Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Transformasi ke Gaya Hidup Slow Living dengan Obligasi

Konten [Tampil]

obligasi pemerintah adalah

Di masa pensiun, Anda memerlukan gaya hidup yang berbeda dengan saat bekerja. Salah satu yang bisa Anda terapkan adalah gaya hidup slow living. Tren yang satu ini sudah bisa Anda persiapkan sejak dini, dengan dibantu Obligasi Pemerintah.

Jika Anda belum tahu, gaya hidup yang satu ini sekarang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Namun demikian, dibutuhkan persiapan yang matang untuk menjalaninya. Supaya Anda benar-benar bisa menerapkan slow living di masa pensiun.


Mengenal Snow Living dan Penerapannya dengan Obligasi Pemerintah

Apa itu slow living? Slow living adalah suatu konsep gaya hidup yang mengedepankan kehidupan lebih lambat. Anda tidak perlu mengejar sesuatu hal. Anda juga bisa memutuskan sesuatu secara lambat.

Sebab, fokus pada gaya hidup ini adalah kebahagiaan, keseimbangan, dan kepuasan dalam hidup. Anda bisa mengurangi aktivitas yang tidak diperlukan, kemudian memiliki banyak waktu untuk bersantai dan menikmati hidup.

Anda tidak perlu mengikuti trend yang ada di media sosial. Namun Anda sendiri yang menentukan seperti apa kehidupan yang Anda jalani.

Tips Memulai Slow Living

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memulai slow living. Antara lain:

Tentukan Prioritas

Membuat daftar prioritas hidup Anda dapat membantu untuk memusatkan perhatian pada hal-hal yang penting. Ini akan membantu Anda fokus pada hal-hal yang benar-benar penting dan mengurangi aktivitas yang tidak perlu.

Buat Waktu untuk Bersantai

Slow living juga menekankan pentingnya waktu bersantai dan beristirahat. Cari waktu untuk meditasi, yoga, atau aktivitas lain yang menenangkan. Cobalah untuk meluangkan waktu sejenak di tengah kesibukan Anda untuk menikmati suasana yang tenang.

Menikmati Proses

Jangan terlalu terburu-buru untuk menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan. Nikmatilah prosesnya dan cobalah untuk melakukannya dengan tenang. Ini akan membantu mengurangi stres dan membuat Anda lebih terhubung dengan apa yang sedang dilakukan.

Pilih Aktivitas yang Membawa Kepuasan

Pilihlah aktivitas yang membawa kepuasan dan yang memperkaya hidup Anda. Hal ini membantu Anda memusatkan perhatian pada hal-hal yang penting dan membangun koneksi dengan orang-orang di sekitar Anda.

Mempertimbangkan Aspek Keberlanjutan

Slow living juga menekankan pada pentingnya mempertimbangkan aspek keberlanjutan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti mengurangi konsumsi, mendukung produksi lokal, dan mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan kita.

Selain itu karena Anda butuh waktu untuk bersantai di masa pensiun, maka Anda harus mulai mempersiapkan dana untuk keberlanjutan hidup. Sehingga Anda benar-benar bisa bersantai ke depannya.

Persiapan Dana untuk Slow Living di Masa Tua

Transformasi ke Gaya Hidup Slow Living dengan Obligasi

Salah satu faktor yang menunjang kenyamanan hidup di masa tua adalah keberadaan ekonomi yang cukup. Maka dari itu, Anda perlu mempersiapkan strategi keuangan yang matang seiring dengan persiapan slow living. 

Anda bisa mulai memilih investasi yang berpotensi menguntungkan. Salah satunya adalah Obligasi Pemerintah. Apa itu?

Obligasi Pemerintah adalah obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah, baik itu pemerintah pusat atau pemerintah daerah, sebagai sarana pendanaan untuk kebutuhan anggaran negara. Obligasi Pemerintah seringkali dianggap sebagai investasi yang relatif aman dan stabil. Sebab, pemerintah dianggap sebagai pihak yang dapat dipercaya dan memiliki kemampuan untuk membayar utangnya.

Lantas, mengapa Obligasi Pemerintah bisa berperan dalam mempersiapkan slow living? Berikut ini alasannya.

Pendapatan Tetap

Obligasi membayar bunga tetap yang ditetapkan pada saat pembelian. Ini berarti bahwa investor akan menerima pendapatan yang stabil secara berkala, dan dapat membantu mengurangi kecemasan serta ketidakpastian keuangan.

Keamanan

Karena diterbitkan oleh pemerintah, obligasi dianggap memiliki risiko gagal bayar yang lebih rendah dibandingkan dengan obligasi korporasi atau obligasi lainnya. Penyebabnya karena sangat kecil risiko pemerintah “gulung tikar”.

Diversifikasi

Obligasi dapat menjadi bagian dari strategi diversifikasi portofolio investasi Anda, yang dapat membantu mengurangi risiko dan meningkatkan keamanan investasi.

Investasi Jangka Menengah - Panjang

Obligasi merupakan investasi jangka menengah hingga panjang, dengan periode waktu investasi yang biasanya lebih dari satu tahun. Ini berarti bahwa obligasi dapat membantu mempersiapkan slow living, karena Anda tidak perlu terus-menerus memantau portofolio investasi Anda atau memperdagangkan aset secara aktif.

Likuiditas

Terakhir, Obligasi Pemerintah diperdagangkan di pasar modal dan memiliki likuiditas yang baik. Artinya investor dapat dengan mudah membeli atau menjual obligasi tersebut.


Pilih DBS Treasures untuk Mempersiapkan Slow Living

Anda harus benar-benar bersiap apabila ingin menikmati masa pensiun dengan gaya hidup slow living. Untuk itu, dari sekarang bergabunglah menjadi nasabah perbankan prioritas DBS Treasures. Tentu saja Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Antara lain:

Kupon Reguler

Memberikan pendapatan reguler berupa kupon yang dibayarkan secara berkala selama periode investasi oleh penerbit Obligasi.

Potensi Capital Gain

Beberapa jenis Obligasi dapat dijual kapan pun sebelum jatuh tempo dan memperoleh potensi keuntungan dari kenaikan harga Obligasi.

Kupon Kompetitif

Memberikan tingkat kupon yang kompetitif di atas rata-rata bunga Deposito berjangka.

Tidak Ada Biaya Tambahan

Hanya spread atau selisih antara harga jual dan harga beli (bid dan offer). 

Transaksi 24/7

Tersedia ragam produk Obligasi yang dapat diperjualbelikan di Aplikasi digibank by DBS.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Anda cukup mempersiapkan e-KTP, NPWP, rekening di perbankan prioritas DBS Treasures, kemudian mengisi data formulir yang sudah disediakan serta pastikan Anda berusia 18 tahun.

Demikian penjelasan mengenai Obligasi Pemerintah untuk mempersiapkan slow living di masa pensiun. Segera kunjungi tautan berikut ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds. Supaya bekal untuk Anda melakukan slow living juga semakin bisa tercapai.


Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

Posting Komentar