Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta, Wow!

8 komentar
Konten [Tampil]

Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

Ada nggak sih peluang usaha untuk Ibu Rumah Tangga modal 1 Juta? Ada dong! Nggak perlu insecure saat jadi IRT, because of I'm an 'IRT' too and I'm proud of it!

Anyway, aku itu orang yang suka mengamati sekitar. Even aku diem aja nih, aku itu observer sejati. Layaknya aku yang sering mengamati fenomena emak-emak di sekitarku.

Sejak jadi emak-emak, aku tuh jadi lebih sensitif dan merasa tantangannya kian bertambah. Setelah punya circle emak-emak yang saling support satu sama lain, aku jadi ngerasa nggak sendiri.

Fase jadi Ibu itu memang kompleks, tanggung jawabnya banyak. Tuntutan dari luar pun masih ada aja, apalagi tuntutan diri sendiri (eh). Ibu itu udah kaya wonder woman yang bisa menaklukan segala hal. But sorry, we're only human too.

Sebelum bahas mengenai peluang usaha untuk Ibu Rumah Tangga modal 1 juta, mari kita ulik apa sih definisi Ibu Rumah Tangga yang Sukses?


Jadi Ibu Rumah Tangga Yang Sukses

Sebetulnya apa indikator IRT dikatakan sukses? Apa yang bisa handle anak tanpa ART? apa yang bisa punya side job dengan penghasilan ngalahin kantoran? Atau yang punya suami kaya dan semua hal tercukupi tanpa ngapa-ngapain? Hehe.

IMO, Ibu Rumah Tangga yang sukses adalah yang bisa tahu kapan berlari dan tahu kapan harus berhenti.

Aku pernah ada di fase dituntut untuk pekerjaan rumah yang selesai dengan excellent dan uang mengalir meski di rumah aja. Bukan, bukan suami kok yang nuntut itu. Ada deh.

But, IRT juga manusia. Bahkan sebetulnya dalam agama juga kebutuhan wanita selalu tercukupi oleh Ayah dan suaminya kelak. So, untuk apa bekerja? Wait! Jangan panik.

IRT bekerja adalah untuk beribadah dan aktualisasi siri. Tapi eh tapi yang harus diingat adalah kewajibannya juga sudah harus terpenuhi, yaitu terhadap suami dan anak-anaknya.

Saat semua kewajiban dalam Islam terpenuhi sebagai istri dan Ibu, kini saatnya untuk mengambil peran tambahan di luar, misalnya untuk bekerja. Salah satu alternatifnya adalah bekerja dari rumah.

Nggak mudah memang untuk menjalankan usaha dengan status IRT. Adapun faktor yang mempengaruhi kesulitan tersebut adalah:

  • Support system keluarga

Bisa jadi Ibu yang tinggal di perantauan memiliki tantangan berbeda dengan Ibu yang tinggal dikelilingi dengan keluarga besarnya.

  • Adanya Asisten Rumah Tangga (ART)

Tantangan untuk Ibu dengan atau tanpa ART juga berbeda.

  • Status ekonomi keluarga

Nyatanya, faktanya, ada Ibu yang wajib bekerja dan nggak punya banyak pilihan. Misalnya sebagai generasi sandwich, ataupun jadi Ibu tunggal. Ini tentu juga akan berbeda tantangannya.

Banyak hal lagi tentunya yang mempengaruhi hal di atas. Yang harus kita pahami adalah, setiap Ibu punya tantangannya masing-masing!

tips seimbang urusan rumah tangga dan bisnis

Namun di bawah ini adalah cara untuk bisa balance saat jadi IRT yang memiliki usaha sampingan adalah :

1. Managemen waktu yang baik

Di sini penting banget untuk membuat to do list dan jurnal. Apa saja yang harus dikerjakan di hari itu. Agar waktu yang berjalan tetap produktif dan bermanfaat. Untuk membuat waktu kita bisa ter-manage dengan baik, ini ada kaitannya dengan prioritas.

2. Mau terus belajar

Ilmu ini terus menerus berkembang nggak ada hentinya. Ilmu Allah juga sangatlah luas. That's why, Allah bilang kalau kita harus belajar seumur hidup. Jangan gampang puas, dan yang penting adalah adab. Adab sebelum ilmu.

