Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Rahasia Sate Daging Sapi Empuk Enak, 3 Jenis Sate Sapi Ini Mana Yang Sudah Kamu Coba?

3 komentar
Konten [Tampil]

Rahasia Sate Daging Sapi Empuk Enak, 3 Jenis Sate Sapi Ini Mana Yang Sudah Kamu Coba?

Kamu penasaran tidak mengapa sate di resto bisa seenak itu? Nah, kali ini aku akan memberitahu rahasia sate daging sapi empuk, enak, serta bisa matang secara merata!

Sate daging sapi memang tidak sepopuler sate ayam dan sate kambing. Namun, kalau kamu bisa menemukan sate daging sapi yang enak, pasti kamu juga akan beralih suka dengan olahan daging sapi yang dibuat menjadi sate ini.

To be honest, aku sedari kecil justru tidak suka daging kambing. Ini membuat aku justru lebih sering mengkonsumsi sate ayam dan sate sapi. 

Pada saat momen khusus seperti lebaran, baik Idul Fitri maupun Idul Adha, biasanya hampir semua orang membuat sate di rumah. Namun banyak yang belum tahu, pengolahan daging yang kurang tepat bisa membuat sate menjadi alot dan matangnya kurang merata.

Memangnya apa sih rahasia sate daging sapi empuk, enak dan matang merata?


7 Rahasia Sate Daging Sapi Empuk, Enak, Matang Merata

Ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat sate daging sapi, dari mulai tahap persiapan, penyimpanan, hingga pembakaran.

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan saat membuat sate daging sapi agar daging tetap juicy dan matangnya merata.

1) Jangan Asal Memilih Daging Sapi untuk Sate

Sebaiknya kamu pilih daging yang kualitasnya baik. Khusus untuk sate, biasanya lebih juicy saat menggunakan daging khas dalam atau bahkan daging bagian pipi sapi. Ini fun fact yang pernah aku dapat saat mengikuti cooking session online memasak sate rembiga beberapa waktu lalu.

Nah, untuk jenis dagingnya jika kamu ingin yang terbaik, kamu bisa memilih daging wagyu A5. Daging wagyu memang terkenal enak karena metode pemeliharaan sapinya ketat, misalnya dalam hal pemberian makannya.


2) Mencuci Daging Sapi Membuat Daging Jadi Alot?

Ternyata mencuci daging sebelum diolah bisa membuat daging menjadi alot lho, terutama untuk daging sapi dan daging kambing.

Mungkin terasa kurang higienis, namun untuk mematikan bakteri kamu bisa memastikannya dengan memasak secara matang merata. Nah, sebelum dimasak, daging sapi bisa kamu keringkan terlebih dahulu dengan tissue atau lap bersih.


3) Jangan Asal Memotong Daging untuk Sate

Agar bisa matang merata, sebaiknya kamu perlu memperhatikan ukuran atau ketebalan daging sebelum ditusuk. Pastikan ukuran dan jumlahnya sama tiap tusukkannya, misalnya berbentuk dadu tipis dan dengan jumlah 4-5 per tusuknya.

Selain itu, untuk membuat daging terasa lebih empuk, kamu juga harus memotong serta menusuknya melintang dengan serat. Coba deh!

tips membuat daging empuk saat dimasak

4) Apakah Membungkus Daging dengan Daun Pepaya Bisa Membuat Daging Empuk?

Salah satu tips yang sebetulnya sudah dari dulu ada, yaitu membungkus daging dengan daun pepaya membuat daging bisa lebih empuk. Sewaktu sekolah aku ada nih praktikum ini. Penjelasan singkatnya adalah daging lebih cepat empuk karena adanya enzim papain dalam daun papaya.

Ada banyak cara untuk membungkus daging. Bisa saat daging masih besar (belum dipotong), atau saat daging sudah dimarinasi dengan bumbu, maupun daging yang sudah dipotong untuk sate. Durasi waktunya bisa 30 menit sampai  2 jam, sesuai kebutuhan.


5) Apakah Marinasi untuk Sate Daging Sapi Diperlukan?

Untuk menjadikan daging lebih empuk dan matang merata, kamu bisa melakukan marinasi terlebih dahulu daging sapi dengan berbagai rempah pilihan. Ini juga bisa menyamarkan bau daging tersebut.


