Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Review Cimory on the Valley (Dairyland on the Valley Bawen Part 1), Budget?

Konten [Tampil]

Dairyland on the Valley Bawen

Akhirnya bisa mampir ke Cimory on the Valley. Ini salah satu wishlist aku sewaktu masih tinggal di Tangerang sih. Pingin banget ngajakin anak-anak main ke Cimory. Meski nggak kesampaian ke Cimory yang Bogor, namun alhamdulillah kesampaian nih ke Cimory Bawen!

Ini lanjutan dari perjalanan ke Boyolali kemarin. Jadi as always berbekal Google Maps kami meluncur dari Boyolali. Sengaja ke Cimory dulu sebelum balik ke Pati.

Sebetulnya Cimory on the Valley ini re-branding guys sejak 1 Januari 2023 menjadi Dairyland on the Valley Bawen. Tapi di artikel ini aku masih pakai keduanya ya, karena dulu terkenalnya Cimory kan wkwk.


Profil Cimory Semarang (Dairyland on the Valley Bawen)

Dairyland on the Valley Bawen

Ternyata banyak yang belum tahu kalau ternyata Cimory ini ada banyak alias di beberapa tempat. Untuk yang belum tahun, nih aku spill lokasi Cimory hingga 2023 awal.

  1. Cimory Mountain View, lokasinya di Jl. Raya Puncak-Cianjur, Cisarua, Bogor
  2. Cimory Riverside, lokasinya di Jl. Raya Puncak-Gadog, Cisarua, Bogor
  3. Cimory Dairyland Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
  4. Cimory Dairyland Puncak, Megamendung, Bogor
  5. Cimory on the Valley, Bergas, Bawen-Semarang
  6. Cimory Cepogo, Boyolali (ini baru banget ada di 2023 ini)

Nah, jaman masih single aku tuh pernah lewat yang Cimory Mountain View Puncak ini. Jadi berniat kalau punya anak mau diajak ke situ, hahahaha.

Namun akhirnya bisa mampir ke Cimory on the Valley, tempat edukasi dan rekreasi yang terletak di Jl. Soekarno Hatta No.KM. 30, Begojuh, Jatijajar, Kec. Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50552.

Lokasinya menurutku sangat strategis karena dekat dengan jalan masuk dan keluar tol. Di sekitarnya juga ada beberapa spot wisata, seperti Dusun Semilir dan lainnya. Jadi untuk kendaraan pribadi kamu bisa keluar dari tol Ungaran-Bawen.


Sejarah Cimory on the Valley (Dairyland on the Valley Bawen)

Review Lengkap Cimory on the Valley

Cimory Group sendiri adalah suatu produsen produk makanan dan minuman kemasan berbasis protein di Indonesia. Pangsa pasarnnya ada di yogurt dan sosis premium.

Awal mula berdirinya di tahun 1993, saat ini Cimory Group memproduksi daging olahan, produk susu dan telur dengan berbagai merek, seperti Cimory, Kanzler dan Besto.

Sedangkan Cimory in the Valley sendiri berdiri pada tahun 2013. Konsep khas dari Cimory satu ini adalah valley alias lembah perbukitan. Jadi jangan kaget kalau di sana banyak anak tangga. Jadi better anak bayi digendong pakai wrap/hipseat ketimbang stroller.

Nah, untuk kamu yang ingin ke sana weekdays, berikut jam bukanya: Shop 9am - 7pm | Resto 10am - 7pm | Wisata 9am - 5pm.

Sedangkan untuk kamu yang ingin ke sana weekend, jam bukanya sebagai berikut: Shop 8am - 9pm | Resto 9am - 9pm | Wisata 8am - 5pm.

Aku sarankan ke sana pas weekdays sih. Kemarin aku ke sana hari Sabtu menjelang Dzuhur. Ramai banget anak sekolah piknik sama keluarga juga ada. Jadi kalau mau puas liat-liat ke sananya jangan pas weekend ya!

Dari luar memang Cimory on the Valley ini terlihat kecil, namun dalamnya cukup luas dan berundak. Untuk parkiran sendiri juga sudah luas. Ada yang depan shop-nya langsung dan ada juga parkiran yang di sisi kanan ke bawah. Security-nya informatif banget kok untuk mengarahkan parkirnya.

Kalau parkir di atas, kamu akan langsung masuk ke area shopping-nya. Di situ juga ada toilet, area tunggu, tempat jajan, dan jika kamu maju sedikit kamu akan menemui Resto Cimory on the Valley.