3. Paham prioritas

Prioritas ini juga ada kaitannya dengan tantangan masing-masing dari kita, tentu akan berbeda-beda.

Pahami kebutuhan dan keinginan. Pahami kemampuan untuk melakukan sendiri dan delegasi. But, always family first.

4. Hidup sesuai kemampuan

Ini poin sudah cukup jelas ya. Jangan mengadakan apa yang belum mampu. Semampunya. Nggak usah hutang untuk kebutuhan yang bukan urgent. Apalagi riba, astaghfirullah.

5. Ilmu komunikasi yang baik

Sebagai Ibu tentu kamu harus memiliki bonding dan hubungan komunikasi yang baik dengan anak. Sebagai istri juga kamu harus memiliki hubungan komunikasi yang baik dengan suami agar beliau ridho.

Begitupun dengan orang tua, keluarga, teman, dll. Sebagai pengusaha, ilmu komunikasi juga penting untuk menjalin relasi dengan partner atau customer.

*

Nah kamu yang sudah sukses usahanya, congrats! Semoga berkah ya, Bu. Untuk yang baru memulai, yuk semangat! Aku do'akan agar lekas sukses juga (aamiin).

Nah, untuk Ibu yang ingin memulai usaha namun memiliki modal terbatas, kita saling sharing yuk di sini.

Setelah mengulik sekelumit hal tentang IRT yang sukses, kini tiba saatnya untuk menjelajah. Apa aja sih peluang usaha untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta?


Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

Aku sudah pernah membahas yang mirip-mirip dengan topik ini di artikel 10 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga tanpa Nanny. Di artikel ini aku akan melanjutkan poinnya yang belum tercantum di sana.

Jadi, jangan lupa berkunjung ke artikel sebelumnya juga ya!

1. Bisnis digital printing custom

Ini aku dah bahas di artikel sebelah ya, judulnya Usaha Digital Printing Minim Modal dan Ide Produk. Di sana ada inspirasi produknya juga. Mampir ya abis ini hehe.


2. Desainer dan penjahit

bisnis sampingan IRT

Kamu juga bisa buka usaha ini. Untuk kamu yang jago desain baju, budget bayaranmu akan lebih tinggi. Bahkan kamu juga bisa jual sendiri dengan brand kamu. Agar simple, buat dulu sample bajunya, kemudian foto produk dan pasarkan dengan sistem pre-order.

Namun jika untuk menjahit baju dengan customer dekat rumah saja, juga sudah sangat okay lho. Bahkan kamu juga bisa menjahit se-set sprei, bad cover, sarung galon, tirai, dan lainnya. So, kamu berminat nggak?


3. Flower bucket
bisnis flower bucket

Ini lagi hits juga ya. Sistemnya juga bisa pre-order. Kamu bisa cari tutorial buatnya di Youtube. Nggak harus bunga asli juga. Bahkan sekarang banyak trend seperti bunga kertas, bunga uang kertas, buka kain, bunga boneka, dan lain-lain.


4. Tali masker

Ini juga happening di saat pandemi. Tali masker terlihat hal remeh ya, namun jika didesain dengan cantik ini bisa menambah rasa percaya diri pemakainya lho. Makanya banyak usaha tali masker juga laris.

Misalnya nih pakai manik-manik nama, atau manik-manik yang sparkling, atau bahkan yang lucu khas anak-anak. Karena anak-anak sudah mulai masuk sekolah offline, jadi banyak juga yang perlu tali masker ini.

Bisa juga kamu custom tempat masker (sepeti tempat kacamata itu lho). Atau kamu sekalian sepaket sama maskernya juga boleh. Mix and match gitu. Bebas, say!


5. Minuman 

Di artikel sebelumnya ternyata aku hanya bahas usaha kuliner makanan, jadi sekarang aku mau spill usaha minuman. Usaha minuman sekarang ini masih hits yang boba, teh buah, yang yang manis-manis gitu deh ya.

Sistem jualannya juga banyak yang franchise. Dan harga franchise-nya ada yang murah sampai mahal banget karena sepaket sama gerobaknya atau setting tempatnya.