6) Membungkus Daging dengan Parutan Nanas Membuat Daging Empuk

Cara lain untuk membuat daging lebih empuk adalah membungkus daging dengan parutan nanas sebelum diolah (selama kurang lebih 1 jam). Setelahnya baru deh dipotong dagingnya untuk ditusuk menjadi sate. Praktis kan?


7) Jangan Terlalu Lama Membakar Sate 

Kamu bisa membakar sata selama 2-5 menit, agar sate daging sapi bisa juicy. Membakar sate terlalu lama ternyata bisa membuat sate menjadi lebih keras dan alot. Gunakan arang yang terbuat dari batok kelapa atau menggunakan panggangan gas/listrik untuk hasil terbaik.


Nah itulah rahasia sate daging sapi empuk yang bisa kamu coba. Nah, ternyata sate daging sapi tidak hanya menggunakan kecap lho sebagai bumbunya. Di bawah ini ada 3 jenis sate sapi yang bisa jadi referensi kamu.


3 Jenis Sate Sapi Ini Enak untuk Dicoba, Sudah Pernah?

1) Sate Rembiga

resep sate sapi empuk
Dok. pribadi

Aku pernah membuat Sate Rembiga sendiri di rumah. Karena sebelum dibakar daging sapi dimarinasi terlebih dahulu dan dibalut dengan bumbu yang rich, sehingga membuat sate rembiga terasa gurih, manis, pedas, kaya akan rasa. Sate rembiga ini berasal dari Lombok.


2) Sate Maranggi

Aku pernah makan Sate Maranggi di daerah Purwakarta saat itu. Rasanya sama-sama rich layaknya Sate Rembiga, yang membedakan adalah bahan pembuatannya. Sate Rembiga menggunakan terasi khas Lombok, sedangkan Sate Maranggi tidak. Namun sama-sama dimarinasi terlebih dahulu sebelum dibakar.


3) Sate Taichan

Sate taichan awalnya terkenal dengan daging ayam tanpa bumbu rich seperti sate bumbu kacang atau kecap pada umumnya. Namun rasa gurihnya memang jadi favorit sekarang ini.

Tak hanya daging ayam, kini sate taichan juga bisa menggunakan daging sapi. Tentunya lebih lezat dengan sambal cabai yang disediakan.


Rekomendasi Sate Daging Sapi Empuk dan Enak, Cobain Sate Daging Sapi dari Steak Hotel by Holycow! 

review Steak Hotel by Holycow

Kini kamu bisa menikmati daging sapi yang empuk dan juicy tanpa repot memasaknya sendiri. Kamu tinggal dating ke Holycow Steak dan memesan sate sapi taichan di sana. Ini merupakan menu kolaborasi dengan Nagita Slavina lho!

Yang membedakan sate sapi di Holycow dengan sate daging sapi lainnya adalah dalam hal pemilihan dagingnya. Di Holycow, sate menggunakan daging sapi wagyu A5. Ini merupakan daging sapi khas Jepang yang premium dengan tekstur juicy.

Selain pada tekstur dagingnya yang lembut, sate sapi di Holycow ini menggunakan bumbu taichan yang khas.


Penutup

Nah, jadi aku rekomendasikan sate taichan dari Steak Hotel by Holycow ini karena memang menggunakan daging sapi wagyu A5 terbaik yang empuk, enak, juicy!

Jadi sekarang tidak perlu lagi repot-repot untuk mengulik rahasia sate daging sapi empuk, karena kamu tinggal datang langsung saja ke Holycow di kotamu! ^^

.
Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

3 komentar

  1. Sate Rembiga doang nih yg aku belum cobain mbaa 😁. Pengeeen. Penasaran memang dari dulu Ama rasanya. Soalnya aku tuh sukaaaa bgt Ama segala macam sate. Mau ayam, kambing ataupun sapi, sukaaaa 😄😍.

    Sate Wagyu aku pernah rasain pas di Jepang. Duuuh jadi ngiler lagi kaaan ingetnya 🤣. Memang manteeep sih. Daging Wagyu yg gradenya tinggi, dibakar medium rare doang , dijadiin sate, kalo disana di sebut yakitori, dan rasanya kayak melted di mulut 🤤🤤🤤. Jadi pengen lagiii 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba deh kak, remiba ini pakai trasi kha Lombok. Rasanya rich otentik Indonesia gt ^^ hehe huaaa mau dong liburan ke Jepang biar yakitorinya langsung di Jepang hihi

      Hapus

Posting Komentar