Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Inspirasi Rumah Minimalis Modern Impianku! Mengandalkan Semen ini untuk Renovasi Rumah

33 komentar
Konten [Tampil]
rumah impian

Akhir-akhir ini aku lagi suka banget lihat inspirasi rumah minimalis modern yang unik dan apik. Apalagi aku banyak menghabiskan waktu di rumah, baik untuk mengurus keluarga maupun sebagai freelancer. Jadi, aku ingin memiliki rumah dengan konsep senyaman mungkin yang bikin keluarga betah di rumah!

Keluarga kami sudah memiliki rumah, namun memang masih kami sewakan karena tempat bekerja suami jauh dari rumah (beda kota). Nah, sambil menyusun strategi renovasi rumah, aku selalu mengintip berbagai inspirasi rumah minimalis modern dari yang low budget sampai yang pricey.

Namun memang menyatukan ide dari masing-masing anggota keluarga mengenai desain rumah ternyaman versi kami tentu tak mudah. Paling tidak, kami memiliki 5 konsep rumah yang sudah kami pilih sebagai pertimbangan renovasi nantinya.


5 Inspirasi Rumah Minimalis Modern

1. Rumah Open Space ; Desain Rumah Minimalis Elegan yang Tampak Lebih Luas

Desain Rumah Minimalis Elegan

Untuk kamu yang memiliki lahan terbatas, kamu bisa mendesain rumah dengan konsep open space agar terlihat lebih luas. Jadi, dalam satu area besar terdiri dari living room, dining room, kitchen island, dan lainnya tanpa sekat/dinding.

Aku pribadi cocok banget dengan konsep ini. Karena rasanya lebih lega dan untuk pencahayaan juga bisa lebih terang, baik mengandalkan pencahayaan alami maupun buatan.

Salain itu, desain open space juga memungkinkan sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lebih baik. Jadi nantinya bisa meninggikan atap, memasang ventilasi otomatis, bahkan membuat skylight.

Kelebihan dari rumah open space sendiri, biasanya desain ini menonjolkan kesan minimalis namun elegan dan modern serta tak lekang oleh zaman.


2. Rumah Split Level ; Model Rumah Terbaru untuk Membedakan Fungsi Ruang

Model Rumah Terbaru

Kamu pernah liat nggak suatu rumah yang nampak dari luar seperti hanya 2 laintai, padahal di dalamnya ada banyak lantai? Nah, biasanya rumah tersebut menggunakan desain split level. Split level ini yang membuat rumah memiliki lantai lain dengan ketinggian setengah dari lantai dan langit-langit.

Namun belakangan ini split level juga diartikan dengan lantai yang ketinggiannya hanya 10-50 cm saja dari dasar lantai. Cara ini efektif untuk membedakan fungsi dari masing-masing ruang, namun kesan rumah bisa tetap terlihat luas.

Desain ini nggak hanya digunakan untuk lahan yang sempit, namun lahan yang luas juga bisa. Split level memberi kesan lebih playful, dinamis dan tidak membosankan. Bakal seru banget sih kalau renovasi rumah nantinya memiliki split level begini.

Biasanya dalam penerapan desain ini, kita harus memainkan warna/tekstur dari masing-masing split level. Hal ini untuk mengurangi risiko kecelakaan akibat ketinggian lantai yang berbeda-beda. 

Namun, untuk konsep ini memang sebaiknya dikonsultasikan dengan arsitek ya. Mengingat biaya untuk penerapan desain ini sebetulnya sedikit tricky.


3. Rumah Minimalis Modern Tropis ; Model Rumah Sederhana tapi Indah

Inspirasi Rumah Minimalis Modern

Rumah tropis modern adalah desain rumah untuk menghadirkan suasana tropis ke dalam rumah, namun tidak terasa panas. Jadi desain rumah ini memberikan kenyamanan untuk yang suka menghabiskan waktu di rumah. Nah, aku banget kan?

Namun memang rumah ini memiliki karakter khusus, misalnya atap yang dibuat miring. Biasanya, kemiringan sekitar 30 derajat dengan langit-langit jenjang setinggi 2,5-3 meter lebih.

Atap miring dalam desain rumah modern tropis ini memiliki fungsi untuk melindungi bangunan dari teriknya matahari maupun derasnya hujan. Karena kita semua tahu bahwa di wilayah tropis kerap terjadi perubahan cuaca yang ekstrim.

Saat renovasi rumah atau mulai membuat rumah dengan desain jenis ini, kita perlu memperhatikan ventilasi. Ventilasi ini membuat sirkulasi udara berjalan dengan baik, sehingga dinding dan perabotan kita bisa awet terhindar dari jamur dan lembab. Pencahayaan juga menjadi baik, seiring banyaknya ventilasi.

