Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Lotion untuk Anak Kulit Sensitif, Harus Hypoallergenic?

23 komentar
Konten [Tampil]

Lotion untuk Anak Kulit Sensitif

Siapa nih Moms yang kulit anaknya sensitif? Ya, kita sama. Rasanya butuh effort lebih nggak sih untuk merawat kulit anak yang sensitif? Sehingga kita butuh banget nih informasi mengenai cara memilih lotion untuk anak dengan kulit sensitif, apakah harus yang Hypoallergenic?

Sebelumnya, kita bahas dulu tips yang satu ini. So, check this out!


Cara Memilih Lotion untuk Anak Sensitif

Moms perhatikan nggak kalau kulit si kecil mulai kering (bersisik), kemerahan hingga ruam, eksim, dan muncul masalah kulit lainnya? Nah, bisa jadi anak Moms ini memiliki kulit yang sensitif.

Anakku juga demikian Moms, apalagi sewaktu masih bayi hingga balita. Sering pipinya ruam kemerahan, muncul ruam popok, eksim, kulit kering, biduran hingga biang keringat. Rasanya sedih pastinya, karena membuat si kecil tidak nyaman dan rewel.

Biasanya untuk mengatasi hal tersebut aku mencegah pemicunya dan fokus dalam perawatannya, seperti menjaga asupan makanan dan minuman, tidak terlalu lama terpapar panas matahari, mandi sesuai jadwal, hingga menggunakan produk perawatan khusus untuk kulit sensitif.

Oh iya, kulit sensitif saat kambuh memang cenderung akan hilang sendiri seiring waktu, namun Moms juga harus aware lho kapan si kecil harus  dibawa ke tenaga medis. Misalnya saat kulit kering pecah-pecah yang tak kunjung membaik, demam tinggi, iritasi kulit kian parah hingga infeksi pada ruam dengan gejala bengkak hingga bernanah.

Jadi memang harus hati-hati ya Moms untuk merawat kulit anak yang sensitif. Kita harus banyak melakukan observasi terhadap anak sensitif.

Nah, terkait dengan perawatan kulit, pastikan Moms memilih lotion anak yang sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Hal ini untuk memastikan bahwa lotion yang kita gunakan sudah melewati pengecekan kualitas dan terjamin aman untuk digunakan, apalagi ini untuk anak-anak.

Sedikit informasi nih, Moms. Produk perawatan khusus untuk kulit sensitif, biasanya memiliki beberapa kandungan yang tepat seperti kandungan hypoallergenic, calendula organic, minyak almond, minyak biji bunga matahari, shea butter.

Moms, hindari ya lotion yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti SLS, paraben, hingga mineral oil. Kandungan ini justru bisa memicu gejala iritasi serta reaksi alergi pada kulit bayi dan juga anak semakin parah.

Kalau aku sering mendengar memang bagi yang memiliki anak dengan kulit sensitif, sebaiknya pilih lotion dengan mild ingredients dan kandungan hypoallergenic. Kira-kira sepenting apa sih kandungan tersebut?


Lotion untuk Anak Sensitif Harus Hypoallergenic!

Rekomendasi lotion untuk anak

Mungkin banyak dari kita yang belum paham dengan kandungan hypoallergenic. Jadi hypoallergenic artinya lotion dibuat dengan bahan yang rendah sifat alerginya. Jadi potensi untuk mengalami reaksi alergi setelah mengoleskan lotion bisa dikategorikan rendah.

Salah satu contoh kandungan yang bisa memicu alergi adalah wewangian/fragrance. Nah, jadi meski suatu produk sudah berlabel hypoallergenic, Moms juga wajib membaca kandungan lainnya juga.

Sedangkan maksud dari kandungan lotion dengan mild ingredients adalah bahwa lotion tidak memiliki kandungan yang berisiko mengiritasi kulit.

Selain itu, Moms juga sebaiknya jangan menggunakan lotion dewasa untuk melembabkan kulit anak. Jadi, gunakanlah lotion khusus anak-anak sesuai dengan usianya.

Sebelum menggunakan lotion ke anak, sebaiknya Moms melakukan uji alergi dengan kulit Moms terlebih dahulu. Misalnya dengan mengoleskan sedikit produk ke siku atau tangan kemudian tunggu selama 48–72 jam.

Jika kulit mengalami kemerahan, bengkak, gatal, hingga terasa terbakar setelah produk dioleskan, segera hentikan saja pemakaian produknya dan bilas kulit hingga bersih. Saat diaplikasikan pada anak sebaiknya juga pada sedikit area tubuh terlebih dahulu untuk mengecek hal tersebut.

Lotion yang aman untuk anak dan sudah anak-anakku pakai adalah Bfree Kids Mild Gentle Lotion for Sensitive Skin. Setelah ini aku akan review lengkap ya tentang lotion andalanku untuk anak-anak.


Review Bfree Kids Mild Gentle Lotion for Sensitive Skin

rekomendasi skincare anak

Packaging dan Tekstur Bfree Kids Mild Gentle Lotion for Sensitive Skin

Bfree Kids Mild Gentle Lotion for Sensitive Skin memiliki kemasan menarik berwarna dominan merah dan berbahan plastik tube yang tebal dan kokoh. Jenis tutup kemasannya flip top sehingga memudahkan untuk digunakan dan anti tumpah.

