Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Usaha Digital Printing Minim Modal dan Ide Produk

2 komentar
Konten [Tampil]

usaha digital printing

Ngomongin usaha digital printing sekarang ini, aku perhatikan semakin hari semakin kreatif ya. Dari segi produk hingga desainnya. Semuanya semakin kece-kece banget.

Mungkin dulu juga sudah marak sih usaha ini, namun sekarang kan online shop dan internet sudah jadi lifestyle. Jadi kita makin bisa melihat trend yang ada dari segala penjuru dunia dan semakin mudah mencari inspirasi.

Aku pribadi punya mimpi untuk memiliki bisnis digital printing one day. Karena aku hobi doodle alias nggambar (ilustrasi digital), jadi aku ingin memberikan personal touch ala illustrasiku sendiri untuk setiap produknya. Aamiin-in dong, gaes! (maksa hahaha).

Kalian perhatikan nggak sih sekarang ini, apalagi sejak pandemi. Banyak orang yang mengganti kehadiran fisik dengan sebuah paket cinta alias hampers. Biasanya di hampers tersebut pun ada sentuhan khas dari sang pemesan.

Siapa lagi kalau bukan peran dari digital printing ini?

So ya, usaha ini bener-bener lapak yang masih terus akan berkembang seiring berjalannya waktu. Jadi belum ada kata terlambat untuk memulainya. Beberapa hal di bawah ini yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai usaha digital printing.


Tips Memulai Usaha Percetakan (Digital Printing)

1. Niat

Segala hal harus dimulai dari niat. Apalagi jika kamu memiliki niat yang baik untuk memulai usaha. Misalnya berniat agar mandiri secara finansial (nggak bergantung sama orang tua lagi).

Atau justru berniat untuk bisa membahagiakan orang tua, membahagiakan keluarga, membuka lapangan pekerjaan, maupun sebagai ladang dakwah, itu akan membuat usahamu selangkah lebih berkah.


2. Survey

Mengenali peluang juga penting. Kamu bisa survey, misalnya dengan observasi di sekitar (calon) tempat usahamu ada banyak atau nggak usaha yang sama. Bisa juga kamu survey tempat yang memiliki kebutuhan tinggi terhadap usahamu itu.

Kamu juga bisa gali lebih jauh apa yang unik dari usahamu. Jadi meski banyak yang sama usahanya, kamu tetap the only one. Jadi building karakter juga sangat penting.

Pelajari trend juga dari internet. Jaman sekarang kan semuanya lebih terpampang nyata, lebih memudahkan untuk survey.

tips memulai bisnis

3. Target market

Tentukan taget marketmu! Apakah berdasarkan usia, jenjang pendidikan/profesi, jenis kebutuhannya, berdasarkan lokasinya, berdasarkan gender, atau justru yang memiliki passion sama denganmu.


4. Strategi promosi

Ini juga penting, jika ingin memulai usaha, kamu juga perlu pertimbangkan untuk belajar lagi tentang digital marketing dalam memasarkan usaha kamu. Selain secara offline, tentu via online kini juga jadi alternatif terbaik.

Aku pribadi malah selalu mencari segala hal melalui online terlebih dahulu. Meski pada akhirnya mencari yang lokal dekat rumah. Tapi tetep ya awalnya aku search dulu entah di Google atau media sosial.

Jadi sebagai calon pemilik usaha, kamu harus belajar digital marketing juga. Apalagi kalau kamu belum berniat hire orang atau partner bisnis, terutama di bagian strategi promosi ini.


5. Modal

Jangan paksakan harus hutang lembaga peminjaman dengan konteks riba di dalamnya untuk modal usahamu. Big no ya, gaes! Minta sama Allah untuk VIP jalur halal. Belum cukup ya nabung. Kalau mau hutang ya pastikan no riba di dalamnya. Good Luck!

But anyway, aku beberapa kali menemukan how to menjalankan usaha percetakan digital ini dengan modal minimal. Ada suatu cara yang bisa kamu coba. Kalian tau dengan cara apa? Check this out!


Usaha Digital Printing Minim Modal

Untuk kamu yang punya modal besar, tentu nggak ada masalah ya untuk penyediaan mesin, bahan baku dan segala biaya operasionalnya. Bahkan kamu bisa hire tenaga kerja. Tinggal pikirkan strategi aja.

Nah, buat kamu yang modalnya masih minim, jangan berkecil hati. Kamu bisa kok mulai usaha ini dengan modal minimal. Penasaran? Jangan skip!

