Ibu di Balik Gawai Nurrahmah Widyawati

Belajar Ngeblog di Blogspedia Coaching; Best Moment 2021

10 komentar
Konten [Tampil]

 blogspedia coaching
Pernah nggak sih kamu merasa sangat bersyukur sampai speechless? Itu yang aku rasakan selama Blogspedia Coaching sekitar tiga bulanan ini. Hingga akhirnya sampai juga di ujung kelas. Meski ini bukan akhir, tapi pasti bakalan kangen banget sih sama ritme dan suasana kelas ini.

One of my best places to grow in 2021. Di Blogspedia Coaching aku menemukan coach yang tepat, rekan yang sefrekuensi dan keluarga yang hangat. Di tempat ini aku bisa membangun blog impianku dengan tetap meluruskan niatku.


1. Tentang Blogspedia Coaching

Beberapa bulan yang lalu aku pernah mengikuti kuliah WhatsApp yang diadakan oleh Ibu Profesional (regionalnya lupa hehe) dengan narasumbernya adalah Mbak Marita Ningtyas. Kulwapnya tentunya tentang ngeblog, spesifiknya tentang Dasar SEO.

Dari situ aku mulai penasaran dengan blognya mbak Marita. Salah satunya adalah Blogspedia yang berisi informasi dan tutorial ngeblog. Seiring waktu berjalan, kami dipertemukan lagi dalam suatu WAG. Dari situ aku mulai lebih tau tentang beliau.

Suatu ketika Blogspedia mengadakan tantangan ODOP yaitu 13 Days Blogpedia Challenge. Waktu itu aku baru mengaktifkan blogku lagi setelah hiatus lama. Akhirnya aku putuskan untuk join challenge tersebut.

Aku nggak pernah berpikir bahwa challenge itu akan mudah, nyatanya memang nggak mudah untukku menulis 13 hari berurutan (emak-emak detected). Dengan sekuat tenaga mengikuti tantangan tersebut, akhirnya tetap saja ada yang missed.

But suprisingly, dua artikelku mendapat apresiasi dari Mbak Marita. Artikel itu berjudul 13 Rekomendasi Kado untuk Wedding Anniversary (Hadiah Ulang Tahun Pernikahan untuk Suami) dan Buku Islamic Montessori 0-3 tahun dan 3-6 tahun karya Zahra Zahira (Review).

Salah satu apresiasi yang aku dapat dari artikel terbaik (kategori) tersebut adalah voucher mengikuti Blogspedia Coaching Batch 2. Jadi, aku nggak ikut daftar coaching lewat jalur umum ya, gaes. Tapi aku tetap akan jelaskan syarat umum mengikuti coaching ini.


1.a. Syarat Mengikuti Blogspedia Coaching

Untuk jadwal pembukaan coaching-nya aku sendiri nggak paham, hehe. Sepertinya ini tergantung dari coach Marita sendiri. Jadi better kalian follow instagramnya mbak Marita (@maritaningtyas) dan Blogspedia (@blogspedia) langsung aja.

Nah berikut adalah syarat mengikuti Blogspedia Coaching:

- Newbie

  • Hanya untuk yang baru membuat blog atau sudah memiliki blog tapi belum TLD (xxx.blogspot.com). *TLD: top level domain (dot com, dot net, dot my dot id, dst).
  • Hanya untuk platform blogspot.
  • Belum tahu caranya bikin blog sama sekali, tapi mau tahu dan mau belajar.
  • Tidak menerima yang coba-coba, atau mengaku-ngaku newbie.

- Memiliki hobi menulis.

- Siap begadang untuk mengerjakan tugas dan siap dieliminasi jika nggak ngerjain tugas.

- Kelas GRATIS, tapi harus siap mengeluarkan dana untuk membeli custom domain. Nggak harus domain yang 150 ribuan, domain 10 ribuan juga boleh. Yang penting nanti tahu bagaimana cara membeli dan memasangnya.