Karakteristik lain dari rumah minimalis modern tropis ini adalah diterapkannya model open space, yaitu minim sekat. Aku ingin menggunakan warna netral untuk menjaga kesejukan ruangan. Misalnya dengan pemakaian material kayu dan batu bata.

Untuk sentuhan modern, bisa juga menggunakan warna netral dengan perpaduan batu alam. Kayanya lebih seru juga kalau dilengkapi dengan taman beserta tumbuhan tropis maupun berbagai tanaman hias favoritku nanti.


4. Rumah Japandi Arsitektur ; Menghadirkan Vibes Negeri Sakura di Rumah

Inspirasi Rumah Minimalis Modern

Khasnya rumah ini adalah tidak terlalu banyak detail, namun mengutamakan fungsi-fungsi. Desain bergaya Japandi biasanya menggunakan material alami seperti kayu serta tanah liat yang mendominasi. Suka banget deh aku konsep minimalis begini!

Selain itu, rumah dengan konsep ini banyak ditemukan adanya bahan bertekstur halus, seperti linen maupun katun. Material-material yang dipakai dalam konsep ini menggunakan warna-warna yang soft, seperti putih atau krem.

Untuk perabotannya, desain Japandi juga identik dengan pemakaian furniture yang multifungsi (bersifat space-saving), sehingga konsep ini cocok diterapkan di rumah dengan luas yang minim seperti rumahku. Jadi terlihat bersih, luas, dengan pencahayaan yang baik.

Sejauh ini, apakah inspirasi rumah minimalis modern yang aku inginkan ini juga memberi sedikit inspirasi untukmu?


5. Rumah Modern Industrial ; Rumah Modern Simple Namun Cozy

Rumah Modern Simple

Rumah dengan desain modern industrial masih digemari hingga kini, termasuk suamiku. Ciri khasnya adalah dinding yang biasanya dibiarkan terekspos (unfinished). Misalnya batako atau batu bata yang dibiarkan begitu saja. Atau bisa juga dinding yang hanya diplester semen saja.

Namun kita nggak bisa memilih batu bata sembarangan, karena ada beberapa jenis bata yang ketahanan terhadap apinya kurang dan cepat lapuk. Biasanya jenis batu bata yang digunakan adalah terakota, bata tanah liat belang, batu bata pasir kapur maupun bata ekspos KWD.

Biasanya rumah dengan konsep ini menggunakan warna netral hitam, putih, abu-abu, cokelat kayu, dengan dilengkapi hiasan berupa rangkaian besi, logam, serta perabotan vintage. Seperti cafe anak muda ya?

Ciri khas lain dari rumah konsep industrial ini adalah kabel yang terlihat begitu saja, namun tentunya dirangkai dengan penutup kabel pvc. Kemudian dicat dengan warna yang sama dengan dindingnya. Kita juga harus memastikan untuk menggunakan material berkualitas saja demi menghindari kebocoran nantinya.

Konsep hunian unfinished ini biasanya juga menggunakan lantai semen. Namun, biasanya finishing semen ekspos dilapisi cairan khusus juga alias coating agar lebih tahan terhadap gesekan, mudah dibersihkan, serta melindungi semen ekspos dari kondisi lembab serta cuaca ekstrim.


Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Desain Rumah Minimalis Modern

Nah konsep minimalis modern memang mengutamakan efisiensi dan fungsinya, namun tetap memenuhi kebutuhan dari si penghuninya. Ada 3 hal yang perlu kita perhatikan juga nih. Ini reminder banget untukku sebelum merenovasi rumah.

1. Sesuaikan dengan Tipe Rumah

Sebelum memutuskan menggunakan konsep rumah yang mana, kita memang sebaiknya bisa menyesuaikan dengan tipe rumahnya. Karena nggak semua konsep rumah cocok dengan tipe kecil atau besar sekalipun.

Namun bisa dipertimbangkan, jika tipe rumah kita besar pastikan desain nantinya bisa membuat kita sendiri mudah merawat, mengatur, serta rumah menjadi tidak mudah berantakan. Sedangkan untuk tipe rumah kecil, diharapkan nanti desainnya membuat rumah terkesan lapang, ringkas, rapi, serta terjaga kebersihannya.


2. Pilih Furniture yang Tepat

Tentu setiap konsep rumah minimalis modern yang ada memiliki ciri khas. Ciri khas tersebut juga biasanya terletak dalam pemilihan furniture, entah modelnya, warnanya, fungsinya, dan lainnya.

