Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Pasar Imlek Pati Digelar! Bikin Kangen Wisata Kuliner Pasar Lama Tangerang

Posting Komentar
Konten [Tampil]
event di pati terdekat

Sabtu sore kemarin (21 Januari), aku mampir ke Pasar Imlek Pati. Di sana ada berbagai macam kuliner hingga barang-barang khas Imlek, dan juga mainan anak sih. Ke sini jadi kangen deh sama wisata kuliner Pasar Lama Tangerang! :(

Ini tentunya first time aku ke Pasar Imlek Pati sejak kepindahanku ke sini. Aku tahunya juga dari instagram official yang suka menginformasikan hal-hal ter-update mengenai kota Pati.


Pasar Imlek Pati adalah...

Jadi, Pasar Imlek Pati adalah agenda rutin kota Pati sejak 2013 untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek. Sempat vakum sejak 2020 karena pandemi, kini Pasar Imlek Pati diselenggarakan kembali.

Jadi dalam agenda ini sebetulnya tidak hanya ada Pasar Imlek saja, melainkan adanya pembagian kue keranjang, kirab budaya nusantara hingga pertunjukan kesenian dan barongsai.

Untuk Pasar Imlek Pati sendiri menghadirkan wisata kuliner dengan 97 UMKM. Wah pantesan aja kemarin lumayan juga pegelnya sewaktu keliling. Sepanjang jalan terjajar kuliner dan berbagai macam barang, baik yang khas Imlek maupun bukan.


Kapan Pasar Imlek Pati Dilaksanakan?

Pasar Imlek Pati dilaksanakan sejak tanggal 12 Januari hingga 23 Januari 2023. Untuk yang membawa anak kecil, memang better datang saat jam normal deh. Jangan setelah Magrib/Isya, karena itu jam padatnya.

kapan pasar imlek pati diselenggarakan

Aku sendiri ke sana selepas Ashar, itupun ramai banget. Mungkin karena menjelang malam mingguan. Mau foto suasana Pasar Imlek yang proper untuk dokumentasi juga susah, karena jalannya nggak terlalu lebar tapi pengunjungnya buanyak.

Selain Pasar Imlek, pada tanggal 21 Januari 2023 selepas Magrib juga ada pertunjukkan barongsai di sana. Sedangkan di tanggal 22 Januari 2023 pukul 13.00 WIB juga diadakan kirab budaya nusantara mengelilingi rute tertentu.


Lokasi Pasar Imlek Pati

Pasar Imlek Pati ini ada di Pecinan, guys. Tepatnya di kawasan klenteng Hok Tik Bio, yaitu Jalan Thamrin dan Setia Budi gitu deh. Untuk pertunjukan barongsai ada di perempatan Jago (masih satu kawasan dengan Pasar Imlek)

Anyway, kemarin aku parkir dekat pintu masuk Pasar Imlek. Namun memang banyak yang menyediakan parkir kok sepanjang jalan itu, ramai.

Sedangkan untuk kirabnya, melewati rute : Jembatan Kalidoro menuju Jl. KH. Ahmad Dahlan, Jl. Tondonegoro, Jl. Dr. Wahidin, Jl. RA. Kartini, Jl. Kyai Saleh, Jl. P. Sudirman. Dilanjutkan ke Simpang Lima Pati, Jl. Pemuda. Dan kemudian finish di Klenteng Hok Tik Bio, Pati.

Kirabnya sendiri menghadirkan 4 grup barongsai, 4 grup drumband, Reog Ponorogo, Cosplay Dewa-Dewi. Di kirab ini kamu bisa lihat kera sakti and the genks wkwk.


Wisata Kuliner Pati di Pasar Imlek

Aku di sana sebetulnya pingin beli banyak, semacam lapar mata hihihi. Tapi saking banyaknya jadi aku malah bingung sendiri. Anak-anakku pun demikian.

Jadi pertama kami jalan dulu sampai mentok, kemudian be-beli-an sewaktu jalan pulangnya. Dan apa yang kami beli? Kami hanya membeli dimsum, keripik bayam, kamera bubble, hingga kelomang. Brang dan makanan yang sebetulnya sellau ada ya setiap hari wkwk.

Random sekali memang belinya. Padahal di sana ada cumi bakar, cheese cake, sate buah dengan cokelat yang mengalir itu lho juga ada, terus ada gantungan barongsai, topengnya juga ada, permen kapas, gulali, takoyaki, lontong cap gomeh, boba beraneka macam, es, banyak banget deh!

kirab budaya nusantara imlek pati

Namun untuk harga menurutku agak pricey di beberapa tempat (kalau lagi zonk). Aku beli dimsum kecil soalnya Rp 5.000,- untuk 1 buah aja kemarin. Kecil buanget, guys! Selebihnya harganya standar aja sih.


Mengapa Jadi Bikin Kangen Wisata Kuliner Pasar Lama Tangerang

Nah, vibes Pasar Imlek Pati kemarin mengingatkanku akan kuliner Pasar Lama Tangerang. Bedanya, di Pasar Lama itu setiap malam ada. Kulinernya banyak banget dan bermacam-macam rupa. Lokasi tempatnya juga vibes Chinese gitu.

Kalau di Kuliner Pasar Lama Tangerang, untuk harga banyak yang menampakkan langsung di gerobagnya biasanya ada. Jadi pembeli terbantu. Kalau kemarin di Pasar Imlek Pati harus tanya dulu harganya, kalau cocok ya beli. Kalau nggak ya rada sungkan mau ninggalin, hehe. Meski beberapa juga ada yang display harga.


Penutup

lokasi pasar imlek pati

Tapi menurutku cukup menghibur sih dengan adanya Pasar Imlek Pati di tahun ini. Paling sarannya adalah tingkatkan lagi kerapian dan kebersihannya agar pengunjung teratur dan nyaman.

Semoga tahun depan Pasar Imlek Pati terselenggara lagi dan lebih baik lagi ya ! Besok kemana lagi kita? ^^

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

Posting Komentar