Nurrahmah Widyawati Mom Blogger Perempuan

Cara Beli Minyak Goreng Langsung Dari Pabrik, Murah!

14 komentar
Konten [Tampil]

Cara Beli Minyak Goreng Langsung Dari Pabrik

Ada yang tau nggak Cara Beli Minyak Goreng Langsung Dari Pabrik ? Nah, akhir-akhir ini aku sebagai emak-emak merasakan banget kalau minyak goreng (kelapa sawit) ini sulit banget dicari, sampai-sampai minyak kelapa juga susah.

Harganya sih sudah ditetapkan pemerintah ya sesuai standar. Tapi langkanya itu bikin geleng-geleng kepala. Ini case langkanya aku cari di minimarket sih. Kalau di warung gimana?

Tapi ada hal aneh sih, seperti rekan-rekanku yang mulai berjualan minyak goreng dari rumah sekarang ini. Padahal sebelumnya bukan pedagang. Berarti minyak goreng harusnya gampang dicari dong? Why susah? Huft.


Emang bisa ya beli minyak goreng langsung dari pabrik?

Jawabannya tentu saja bisa, kalau kamu memang berniat jadi distributor minyak goreng, guys! Nanti kamu jual lagi tuh ke warung maupun toko, serta pedagang eceran yang ada di sekitar kamu.

Kalau kamu berminat jadi distributor, tentu kamu harus bekerja sama langsung dengan perusahaan minyak goreng. Beberapa merek minyak goreng yang terkenal di Indonesia meliputi Bimoli, Sunco, Sania, dan lain sebagainya.

Tentu nggak mudah ya untuk mendaftar sebagai distributor, pasti ada syarat khusus. Biasanya ini berkaitan dengan jumlah order misalnya. Tapi tentu akan jauh lebih murah harganya.


Jenis-jenis minyak goreng yang sering digunakan masyarakat Indonesia

1. Minyak Kelapa Sawit

Minyak yang berasal dari pohon kelapa sawit. Ini minyak yang paling sering dipakai masyarakat untuk memasak sehari-hari.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa ini beda lho dengan minyak kelapa sawit! Minyak kelapa ini adalah minyak kelapa murni yang terbuat dari kelapa segar yang diambil minyaknya. Minyak ini juga memiliki manfaat yang baik terhadap kesehatan kulit dan rambut.

perbedaan minyak kelapa sawit dan minyak kelapa

3. Minyak Wijen

Minyak wijen adalah jenis minyak nabati yang berasal dari ekstrak biji wijen. Terdapat 2 jenis minyak wijen yaitu minyak yang terbuat dari wijen mentah dan wijen yang disangrai. Seringnya digunakan untuk membuat makanan dengan aroma khas dan hanya untuk menumis karena aromanya kuat.

4. Minyak Zaitun

Dilansir dari boladeli.idminyak zaitun/olive oil adalah minyak yang terbuat dari buah zaitun. Minyak ini akan mengeluarkan asap dan terbakar jika digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi. Minyak ini lebih cocok untuk menumis, selai roti dan tambahan dressing salad.

Selanjutnya... Langsung kita ulik yuk, gimana sih cara beli minyak goreng langsung dari pabrik ?


Cara Beli Minyak Goreng Langsung Dari Pabrik

1. Ajukan Kerjasama

Yang pertama kali harus kamu lakukan jika berminat menjadi distributor minyak goreng adalah melakukan pengajuan kerjasama untuk menjadi distributor langsung ke pabrik.

Biasanya di sini akan ada T&C tertentu yang pabrik ajukan. Seperti jumlah minimal pembelian misalnya. Jika kamu setuju dengan hal tersebut, biasanya pabrik akan memberikan form yang harus diisi oleh calon distributor.

Nah, aku sudah collect beberapa nomor marketing minyak goreng nih untuk memudahkan kamu yang memang serius ingin jadi distributor. Check this out, guys!


