Ibu di Balik Gawai Nurrahmah Widyawati

SEO Moms Community - Tempat Belajar SEO Blogger Perempuan

10 komentar
Konten [Tampil]

seo moms community
SEO Moms Community - Tempat Belajar SEO Blogger Perempuan. Beberapa bulan ke belakang aku udah ngincer banget untuk daftar SEO Moms Community. Aku sedang menggempur diri untuk lebih mengulik dan belajar SEO agar jadi blogger yang lebih produktif.

Siapa sih yang nggak seneng kalau blognya dikunjungi banyak orang dari laman pencarian google? Yes, itu artinya level menulis kita sudah bukan lagi hanya untuk diri sendiri dan circle terdekat, namun sudah mulai menjadi solusi bagi orang yang mencarinya di mesin pencari. Semoga jadi manfaat yang lebih luas.

SEO memang nggak semudah itu, apalagi untuk emak-emak kaya aku. Hanya punya free time malam yang fokus setelah anak-anak tidur. Untuk mempelajari hal tersebut terkadang terasa amat kurang. Belum lagi kalau lama nggak update blog, kadang bubar jalan itu kaidah SEO yang udah dipelajari.

So ya, akhirnya bisa join di SEO Moms Community Basic 4. So happy! :)


Apa itu SEO Moms Community?

Ini adalah komunitas bloger yang isinya perempuan di seluruh Indonesia (eh kayanya temenku yang lagi stay di luar negeri juga join). Terbentuk pada 25 Januari 2020, komunitas ini hadir untuk mengedukasi membernya tentang SEO basic.

Yang aku suka dari komunitas ini adalah isinya para perempuan semua (kecuali founder hehe), most of all justru emak-emak. Bisa kebayang nggak ritme kami belajar? Ya selaras aja gitu. Bahasa yang dipakai juga mudah dipahami.

Dan yang paling bikin aku amazed adalah tentang tujuan pendiriannya. Komunitas ini didirikan sebagai salah satu wujud rasa sayang dan cinta dari Founder SEO Moms Community kepada Ibunda tercinta yang wafat pada tanggal 25 November 2019, yaitu Mudiyah Binti Sangaran. Kelas-kelas yang dibuka umumnya bersifat gratis.


Founder SEO Moms Community

Komunitas ini didirkan oleh Qbenk/Bang Q. Beliau adalah seorang Bloger dan SEO Webmaster yang berasal Pontianak, Kalimantan Barat.

founder seo moms community
Instagram : @qbenksaja
Facebook : Bang Q
Tiktok : @qbenk_21

Untuk menjalankan komunitas ini beliau memiliki beberapa tim koordinator wilayah, diantaranya:

  • Wiwin Pratiwanggini (Koord. Wilayah Jateng - DIY)
  • Arda Sitepu (Koord. Wilayah Sumatera)
  • Rahma Chemist (Koord. Wilayah Jawa Timur)
  • Dwi Adikara (Koord. Wilayah Jawa Timur)
  • Mugniar (Koord. Wilayah Sulawesi)
  • Rizky Masdila Ananda (Koord. Wilayah Bali Nusra)
  • Lidya Fitrian (Koord. Wilayah Jabodetabek)

Kegiatan SEO Moms Community

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini yang pasti adalah sebagai tempat belajar SEO blogger perempuan, dari mulai SEO On Page dan SEO Off Page, hingga Link Wheel SEO, kopdar, kompetisi, challenge, serta sertifikat.

Untuk kegiatan selama ini di SEO Moms Community Basic 4 dilakukan secara online dengan platform WAG (WhatsApp Group) dan Google Meet. Ada sesi pemaparan materi, tanya jawab dan kopdar online.

Untuk materi awalan kami dikenalkan dengan SEO On Page. Banyak insight yang didapat di sini untuk optimasi blog dari dalam. Bang Q selalu berpedoman kepada webmaster Google.

Kami diingatkan tentang pentingnya melakukan optimasi dari dalam blog. Hal ini dilakukan karena algoritma google lah yang akan masuk terlebih dahulu ke blog kita untuk merayapi struktur yang ada di blog kita.

