Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Bikin Jadwal Workout di Rumah dengan Paket Internet Cepat, IndiHome!

23 komentar
Konten [Tampil]
IndiHome Telkom Indonesia

Apa resolusimu di tahun 2023? Kalau aku sih lebih ke resolusi kesehatan ya, fisik dan mental terutama. Jadi aku putuskan untuk membuat jadwal workout di rumah dengan Paket Internet Cepat, IndiHome!

Masih terbanyang sekali tahun 2022 aku tekena Covid-19 setelah sekian lamanya bertahan dan jauh-jauh dari virus tersebut. Akhirnya tumbang juga sekeluarga.

Rasanya saat itu, mau ada makanan enak, uang banyak, bahkan semua keluarga berkumpul di rumah pun tidak akan senikmat itu rasanya kalau sakit. Karena semua nikmat bisa dirasakan secara utuh saat tubuh dan mental kita sehat. 

Belum lagi, aku ada riwayat GERD paska melahirkan anak keduaku dulu. Sehingga yang  namanya kesehatan itu sangat amat aku hargai sekarang ini.

Masalahnya, untuk 'emak-emak' seperti aku dengan pekerjaan freelence yang seringnya dikerjakan di rumah dan terkadang tidur larut malam (begadang), rasanya meluangkan waktu untuk keluar olah raga itu sangat sulit.

Beda rasanya saat single. Dulu memang aku sering jogging sendirian saat weekend, berenang, badminton, bahkan saat masih kuliah aku menjadi penari saman yang membuat badan selalu bergerak lincah.

Namun sekarang memang lebih sulit dilakukan. Belum lagi posisi di perantauan dengan dua anak yang masih kecil-kecil. Solusinya apa? Ya kita workout saja deh di rumah. 


Membuat Jadwal Workout di Rumah, Memangnya Penting?

Workout tentu memiliki banyak manfaat ya, seperti untuk kesehatan pernapasan, jantung, tulang, sendi, otak, bahkan kesehatan mental.

Saat workout, tubuh kita memproduksi hormon serotonin. Hormon ini dapat menghilangkan rasa depresi. Selain itu, saat berolah raga tubuh mengalami peningkatan produksi hormon endorfin. Hal ini membuat suasana hati menjadi lebih baik dan bahagia.

Jadi, menurutku sangat penting untuk membuat jadwal workout di rumah. Jangankan workout, untuk aktivitas keseharian saja aku ada lho to do list-nya.

Jadi, to do list ini bermanfaat untuk mengingatkan kita mengenai hal-hal apa saja yang harus kita lakukan, yang belum dilakukan, atau ada catatan khusus dalam hal tersebut.

Apalah aku tanpa to do list ini. Sebagai Ibu tanpa Asisten Rumah Tangga (ART), to do list tentu banyak membantuku dalam hal produktifitas sehari-hari.

Jadi, untuk menjaga konsistensi dan motivasi saat workout di rumah, kita memang perlu untuk membuat jadwal juga lho layaknya to do list harian!


Cara Membuat Jadwal Workout di Rumah ala Ibu di Balik Gawai

1. Tentukan Prioritas

Jadwal Workout di Rumah

Tidak dipungkiri, yang namanya manusia pastilah memiliki prioritas hidup. Misalnya prioritasku sekarang adalah anak-anak. Sehingga workout yang aku lakukan juga menyesuaikan di sela-sela menuntaskan tugas utama keluarga.

Aku sendiri lebih suka olah raga di pagi hari sebelum anak-anak bangun. Setelah sholat Subuh biasanya. Bisa saja sih workout bersama anak-anak, namun terkadang menjadi kurang fokus dan tenang.

Jika dengan anak-anak, aku memilih untuk berjalan kaki keliling komplek rumah, lebih suka outdoor.

Nah, prioritas ini tentu berbeda ya setiap orang, bisa jadi kamu sempatnya justru sore atau malam. Sesuaikan saja, yang terpenting apa? Konsisten!


2. Pilihan yang Bervariatif

Yang membuat kita jenuh biasanya adalah karena repetisi atau melakukan hal yang sama berulang kali. Jadi melakukan workout yang bervariatif juga penting agar tidak bosan.

