ya yang membuat resep kecap bango semuanya enak-enak setelah dieksekusi untuk masakan di dapur?

Jawabannya tentu menggunakan kecap Bango yang mendandung hanya 4 bahan alami berkualitas lho sejak 1928. Ada gula, garam, kedelai hitam malika dan air.

Keunggulannya adalah, kecap Bango ini tanpa penguat rasa, tanpa pemanis buatan dan tanpa pewarna sintetis!

resep kecap bango

Penasaran cara membuat kecap andalan keluarga ini? Dimulai dari pemilihan kedelai hitam unggulan Malika, kedelai yang tahan terhadap kekeringan, genangan air dan hama. Kemudian Malika difermentasi selama 2-4 hari untuk menumbuhkan jamur kecap.

Selanjutnya selama 4-6 bulan, si Malika difermentasi kembali dengan menggunakan larutan garam. Hasil fermentasinya kemudian dicampur dengan gula dan dimasak selama 2-3 jam hingga matang.

Setelah itu ada proses penyaringan, agar terbebas dari partikel pengotor dari gula. Selanjutnya kecap yang sesuai standar lolos uji Bango (termasuk warna, rasa, kekentalan) akan dikemas dan dikirim sampai ke tangan kalian semuanya.

Bango juga ternyata membina lebih dari 9.000 petani lho untuk menghasilkan kedelai hitam bermutu tinggi itu dan tentunya meningkatkan kesejahteraan petani.


Intip Resep Kecap Bango : Ada Lebih 100 Resep untuk Kecap Bango!

Untuk kamu yang selalu penasaran dengan informasi Festival Jajanan Bango, kamu wajib banget deh untuk mengikuti media sosialnya mereka di Instagram @bangowarisankulier dan website https://www.bango.co.id

Nah, untuk kamu yang ingin recook berbagai resep kecap Bango, kamu bisa langsung menuju websitenya ya. Terutama untuk resep masakan ala FJB yaitu Resep Kuliner Legendaris.

Penutup

Aku sih langsung ingin recook ya di rumah si Sate Rembegi ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar Jangkung. Sekalian ingin mengenalkan betapa kayanya dan lezatnya kuliner legendaris nusantara ke anak-anak.

Bisa juga Ibu sekalian ajak anak-anak untuk memasak bersama, agar mereka juga lebih tahu nih dengan bahan-bahan yang digunakan (khas Indonesia banget). Karena seperti yang kita tahu, bahwa memasak bersama si kecil memiliki segudang manfaat.

Jadi, yuk Ibu, Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumah! Jangan lupa intip resep kecap Bango lainnya juga ya! Sampai jumpa.

Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB ala di Rumah

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

48 komentar

  1. Wah, resep iga sapinya mantep banget kayaknya Bun. Pengen coba ah. Enggak lupa pakai kecap Bango juga nanti. Izin contek resep buat masak ya Bun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap bund, enak bgt emaaang ^^ semoga berhasil ya bun!

      Hapus
  2. Resep satenya sih yang bikin penasaran. Kayanya aku mau minta mamaku masakin deh hehehe

    BalasHapus
  3. Resep iga sapi ini kesukaan suami , apalagi pakai kecap bango meresap sampai ke dalam bikin nagih

    BalasHapus
  4. Mau langsung coba recook resep satenya dirumah mumpung ada daging kambing dan kecap Bango hehehe penasaran sama rasanya

    BalasHapus
  5. mau banget iga bakarnya kak, saya suka banget, ternyata bahan dan cara buatnya mudah sekali ya, wah bisa cobain di rumah, btw kecap Bango ini memang legendaris banget dan favorit para ibu rumah tangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, masakan legendaris tp ternyata super gampang ^^

      Hapus
  6. Favorit aku emang juara sipenyuka kecap Bango akutu kudu nyoba nih sate nya

    BalasHapus
  7. Duh, iga bakarnya kelihatan maknyus ya... Izin share resep iga bakarnya ke istri di rumah ya... Aseeek, weekend bakal makan enak nih...

    BalasHapus
  8. Saya juga pakai kecap bango dah lama pake banget. Palingan masaknya standar aja. Ayam kecap, panggang, lada hitam, yang gampang-gampang. Eeh, ini malah ada resep sate yang gampang dari Lombok. Uwow banget ini, sih

    BalasHapus
  9. Resep sate rembiga boleh dicoba ini. Meski aku kurang suka masakan berkecap 😁. Tapi kalo sate sih cocok bumbunya

    BalasHapus
  10. Penasaran sama sate rembiga, kalau lihat resepnya, ga sulit juga bikinnya ya, makasih resepnya mbak

    BalasHapus
  11. Dari iklannya yang sering nongol di TV aja udah nampol di hati lho. Kecap bango itu berasal dari kedelai hitam berkualitas bernama Malika. Sampai penasaran gimana sih rasanya. Dan ternyata a emang rasanya Beda banget dari kecap lainnya. Lebih kental dan gurih. Duh aku suka banget pokoknyaa.
    Ini dapat resepnya sate rembiga lagi, jadi pengen nyate pakai kecap bango. Hmm sedaapp!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, iklannya merasuk bgt emang ^^ wkwkwk sampe penisirin sama Malika

      Hapus
  12. Bango ini kecap andalan sih kalo di keluargaku. Pokoknya kalo nggak Bango nggak mau wkwkwk. Tapi emang rasanya tuh beda dg kecap2 lain ya mbak.. Makanya banyak yg suka..

