Mengenalkan Anak Jajajan Nusantara lewat Buku (Little Quokka.id)

Jajanan nusantara apa saja sih yang kamu ingat? Atau ingatnya hanya boba, burger, tteokbokki, sushi, hotang, sostel alias trend jajanan zaman sekarang? Hahaha. Aku happy banget nemu buku yang bisa untuk mengenalkan betapa kayanya Jajanan nusantara kita mulai dari cendol, kue cucur, sampai ongol-ongol. Buku "Mengenalkan Jajanan Nusantara" ini menurutku keren banget dan recommended untuk anak-anak punya.

Judul buku : Mengenal Jajanan Nusantara
Penulis : Lilih S. Hilaliah
Ilustrator : Pratya Aprilana
Penerbit : Little Quokka
Rekomendasi usia : 1+

Ilustrasinya Keren


Buku ini menceritakan Aren dan Kandis yang diajak Ibunya pergi ke pasar untuk membeli jajanan nusantara. Ilustrasinya menurutku keren! Pengambilan tone warnanya aku suka banget. Bikin buku ini elegan sekaligus menarik untuk anak-anak. Terbukti anak-anakku excited banget pas dapet buku ini. Ilustrasi jajanannya juga menggambarkan yang sesungguhnya, jadi pembaca nggak perlu mikir "ini apa ya?"

Isi Buku


Teks di buku ini dibilang lumayan banyak untuk anak usia 1 tahun, namun tetap informatif kok. Gambarnya besar dan dominan, cocok sih memang dengan rentang fokus anak yang cenderung belum lama. Dengan full gambar yang colorfull, ini bikin anak betah berlama-lama. Pinggiran bukunya juga rounded (ujung tumpul) sehingga aman untuk anak.

Anak-anakku penasaran banget dengan bentuk asli dari gambar-gambar di buku tersebut. Si kakak (4.5 tahun) jadi ingin beli jajanan nusantara itu. Akupun baru menyadari bahwa jajanan nusantara dengan bentuk yang sama bisa berbeda namanya. Ada beberapa hal di buku tersebut yang menurutku namanya A, tapi di buku tersebut disebutnya B. Aku juga baru menyadari ada banyak jajanan nusantara yang aku belum tahu asalnya dari mana. Sungguh kaya banget Indonesia ya.💕

Buku ini bisa juga jadi bahan pembelajaran anak tentang berhitung, mengenal warna, bentuk, dan bisa juga untuk menstimulasi anak dengan fitur pengenalan tekstur.

Fitur Buku


1. Wipe & Clean

rekomendasi buku anak
Dengan adanya fitur ini, membuat buku ini lebih interaktif, karena bisa digunakan dengan boardmarker (spidol bukan permanen).



2. Touch and Feel

rekomendasi buku anak
Jadi yang warna pink di panah tersebut adalah part yang ada sensasi sentuhnya (bertekstur lembut).


rekomendasi buku anak
Contoh fitur touch and feel (bertekstur kasar)


rekomendasi buku anak
Sepintas seperti tidak ada tekstur, tapi surprisingly di bagian atas wingko ada tekstur butiran seperti gula.


3. Fitur Flip the Flap

rekomendasi buku anak
Contoh fitur buka tutup. Ini buka tutup versi besarnya.


rekomendasi buku anak
Selain versi big-nya, ini ada versi kecil-kecilnya. Dalam flip flap ada keterangan nama jajajanan.


Nah, aku rekomendasiin sih buku ini buat mamak-mamak pecinta buku anak. Selain ini local product ya, konten dalamnya juga bikin generasi anak-anak kita sekarang lebih tahu tentang jajanan masa kecil ibu ayahnya dulu.

Selain dibacakan, buku ini juga bisa menstimulasi indera peraba, berlatih menghitung, warna, serta pengenalan bentuk. Meski bukunya terhitung besar, namun untuk anakku yang berusia 20 bulan, dia enjoy aja sih. Dan si kakak yang berusia 4.5 tahun juga sangat enjoy dengan bukunya.

Harga buku ini kisaran 129.000-149.000 silahkan cek langsung di sini. Semoga review-ku ini bermanfaat ya :)


Artikel terkait :



You Might Also Like

0 komentar

Positive vibes only.