- Punya semangat belajar yang tinggi, no ngeluh dan baper club.


1.b. Jadwal Belajar dan Materi Blogspedia Coaching

Kalian nggak salah lihat. Yes, kelas ini FREE nggak dipungut biaya. Jujurly, aku terharu banget dengan ini. Karena di sini aku dapat materi pondasi ngeblog dan materinya lengkap banget.

Tapi jangan senang dulu, belajar di sini harus siap konsisten. Kalau nggak konsisten kamu bisa dieliminasi di tengah jalan alias kena tendangan (kick) dari WAG. Jadi pastikan kamu punya strong why sebelum mengikuti kelas ini.

Kelas ini diselenggarakan via WhatsApp Group dan Google Classroom. Untuk materinya di-share setiap Senin dan Kamis. WAG digunakan untuk penjelasan details dari coach dan tanya jawab.

Jadi misalnya Senin pagi materi keluar di GC, malamnya diskusi dan tanya jawab di WAG. Kemudian tugas keluar. Deadline-nya kapan? Rabu pukul 23.59. Ya, kira-kira butuh 2 hari untuk mengerjakan tugas. Ada sih tugas yang deadline-nya diberikan waktu seminggu (tapi cuma 1 kalau nggak salah, hehe).

Materinya super lengkap lho!

materi blogspedia coaching
Source : Blogspedia.id

Ini materi saat aku mengikuti Blogspedia Coaching Batch 2. Mungkin akan ada perbedaan jika batch 3 diselenggarakan ya.


1.c. Kesan Mengikuti Blogspedia Coaching Batch 2

Mengikuti kelas ini yang bikin deg-degan adalah ritme tugasnya. Semi militer gitu sih memang. Coach Marita pernah bilang kalau dia dididik coach-nya juga dengan semi militer alias disiplin, jadi beliau ingin menerapkannya juga pada kami.

Tapi dengan kedisiplinan itulah yang membuat kami bisa berada di titik ini. Lagi-lagi bersyukur banget bisa bertahan hingga di tugas akhir. Nggak mudah untuk emak-emak macam aku.

Aku juga bersyukur dengan vibes WAG yang selalu postif. Semua pesertanya humble banget meski aku tahu mereka di luaran memiliki peran pentingnya masing-masing. Kami juga saling bantu satu sama lain jika ada rekan yang masih bingung.

Saat ada yang sudah mulai list setor tugas di WAG, kami auto panik hahaha. Sensasi dikejar deadline ternyata sepanik sekaligus semenyenangkan itu. berkutat dengan artikel, HTML, istilah-istilah teknis blog, pusing sih! Tapi seru banget! :')


2. Tentang Coach Marita Ningtyas

Aku pernah mendengar istilah :

Jika murid siap, maka guru akan datang.

Coach Marita adalah jawaban dari kemumetan diriku dalam ngeblog secara otodidak. Ya, sebelumnya aku mempelajari blog dengan otodidak. Pusing banget. Ternyata dengan adanya coaching membuat segala hal bisa lebih cepat dan tepat. Alhamdulillah.

marita ningtyas
Ilustrasi Mbak Marita Ningtyas dibuat oleh Nurrahmah Widyawati

2.1. Profil Coach Marita

Coach Marita lahir di Semarang pada 16 Maret 1985. Nama aslinya adalah Marita Surya Ningtyas, namun kerap disapa Marita Ningtyas. Coach memiliki suami yang juga ngeblog, bernama pak Martin Eko Setiawan.

Coach Marita menempuh pendidikan di Sastra Inggris, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. Sekarang coach Marita tinggal di Semarang dan sudah dikaruniai satu putra dan satu putri. Meskipun begitu, coach pernah tinggal di Salatiga sejak kecil.

Coach Marita sangat aktif dalam dunia blogging. Beliau memiliki beberapa blog aktif, diantaranya adalah Blogspedia.id, Rumah-Kita.my.id, dan Marita’s Palace. 

