Ibu di Balik Gawai Nurrahmah Widyawati

Menuju Konferensi Ibu Pembaharu, Dari Rumah untuk Dunia

24 komentar
Konten [Tampil]

 

konferensi ibu pembaharu

Ada yang sudah sering mendengar ungkapan Ibu Pembaharu di timeline sosial media tapi belum paham apa itu Ibu Pembaharu? Tenang, di artikel ini kamu akan dapat pencerahan tentang Ibu Pembaharu dan juga hajatan besarnya yaitu Konferensi Ibu Pembaharu dalam 1 Dekade Ibu Profesional.

Awalnya aku juga nggak tahu sih sebenarnya apa itu ibu pembaharu hehe. Ini bermula dari pengumuman di WAG HIMA (Himpunan Mahasiswa Institut Ibu Profesional) tentang pendaftaran KIP Ambassador (Konferensi Ibu Pembaharu Ambassador).

Karena tujuan pendelegasian ambassador ini menarik, kemudian aku mendaftar. Karena sebetulnya ingin terlibat juga sih dalam setiap program women empowering awalnya. Ingin menyemangati para wanita yang mungkin sedang merasa down di luar sana, terutama para Ibu.

Setelah mendaftar dan masuk WAG-nya. Surprisingliy di sana banyak sekali ibu-ibu hebat. Sempat berpikir apa aku salah tempat ya? tapi nggak sih kayanya, udah terlanjur juga hahaha. Kan setiap Ibu itu unik dan bisa berkontribusi sekecil apapun. Embrace your self!

And this is it! aku akhirnya tergabung dalam Konferensi Ibu Pembaharu Ambassador, bismillah.


Apa itu KIP Ambassador?

KIP Ambassador adalah orang yang membicarakan Konferensi Ibu Pembaharu di akun media sosial pribadi atau regional.

Sebetulnya untuk join di sini bisa dari utusan regionalnya maupun individu. Kebetulan aku join secara individu, meskipun aku juga pengurus tim Medkom Sekreg IP Tangkot juga sih.

Di sini kami akan memberikan semangat kebersamaan bagi seluruh member Ibu Profesional dalam merayakan hajat bersama 1 Dekade Ibu Profesional. Tidak terkotakkan berdasarkan komponen tempat mereka bergabung.

KIP Ambassador

Aku jadi ingat pertama join IP itu tahun 2018. Masa paling galau saat pencarian jati diri baru as a mom. Banyak sekali input waktu itu yang membuat diri ini down. Feel blessed bisa menemukan Ibu Profesional dan bisa ada di titik ini.

Selain itu, kami juga akan menyerukan 1 Dekade Ibu Profesional ini kepada khalayak umum. Jadi hajatan ini nggak cuma untuk anggota yang sudah join Ibu Profesional. Hajatan Konferensi Ibu Pembaharu ini terbuka untuk umum


Apa itu Ibu Pembaharu?

Apa yang terlintas di benak kalian saat mendengar kata Ibu? atau emak-emak? Jangan ada lagi dong stigma emak-emak yang sukanya nggosip, di rumah aja (katanya sih nggak ngapa-ngapain), yang riting kanan tapi beloknya kiri hahaha. Yuk lah ubah stigma tadi dengan sesuatu yang lebih produktif.

Ibu pembaharu adalah sosok ibu yang mampu menemukan masalahnya dan mengubahnya menjadi sebuah tantangan hidup, sehingga bisa menciptakan solusi untuk masalah tersebut.

Dari yel-yel Ibu Profesional aja dah terlihat ya. What's your problem? No problem! What? Challenge! Di sini kami tak mengenal masalah, kami mengenalnya tantangan. Dan yang kami butuhkan adalah solusi.

Kamu mau juga merasakan sensasi menanggapi masalah sebagai tantangan, dan fokus pada solusi? Join dong di komunitas Ibu Profesional :)


Apa itu Komunitas Ibu Profesional?

Ibu Profesional adalah komunitas yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pendidikan perempuan dengan founding mother Ibu Septi Peni Wulandani. Sejak berdiri tahun 2011 telah konsisten dengan aksi nyata mewujudkan paradigma Ibu sebagai agen perubahan.