Lotion si kecil satu ini juga praktis dimasukkan ke dalam tas dan bisa dibawa kemana-mana. Karakter unicorn yang imut pada kemasan membuat packaging lotion satu ini sangat cantik dan disukai anak-anak.

Pada kemasan juga tertera keterangan produk seperti klaim unggulan, komposisi produk, cara pemakaian, dan  keterangan lain yang pasti membuat produk satu ini memang direkomendasikan untuk anak-anak

Tekstur Bfree Kids Mild Gentle Lotion for Sensitive Skin cenderung lembut, berwarna putih dan mudah diratakan.


Kandungan Produk Bfree Kids Mild Gentle Lotion for Sensitive Skin

Lotion ini mengandung mild formula yang cocok untuk anak-anak dengan kulit sensitif. Sudah dermatologist tested dan tidak ada tambahan parfum (no-added fragrance) juga merupakan nilai plus dari lotion ini.

Bfree Kids Mild Gentle Lotion for Sensitive Skin sudah terdaftar dengan BPOM RI NA 18210102520. Lotion 100 mL ini mengandung beberapa bahan berikut ini :

Aqua, Glycerin, C12-15 Alkyl Benzoate, Glyceryl Stearate, Cetyl Alcohol, Isopropyl Palmitate, Coconut (Cocos Nucifera) Oil, Phenoxyethanol, Cetearyl Alcohol, Stearic Acid, Palmitic Acid, Ceteareth-20, Carbomer, BHT, Polysorbate 20, Disodium EDTA, Ethylhexylygycerin, Xanthan Gum, Sodium Hydroxide, Chamomilla Recutita, Flower Extract, Tocopheryl Acetate, Ceramide NP, Phytosphingosine, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate.


Cara Pakai Bfree Kids Mild Gentle Lotion for Sensitive Skin

Rekomendasi lotion untuk kulit anak sensitif dan kering

Moms bisa mengoleskan lotion ke seluruh tubuh, kecuali wajah. Jadi, hindari area mata serta gunakan di bawah pengawasan orang tua.


Ulasan Pemakaian Bfree Kids Mild Gentle Lotion for Sensitive Skin

Lotion anak mild gentle, hypoallergenic, no fragrance

Menurutku lotion ini memang terasa lembut serta lumayan cepat meresap. Setelah digunakan juga tidak meninggalkan kesan lengket after meresap dan tentunya nyaman di kulit anak.

Wanginya tidak ada, namun memang ini yang dibutuhkan untuk kulit sensitif yaitu tanpa tambahan parfum yang memperburuk keadaan sensitif kulit.

Satu kali pemakaian kulit sudah terasa lembab dan lembut. Untuk kedua anakku memang memiliki kulit yang cenderung kering bersisik serta sensitif, aku menggunakannya untuk tangan dan kaki. Biasanya digunakan setelah mandi.

So far, cocok untuk kulit mereka, tidak ada gejala iritasi dan kulit terasa lembab serta tidak lagi kering.

Nah, jadi memang claim dan benefit dari Bfree Kids Mild Gentle Lotion for Sensitive Skin ini terasa banget di kulit anak-anakku, meliputi :

  • Melembutkan dan melembabkan kulit anak
  • Tidak lengket setelah meresap
  • Tidak ada tambahan parfum
  • Teruji dermatologis untuk kulit sensitif
  • Merupakan hypoallergenic product
  • Produk sudah tersertifikasi BPOM dan halal

Berapa Harga Bfree Kids Mild Gentle Lotion for Sensitive Skin?

Moms bisa merasakan manfaat dari produk ini hanya dengan 20 ribu-an saja.


Penutup

Semoga dengan ulasanku di atas Moms jadi semakin yakin ya untuk memilih Bfree Kids Mild Gentle Lotion sebagai perawatan kulit si kecil yang sensitif.

Lotion lembut satu ini sudah diformulasikan untuk melembabkan kulit anak dan telah teruji dermatologis untuk kulit sensitif.

So… Moms, cerita juga dong bagaimana cara memilih lotion untuk anak kulit sensitif versi Moms semua di kolom komentar! :)

.

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

23 komentar

  1. Wah, ada khusus buat anak2 ya, apalagi anak kan kulitnya masih halus makanya butuh yang kandungannya baik buat anak2

    BalasHapus
  2. dengan detail kandungan sudah selengkap ini, makin yakin kalau Bfree Kids Mild Gentle Lotion memang diformulasikan khusus untuk anak dan terjamin keamanannya

    BalasHapus
  3. Semakin banyak ya skincare untuk anak! Dan jujur sih baru dengar merk yang ini hehe.. mungkin nanti akan coba ya :)

    BalasHapus
  4. Harus hati2 juga ya kak bahkan urusan lotion utk anak ini. Kita ga bs sembarangan ngasih lotion. Soalnya kan jenis kulit org beda2. Dewasa aja udh bnyk jenisnya. Apalagi utk anak. Jgn ntr malah alergi kyk yg udh disebutkan di atas. Jd ortu jg hrs cerdas ya kak biar anak kita terawat dgn baik.