Nah untuk konsep rumah minimalis modern, nantinya  bisa disesuaikan furniture dengan berbagai fungsinya. Misalnya dipan kasur yang juga difungsikan sebagai laci storage. Bisa juga memilih meja makan yang bisa dilipat, sehingga menghemat tempat.

Jadi, nantinya aku bakal pilih furniture yang memiliki banyak fungsi namun tetap selaras dengan konsep dari rumah itu sendiri.


3. Pemilihan Material Bangunan yang Terbaik

Nah, konsep rumah minimalis modern memang cenderung menggunakan cat berwarna monokrom, abu-abu, serta warna kayu. Apalagi jika seleranya seperti suamiku, yaitu mengusung tema industrial.

Namun bisa juga kok nantinya membuat pilihan warna dengan palet selaras, misalnya warna yang pucat dan lembut. Jadi seleraku dan pak suami tetap bisa berjalan dua-duanya.

Selain itu, biasanya rumah minimalis modern menggunakan lantai berupa kayu, vynil, serta keramik. Tapi tetap harus selaras juga agar konsep rumah nantinya bisa tercipta sesuai rencana.

Nah, yang paling penting nih! Sebaiknya, kita memang menggunakan material bangunan yang terbaik agar konsep rumah bisa maksimal dan awet. Terutama pemilihan semen. Krusial banget ini sih!

Nah, ada beberapa semen yang bisa diandalkan untuk yang mau renovasi rumah nih. Check this out!


Inilah 3 semen yang bisa diandalkan untuk yang mau renovasi rumah, kaya aku!

1. Semen Padang PCC 50 kg

semen padang pcc 50 kg
Ternyata Semen Padang ini adalah merk semen tertua lho di Indonesia.Jadi pabrik semen ini memang yang pertama di Indonesia. Pabrik Semen Padang sendiri terletak di daerah Indarung, Sumatera Barat. Daerah ini memiliki bahan baku semen terbaik di Indonesia.


2. Semen Gresik PCC 50 kg

inspirasi rumah minimalis modern

Semen Gresik ini memang sudah terkenal dimana-mana. Pembangunan berbagai landmark dan struktur monumental sering menggunakan semen ini karena terbukti kokoh dan andal.

Semen Gresik sendiri sudah tersertifikasi ISO 14001, jadi memang produk ini juga mementingkan aspek lingkugan dan ramah lingkungan.


3. Semen SCG PCC 50 kg

Semen SCG PCC 50 kg

Semen ini adalah inovasi terbaru dari Semen SCG yang diformulasikan secara khusus untuk pekerjaan yang membutuhkan keterampilan. Selain itu, semen ini memiliki tekstur yang halus, rendah penyusutan dan memiliki daya rekat yang tinggi.

Keunggulan tersebut akan memudahkan serta mempersingkat waktu dalam pengerjaan plesteran maupun acian. Semen SCG ini juga pas banget untuk aplikasi beton, memasang bata, dan pekerjaan konstruksi lainnya.


Penutup

Kita harus memilih material bangunan yang terbaik untuk rumah impian kita. Salah satunya, dalam pemilihan semen yang kualitasnya terbaik juga. Aku mengandalkan Semen SCG PCC 50 kg nih untuk renovasi rumah sesuai dengan desain inspirasi rumah minimalis modern impianku.

Kemarin aku juga sempat melakukan pengecoran untuk sebagian atap rumah yang aku sewakan. Pemilihan semen yang tepat memang sangat memudahkan dan membuat bangunan semakin awet dan pengerjaannya kian cepat. 

semen scg pcc
Foto Rumah Paska Beberes Pengecoran Atap Belakang

Apalagi kalau suka dengan konsep industrial seperti suamiku, cocok banget deh menggunakan semen SCG PCC 50 kg ini untuk membuat efek unfinished berupa plesteran dinding maupun lantai.

Do'akan bisa secepatnya merenovasi dan mewujudkan rumah impian versi keluarga kami ya! Semoga inspirasi rumah minimalis modern ala keluarga kami ini juga bisa memberi insight tersendiri untuk kamu.

Jangan lupa menggunakan Semen Ramah Lingkungan untuk mewujudkan rumah impianmu!

