Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen, Emang Bisa?

10 komentar
Konten [Tampil]

cara mendapatkan uang dari menulis cerpen

Ternyata ada lho cara mendapatkan uang dari menulis cerpen. Semakin dewasa, semakin mencicipi dunia luar, semakin tahu bahwa uang nggak hanya didapat dari 'kantor'. Bahkan tulisan bisa juga jadi 'cuan'.

Mungkin ini manfaat dari teknologi yang kian berkembang pesat sekarang ini, terutama kinerja dari internet. Aku pun, as a mom, sangat terbantu dengan adanya internet.

Aku bisa berselancar mencari informasi, silaturahmi, berkarya, bahkan produktif hingga menghasilkan uang dari internet.

Yes, dengan internet kita bisa berkarya tanpa peduli jarak dan waktu, bahkan bisa dari rumah saja.

Hanya tergantung pada satu hal krusial, dia adalah signal internet hahaha. Beruntung untuk kamu yang tinggal dengan akses internet yang baik. Kesempatanmu untuk berkembang sangat terbuka lebar.

Banyak sekali kesempatan dari teknologi yang bisa kita lakukan untuk berkarya dan berdaya. Salah satunya menulis blog. Blog yang dimonetisasi entah dari sponsor review post, adsense, content placement, afiliasi dan sebagainya, pastilah akan mendatangkan 'cuan'.

Untuk kamu yang suka menulis cerita, tentu ada beberapa cara juga agar tulisanmu itu 'bercuan'. Karena menulis cerita ternyata juga bisa mendapatkan uang. Menilik sedikit ke belakang jaman internet belum se-eksis sekarang ini, orang mengirimkan cerita hanya melalui surat kabar.

Jika dimuat, maka kamu akan dapat uang. Meski sekarang pun masih ada pengiriman cerita melalui surat kabar, namun nggak sebanyak dulu. Sekarang media pers sudah banyak yang beralih menjadi media online juga.

Masih flash back ke belakang, menulis cerita juga biasanya berujung pada pembuatan buku, yang perlu proses panjang. Dari menulis, mengirimkan naskah manual, seleksi, editorial, penerbitan, hingga dicetak.

Jaman sekarang ini, untuk menerbitkan tulisan menjadi lebih singkat dari pada jaman dulu. Nggak harus pakai penerbit mayor, penerbit indie pun bisa. Nggak harus juga membuat buku fisik. Bisa jadi buku digital (e-book) atau bahkan dimasukkan dalam platform cerita untuk dibaca secara online.

Nah, kamu makin penasaran nggak sih bagaimana cara mendapatkan uang dari menulis cerpen? Check this out, gaes!


Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen

1. Storial.co

Aku tahu Storial ini dari temanku yang seorang ilustrator. Beberapa kali dia update di instagram story-nya mengenai project ilustrasinya untuk memvisualisasikan cover sebuah cerita di Storial.co, bahkan beberapa novel dari sana yang mungkin akan naik cetak.

Setelah dikepoin, ternyata Storial ini adalah social storytelling platform. Nggak hanya menulis cerita, di sana kamu juga bisa membaca cerita.

cara mendapatkan uang dari menulis cerpen
https://storial.co/

Storial.co adalah platform untuk membaca novel online dan mengunggah cerita di mana saja dan kapan saja. Kamu bisa menemukan berbagai cerita menarik mulai dari genre romance sampai sci-fi di sini.

Kategorinya ada banyak banget ternyata, seperti adult romance, anak, artikel, bisnis, biografi, cerita nusantara, cerita pendek, chiklit, dongeng, horor, humor, k-novel, novel, pusisi, teenlit, skenario film dan sebagainya.

Ternyata nulis di Storial.co bisa dapat cuan! Mereka memiliki program royalti, jadi kamu bisa dapat royalti dari cerita kamu dalam program Storial Premium Chapters.

Storial Premium Chapters adalah cerita pilihan editor yang memiliki bab berbayar dan telah dikurasi oleh Tim Editor Storial.