Padahal sebetulnya minuman lain seperti es teh, jus buah, es dawet, jamu, susu almond, susu kedelai, susu kurma, juga masih banyak kok peminatnya. Tapi memang jaman sekarang packaging teramat penting. Jadi yok semangat branding!


6. Hias seserahan pernikahan

Ibuku nih sering dimintai tolong bikin seserahan pernikahan. Nyatanya nggak semua orang bisa ya, dan nggak semua orang punya waktu. Jadi menghias seserahan pernikahan juga salah satu ide usaha dengan minim modal.

Kamu juga bisa bikin penyewaan wadah seserahannya. Termasuk menyewakan bahkan menjual wadah cincin atau perhiasannya. Banyak deh sekarang model-model vintage yang bagus-bagus. Semangat belanja ide!


7. Paket sayur dan bahan makanan

Ini pengalaman pribadi sih. Kadang males untuk food preparation. Tapi kalau nggak masak sendiri juga boros atau aku pribadi nggak yakin gitu deh sama higienitasnya.

Untuk yang ingin melihat peluang usahanya, kamu bisa bikin paket sayur. Misalnya kamu membuat paket sayur untuk bahan membuat sop, sayur asem, sayur bening, dan sayur lainnya.

Ini bahan-bahan mentah ya, seperti wortel, kol, buncis dan lainnya namun sudah dikelompokkan dalam satu plastik.

Jadi intinya di sini, customer nggak usah pusing-pusing belanja terpencar. Tinggal cemplang-cemplung aja deh masaknya. Di tempat kamu udah ada belum yang begini?


8. Frozen food

Nah ini sejak pandemi juga jadi banyak peminatnya. Ini juga tinggal goreng/kukus aja kan. Praktis banget. Jadi kamu bisa jual ini di rumah. Jika modal terbatas, kamu bisa jadi reseller dengan sistem PO.

Ide produknya misalnya dimsum, kebab, piscok, ayam ungkep, ikan ungkep, bakso aci, daging slice, fillet dan lainnya yang bisa di-frozen.


9. Knitting/merajut

usaha boneka rajut karakter

Dengan modal sedikit namun memang butuh skill yang tinggi, kamu bisa bikin produk dari rajutan kamu. Misalnya baju baby, cardigan anak, bahkan untuk dewasa. Sekarang ini juga sedang booming boneka rajut karakter, salah satunya adalah produk dari rekanku di atas ini. Gemes banget kan?


10. Ojek anak

Ini anti-mainstream memang, tapi ternyata tetanggaku ada yang profesinya sebagai pengantar jemput anak tetangga. Bahkan ada yang dititipin juga setengah harinya di sana. 

Asalkan halal, semua hal juga bisa ternyata. Ibu, you are strong! :')

***

Kesimpulan

Semoga artikel Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta ini bermanfaat dan menginspirasi ya! Have a great day, Mom...

ibu di balik gawai

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, dan kehidupan sehari-hari | Digital Art Enthusiast :)

Related Posts

8 komentar

  1. Sebelumnya aku juga bisnis usaha kuliner minuman. Aku bikin pudot (puding sedot) yang resepnya pun aku trial sendiri. Emang IRT harus pandai cari celah yah buat dobel cuan.

    BalasHapus
  2. Peluang penghasilan dari rumah sudah sangat banyak. Apalagi di era digital marketing, dan bahkan kirim paket juga bisa duduk manis di rumah. Tapi ternyata aku tipe yang hrus kluar rumah, ketemu orang. Doakan ya mbak, aq bisa balik kerja di ranah publik. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, ku doakan yang terbaik untukmu mbak. Jangan lupa bahagia ya :)

      Hapus
  3. Sebenarnya banyak peluang yg bisa kita ambil untuk jadi lahan cuan. Tinggal balik lagi sama kemauan dan niat. Kalau aku sih masih suka mengandalkan the power of kepepet. Pas lagi banyak tagihan yg harus dibayar, muncul deh banyak ide. Hihi....

    BalasHapus
  4. dari 10 usaha itu yang aku bisa kayaknya cuman 3, mbak. Tapi terimakasih, tulisannya. Seenggaknya saya punya gambaran untuk tambahan usaha apa nanti

    BalasHapus

Posting Komentar