1. BIMOLI

PT. Salim Ivomas Pratama Tbk
Jl. Industri I No. 3, Tanjung Priok, Tj. Priok, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14310
(+62-21) 4393 7788
(+62-21) 5753 5960
customerservice@simp.co.id

2. SUNCO

PT. MIKIE OLEO NABATI INDUSTRI
JL.Raya Narogong km.9
Bojong Menteng – Rawa Lumbu
Bekasi – 171117
Tel. 021-82606060
Fax. 021-82611075
E-mail : marketingsunco@mikie-oleo.com
PO BOX 348 – BEKASI 17034

3. SANIA

PT Sari Agrotama Persada
Multivision Tower Lantai 12th Floor
Jl. Kuningan Mulia Kav. 9-B Kel. Guntur, Kec. Setia Budi
Jakarta Selatan 12980
Phone: (62-21) 2938 0777 (Hunting)
Fax: (62-21) 2938 0116
Email: sania@wilmar.co.id

dan lain-lain.

minyak goreng curah sudah dilarang beredar

2. FYI! Minyak Goreng Curah Sudah Tidak Diperbolehkan

Untuk minyak goreng dengan packaging botol tetap mungkin bisa langsung dijual ya. Namun berbeda kasus jika kamu ingin jadi distributor minyak goreng curah. Minyak goreng curah adalah minyak yang diproduksi oleh produsen minyak goreng yang merupakan turunan dari CPO dan telah melewati proses Refining, Bleaching dan Deodorizing (RBD) di pabrikan.

Nah, untuk kamu yang masih mendistribusikan minyak goreng curah, nampaknya kamu harus stop karena ada aturan ini nih.

Kementerian Perdagangan memastikan minyak goreng dalam bentuk curah tidak bisa diperdagangkan mulai 1 Januari 2022, seiring dengan implementasi kewajiban minyak goreng kemasan yang tertuang dalam Permendag No. 36/2021 tentang Minyak Goreng Sawit Wajib Kemasan

Nah karena banyaknya risiko untuk minyak goreng curah ini, maka minyak jenis ini nggak bisa dijual lagi.


3. Mencari Reseller

Tentunya untuk memudahkan minyak gorengmu cepat laku dan bisnismu semakin berkembang, kamu butuh reseller. Kamu bisa menyuplai toko, pedagang eceran, restoran, warung makan, produsen kerupuk, maupun warung sembako untuk menjadi agen maupun reseller kamu.

Selain mencari reseller secara offline di atas, kamu sebaiknya juga memiliki toko atau gudang yang strategis lokasinya dan bersih. Karena agar calon pembeli bisa dengan mudah untuk mengetahui, mengakses dan transaksi.

Selain secara offline, kamu juga bisa memasarkannya secara online. Seperti yang kita tahu, online marketing biasanya lebih dicari orang. Jadi jangkauan bisnismu lebih luas dan meningkatkan kemungkinan untuk pembelian.

Cara Beli Minyak Goreng Langsung Dari Pabrik

4. Perhatikan prosedur kerjasama

Kamu perlu memperhatikan prosedur kerjasama menjadi distributor dan Cara Beli Minyak Goreng Langsung Dari Pabrik. Misalnya harus membayar cash saat pembelian pertama sebanyak 2500 karton (sekian ratus juta misalnya).

Ada juga yang harus didatangi terlebih dahulu dari pihak pabriknya untuk melakukan survey ke gudang kamu. So, pastikan kamu juga memiliki surat izin usaha agar lebih mulus jalan bisnismu.

Ada juga yang bisa melakukan DP untuk pembelian berikutnya setelah melakukan kerjasama sebagai distributor. Yap, bisa beda-beda, komunikasikan saja dengan marketing pabriknya.

Pastikan kamu punya modal, punya pulsa, punya akomodasi dan punya niat agar bisnismu lancar dan cepat balik modal serta berkembang pesat.