Pada tahun 2018 komunitas mengambil tema Changemaker untuk melahirkan para changemakermoms & changemaker family.

Kemudian komunitas ini terus bertumbuh. Pada tahun 2018-2019 komunitas mengambil tema Sinergi dalam Kebermanfaatan. Tahun 2019-2020 mengambil tema Semesta Karya.

komunitas ibu profesional

Di tahun 2020-2021 ini komunitas Ibu Profesional mengambil tema Semesta Karya untuk Indonesia, dengan tagline Belajar, Berkembang, Berbagi, dan Berdampak.

Nah untuk merayakan 1 Dekade Ibu Profesional, kami akan mengadakan sebuah hajatan besar yang nggak hanya bisa diikuti oleh para membernya, namun untuk umum yaitu Konferensi Ibu Pembaharu. Jadi semuanya bisa ikut menjadi Ibu Pembaharu!


Tujuan Konferensi Ibu Pembaharu

  • Mempertemukan Ibu Pembaharu dari dalam negeri dan luar negeri untuk melakukan refleksi, kolaborasi, berbagi solusi dalam menjalankan perannya sebagai perempuan, ibu dan istri.
  • Sebagai media publikasi untuk meningkatkan jumlah perempuan berpendidikan dan berkualitas yang akan tumbuh dan berkembang, berdasarkan potensi yang dimilikinya sebagai Ibu Pembaharu baik yang bekerja di ranah domestik maupun publik.
  • Mendorong dilaksanakannya pertemuan para Ibu Pembaharu tingkat internasional secara berkala.
  • Menginisiasi terwujudnya Universitas yang fokus pada bidang Pendidikan Ibu dan Keluarga yang pertama di Indonesia.

Dari tujuan di atas, ini sih bakalan keren banget ya! Jadi pastikan kamu menjadi bagian dari konferensi ini nantinya. Akan banyak agenda seru, so stay tune!

konferensi ibu pembaharu

Isu Utama Konferensi Ibu Pembaharu

Ibu Profesional sejak tahun 2011 telah secara konsisten membangun lingkungan dimana semua perempuan mampu membawa perubahan pada diri, keluarga dan lingkungannya. So, di sini akan banyak Ibu Pembaharu yang siap berbagi solusi.

Dengan ini juga akan banyak perempuan di seluruh dunia yang terinspirasi untuk turut menjadi Ibu Pembaharu dengan mulai aksi dari rumah. Yap, dari rumah aja!

Untuk menjadi bagian dari solusi, IP turut ambil bagian mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkepanjangan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Yang menarik nih, Ibu Profesional memiliki prinsip Leave No One Behind (tidak meninggalkan satu orangpun). Tujuan ini terwujud juga dalam Gerakan Ibu Inklusif yang diinisiasi oleh Ibu Profesional.

IP mengajak IP'ers (sebutan untuk pengikut Ibu Profesional) untuk bisa berdampak dan bermanfaat untuk perempuan Indonesia lainnya dan memastikan bahwa nggak ada perempuan yang terlewatkan untuk maju menjadi berdaya.

Untuk mendukung pemberdayaan perempuan, maka penting untuk memperbanyak penggunaan teknologi terapan, yaitu teknologi informasi dan komunikasi. Perempuan juga berperan aktif dalam pengasuhan/pendidikan anak.

It takes an ecosystem to raise a changemaker.

***

Jadi, apakah kamu siap sebagai sosok Ibu Pembaharu itu? Jangan ketinggalan informasi agenda 1 Dekade Ibu Profesional dalam Konferensi Ibu Pembaharu ya! Ini untuk kalian semua alias terbuka untuk umum. Yes! siapapun. Keep stay tune.

ibu di balik gawai


Nurrahmah Widyawati
Mom of 2, Blogger, 9 Antologi's book author, Digital illustrator, Life long learner • Hi, for details tap page "about me" thanks! :)

Related Posts

24 komentar

  1. membacanya menghangat dan haru biru hatiku, terlecut jadi ibu pembaharu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat, semoga dimudahkan untuk konsisten ya mbak :)