    Seneng banget Bango punya FJB gini. Aku tuh jadi pengen dateng huhuhu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah sama aku pingin banget dateng langsung ke FJB, huhuhu :')

      Hapus
  13. Warisan kuliner nusantara harus dijaga baik, selain dengan rempah pilihan, kecapnya juga harus pilihan. Kecap bango pas di lidah. Manisnya juga pas, bikin masakan makin bercitarasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget nih ^^ bangga ya sama masakan Indonesia

      Hapus
  14. Ngiler banget sama sate dan iga sapu bakarnya. Karena, gak bisa ke FJB coba recook di rumah ini. Tentunya pakai Bango si kecap Malika favorite keluarga.

    BalasHapus
  15. Dulu banget saya pakai kecap merek lain...pas kerja kenalan sama kecap bango jadi keterusan sampai sekarang...memang lebih enak

    BalasHapus
  16. Aku ga bisa hidup kyknya tanpa kecap bangau krn manisnya ga lebay, seriusan

    BalasHapus
  17. Kecap Bango itu udah ikonik banget sih. Rasanya khas, manisnya pas dan bisa bikin rasa makanan makin enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya rasa masakan terutama kuliner nusantara makin enduls ^^

      Hapus
  18. aku pecinta bango tapi belum pernah ikut acara FJB, sedih ya, hehehe. suka banget aku pake Bango disetiap masakan yang mengharuskan pakai kecap. yang lain kurang pas di lidah. BTW pantesan enak ya si bango ini, proses bikinnya itu emang dibikin dari kedelai hitam GRADE A ya berkualitas tinggi. terus kayaknya sih menurut aku karena di urus dengan penuh kasih oleh 9.000 petani untuk menghasilkan kedelai hitam bermutu tinggi. eh aku jadi penasaran dengan resep sate khas lombok itu, Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh. penasaran sama sambelnya juga, auto nyobain dong!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, akupun belum pernah dateng langsung ke FJB. Pas recook best seller sate rembiga ini kok unik, jadu nagih ^^ cuss recook wkwk

      Hapus
  19. Aku sering liat iklannya nih di tv hehe.. kayaknya seru kalo ikutan ya apalagi ada chef Ragil.. btw aku jadi nambah ide nih buat varian menu harian di rumah.. makasih kak untuk wawasan baru yg terselip di tulisan ini hehe

    BalasHapus
  20. Ingat banget tahun 2010 waktu ada tugas dinas ke Jakarta, sebelum pulang karena masih ada waktu sempat mampir ke FJB meski sebentar. Saking udah populernya festival ini, tapi belum kesampaian datang karena saat itu ditempatkan di pulau lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah seru ^^ aku malah belum pernah dateng langsung huhuhu semoga soon tahun depan bisa ya :)

      Hapus
  21. Aku suka banget sama kecap Bango mbak. Kalau beli kecap pasti milihnya Bango, gak mau yg lain. Btw resep sate rembiganya bikin ngiler :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya paling pas manisnya ya ^^ bahkan ada varian selain kecap manis, ada light sama gurih2 gtu ^^

      Hapus
  22. Iga bakar si Jangkung emang terkenal banget di Bandung. Rasanya enak karena full daging. Kalau yang direcook chef di sini akan lebih enak lagi kali ya, karena kecapnya pakai Bango. Di rumah juga aku selalu pakai kecap Bango, cocok banget buat bikin masakan nusantara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terkenal ya kak di Bandung? semoga one day bisa liburan ke sana ^^ langsung pasti lebih enaaak

      Hapus
  23. Ternyata proses si Malika jadi kecap panjang juga ya sampai berbulan-bulan 😆 pantes hasilnya berkualitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah khas ya si Malika ini ^^ akupun bas tahu langsung WAH gitu.

      Hapus
  24. Terasi lombok itu yang kaya apa ya mbak? Beda kah dengan terasi biasa? Baca resepnya aku jadi ngebayangin rasanya. Pasti lezat sekali dengan bumbu-bumbu dan rasa khas kecap bango. Jadi pengen nyate juga 🤭.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terasi khas daerah Lombok mbak (coba bisa googling) wkwkwk. Lebih sedep pake itu ;)

      Hapus

Posting Komentar