Jadi untuk menjadikan cerita kamu menjadi premium di Storial, kamu harus mengajukan naskahmu terlebih dahulu ke tim editor Storial untuk ditinjau dan dinilai. 

Jika naskahmu lolos, kamu akan dikabari maksimal dalam 1 bulan. Tapi jika kamu belum mendapatkan kabar dalam 1 bulan, berarti kamu belum lolos untuk tahap review. Kamu bisa terus mengirim naskah milikmu yang lain! Semangat :)

Dari program ini kita bisa menghargai serta mendukung penulis dengan membeli Storial Coins dan Premium Chapter para penulis. Dari segi penulis kita dapat uang dari cerita/karya yang kita buat.

Setiap tahunnya, Storial juga mengadakan kompetisi. Misalnya saja yang berlangsung 2021 lalu, yaitu kompetisi menulis novel. Tahun 2020 menereka mengadakan kompetisi menulis novela urban legend, dan lain sebagainya.


2. Wattpad

Platform ini makin nggak asing sih sekarang ini. Karena beberapa web series Indonesia bermula dari cerita hits di Wattpad. Misalnya ada web series Antares, My Lecture My Husband, Kisah untuk Geri, Teluk Alaska, dan lainnya.

cara mendapatkan uang dari menulis cerpen
https://www.wattpad.com/home?locale=id_ID

Web series di atas sudah aku tonton semua lho, by the way. Menurutku ceritanya menghibur dan tone series-nya elegan khas drakor gitu. Aku sih support banget web series Indonesia dengan selalu menontonnya hehe.

Semoga kalian juga gitu ya, jangan cuma drama korea yang kamu support. Karena series Indonesia nggak kalah keren!

Wattpad adalah perusahaan hiburan multi-platform global untuk cerita. Ternyata wattpad ini berbasis di ibukota startup Kanada, Toronto.

Di sana ada yang namanya Wattpad Paid Stories. Ini merupakan respon mereka kepada pembaca yang menginginkan kesempatan untuk menunjukkan dukungan kepada penulis yang mereka cintai.

Dengan cara ini, Penulis dapat memperoleh uang untuk karyanya di Wattpad dari pembaca yang menghargainya. So, yuk hargai para penulis kita!

Nah ada banyak kategori di Wattpad, seperti chick lit, fiksi, humor, roman, klasik, misteri, petualangan, cerita pendek, horor, laga, non-fiksi, dan sebagainya. Kamu bisa menikmati karya dan menulis karya sesuai genre-mu.


3. BasaBasi.co

Aku baru tahu lho tentang platform ini, ternyata ini adalah media sastra online. Di dalamnya ada berbagai kategori juga, seperti celoteh, puisi, memorabilia, hibernasi, esai, cerpen, tajjali, rehal dan tokoh.

cara mendapatkan uang dari menulis cerpen
https://basabasi.co/

Jadi kamu bisa mengirim karyamu ke sini. Kamu akan dibayar 200 hingga 300 ribu rupiah untuk setiap karya yang kamu kirimkan. Tentunya setelah lolos editorial ya!

Jika dalam waktu dua bulan kamu tidak mendapatkan balasan dari tim BasaBasi, maka karyamu otomatis tidak lolos seleksi. Kamu juga bisa kirim naskahmu sebanyak-banyaknya

Kamu bisa juga terhubung dengan mereka di akun media sosialnya, seperti Instagram. Good Luck!


Konsisten berkarya untuk menghasilkan 'cuan'!

Tentunya masih banyak lagi ya platform yang bisa kamu manfaatkan untuk menjelaskan cara mendapatkan uang dari menulis cerpen yang kamu buat. Silakan ketik di kolom komentar ya!

Nah, masalahnya biasanya orang suka nggak sabar nih untuk menghasilkan 'cuan' dari sebuah karya. Maunya instan, maunya cepet-cepet. Sama seperti blog, banyak orang berbodong-bondong ngeblog karena tahu ada 'cuan'nya.