Pilih saja minimal 3 jenis workout yang bisa diselang-seling setiap harinya. Misalnya saat hari Senin melakukan Yoga, maka hari Selasa berganti menjadi Zumba dan seterusnya.


3. Adanya Limit dan Dilakukan Bertahap

Kita tidak bisa memaksakan tubuh kita secara berlebihan, apalagi Ibu-Ibu yang tentunya sudah sibuk dan bergerak seharian. Ada saja pekerjaan yang harus dilakukan dari bangun tidur hingga tidur lagi.

Jadi, jangan lupa untuk istirahat juga saat lelah. Lakukan workout yang ringan-ringan terlebih dahulu. Diri kita sendiri yang lebih paham mengenai alarm tubuh kita saat lelah.

Nah, untuk yang baru memulai olah raga, jangan langsung 'ngoyo' juga. Lakukan secara bertahap, karena tubuh butuh beradaptasi dengan rutinitas yang baru. Misalnya hari ini hanya sanggup yoga 5 menit, maka besok bisa ditambah menjadi 7 menit dan bertahap seterusnya. Jangan lupa lakukan pemanasan sebelumnya.

mindful eating adalah

Selain mempertimbangkan 3 hal di atas, aku juga sedang concern dengan konsep mindful eating nih. Jadi kita makan dengan kesadaran penuh, menggunakan indra dan emosional untuk menikmati makanan.

Aku sedang mencoba untuk makan dengan tidak terburu-buru, makan dengan meminimalisir distraksi, dan menyadari penuh bahan makanan apa yang masuk ke tubuh ini. Apakah makanan tersebut baik atau tidak, sehat atau tidak.

Sebagai penikmat aci dan micin, menerapkan mindful eating ini menjadi sangat sulit. Namun paling tidak ini masuk ke dalam Resolusi Kesehatan 2023 ala aku. Yuk bisa yuk!


Inilah Workout yang Aku Lakukan di Rumah dengan Paket Internet Cepat, IndiHome!

Aku hanya melakukan beberapa workout di rumah. Jadi, ini sudah aku sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keseharianku, meliputi :

1. Yoga

yoga di rumah

Yoga sebenarnya termasuk olahraga tubuh dan pikiran. Jadi saat melakukan yoga, ini bisa melatih pernapasan, meditasi, serta gerakan yang dirancang untuk memberikan efek relaksasi dan mengurangi stres.

Ini workout favorit aku sih di rumah. Setelah melakukannya, tubuh terasa sangat rileks, tidur lebih nyenyak, dan mood di hari tersebut lebih terkontrol. Lebih mindful rasanya setelah rutin melakukan yoga di rumah.


2. Zumba

zumba di rumah

Olah raga ini menggabungkan gerakan aerobik dengan iringan musik yang membuat suasana hati menjadi lebih baik dan menambah semangat bergerak. Zumba sendiri bermanfaat untuk menghilangkan stress, menurunkan berat badan, menurunkan risiko diabetes, dan lainnya.

Funfact nih, ternyata Zumba diciptakan tanpa sengaja oleh Alberto Perez. Saat itu ceritanya dia lupa membawa musik yang biasa digunakan. Dan menggunakan musik yang ada saja.

Nah, ini beneran sih membuatku terasa bersemangat dan lebih muda. Apalagi jika menggunakan lagu favorit yang up beat mengikuti irama. Dijamin semakin bersemangat dan segar setelahnya. 


3. Optional Workout

sit wall, jumping jack
Wall sit : olahraga dengan cara duduk di dekat dinding dengan menempelkan punggung ke dinding dan membentuk siku di bagian pinggul dan lutut

Nah, untuk workout yang lain memang jarang aku lakukan, optional tergantung keadaan. Misalnya naik turun tangga, jumping jack, push up, wall sit, plank, stationary lunge.

Untuk workout ini aku belum intens, soalnya workout tersebut terlihat mudah namun sesungguhnya sangat rawan cidera jika salah gerakan. Jadi aku jarang-jarang melakukannya dan pilih yang khusus untuk pemula.


