Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Perbedaan Daging Sapi dan Kambing yang Wajib Kamu Tahu dan Tips Memilih Daging Berkualitas!

Konten [Tampil]

Tips Memilih Daging Berkualitas

Sejak kecil, aku mengetahui beberapa perbedaan daging sapi dan kambing . Ini dikarenakan aku tidak suka dengan daging kambing, terutama jika dimasak dengan tidak baik yang menyebabkan ciri-ciri daging kambing terasa mencolok dari pada daging sapi.

Namun semakin bertambahnya usia, semakin beranjak dewasa, aku akhirnya ‘doyan’ juga dengan daging kambing. Terutama jika daging kambing diolah dengan baik yang menyebabkan masakan tersebut menjadi tidak berbau ‘prengus’.

Nah, yang menjadi PR bagiku terkadang adalah pada saat mendapatkan daging kurban nih. Beberapa pemberian mencampur daging sapi dan kambing dalam plastik. Ini yang menyebabkan aku sulit membedakannya. Kamu kesulitan juga tidak membedakan kedua daging tersebut?

Nah, kali ini aku akan share mengenai perbedaan daging sapi dan kambing yang wajib kamu ketahui dan apa saja sih tips untuk memilih daging yang kualitasnya baik?


6 Perbedaan Daging Sapi dan Kambing 

1) Dilihat dari warna daging kambing dan sapi

Jika dilihat dari warnanya, daging sapi berwarna merah pucat, sedangkan daging kambing merahnya terlihat lebih cerah.

Kemudian jika daging didiamkan lama pada suhu ruang, daging sapi akan berubah menjadi berwarna kecokelatan, sedangkan daging kambing menjadi lebih pucat dan cenderung keunguan.


2) Dilihat dari perbedaan bau daging kambing dan sapi

Nah, mungkin ini yang paling familiar untuk membedakan antara daging sapi dan kambing, yaitu baunya.

Seperti yang kita ketahui bahwa daging kambing ini baunya cenderung amis alias ‘prengus’ dibandingkan dengan sapi. Meskipun sebetulnya daging sapi juga memiliki aroma ‘prengus’, namun tidak begitu menyengat layaknya daging kambing.

Saat dimasak, aromanya ‘prengus’ dari daging sapi ini bisa lebih mudah hilang. Sedangkan untuk daging kambing, jika kamu memasaknya dengan tidak baik akan tetap berbau ‘prengus’.


3) Dilihat dari serat daging kambing dan sapi

Serat daging yang renggang terlihat pada daging sapi. Daging sapi juga memiliki tekstur yang lebih halus dan lembut dari pada daging kambing. Oleh karena itu, daging sapi cenderung lebih cepat empuk saat dimasak dibandingkan dengan daging kambing.

Sedangkan daging kambing memiliki serat yang lebih tebal, ototnya juga lebih banyak. Ini yang membuat daging kambing lebih alot daripada daging sapi. Jadi saat memasak daging kambing, kamu harus lebih hati-hati dan durasi waktunya lebih lama agar daging empuk.

warna daging kambing,  ciri-ciri daging sapi,  ciri-ciri daging kambing,  tekstur daging sapi

4) Dilihat dari perbedaan daging sapi dan kambing yang sudah matang : rasa daging kambing

Jika kamu perhatikan, dari segi rasa, sebetulnya daging kambing ini memiliki rasa yang lebih gurih dan khas setelah dimasak dibandingkan dengan daging sapi.

Namun seperti yang telah dijelaskan di atas, saat daging matang, tekstur daging kambing ini cenderung lebih keras jika dibandingkan dengan daging sapi karena memiliki serat yang lebih tebal.


5) Dilihat dari lemaknya daging kambing dan sapi

Jika dilihat pada penampakkan daging sapi, garis-garis putih lemak yang ada pada permukaan dagingnya cenderung panjang dan mudah terlihat. 

Sedangkan, pada daging kambing kurang terlihat. Hal ini dikarenakan daging kambing cenderung memiliki lemak yang berkumpul di satu titik saja. Jadi tidak menyebar layaknya daging sapi.


6) Dilihat dari nutrisi daging kambing dan daging sapi

Banyak yang belum tahu, dengan cara masak yang benar, daging kambing ini memiliki kandungan kolesterol yang lebih rendah. Jadi, setiap 100 gram daging kambing matang ini mengandung sekitar 75 mg kolesterol.

Sedangkan daging sapi justru memiliki lemak yang lebih banyak. Setiap 100 gramnya bisa mengandung 90 mg kolesterol.

Daging kambing juga mengandung kalium, vitamin B, zat besi, serta magnesium yang lebih tinggi. Namun memang kita wajib bijaksana saat mengonsumsi kedua daging ini agar tidak berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh.


Tips Memilih Daging yang Berkualitas

Perbedaan Daging Sapi dan Kambing
Source : holycowsteak.com

Selain dilihat dari perbedaan daging kambing dan sapi, saat membeli daging sebaiknya kamu harus memperhatikan kualitas daging. Ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti daging dari binatang yang sakit, basi, terdapat bakteri/virus, dan lainnya.

Berikut adalah tips memilih daging yang berkualitas:

  1. Sebaiknya membeli daging di tempat yang bersih dan terjamin halal
  2. PIlih daging yang warnanya masih segar
  3. Pilih yang teksturnya masih bagus/kenyal saat dipegang
  4. Pilih yang aromanya masih segar khas daging, tidak asam
  5. Pilih yang segar, namun tidak berair
  6. Tanyakan kadaluarsa atau masa simpannya


Membeli Steak Online di Steak Hotel by Holycow

Membeli Steak Online
Source : holycowsteak.com

Ingin menikmati daging sapi dengan praktis dan mudah, tanpa repot, dan pasti premium? Mending langsung pesan saja steak secara online di Steak Hotel by Holycow.

Bahkan kamu bisa membeli paket parsel untuk diberikan pada orang kesayangan atau partner bisnis kamu lho!

Kamu tidak perlu khawatir dalam pengirimannya, karena parsel dilengkapi dengan Ice Gel dan daging juga selalu terjaga karena menggunakan Vacuum pack

Selain itu, ada banyak sekali produk dari Steak Hotel by Holycow ini. Kamu bisa pilih sesuai keinginan maupun kebutuhan kamu.


Penutup

Ya, demikian adalah beberapa informasi mengenai perbedaan daging sapi dan kambing yang wajib kamu tahu dan tips memilih daging yang berkualitas. Jangan lupa untuk membeli steak secara online di Steak Hotel by Holycow! Semoga bermanfaat ☺

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

Posting Komentar