Padahal ya nggak segampang itu juga. Butuh banyak hal yang dipersiapkan dan dikorbankan untuk ada di titik itu. Mungkin mudah untuk mendapatkannya, namun susah juga untuk mempertahankannya.

Menurut kamu apa saja sih yang harus dilakukan untuk dapat konsisten menghasilkan karya hingga ber-cuan?


1. Konsisten

Kamu harus konsisten untuk menulis, dalam hal ini cerpen ya. Atau apapun deh yang kamu mau. Ya harus konsisten, jangan anget-anget t*i ayam. Karena kamu nggak tau usaha keberapa yang bikin kamu sukses dan kesempatan mana yang datang untuk bikin kamu sukses.


2. Mulai dari yang kamu suka

Orang suka aja bisa jenuh, apalagi yang nggak suka. Jadi biasanya orang akan happy menjalani proses dan membuat karyanya saat dimulai dari apa yang disukai. Istilahnya gini deh "nggak ada cuannya aja gue suka, apalagi ada". Bonus deh kalau becuan!

tips hobi jadi cuan

3. Keep growing

Jangan puas dengan apa yang kamu pelajari dan apa yang kamu raih. Karena ilmu itu luas dan terus berkembang. Teruslah berkembang dengan terus belajar. Namun jeda juga penting. Kamu pasti tahu kapan harus berlari, kapan harus berjeda. Jangan sampai burnout (kata anak Jaksel).


4. Personal branding

Jangan malu untuk show up siapa kita, in a good way tapi ya. Posting juga di media sosial kamu terkait karyamu. Personal branding itu juga sangat penting. Karena dari sanalah banyak pintu kesempatan terbuka lebar.

***

Kesimpulan

So, di atas adalah sekelumit cara mendapatkan uang dari menulis cerpen. Ternyata bisa, tapi ya harus konsisten!

ibu di balik gawai

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, dan kehidupan sehari-hari | Digital Art Enthusiast :)

Related Posts

10 komentar

  1. Aku baru tahu yang storial.. Kalo wattpad udah sering banget tahu lah ya hehe. Dulu pernah aku ngirim ke basabasi, bagus2 isinya, gak cuma cerpennya yang bagus.. Hehe

    Tapi belum lolos dari kurator hahaha 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku malah baru tau loh mba yang BasaBasi ini. Harus try again later mbak, penasaran ya yang lolos kurasi kaya apa ;) semangat mba!

      Hapus
    2. Hooh, seleksinya ketat juga ternyata. Banyak yg ngirim ke sana kayaknya. Aku ada kenalan cerpenis, sering dimuat di basabasi dn yg lain. Di basabasi dia termasuk salah satu penulis produktif, keren lah pokoknya..

      Jadi ya kira2 selevel itu kalo mau cerpennya lolos, aku mah apah cuma remahan rengginang, wkwkwk

      Tapi aku belum pernah nyoba kirim ke sana lagi. Masih fokus ke yg lain waktu itu, terus lama2 lupa. Dan ingat lagi pas mbak wid bahas haha

      Hapus
    3. Masha Allah keren banget ya berarti :') bisa dapet cuan dari cerpen, it's mean dari apa yang dia suka.

      Dirimu juga semoga lancar segala urusannya mba ;) apapun yg dijalani juga semoga berkah dan membahagiakan, aamiin

      Hapus
  2. jaman sekrang banyak jalan mencari cuan dari platform digital ya kak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, kak :) asal mau belajar ternyata emg banyak jalannya hehe. Makasih dah mampir

      Hapus
  3. Wah wah wah, aku ada wattpad, baru nulis 2000 karakter doang. hehe Yuk cus baca mb. Nah PR baget tuh kaitannya sama konsisten. Makjleb, aku belum bisa konsisten di aplikasi. DI salah satu aplikasi baru dapat 45rb kata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang yang paling penting konsistensi :( anyway nama wattpadnya apa pak? Mau dong bacaaa hehe

      Hapus
  4. wah ide yang menarik nih buat yang suka nulis fiksi. dan jangan lupa konsisten nulisnya hehehe...

    BalasHapus

Posting Komentar