***

Penutup

Kalau nggak bisa jadi distributor minyak goreng juga nggak masalah kok. Kamu masih bisa memulai bisnis dengan menjadi reseller misalnya. Jadi kamu mencari agen atau distributor minyak goreng di sekitarmu.

Tentunya bisa dapat harga murah juga, meski nggak semurah jadi distributornya langsung ke pabrik.

It's okay, just enjoy the process :)

Semoga artikel Cara Beli Minyak Goreng Langsung Dari Pabrik ini bermanfaat ya buat kamu. Jangan lupa clear & clarify dulu ya sebelum membeli untuk menghindari penipuan.

ibu di balik gawai nurrahmah widyawati

Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, dan kehidupan sehari-hari | Digital Art Enthusiast :)

Related Posts

14 komentar

  1. Hwah iya ya baru kepikiran, dari pada susah nyari-nyari minyak goreng kemana-mana, mending langsung beli aja ke pabriknya, sekalian jadi ladang usaha buat didistribusikan atau dijual kembali, kan bisa bantu ibu-ibu yang lagi kesulitan nyari minyak goreng, plus dapat untung juga kali, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener hahahaha kalau dirasa modalnya kemahalan bisa jd reseller juga, bulan distributor dulu :D

      Hapus



  2. saya malah baru tahu kak, kalau bisa mengajukan diri sebagai agen minyak goreng langsung ke pabriknya. Ternyata hampir semua pabrik membuka akses kerjasama ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum survey semua bisa apa nggak, beberapa di atas Insha Allah bisa kak ;)

      Hapus
  3. Wah gini ya..makanya aku oun ounya teman yang tiba2 nih jualan minyak goreng. Pengalaman aku pribadi nyari minya goreng ini karena g ada yg umumnya aku beli yakni minyak kelapa sawit akhirr aku beli yg minyak kelpaa dan harganya wow..

    Ini artikel manfaat banget nih. Jadi punya rferensi buat buka bisnis hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahkan nggak ada Buk minyak kelapa di indo alfa deket kemaren2. Tau nggak belinya dimana yang ada? Warung biasa malah ada wakakakaka

      Hapus
  4. Iya nih langka banget, jadi pada nimbun juga oknum tertentu. Wah bisa yah mengajukan kerja sama gini, memudahkan baget. Aku sih mending jadi reseller juga menguntungkan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi reseller modalnya nggak sebesar jd distributor ;)

      Hapus
  5. Sejak harga minyak melambung, banyak buibu yang resah termasuk saya hehehe. Yang dijual di indomaret juga sangat terbatas, jadi pengen langsung beli aja di pabriknya mungkin harganya lebih terjangkau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terjangkau sih, tapi ada minimal jumlah belinya wkwkwkw

      Hapus
  6. Wah, Mbak. Baru tahu minyak curah udah distop untuk diperjual belikan ya. mantap sih. Emang sih, lagi merasakan kondisi sekarang yang lagi langka minyak gorengnya, serasa ingin jadi distributor sekalian. Tapi aku sadar, kalau aku masih belum banyak kebutuhan minyak gorengnya, masih anak kosan sendirian, wkkwk :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin dulu ya kak jadi juragan minyak. Nanti tinggal pantau aja mbak, punya anak buah (aamiin) wkwkwk ;)

      Hapus
  7. Saya mau membeli minyak goreng dengan jumlah beberapa dus utk di jual ke ibu2 lingkup daerah saya di kp kandang..
    Cara mesannya bagaimana..??
    Cara pembayarannya boleh cod TDK..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bund, saya nggak jual minyak goreng hehehe. Di atas saya share kalau mau jadi distributor, tapi harus membeli banyak. Bisa telepon di nomor yang tertera di atas ya bun, itu nomor markettingnya masing-masing brand ^^ mungkin nanti akan disalurkan membeli ke agen per kotanya juga dari mereka. Semoga sedikit mencerahkan

      Hapus

Posting Komentar