Adapun teknik yang harus kita perhatikan, yaitu :

  • Judul blog/tittle
  • Deskripsi blog
  • Deskripsi penelusuran
  • Tag no indext txt
  • Struktur konten
  • Permalink
  • Tampilan dan struktur widget
  • Page speed (experience)

Itu baru sekelumit materi awal, penasaran nggak materi lainnya? Pastinya dong. Gabung aja di SEO Moms Community sesi selanjutnya ya! hehe.


Tempat Belajar SEO Blogger Pemula

Ada beberapa hal yang membuat kelas ini cocok untuk diikuti, yaitu:

1. Membernya perempuan semua

Yes, ini membuktikan bahwa para perempuan juga bisa melek digital ya. Aku menemui banyak perempuan produktif yang ngeblog di sini. Nggak hanya menyalurkan hobi menulis, namun sudah bisa optimasi blognya untuk mendapatkan 'cuan'.

2. Kelasnya fleksibel

Materinya dipaparkan lewat WhatsApp Group yang bisa dibaca kapan saja. Bisa juga melemparkan pertanyaan lewat moderator kapan saja. Ini tentu bikin emak-emak bisa lebih mudah menyesuaikan ritme belajarnya karena waktunya fleksibel.

3. Materi mudah dipahami

Penting untuk para emak-emak belajar dengan bahasa yang simple namun tetap 'daging'. Mudah dipahami adalah kunci untuk kenyamanan proses pembelajaran, karena prakteknya juga akan lebih mudah. Materi langsung diberikan oleh foundernya alias Bang Q.

4. Praktekkan Langsung!

Ini lebih ke tips sekaligus reminder sih dari dan untuk aku, hehe. Jangan hanya dibaca materinya. Tapi langsung dipraktekan juga! Karena tiap insight dan materi yang disampaikan tentunya akan membuat blog kita semakin optimal.

SEO Moms Community

So ya, begitulah sekelumit ceritaku saat join SEO Moms Community Basic 4. Untuk yang penasaran juga bisa mengunjungi sosial medianya di Instagram @seomoms dan blognya juga (tersemat). Komunitas ini jadi rekomendasi tempat belajar SEO untuk blogger perempuan yang insightful dan GRATIS!

nurrahmah widyawati


Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, dan kehidupan sehari-hari | Digital Art Enthusiast :)

Related Posts

10 komentar

  1. Beberapa kali sih aku udah denger soal SEO Moms ini, kebetulan temenku juga jadi membernya. Kayaknya cocok ya kak buat orang yang buta SEO macem aku. Boleh Moms, bisa join kan hahaha

    BalasHapus
  2. Aku sebenarnya heran sama orang seperti Bang Q, ada ya bagi bagi ilmu yang sebegitu "mahalnya" dengan gratis. Ya Ampun, bahkan kadang teman sendiri ketika sudah memiliki ilmu yang sedemikian mahal nggak mau berbagi. Saya juga sudah gabung di SEO MOms bagian Sumatera mbak. bersyukur banget pokoknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masha Allah iya mbak akupun amazed banget. Wah udah duluan join ya mbak. Salam kenal ;) aku nantinya ke jabodetabk sih hehe tp belom

      Hapus
  3. aku suka banget mas Qbenk kalo mengajar, sabar banget orangnya
    moga kapan-kapan bisa ikutan kelas lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah dah pernah ikutan mbak? yes, semoga mbak ;)

      Hapus
  4. Yeiy alhamdulillah ya bisa belajar seo di kelas seo moms ini. Emang enak banget kok bangQ ngejelasinnya, ngalir aja. Alasan pendiriannya emang bikin meleleh ya.

    BalasHapus
  5. iya mom akupun salut dan terharu jika jadi sosok yang dihadiahi amal jariyah gini ya ..masya allah bang Q ini, semoga ibunda beliau mendpat tempat terbaik di sisi Allah. meski beberpa kali ikut seo mom sebagai blogger pemula merasa ini mendapat banyak wawasanku ttg seo sennag sekali rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Iya Kak Hamim :') aku jadi terinspirasi kalau mau sharing diniatkan buat almarhum ayah aku :')

      Hapus

Posting Komentar