Kamu bisa memulai usaha printing ini dengan cara Made by Order atau istilah Jaksel-nya adalah Pre-Order.

Kamu nggak harus punya alat yang harganya luar biasa mahal itu. Bahkan kamu pun sebetulnya nggak perlu punya bahan bakunya juga. Tapi kamu memang butuh kreatifitas dan melek teknologi aja hehe.

Masalahnya yang sekarang diminati orang adalah 'barang custom tapi terima jadi'. It's mean dalam sebuah usaha ini biasanya memiliki desainer grafis/ilustrator tersendiri. Buat minimalisir modal itu, kamu juga sebaiknya bisa desain.

Jadi gini alurnya. Opsi pertama, kamu ini sebagai marketer yang promote desain custom. Nanti sewaktu pelanggan datang, doi minta dibuatkan desain begini begitu dan dibuatkan produk. Jadi di sini kamu nggak mengeluarkan uang dulu, akadnya adalah "kamu membuatkan".

Di sini kamu harus melakukan bekerjasama dengan pihak ketiga, yaitu tempat percetakan yang lebih besar. Sekarang ini banyak kok produsen yang menawarkan paket percetakan dengan custom design.

Nah yang kedua, bisa juga kamu beli alatnya, ada kok yang terjangkau seperti mesin cetak mug, cetak sticker, dll. Kalau partai pesanan belum bejibun, bisa sih ditangani sendiri. Di sini juga sistemnya baru dibuatkan setelah pemesanan. Jadi modal yang dikeluarkan ya mesin dan bahan baku aja.


Ide Produk untuk Usaha Digital Printing

Berikut adalah inspirasi produk untuk usahamu :

1. Printing hijab/scarf

Tahun lalu printing hijab dan scarf ini lagi happening banget. Even artis aja (terutama artis berhijab) membuka usaha ini. Kelebihannya sih untuk desainnya jadi nggak pasaran.

modal usaha percetakan

Bahkan  dari segi warna dan motif itu variatif banget, dari yang elegan, colorfull, pastel dan lainnya. Belum lagi balutan packaging-nya yang bikin mewah. Nggak heran usaha ini masih eksis sampai sekarang.


2. Sticker

Trend journalling juga makin digaungkan seiring isu kesehatan mental. Banyak orang menulis jurnal dengan cantiknya. Misalnya dengan ditempel macam-macam pernak-pernik, salah satunya sticker.

Terutama kalau kamu jago bikin ilustrasi, pasti makin kece sih sticker-nya. Alat print sticker dan cutting-nya juga ada versi kecilnya kok. Banyak di youtube kalau kamu ingin melihat-lihat as an inspiration.

usaha bisnis cetak notes jurnal

Oh iya, banyak juga para penjual makanan yang butuh cetak sticker untuk branding jualannya.


3. Kalender

Meski ini cuma laris di awal tahun aja (yaiyalah), tapi cukup menjanjikan lho. Banyak kelompok, organisasi, atau kantor yang butuh jasa digital printing untuk membuatkan kalender mereka. Kamu tertarik?


4. Tumblr

Seiring berjalannya waktu, dan isu lingkungan, tumblr ini jadi hits juga. Bahkan sekarang motifnya lucu-lucu dan diberi nama juga. Nggak hanya beli dalam satuan, tumblr ini biasanya juga dibeli dalam jumlah banyak maupun untuk marchendise event.


5. Kaos

Kalau ini tentunya nggak ada matinya ya. Dengan teknologi digital printing, motif kaos juga makin bagus dan kualitasnya nggak kalah bagus juga.


6. Mug

usaha bisnis mug custom

Mug ini hampir sama dengan tumblr, tapi ada alat yang versi kecilnya untuk cetak mug. Coba deh searching di youtube. Banyak kok. Apalagi dipadu padankan dengan goresan gambar sendiri. Cocok buat hampers biasanya oleh orang-orang.

***

Tentu masih banyak banget ya produk-produk lainnya ;)


Kesimpulan

So, sudah sampai mana persiapan kamu untuk membuat usaha digital printing? Semoga sukses ya! ^^

ibu di balik gawai

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, dan kehidupan sehari-hari | Digital Art Enthusiast :)

Related Posts

2 komentar

  1. aku dari dulu pengen banget bisa bikin sticker, tapi belum sempet terus dieksekusi, sok sibuk sih orangnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah sama banget kak, semoga soon kita bisa merealisasikannya ya ;) aamiin hehe

      Hapus

Posting Komentar