Contoh Jadwal Workout untuk Pemula

Sebagai penyemangat, yuk buat Workout Tracker seperti ini! Bisa kalian buat di Canva. Canva ini website maupun aplikasinya lumayan berat, namun jika kamu menggunakan jaringan internet IndiHome maka akan terasa lebih 'sat set'.

gambar workout tracker

Nah, aku biasanya membuat tracker seperti ini agar lebih bersemangat. Untuk goals bisa diisi masing-masing ya. Sedangkan untuk habit biasanya aku isi dengan Yoga, Zumba, Minum Air Putih, Clean Eating, Jam Tidur, ya intinya semacam itu.

Untuk lingkarannya, kan setiap habit ada 30, sehingga diasumsikan setiap hari bisa dicentang jika dilakukan dan silang jika skip. Ini selama sebulan ya. Kamu sudah punya tracker seperti ini belum? Ini bermanfaat banget lho untuk evaluasi Resolusi Kesehatan 2023 ala aku.


Workout Bersama IndiHome, Aktivitas Tanpa Batas!

Untungnya ada IndiHome yang bikin workout aku semakin semangat karena nggak pakai buffering. Pakai paket internet cepat ini aku bisa leluasa mengakses internet untuk panduan workout-ku di rumah.

1. Panduan Workout dari Aplikasi Olahraga

Dengan cepatnya akses internet pakai IndiHome dari Telkom Indonesia, aku bisa dengan lancar mengunduh aplikasi olahraga untuk menunjang resolusi kesehatanku di 2023.

Biasanya aku mengunduh aplikasinya melalui Playstore untuk hp android. Untuk kamu si pengguna OS, bisa diunduh di AppStore. Banyak kok pilihannya, sesuaikan dengan kebutuhan saja.

Pilihlah aplikasi olahraga untuk pemula, hal ini untuk meminimalisir cidera karena tanpa pengawasan instruktur profesional secara langsung.

2. Panduan Video Workout dari Channel Youtube

resolusi sehat 2023

Aku biasanya menggunakan panduan di channel Youtube untuk yoga dan zumba. Aku biasanya mencari yang basic alias pemula. Jadi workout-nya tidak terasa sepi dan 'mager'.

Dengan paket internet cepat IndiHome, gerakan demi gerakannya bisa lancar dari awal sampai selesai. Kan nggak lucu ya sedang workout malah buffering, bikin males.


3. Workout Sambil Mendengarkan Spotify

Nah, untuk workout yang tanpa irama seperti naik turun tangga, jumping jack, push up, wall sit, plank, stationary lunge biasanya aku lakukan sambil mendengarkan lagu di playlist Spotify favoritku.

Tidak ada lagi bosan dan kesepian saat workout. Justru menjadi lebih bersemangat karena musik bersenandung lancar pakai IndiHome. Mengapa setia dengan IndiHome?

paket internet cepat

Penutup

Aku jadi ingin mengajak 'emak-emak' untuk bikin Resolusi Kesehatan 2023 juga nih bareng IndiHome. Nggak ada lagi alasan di rumah aja, 'mager', dan tidak ada waktu. Semuanya mudah pakai paket internet cepat satu ini!

Tau nggak sih? Dilansir dari National Library of Medicine, mengungkapkan sebuah penelitian yang melibatkan 24 wanita penderita depresi. Para wanita ini melakukan workout selama 30 menit setiap hari. Hasilnya? Ternyata depresi yang mereka alami bisa menurun secara signifikan.

Yuk buat juga Jadwal Workout di Rumah bareng aku dan Paket Internet Cepat, IndiHome! ^^


Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

23 komentar

  1. aku juga sebenernya bikin resolusi 2023 lebih sehat tapiii... ya gitu deh wkwk.. btw aku juga indihome user sih... buat aku yg kesibukannya di dunia virtual emang nolong bangetttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk berkobar yuk semangat! WKWK. Yoga aja biar sekalian stress release. Keren nih, IndiHome lovers ^^

      Hapus
  2. Aku dulu yoga , setelah covid gak ikutan lagi kayaknya harus mulai lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuss ikutan :) kalau yoga ini based on pengalaman aku sendiri bener-bener bikin badan lebh relax

      Hapus
  3. Pengen bangett aku bisa konsisten workout gini, tapi kok yaa selaluu adaaa ajaa godaannya akhirnya setelah sekian lama libur, jadi males mau mulai lagi hikss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus set goals banget emang kalau mau workout ya biar ada motivasi wkwk, semangat! ^^