    BalasHapus
  5. Jangankan untuk anak, untuk kita sendiri yang kulitnya sensitif aja milih-milih. Tapi kadang memang agak takut sih kasih skincare untuk anak terlalu dini. Cuma kalau terbukti aman ya semoga jadi jalan untuk merawat kulit anak ya.

    BalasHapus
  6. Anakku yg perempuan masih suka banget ikut2an emaknya pakai lotion. Kepikiran buat beliin dia lotion sendiri yg khusus anak tp ga tahu mau beli merek apa. Eh, akhirnya ketemu artikel ini. Bisa jadi pilihan nih.

    BalasHapus
  7. Memakaikan produk lotion ke anak-anak emang harus hati-hati yah. Jangankan anak dengan riwayat kulit sensitif, ponakan saya kelas 5 SD yang kulitnya yang normal, saat saya pakaikan body lotion merek terkenal yang seharusnya aman untuk semua kulit, eh malah menimbulkan bintik2 di kulit dia.

    BalasHapus
  8. Lotion untuk anak ini biasanya saya pilihkan yang khusus anak-anak, saya biasakan menggunakannya sejak bayi, saya amati dulu ada iritasi atau ga, kalau ada iritasi saya cari brand lain dan memperhatikan komposisinya

    BalasHapus
  9. Memang harus teliti memilih lotion untuk anak-anak ya. Apalagi yang mempunyai kulit sensitif. Untung ada Bfree Kids Mild Gentle Lotion for Sensitive Skin, jadi lebih aman dan gak khawatir lagi ya mom

    BalasHapus
  10. Kulit anak-anak pun menjadi lembut deh dengan pemberian lotion yang tepat gini. Suka deh dengan keberagaman produk saat ini terutama untuk pemilik kulit sensitif ya.

    BalasHapus
  11. Yang namanya anak2 emang suka niru nih kebiasaan ibunya aku inget dlu anakku juga gitu saat mamanya pakai lotion dia pengen juga untungnya skrang ada lotion yang khusu buat anak ya

    BalasHapus
  12. Ternyata ada juga lotion khusus untuk anak-anak. Dan betul harus teliti ketika memilih lotion untuk anak, pastikan yang memang didesain khusus untuk anak-anak seperti Bfree Kids Mild Gentle Lotion ini.

    BalasHapus
  13. Pengen kasih kado buat ponakan yang suka panas panasan ih. Pas banget, masuk ke keranjang nih..

    BalasHapus
  14. Catet Bfree Kids Mild Gentle Lotion ini ya siapa tahu nanti butuh pas punya anak sendiri. Btw, kulit anak tuh emang beda sama kulit orang dewasa. Makanya kudu hati-hati pilih dan cari yang khusus juga

    BalasHapus
  15. Lotion untuk anak gak bisa sembarangan berarti ya kak.
    Apalagi perlu juga diperhatikan hypoallergenic-nya. Oke ini rekomendasinya, bisa buat kado juga

    BalasHapus
  16. Mungkin karena belum punya anak jadinya pas tahu ada lotion untuk bayi dan anak wah saya pikir lotion hanya untuk remaja dan dewasa saja haha. Pilih lotion untuk anak juga perlu hati-hati ya karena jangan sampe bikin alergi. Untung ada Bfree Kids Mild Gentle Lotion for Sensitive Skin ya yang pas untuk anak-anak

    BalasHapus
  17. Gooks yah sekarang produk-produk perawatan kulit yang kini juga hadirkan produk untuk kulit anak-anak. tapi apakah produk ini sudah halal kah mba?

    BalasHapus
  18. Wah harganya murah banget ya, Kak. Cukup 20ribuan Orang tua jadi ga perlu khawatir lagi dengan anak-anak karena ada bfree kods.

    BalasHapus

  19. ada juga ya lotion untuk kulit anak sensitif. aku lagi nyari lotion penghilang bekas luka, ada gak ya yang dari Bfree Kids? kalau produk Bfree Kids aku udah pake yang sunscree dan cocok di anak-anak

    BalasHapus
  20. waah nice rekomendation kak! aku lagi mulai cari-cari lotion dan kawannya untuk anak. Thanks yaa infonya

    BalasHapus
  21. Kemasannya lucu dan menggemaskan yaa.. produk Bfree Kids Mild Gentle Lotion.
    Aku suka banget sama warna dan visual produknya. Juga kepraktisannya dalam 100 gr. Sangat travelling friendly...

    BalasHapus
  22. Bukan sembarang lotion anak anak ya moms💞 kalau ada review begini kan kalo ditanya orang bagus gak ini ya lotionnya? Kan aku bisa kasih jawaban pastinya hehe

    BalasHapus
  23. milih lotion untuk anak mesti hati-hati ya kak. Soalnya kulit anak emang lembut dan sensitif.. Thank you kak rekomendasinya!

    BalasHapus

Posting Komentar