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

33 komentar

  1. Dari semua tipe, aku pengeeen banget punya rumah dengan design Jepang mba. Bbrp kali tiap ke jepang , booking penginapan di Airbnb supaya bisa cobain tinggal di rumah orang lokal. Dan memang nyamaaan banget design mereka. Kecil, minimalis tapi fungsional semua. Aku pengen gitu. JD ga ada space yg mubazir. 👍

    BalasHapus
  2. Aamiin semoga impian suami punya rumah industrial dengan konsep minimalis bisa terwujud yang nyaman buat keluarga dan tamu yang datang ke rumah.

    BalasHapus
  3. Semua desainnya bagus-bagus. Tinggal bagaimana pemilik rumah mengisi interiornya. Tantangan sendiri sih untuk desain interior rumah. karena ga semuanya pny sense oke dalam hal desain interior.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya bener banget selain interiornya juga maintancenya penting ya wkwk

      Hapus
  4. Rumah idaman kami yaitu memadukan split level dan japan. Semoga kelak terwujud. Sekarang mau ngumpulin duitnya dulu.

    BalasHapus
  5. Saya kebetulan lagi proses pembangunan rumah mba, dan kebetulan tipe rumahnya minimalis open space gituu
    saya pun juga sangat concern terhadap material bangunan termasuk semen, untungnya developer transparan,mau kasi tau apa saja merk material bangunannya sehingga kita bisa cek kualitasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah semoga lancar ya kak ^^ semoga jadi hunian yang menyejukkan jiwa raga aamiin

      Hapus
  6. Bener banget kalau memiliki rumah dengan design minimalis, furniture yang ada juga kudu menyesuaikan. Setidaknya minimalis juga. Saya punya pengalaman, rumah baru, tapi furniture jadul. Ukuran gede-gede gitu. Ya gak muat. Malah rumah barunya teras sumpek

    BalasHapus
  7. Saya lebih suka ke open space, suatu saat nanti kalau bikin rumah mau bikin yang open space, biar terlihat lebih luas, dan pastinya makin lebih leluasa. Kalau bangun rumah selalu percaya semen di atas.

    BalasHapus
  8. saya juga termasuk yang sering liat-liat inspirasi design rumah nih. seneng aja liat desain interior dan ekterior rumah. dan saya juga lagi mupeng pengen punya rumah impian dengan desain split level. saya pernah liat inspirasinya di youtube tuh. keren banget padahal luas tanahnya relatif kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga terwujud ya kak rumah impiannya. Aamiin yang kenceng ^^

      Hapus
  9. Berhubung sekarang harga tana di perkotaan semakin mahal, inginnya punya rumah yang open space terus semua barang-barang terliat rapi. Kayanya juga harus ajin-rajin decluttering

    BalasHapus
  10. Konsep rumah minimalis favoritku mbak. Enak aja gitu rumah jadi kelihatan lapang, tanpa tersesaki dgn perabotan ini itu.

    BalasHapus
  11. Designnya bagus ya Mba. Bisa disesuaikan dengan type rumah yang ditempati. Pemilihan material termasuk semen bisa jadi salah satu pertimbangan buat renov rumah. Harus yang bagus kualitasnya

    BalasHapus
  12. Semoga impianku punya rumah sendiri tahun ini bisa terwujud. Pengen banget punya rumah model tropis gitu. Pasti adem suasananya.

    BalasHapus
  13. Daku tertarik sama rumah tipe split level itu.
    Terkesan hanya satu lantai misalnya eh aslinya malah banyak lantai. Ini keren banget sih jadi ide rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak aku juga naksir tipe split level gini wkwk

      Hapus
  14. Banyak tipe yang bisa disesuaikan untuk rumah minimalis ya kak. Rumahku pun minimalis. Sayangnya furniture masih random dan kurang dipadupadankan. Jadi masih terkesan berantakan. Semoga bisa segera bikin tiap ruangnya estetik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya bener ini PR bgt ^^ semoga segera trwujud kak aamiin ^^

      Hapus
  15. Dari semua tipe yang paling aku suka yg industrialis karena trlihat luas nyaman dan pastinya tinggal dirumah tapi kaya ala2 cafe😃😃 kerenn lah pokoknya

    BalasHapus
  16. emang cakep banget sih yaa, aku pun lagi seneng nengok rumah-rumah di instagram. pengen banget punya rumah impian. dan kebayang sih gimana nanti renovasinya. tapi bukan cuma desain yang penting yaa, tapi bahan-bahan untuk renovnya juga penting kayak semen gitu harus yang terbaik

    BalasHapus
  17. saat ini asya juga sedang senang-senangnya lihat desain rumah minimalis karena impian saya punya rumah minimalis yang nyaman dan bersih. semoga impian ini akan segera terwujud dalam waktu dekat, amiiin

    BalasHapus

Posting Komentar