Review Cimory on the Valley
Resto Cimory on the Valley

Aku sendiri nggak ke restonya sih, namun di sana menyediakan makananan Indonesia, Chinese, hingga Western. Kalau dilihat dari harganya sih pricey. Namun jika enak dan estetik, I think it will be worth to try!

Untuk price list resto bisa lihat langsung di Instagram mereka ya, nanti aku kasih di bawah. Next... Setelah itu kita ke loket untuk membeli tiket.


Paket Wisata Cimory Semarang & Tiket Masuk Cimory on the Valley (Dairyland on the Valley Bawen)

Ada apa saja di Cimory on the Valley Bawen? Jadi di sana nanti ditawari 3 tiket. Mau ke Dairyland aja, atau ke Minimania juga, atau beli tiket yang terusan. Harganya sebagai berikut: Dairyland 15k, Minimania 25k, Paket Combo 35k.

Nah Dairyland ini pusatnya wisata, ada hewan-hewan, kolam renang, wahana dan lain sebagainya. Sedangkan Minimania ini tempat miniatur dunia. Jadi better kamu beli tiket terusan aja agar bisa menikmati semuanya.

Nggak hanya itu, per-tiket kamu akan dapat bonus 1 pcs Cimory Yogurt juga dan diskon 20% Eskimo Ice Cream (1pcs), serta 20% Lemon Tea/Iced Tea (1pcs). Diskon minuman tersebut bisa ditukar di counter snack corner dalam area.

Oh iya, kalau nggak salah tinggi 100 cm sudah bayar full, Raina (3.5 th) sudah bayar full soalnya.

Di sana menyediakan Dairy Tour juga yang berisi kegiatan menarik dan bisa sebagai pembelajaran jika kamu ke sana berkelompok. Misalnya belajar mengenai sapi, mengolah susu, memerah susu sapi, menonton film dan lainnya. Namun ada syarat dan ketentuannya. 

Kolam renang cimory on the valley

Setelah melewati resto dan kolam yang tadi ada patung sapinya, dari kejauhan akan terlihat kolam renang anak. Yes, ada kolam renang. Aku pribadi nggak kepikiran deh ke sana buat renang. Ribet nggak sih bilas dan ganti bajunya? wkwk.

Setelah membeli tiket, ingat ya jangan masuk ke Minimania dulu namun ke Dairyland terlebih dahulu. Agar tiket Dairyland kamu nggak hangus.

Sembari menuruni tangga ke bawah, kita bisa melihat banyak hewan. Mulai dari unggas hingga hewan melata.

Tiket Masuk Dairyland on the Valley Bawen

Menurutku hewan-hewan di sana cukup banyak dan bisa menjadi pengetahuan tersendiri serta pengalaman yang bagus untuk anak-anak.

To be honest aku agak lupa ada hewan apa aja hahaha, namun banyak sih. Mulai dari angsa, kura-kura, iguana, biawak, buaya, ular, burung merpati, monyet, hmmm... Apa lagi ya? Banyak deh!

hewan yang ada di Dairyland on the Valley Bawen

Nggak hanya melihat hewan saja, namun kamu juga bisa banget untuk memberi makan beberapa hewan di sini secara langsung. Kalau nggak salah ada feeding rabbit, feeding merpati, feeding domba, dll.

Namun meski sudah membayar tiket terusan, untuk feeding hewan maupun naik wahana tetap harus bayar lagi. Catat!

Nah, kali ini kami mau feeding rabbit. Jadi harus membayar terlebih dahulu dengan harga 10k. Aman kan? Terjangkau. Itu sudah include 1 gelas cup plastik wortel yang sudah dipotong dan yang boleh masuk 3 orang.

Tips Mengunjungi Dailyland on the Valley Bawen

Gemes banget ya sama lubang-lubang kelincinya. Berasa ada di dunia fantasinya anak-anak yang banyak perinya itu wkwk. DI sini kelincinya ada yang berwarna putih, cokelat dan hitam.

Memberi makan kelinci di Cimory on the Valley

Nah, ini proses kasih makannya.Meski beberapa kelinci sudah kenyang jadi nggak mau sewaktu diberi makan hahaha.

Oh ya, jangan lupa untuk menukar diskon es krim. Menukarnya bisa di semua counter snack yang ada di dalam. Salah satunya dekat kelinci ini.

Meski to be honest aku nggak tahu harga asli es krim sebelum diskon itu berapa sih? Soalnya setelah diskon kok tetap 12k ya? Ini tuh seperti es krim cone "mekdi".