      Hapus
  2. Seru ya gabung di ibu profesional. Banyak agenda agenda seru yang bisa di ikuti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, first time aku bisa memaknai mom lyfe nih di sini :')

      Hapus
  3. Sudah lama mendengar komunitas Ibu Profesional tapi belum juga bisa menjadi bagian dari komunitas keren ini. Luar biasa nih foundernya,. semoga suatu saat bisa join pastinya bakalan nambah ilmu juga support sistem ya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa join event ibu pembaharunya dulu mbak, nanti aku shar schedulenya :) untuk umum. Kalau join membernya ada jadwal sendiri sih, bisa follow langsung @ibu.profesional.official untuk updatenya :)

      Hapus
  4. Ihh keren deh bisa jadi KIP Ambassador Ibu Pembaharu. Jadi ngga sabar nih menyambut Konferensi Ibu Pembaharu. Pasti seru. Salam dari mahasiswa kampus Ibu Pembaharu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada mahasiswa kampus ibu pembaharu :') sungkem dulu ah aku nih mbak, hehe. Makasih ya mbak

      Hapus
  5. Keren banget kak Widya. Emang sih IPers itu nggak kaleng-kaleng. Sahabat aku juga ada yg join IP, kemampuan parentingnya bener-bener bikin takjub. Kreatif dan inovatif banget Ibu Profesional ini mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masha Allah :') kalau aku masih butuh banyak belajar kak. Semoga kita bisa terus belajar dimanapun ya aamiin bismillah hehe

      Hapus
  6. Kira kira saya bisa gabung ga ya di Ibu pembaharu sebab sya ga punya anak tapi suka dgn dunia parenting

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kak event konferensi ibu pembaharu terbuka buat umum :) yang harus daftar proseduran sbg member memang ada jadwal tersendiri, bisa dipantau di IG @ibu.profesional.official langsung aja mbak :) event KIP akan aku share terus updatenya (Insha Allah)

      Hapus
  7. Bermanfaat banget kalau jaringannya luas. Bisa mendapat sharing banyak hal dan dapat ilmu baru yang bisa diterapkan. Pandai ini kita memang harus bangkit untuk menjadi lebih baik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita bisa terus bertumbuh jadi lebih baik dan baik lagi ya mbak ;) aamiin

      Hapus
  8. Keren bangt nih yg jadi ibu pembaharu. Ibu memang luar biasa ya kak

    BalasHapus
  9. Waaah mantap mbaa, aku udah lama pengen ikutan ibu profesional tapii mesti ketinggalan pendaftarannya huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih emang agak cepet gt ya, karena banyak yang minat. Yok ikut konferensi ibu pembaharu dulu aja mba, nanti aku share infonya terus Insha Allah ;)

      Hapus
  10. ih masya allah keren pisan orang ini
    ihir jadi ambasador hwkakakkaa
    tapi emang dirimu keren kok mbak dan unik jaid g salah grup lah nersiap jadi ibu pembaharu yang menularkan semangt bagi kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbyaaak napa sih kamu tuh bakat banget bikin orang bahagia (red: lawak). Wkwkwk typonya nggak ada lawan dah pokonya mah wkwkwk makasih banyak ya mbak, semoga bisa bermanfaat yg sedikit ini karena ak masih belajar bgt juga hehe.

      Hapus
  11. Aku dong telat mau daftar jadi KIP Ambassador. Baru ingat pas lihat postingan2 para ambassador berseliweran di beranda, wkwk. Sukses ya mbak Wid..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaah, padahal kalau join pasti mba marita bisa bgt ngikuti ritme bikin kontennya ;) tapi dirimu juga lagi banyak kerjaan pastiiii mba hhe

      Hapus
  12. Duh, jadi kepengin gabung ke ibu profesional biar bisa ketularan makin kreatif dan terus semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yok mbak, bisa join Konferensi Ibu Pembaharu dulu mbak karena terbuka untuk umum, Insha Allah aku share infonya. Kalau join member IP tinggal ikutin aja instagramnya IP @ibu.profesional.official . semangata mba ;)

      Hapus

Posting Komentar