Selain itu beliau ini sangat produktif dalam dunia kepenulisan, komunitas blogging maupun komunitas parenting.

2.2. Coach Marita di Mataku

1. Sosok yang kuat

Aku pernah baca sekilas kisah hidup coach Marita. Ternyata kisah hidupnya sungguh inspiratif. Bagaimana dia menghadapi sekaligus melewati itu semua membuatnya menjadi sosok seperti sekarang.

Aku juga pernah baca kalau coach Marita akan membuat buku Solo tentang itu. I hope bukunya cepat selesai ya, coach. Penasaran dan pastinya bakal menginspirasi sekaligus menguatkan orang lain.

2. Dedikasi tinggi

Seorang coach yang ikhlas menggelar kelas gratis dengan goals yang mulia, siapa lagi kalau bukan coach Marita? dengan dalih ingin menularkan ilmu yang didapat dari coach sebelumnya. Namun perlu kebesaran hati untuk seseorang mau membagikan ilmu kan? Beliau punya hati yang besar untuk itu.

Dari sini aku belajar. Semakin banyak kita berbagi ilmu, semakin banyak pula kita akan mendapatkannya, entah bentuk rezeki, teman, ilmu juga, dan lainnya. Beliau betul-betul nggak pelit ilmu, gaes.

3. Humble

Dia selalu menyebut dirinya momblogger cupu. Padahal sebetulnya nggak cupu sama sekali. Beliau juga selalu mau belajar dan tetap down to earth.

4. Disiplin

Kalau ada yang tau betapa mba Marita itu punya schedule posting blog dan how dia meng-coaching kami di kelas, pasti mereka akan bilang coach Marita adalah orang yang disiplin.

Aku suka banget ritme coaching beliau. Betah banget deh di kelasnya, meski lumayan terseok-seok dalam mengerjakan tugasnya demi nggak lewat deadline dan nggak terkena tendangan maut. Hehe.

5. Coach yang baik

Baik, baik banget. Coach yang peduli dengan pesertanya. Meng-guide kami hingga betul-betul paham dan tahu strong why kami.

***


Ah, Blogspedia Coaching membuatku merasa sangat bersyukur. Nothing can express my gratitude, except thanks! Terimakasih banyak coach Marita, Allah yang akan balas semua kebaikanmu :)

ibu di balik gawai


Nurrahmah Widyawati
Mom of 2, Blogger, 9 Antologi's book author, Digital illustrator, Life long learner • Hi, for details tap page "about me" thanks! :)

Related Posts

10 komentar

  1. mba wid.. salah satu yang sering aku datengin wkwkwkwk, sukses terus mba, semoga aku bisa mengikuti jejak mu hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaaah so sweet mba mya. Makasih banyak ya. Makasih buat semuanya pokony :') berasa mau lulusan, padahal ya tetep pindah WAG aja wkwkwk

      Hapus
  2. Dari silabus dan deadline tugas2nya, kayanya saya yang bukan emak2 pun bakal kelimpungan buat menjaga konsistensi nih.

    But everything has its own price memang ya mbak.

    Semoga setelah course selesai, blog Ibu Di Balik Gawai ini jadi makin growing & contributing ya Mbak.

    Sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah thanks a lot kak, sukses selalu jga ya :) makasih dah mampir

      Hapus
  3. Mba, ilustrasinya kece pisaaaan.
    selalu bikin jatuh cinta dah blog mb Widya ini.
    semangat terus mb..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mba sendy :') aamiin semoga selalu menghibur ilustrasinya dan informatif artikelnya hehe

      Hapus
  4. Di blogspedia ini kita diajarkan bagaimana tentang disiplin dan siap menerima tantangan...
    Sukses buat mba..
    Salam juga buat semuanya

    BalasHapus
  5. Mbak, gimana nih, kepalaku membesar wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh nggak bisa pake helm standar dong coach :p wkwkwkwkwk makasih coach :')

      Hapus

Posting Komentar