Nah di dekat sini juga ada suatu wahana, namanya Sky Ride. Ini mirip dengan Kumbang Layang di Saloka. Namun yang ini lebih tinggi dan terbuka. Anakku (6.6 th) naik ini sama Ayahnya, tapi nggak takut dia.

sky ride cimory on the valley

Jadi nanti ada roda berjalan di atas rel gitu, isi bangkunya 2. Ada gowesannya juga, meski nggak digowes tetap bisa jalan sih. Kamu bisa lihat Daiyland dengan view dari atas. Tiket menaiki wahana tersebut adalah 15k per orang.

Kemudian jika kamu lanjut berjalan, kamu akan menemui jembatan dimana terdapat sungai di bawahnya. Hingga bertemu dengan berbagai binatang seperti domba, kambing, dll.

Dairyland on the Valley Bawen

Di Dairyland kamu juga bisa menaiki kuda, kudanya dipegang pawangnya kok. Nanti dia keliling di jalur kuda (berpasir gitu).

Hewan selanjutnya ada keledai, unta, sapi, burung unta, dan masih banyak lagi. Hewan di sana juga sehat-sehat. Jadi anak pasti happy!

Apalagi di sana juga ada Moo Moo Train, wahana kereta anak begini yang berputar di rutenya. Cuma muterin kolam sih. Tiketnya 15k per anak.

ada apa saja di Dairyland on the Valley Bawen

Di dalam Dairyland on the Valley Bawen ini juga ada Mushola, yaitu naik lewat anak tangga ke atas sebelum Minimania. Musholanya kecil dan tempat wudhunya campur antara laki-laki dan perempuan.

Dekat Mushola kamu bisa menukar kupon Ice. Setelah diskon harga Ice Lemon Tea menjadi 8k. Entah harga aslinya berapa wkwk.

wisata semarang
Burung unta di dalam Dairyland on the Valley Bawen

Nah, setelah seluruh Diaryland dijelajahi, baru deh menuju Minimania. Ulasan mengenai Minimania aku lanjutkan ke artikel Part 2 ya. Stay tune!

Setelah semua wahana dijelajahi, kini saatnya beli oleh-oleh.

oleh oleh cimory on the valley semarang

Shop tempat oleh-olehnya cukup lengkap dari beraneka macam kue, snack, minuman, hingga barang-barang.

Namun di sana aku hanya membeli kue khas mereka, yaitu Moo Moo Rool Cheese. Ini bolu roll gitu yang di dalamnya ada filling cheese. Namun harus masuk kulkas, jangan dinikmati di suhu ruang. Enak deh! Harganya 78k.

Selain itu, anakku malah minta boneka Lying Rabbit warna pink dan Pillow Animal Chicken warna kuning yang harganya 82k dan 84k. Ini pricey sih, hahaha. Cuma memang bahan bonekanya super lembut dan bentuknya lucu.


Tips Mengunjungi Cimory on the Valley (Dairyland on the Valley Bawen)

  1. Memakai pakaian menyerap keringat
  2. Memakai topi, sunscreen, membawa jas hujan/payung
  3. Better bawa gendongan bayi, stroller terhambat medan yang banyak tangganya
  4. Kalau aku pribadi prefer pakai sepatu, hihihi
  5. Masuk ke area Dairy Land dulu (Minimania harus yang terakhir, ini terkait tiket)
  6. Berkunjung saat Weekdays (Better pagi hingga sebelum Dzuhur atau sore hari)
  7. Siapkan budget tidak hanya untuk tiket masuk, karena ada perintilan budget untuk menaiki/memasuki wahana, membeli makan untuk feeding hewan, maupun membeli makanan/minuman di counter snack.

testimoni cimory on the valley bawen

Cimory on the Valley Instagram (Dairyland on the Valley Bawen)

Untuk update terkini mengenai kawasan wisata dan segala term and condition, kamu bisa langsung aja ke media sosianya di https://www.instagram.com/dairyland.onthevalley/ (silakan copy-paste sendiri wkwk).

Sekalian, aku menulis ulasan ini agar temanku si Teacher Blogger ingin liburan juga di sana! Menjelang lebaran pula nih, hehehe ^^

Jangan lupa juga untuk membaca ulasanku yang ke Saloka Theme Park ya (wisata Semarang juga nih).


Penutup

Nah, sekian dulu ya guys ulasan mengenai Cimory on the Valley (Dairyland on the Valley Bawen). Dan khusus untuk area Minimania akan di bahas di artikel berikutnya! Sampai jumpa. ^^


.



Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

Posting Komentar