      Hapus
  4. semoga tercapai ya mbak, resolusi kesehatannya. Auto nunjuk diri yang hanya sebatas angan². Seringnya capek pulang kerja. Racuni aku dong mbak, biar malam bisa olahraga meski dari rumah 😆, kan sudah ada internet cepat, ygy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba yoga aja mbak biar peregangan aja, jadi jatuhnya stress release paska kerja ^^ wkwkwk semangaaaat

      Hapus
  5. Memang luar biasa sih manfaat internet itu, kita jadi bisa olahraga di rumah saja tapi bisa ala-ala profesional dengan banyaknya panduan dari internet. Jadi gak ada alasan lagi, ya, buat ga olahraga buat emak-emak atau siapapun kita yang ingin hidup jadi lebih sehat dengan olahraga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, untuk yang ngga bisa nitipin anak pas nge gym, internet solusi bgt pak :) wkwk

      Hapus
  6. Aku juga pengen nerapin mindful eating mba cuma belum kesampaian nih. Masih banyak distraksi huhu. Seneng banget ya sejak ada teknologi ditambah internet cepat jadinya buat nyari2 tutorial workout lebih mudab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk bisa yuk! emang susah sih sebagai pecinta micin akupun wkwkwkwk ^^

      Hapus
  7. Wah saya belum punya tracker kaya gitu Mba. Menginspirasi banget nih bacaannya. Semoga bisa bikin juga buat resolusi 2023

    BalasHapus
  8. Internet cepat bikin makin mudah cari referensi untuk berbagai kegiatan untuk menunjang kebutuhan diri, seperti aktivitas workout ini, dengan akses internet kita bisa dapat dengan mudah melakukannya sesuai keinginan

    BalasHapus
  9. Waaah, ini yang kulakukan pas kemarin masa pandemi mbk. wkwkkwk. seneng banget ngetrack workout dengan bantuan internet cepat indiHome sih. Sekarang? boro-boro, olahraga seminggu sekali aja syukur :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk gas lagi yuk biar lebaran pada pangling WKWK ^^

      Hapus
  10. Ini dia yang selalu ada dalam daftar resolusiku tiap awal tahun, tapi belum terwujud juga hingga saat ini...
    Bisa diadopt nih tips dan trik nya..,
    Makasih banyak ya kak atas ide cemerlangnya. Untung aku selalu pake indihome yang bebas lemot...

    BalasHapus
    Balasan
    1. WKWKWK semangat workout pak dokter. Biar makin awet muda hihihi

      Hapus
  11. Aku bikiin juga jadwalnya gini Mbaaa 😄👍. Sejak awal pandemi COVID, dan melihat banyak temen kantor dan sodaraku meninggal Krn COVID, hanya karena mereka yg kliatan sehat ternyata ada penyakit yg sbnrnya kebanyakan Krn kurang olahraga dan makanan yg ga bener. Sejak itu aku rutin sih workout. Awalnya ikutin YouTube. Yg gampang dulu. Bener tuh, durasi harus prlan2, jangan langsung main hajar sejam misalnya. yg ada besok2 males olahraga 😁

    Sampe skr udh hampir 3 tahn aku rutin workout . Dan pakenjadwal biar ga bosen. Misalnya senin treadmill, Selasa cardio, Rabu zumba dll. Dan pastinya hrs pake musik kalo aku.

    Selama ini sejak awal nikah kami memang langganan indihome, Krn melihat ini yg terbaik. Sampe skr pun puas banget pake indihome. Jarang eror, kalopun pernah respon teknisi selalu cepet. Jadi ga pernah mengecewakan 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makasih kak sharingnya ^^ so inspiring, semoga konsistenya menular ya. Sehat selalu kaaaaak ^^

      Hapus
  12. Ah iya, jadi inget resolusi sehatku, sempet berjalan beberapa minggu tapi habis itu belum lanjut lagi. Kudu mulai lagi nih biar makin sehat. Aku mengaksesnya juga via youtube dan aplikasi mba, pakai Indihome memang lancar jaya internetnya

    BalasHapus

Posting Komentar